Home » Produk » LG Optimus Zone 3

Harga LG Optimus Zone 3 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.1

  • RAM
    1.5 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    TFT

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Android OS v5.1

Spesifikasi dan Harga LG Optimus Zone 3 – Meski sedikit ketinggalan start bila dibandingkan dengan para kompetitornya, namun LG tetap memiliki senjata rahasia untuk meramaikan persaingan di pasar gadget dunia pada awal tahun 2016 ini. Tepat pada tanggal 18 Februari kemarin, perusahaan asal Korea Selatan itu secara resmi meluncurkan LG Optimus Zone 3 untuk pasar Amerika Serikat. LG sendiri memang lebih memilih pasar Amerika karena terakhir kali meluncurkan produk smartphone, mereka juga melakukannya di tempat yang sama. Mungkin kawan Begawei masih ingat produk terakhir yang dirilis LG, yaitu LG K7 dan juga LG K10. Nah melalui seri LG Optimus Zone 3 ini, LG masih menyasar pangsa pasar yang sama dengan LG K Series, yakni pasar smartphone kelas entry level atau pemula. Sesuai kelasnya, kali ini spesifikasi teknis yang dibawakan memang masih tergolong standar. Mengusung spesifikasi standar namun fungsional memang menjadi strategi khusus LG guna menekan harga jual LG Optimus Zone 3 di pasaran. Meskipun hadir untuk melengkapi line-up ponsel pintar LG di pemula, namun seperti kita ketahui bahwa vendor asal Negeri Ginseng tersebut ini selalu membekali produk-produk andalannya dengan komponen yang berkualitas. Jadi, meskipun LG Optimus Zone 3 ini merupakan perangkat pintar kelas pemula, tapi soal kualitas tentu tak bisa dipandang sebelah mata.

lg optimus zone 3

Mencoba mengambil segmen compact smartphone yang lebih mementingkan fungsi, LG Optimus Zone 3 hadir dengan dimensi yang pas. Secara fisik, ukuran tubuh smartphone terbaru dari LG ini memang cukup kompak, yakni ukurannya 66.5 x 131.8 x 8.89 mm dengan bobot mencapai 113 gram saja. Dengan ukuran bodi yang tak terlalu bongsor tersebut, LG Optimus Zone 3 akan sangat nyaman saat digenggam ataupun dioperasikan. Kemudian pada bagian visualnya, kali ini LG mengandalkan panel layar jenis TFT berukuran 4,5 inci. Layar tersebut memiliki resolusi FWVGA 480 x 854 piksel dengan tingkat kerapatan mencapai 218 piksel per inci. Untuk ukuran smartphone masa kini, memang jenis panel layar pada LG Optimus Zone 3 ini sedikit ketinggalan jaman. Namun, hal ini wajar karena memang statusnya hanya merupakan smartphone kelas pemula. Lalu pada sektor pengolah data, LG mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 210 yang berkekuatan prosesor Quad-core berkecepatan 1,1 GHz. Komponen pada ruang mesin tersebut merupakan hardware kelas standar. Namun untuk menjaga stabilitas kinerjanya, LG Optimus Zone 3 dibekali pula dengan memori RAM berkapasitas 1,5 GB. Dengan adanya RAM berkapasitas cukup besar tersebut, tentunya performa smartphone ini sudah cukup bisa diandalkan. Menariknya lagi, meskipun hanya menyasar ponsel pintar pemula, namun konektivitas pada LG Optimus Zone 3 ini sudah hadir dengan bekal teknologi terbaik, berupa jaringan data 4G LTE. Keberadaan jaringan data 4G LTE ini pastinya akan menambah nilai jualnya di pasaran. Dari beberapa uraian sekilas mengenai spesifikasinya tadi, memang smartphone dari LG ini termasuk cukup berkualitas untuk ukuran gadget pemula. Agar semakin jelas, Begawei telah menyiapkan review lengkap mengenai spesifikasi dan harga LG Optimus Zone 3 pada segmen-segmen di bawah ini.

hp lg optimus zone 3

Review LG Optimus Zone 3

Smartphone Entry Level dengan Desain Menarik Didukung Layar TFT Berukuran 4,5 Inci

Kita mulai review kali ini pada bagian desain luarnya terlebih dahulu. Bicara soal desain luar dari sebuah smartphone, biasanya produk keluaran LG memiliki ciri khas desain yang anti-mainstream dan berbeda dari yang lainnya. Desain khas itulah yang akan kawan Begawei dapatkan pada spesifikasi LG Optimus Zone 3 di bagian ekteriornya. Meskipun hanya mengisi segmen menengah ke bawah, tetapi dari segi desain smartphone ini berhasil tampil dengan cukup keren. Secara fisik, smartphone terbaru buatan LG ini memiliki desain ujung atas dan bawah yang dibuat melengkung berpadu dengan komposisi material solid sehingga terlihat cukup mewah dan berkelas. Secara kasat mata, LG Optimus Zone 3 ini bisa dibilang masih menggunakan platform ponsel pintar LG lainnya, seperti LG K10 atau LG Tribute 2. Secara dimensional, smartphone ini memiliki dimensi fisik ramping dengan ukuran 66.5 x 131.8 x 8.89 mm dengan bobot yang tak terlampau berat, yakni hanya 113 gram saja. Melihat komposisi casing dan dimensi yang dibawanya, membuat LG Optimus Zone 3 terasa cukup nyaman saat digenggam, begitupun saat dikantongi di dalam saku celana. Untuk ukuran fisik yang kompak tersebut terasa pas dengan bentang layar yang dimilikinya. Lantas untuk sisi visualisasi, smartphone terbaru dari LG ini mengandalkan jenis layar TFT Capacitive Touchscreen 16 juta warna. Pada bagian ini, memang LG Optimus Zone 3 memiliki sedikit kelemahan karena panel layar yang digunakan masih berupa panel layar TFT yang ketajamannya tak sebagus layar jenis IPS LCD. Layar pada smartphone ini memiliki bentang mencapai 4,5 inci dan memiliki resolusi berkisar 480 x 854 pixels dan kerapatan layar 218 ppi. Lewat resolusi yang dibawanya tersebut, bisa dipastikan untuk urusan visualisasi LG Optimus Zone 3 masih terbilang standar dan cenderung kurang tajam. Terakhir mengakhiri spesifikasi teknis di segmen pertama, smartphone ini belum dilengkapi dengan proteksi internal sehingga masih rawan akan resiko goresan pada permukaan layarnya. So, bisa dipastikan kawan Begawei harus memasang screen guard secara mandiri mengingat spesifikasi LG Optimus Zone 3 pada bagian layarnya minus sistem proteksi bawaan pabrik.

Spesifikasi Teknis Standar Namun Bisa Diandalkan untuk Kebutuhan Komunikasi dan Multimedia

Setelah puas dengan spesifikasi LG Optimus Zone 3 di sektor tampilan yang ternyata cukup keren meski statusnya merupakan smartphone entry level, sekarang saatnya kita membedah bagian terdalam dari smartphone terbaru asal Korea Selatan ini. Tampil di segmen perangkat pintar kelas pemula, LG Optimus Zone 3 memang hanya dibekali dengan komponen teknis yang kemampuannya tak terlalu istimewa. Meski begitu, performa yang dihadirkan oleh ponsel pintar ini sebenarnya cukup tangguh untuk kebutuhan komunikasi ataupun multimedia. Pada bagian inti mesinnya, LG Optimus Zone 3 dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 210 yang berkekuatan prosesor Quad-core 1,1 GHz. Untuk ukuran smartphone kelas menengah ke bawah, tentu komponen hardware pada ruang mesin LG Optimus Zone 3 ini sudah cukup baik. Apalagi, LG pun juga menyematkan kapasitas RAM sebesar 1,5 GN guna meningkatkan kemampuan olah datanya. So, meski hanya dibekali dengan spesifikasi teknis kelas pemula, tentu kamu sudah bisa mengandalkan smartphone ini untuk kebutuhan harian. Sementara untuk memberikan efek grafis yang lebih bagus, LG Optimus Zone 3 pun diperkuat dengan kartu pengolah grafis dari GPU jenis Adreno 304. Keberadaan GPU tersebut akan membuat efek grafis menjadi lebih hidup. Kemudian guna melengkapi spesifikasi LG Optimus Zone 3 di bagian permesinan, LG mengusung sistem operasi Android Lollipop di dalamnya.

spesifikasi lg optimus zone 3

Memori Internal Seluas 8 GB Pastikan Semua File Bisa Terakomodasi Secara Maksimal

Pada segmen berikutnya ini, kita akan membahas spesifikasi LG Optimus Zone 3 pada bagian memori internalnya. Keberadaan memori internal yang memadai memang mutlak dibutuhkan, lantaran saat ini banyak pengguna yang memilih menyimpan bermacam file miliknya ke dalam smartphone. Karena memang merupakan smartphone kelas menengah, LG Optimus Zone 3 pun juga dibekali dengan memori kelas menengah pula. Tercatat, LG membekali smartphone terbarunya ini dengan memori internal berkapasitas 8 GB. Kapasitas tersebut memang tak terlalu besar. Namun jika hanya untuk mengakomodasi keperluan sistem dan juga penyimpanan file pribadi, ruang selus 8 GB pada LG Optimus Zone 3 ini sudah cukup luas. Atau jika kawan Begawei masih merasa kurang dengan kapasitas memori internal tersebut, spesifikasi LG Optimus Zone 3 di bagian storage sudah dilengkapi dengan slot external memory yang bisa ditambahkan dengan microSD hingga kapasitas 32 GB.

Lini Fotografi Diperkuat Dua Kamera Minimalis Namun Tetap Fungsional

Berbicara soal kebutuhan fotografi, LG pun tak lupa menempatkan komponen fotografi yang bisa memenuhi kebutuhan penggunanya, meski piranti fotografinya masih standar. Sama halnya dengan smartphone yang bermain di segmen serupa, untuk urusan fotografi dan dokumentasi memang tidak ada yang mencolok dari spesifikasi LG Optimus Zone 3 ini. Namun tetap saja kedatangan kamera pada smartphone ini banyak membantu dan sangat fungsional dalam menunjang kebutuhan fotografi sobat Begawei. Untuk lini fotografinya, kali ini LG menggunakan kamera utama berukuran 5 MP sebagai kamera andalan pada LG Optimus Zone 3 ini. Ukuran tersebut memang standar, namun sudah bisa diandalkan untuk mengabadikan setiap momen berharga kawan Begawei setiap saat. Menariknya lagi, pada kamera utama tersebut sudah terdapat fitur vital yang cukup membantu dalam menghasilkan jeperetan foto lebih baik, yaitu Autofocus dan LED Flash. Begitupula untuk fitur fotografi seperti Geo-Tagging, Touch Focus, Face Detection, HDR, dan juga fitur Panorama, juga siap hadir melengkapi lini fotografi dari LG Optimus Zone 3 ini. Tak hanya berfungsi sebagai media penghasil foto, kamera utama atau kamera belakang tersebut juga bisa difungsikan sebagai media perekaman video. Begitupun dengan kamera depan atau sekunder yang berukuran 2 MP yang sudah hadir pada spesifikasi LG Optimus Zone 3 ini.  Meski ukuran kamera tersebut masih sangat minim, namun pastinya sudah bisa diandalkan untuk menunjang kebutuhan video call atau sekedar untuk berfoto selfie.

spesifikasi hp lg optimus zone 3

Akses Internet Dijamin Lancar Berkat Jaringan Data 4G LTE

Tampil dengan spesifikasi layar dan mesin serba minimalis, tak membuat spesifikasi LG Optimus Zone 3 pada urusan konektivitas ketinggakan jaman. Meski hanya memiliki satu slot SIM Card CDMA saja, namun kali ini LG sudah membekali smartphone terbarunya ini dengan teknologi komunikasi terbaik, yakni jaringan data 4G LTE. Perlu kami ingatkan terlebih dahulu, LG Optimus Zone 3 yang hadir di pasar Amerika Serikat mengusung teknologi jaringan CDMA. Untuk kedepannya, belum terkonfirmasi apakah nanti LG akan menghadirkan versi GSM-nya, terutama untuk pasar Asia, khususnya Indonesia. Namun satu hal yang sudah pasti, LG Optimus Zone 3 ini tetap akan berjalan pada jalur seluler 4G LTE. Dengan jalur utama 4G LTE yang sudah ada pada smartphone ini akan mampu mengantar sobat Begawei semua dalam berakses internet dengan kecepatan download hingga 150 Mbps. Sementara itu, kawan Begawei juga bisa mengunggah file dengan kecepatan sampai 50 Mbps. Apabila di daerah sobat Begawei belum tercover dengan jaringan 4G LTE, maka LG Optimus Zone 3 pun juga masih support jaringan 2G EDGE dan 3G HSPA untuk menunjang kebutuhan seluler. Meskipun tak sekencang jaringan LTE, namun jaringan data 3G HSPA juga masih handal untuk memenuhi kebutuhan konektivitas jaringan. Selain itu, untuk fitur pelengkap konektivitas yang lainnya, smartphone LG Optimus Zone 3 ini juga telah dibekali dengan beragam fitur koneksi non-seluler yang sangat fungsional, mulai dari fitur WiFi, hotspot, hingga Bluetooth v4.0 untuk keperluan transfer data jarak dekat. Sebagai pelengkap spesifikasi LG Optimus Zone 3 pada bagian konektivitas, pabrikan juga telah membekali perangkat barunya ini dengan teknologi navigasi A-GPS yang bisa difungsikan sebagai pencari titik lokasi.

Suplai Daya Andalkan Baterai Berkapasitas 1.940 mAh

Pada segmen terakhir ini, kawan Begawei akan kami ajak untuk membahas spesifikasi LG Optimus Zone 3 pada bagian pemasok daya atau baterainya. Kali ini, LG membekali smartphone terbarunya ini dengan baterai berjenis Lithium-Ion yang memiliki kapasitas 1.940 mAh. Kapasitas baterai pada LG Optimus Zone 3 ini hampir sama dengan kapasitas baterai pada seri LG Tribute 2 yang kebetulan sama-sama menempati pangsa pasar kelas pemula. Kapasitas sebesar 1.940 mAh sendiri sebenarnya merupakan kapasitas yang tergolong rendah. Tapi mengingat spesifikasi ‘jeroan’ LG Optimus Zone 3 juga berisikan komponen-komponen yang tak terlalu boros tenaga, baterai tersebut masih mampu untuk menopang kehidupan smartphone ini selama seharian. Namun jika kawan Begawei merupakan pengguna gadget yang aktiv dengan perangkatnya, kami sarankan agar selalu menyiapkan penyuplai daya cadangan karena spesifikasi LG Optimus Zone 3 ini hanya dibekali dengan baterai berkapasitas standar saja.

Kelebihan dan Kekurangan LG Optimus Zone 3

Menempati posisi line-up LG di kelas entry level, memang LG Optimus Zone 3 ini minim spesifikasi andalan khas smartphone kelas atas. Namun ada beberapa sektor yang patut dijadikan nilai plus. Salah satunya adalah jaringan data 4G LTE. Selain itu, smartphone ini juga memiliki performa cukup bagus karena didukung oleh chipset Snapdragon 210 dengan tenaga CPU Quad-core 1,1 GHz serta kapasitas RAM sebesar 1,5 GB. Namun karena hanya merupakan smartphone kelas pemula, tentu saja ponsel pintar keluaran LG ini memiliki beberapa catatan kekurangan. Mau tahu apa saja nilai plus dan minusnya? Temukan jawabannya pada tabel kelebihan LG Optimus Zone 3 dan kekurangan LG Optimus Zone 3 di bawah ini!

Kelebihan LG Optimus Zone 3
  • Konektivitas lengkap dengan 4G LTE
  • Ukuran layar minimalis 4.5 inci
  • Bobot ringan
  • OS Android Lollipop
  • Chipset Snapdragon
  • Processor Quad-core
  • GPU Adreno 304
  • RAM 1.5 GB
  • Memori internal 8 GB
  • Slot memori eksternal 32 GB
  • Kamera utama 5 MP dengan fitur lengkap
  • Bluetooth v4.1 A2DP
Kekurangan LG Optimus Zone 3
  • Single SIM CDMA
  • Layar masih TFT
  • Belum ada proteksi layar
  • Resolusi layar rendah
  • Baterai masih Li-Ion berkapasitas 1.940 mAh

Harga LG Optimus Zone 3

Tak terasa kita sampai juga pada segmen harga LG Optimus Zone 3 ini. Menurut kawan Begawei, spesifikasi teknis yang dimiliki smartphone terbaru dari LG ini bagaimana? Apakah cukup memuaskan? Tentu ini pertanyaan yang cukup sulit dijawab. Selain berpatokan pada spesifikasi teknisnya, soal bagus atau tidaknya tentu berkaitan dengan selera. Nah ngomong-ngomong soal spesifikasi teknis, Begawei akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai kualitas teknis pada LG Optimus Zone 3 sebelum kita membahas harganya lebih jauh. Ponsel pintar yang hadir di era modern ini mengusung layar jenis TFT kapasitif berukuran 4.5 inci. LG juga membekali ponsel terbarunya tersebut dengan komponen dapur pacu standar yaitu chipset Snapdragon 210 yang ditenagai oleh prosesor Quad-core 1.1 GHz. Kombinasi tersebut mendapat dukungan dari RAM berkapasitas 1.5 GB sehingga meskipun masih dalam batas wajar ponsel ini sanggup menjalankan kinerja multitasking. Tentunya juga komponen bagian mesin tersebut akan berpengaruh pada harga LG Optimus Zone 3 di pasaran. Selain komposisi hardware yang cukup bagus di ruang mesin, smartphone terbaru dari LG ini juga sudah dibekali dengan teknologi jaringan 4G LTE. Tentu hal ini akan menjadi nilai plus bagi ponsel pintar ini. Nah, dengan bekal spesifikasi yang cukup bagus tersebut, lantas harga LG Optimus Zone 3 ini berapa ya?

harga lg optimus zone 3

harga lg optimus zone 3 terbaru

Seperti yang sudah sempat Begawei singgung di bagian awal tadi, bahwa smartphone terbaru dari LG ini pertama kali dirilis untuk pasar Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam tersebut, harga LG Optimus Zone 3 adalah sekitar USD69 untuk paket kontrak degan operator Verizon. Sementara untuk paket non kontrak, banderol harga untuk smartphone dari LG ini adalah sekitar USD199. Itu tadi adalah harga LG Optimus Zone 3 untuk pasar Amerika Serikat. Kemudian untuk pasar global, dirumorkan bahwa harganya akan berada pada level USD91, atau kurang lebih sama dengan nominal Rp 1,2 jutaan. Untuk pangsa pasar smartphone kelas pemula, tentu harga tersebut memang sudah cukup terjangkau. Murahnya harga jual LG Optimus Zone 3 ini memang tak lepas dari spesifikasi teknis yang dibawanya. Apabila melihat spesifikasi teknis yang ada di dalamnya, memang kualitasnya masih standar. Hal itu pula lah yang membuat harga LG Optimus Zone 3 di pasaran diprediksi tak akan terlalu mahal.

Harga LG Optimus Zone 3
Sekitar Rp 1.200.000,-

Meskipun kehadirannya di Indonesia belum pasti, namun berdasarkan prediksi harga LG Optimus Zone 3 di atas, memang smartphone ini punya potensi bagus bila nanti benar-benar hadir di Tanah Air. Walaupun smartphone terbaru dari LG ini memiliki sedikit catatan minor di bagian spesifikasi teknisnya dimana layar yang digunakan masih jenis TFT, namun apabila melihat perkiraan harganya memang cukup menarik. Meski memiliki sedikit catatan minus, namun dengan harga LG Optimus Zone 3 yang cukup terjangkau, tentu smartphone ini punya potensi untuk hits di pasaran, khususnya di pangsa pasar smartphone kelas pemula. Pangsa pasar smarthone kelas pemula hingga menengah di Indonesia sendiri memang termasuk ‘ramai’ dengan banyaknya vendor yang bermain di sana. Kehadiran LG Optimus Zone 3 ini pastinya akan semakin mempersengit persaingan di pangsa pasar gadget kelas menengah. Namun sekali lagi, kita harus menunggu sampai rilis resmi LG soal produk barunya ini. Nah buat kamu yang sudah tak sabar menunggu pengumuman harga LG Optimus Zone 3 serta rilisnya di Indonesia, harap sabar ya! Tunggu perkembangan terbarunya hanya di Begawei! Baca juga ulasan Begawei mengenai LG Tribute 2 dan Samsung Galaxy J1 2016.

Spesifikasi LG Optimus Zone 3

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / WCMA / LTE
  • 2G bands
    GSM
  • 3G bands
    CDMA 800/1900 MHz
  • 4G bands
    LTE 700/850/1700/1900 MHz
  • Kecepatan
    LTE Cat 4 (Upload 51.0 Mbit/s, Download 150.8 Mbit/s), EV-DO Rev.A (Upload 1.8 Mbit/s, Download 3.1 Mbit/s)
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Januari 2016
  • Status
    Dirilis, 18 January 2016 (USA Only)
Desain
  • Dimensi
    66.5 x 131.8 x 8.89 mm
  • Berat
    113 gram
  • SIM
    Nano-SIM
Layar
  • Tipe
    TFT Capacitive Touchscreen
  • Ukuran
    4.5 Inches
  • Resolusi
    480 x 854 pixels, 218 ppi
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android 5.1.1 Lollipop
  • Chipset
    Qualcomm Snapdragon 210
  • CPU
    Quad Core 1.1 GHz
  • GPU
    Adreno 304
  • RAM
    1.5 GB
Memori
  • Card slot
    Micro SD Up To 32 GB
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    5 MP
  • Fitur
    Auto Focus, LED Flash, Continuous Shooting, Digital Zoom, Geotagging, Face Detection, Self-Timer, Scene Mode
  • Video
    720p@30fps
  • Kamera Depan
    2 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    b,g,n Wi-Fi Hotspot, Wi-Fi Direct
  • Bluetooth
    4.1
  • GPS
    A-GPS
  • Radio
    -
  • USB
    Micro USB 2.0
Fitur
  • Sensor
    Proximity, Light, Accelerometer
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Removable Li-Ion
  • Daya
    1940 mAh

Produk Lainnya dari LG

Top