Home » Produk » LG Nexus 5X

Harga LG Nexus 5X dan Spesifikasi


  • CPU
    Hexa-core

  • RAM
    2 GB

  • Kapasitas
    16/32 GB

  • Layar
    IPS

  • Kamera
    12.3 MP

  • OS
    Android v6.0

Spesifikasi dan Harga LG Nexus 5X –Setelah kemarin kira membahas seri baru Nexus besutan Huawei, yakni Huawei Nexus 6P, sekarang kita akan berkenalan dengan LG Nexus 5X yang merupakan seri Nexus kedua hasil kolaborasi antara Google dengan perusahaan asal Korea Selatan, LG. Sedikit berbeda dengan Huawei Nexus 6P yang diplot untuk menempati segmen premium, maka kali ini LG Nexus 5X ditempatkan pada segmen di bawahnya. Disebut demikian, karena seri Nexus buatan LG ini mengusung spesifikasi yang berada satu tingkat di bawah Huawei Nexus 6P. Namun jangan kecewa dulu sobat Begawei! Meski levelnya berada di bawah Huawei Nexus 6P, tak lantas membuat LG Nexus 5X ini inferior. Sama seperti saudaranya, kali ini Nexus 5X dibekali dengan segudang teknologi canggih yang dipadukan dengan spesifikasi hardware kelas atas. Nama LG sendiri memang sedang naik daun menyusul suksesnya deretan smartphone LG G4 series. Kehadiran LG Nexus 5X ini memang seperti sengaja ditempatkan oleh Google pada level di bawah Nexus 6P. Hal ini memang untuk menarik minat konsumen yang ingin mencoba kecanggihan generasi baru Nexus, namun tak sanggup untuk menebus harga Huawei Nexus 6P yang memang diperkirakan akan sangat mahal. Jadi, meski status LG Nexus 5X ini hanya merupakan versi turunan dari Huawei Nexus 6P, namun secara kualitas tentu tak bisa diremehkan.

lg nexus 5x

Memiliki desain fisik yang simpel namun tetap berkelas, inilah gambaran pertama yang diberikan oleh LG Nexus 5X. Jika kita melihat konsep desain fisik pada Nexus 5X, kita memang langsung akan berasosiasi dengan smartphone Nexus 6P. Hal ini karena memang keduanya memiliki bentuk fisik yang sangat identik. Bedanya, LG Nexus 5X ini berukuran lebih kecil karena layarnya juga memiliki ukuran luas yang lebih kecil pula. Perbedaan antara Nexus 6P dan juga Nexus 5X selanjutnya terletak pada bagain jantung dapur pacunya. Jika Huawei Nexus 6P mengusung chipset berkekuatan Snapdragon 810, maka kali ini LG Nexus 5X dibekali dengan chipset di bawahnya, yakni Snapdragon 808. Meski secara teknis memiliki kualitas di bawah chip SoC Snapdragon 810, namun kehadiran prosesor Snapdragon 808 yang ditandemkan dengan RAM berkapasitas 2 GB pada LG Nexus 5X ini akan memberikan performa yang cukup tangguh. Apalagi, generasi Nexus 5X ini juga sudah dibekali dengan sistem operasi OS Android Marshmallow yang merupakan sistem operasi terbaru milik Google. Jika pada sektor lain memiliki perbedaan yang cukup signifikan, maka bagian fotografi pada kedua smartphone Nexus ini memiliki kualitas yang seimbang. Hampir sama dengan Nexus 6P, kali ini LG Nexus 5X mengandalkan duet kamera 12.3 MP dan 5 MP pada lini fotografinya. Nah untuk mengetahui apa saja perbedaan Nexus 5X dengan Nexus 6P serta bagaimana kualitas sebenarnya dari smartphone ini, simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga LG Nexus 5X pada segmen-segmen di bawah ini!

hp lg nexus 5x

Review LG Nexus 5X

Desain Fisik Khas Smartphone Nexus Didukung Layar 5.2 Inci

Sekilas, spesifikasi LG Nexus 5X pada bagian fisik memang terlihat masih sama dengan seri Nexus 6P. Hanya saja Nexus 5X ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Nexus 6P. Dimensi LG Nexus 5X ini adalah 147 x 72,6 x 7,9 mm dengan bobot mencapai 136 gram. Ukuran bodi yang cukup proporsional tersebut akan membuat Nexus 5X terasa sangat mantap saat digenggam. Pada layarnya, kali ini LG Nexus 5X dibekali dengan layar jenis IPS LCD Capacitive Touchscreen dengan ukuran seluas 5.2 inci. Layar pada Nexus 5X ini memiliki resolusi sebesar 1080 x 1920 piksel dengan tingkat kerapatan layar mencapai 424 piksel per inci. Untuk ukuran layar 5.2 inci, resolusi dan kerapatan yang dimiliki oleh layar LG Nexus 5X ini sudah cukup baik. Hal ini akan membuat tampilan visualnya cukup enak dilihat karena gambar akan nampak jelas dan mendetail. Tak hanya mampu menampilkan visualisasi yang bagus, kemampuan layar untuk mendeteksi perintah multi jari pun juga sangat responsif karena layar LG Nexus 5X sudah dibekali dengan teknologi multitouch yang canggih. Selanjutnya, LG pun juga sudah membekali layar pada smartphone ini dengan sistem proteksi layar jenis Corning Gorilla Glass 3 yang akan melindungi layar tersebut secara lebih baik. Jadi, meski jenis layar pada spesifikasi LG Nexus 5X ini bukanlah layar jenis AMOLED pada Nexus 6P, namun kualitasnya tak bisa dipandang sebelah mata.

Performa Tangguh Berkat Dukungan Chip Snapdragon 808 dengan CPU Octa-core

Setelah membahas bagian display visualnya, sekarang kita akan membahas spesifikasi LG Nexus 5X pada bagian jantung dapur pacunya. Spesifikasi mesin pada sebuah smartphone memang menjadi salah satu bagian yang sangat penting karena berhubungan dengan kinerjanya. Menyadari hal ini, LG pun membekali Nexus 5X dengan komponen mesin kelas atas guna menjamin performanya. Pada bagian inti mesin, LG Nexus 5X dibekali dengan prosesor Quacomm MSM8992 Snapdragon 808 yang berkekuatan CPU Hexa-core atau enam inti. CPU tersebut dibagi menjadi dua bagian, yaitu CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 dan CPU Dual-core 1.8 GHz Cortex-A57. Meski secara teknis CPU pada LG Nexus 5X ini masih di bawah Nexus 6P, namun hal itu tak akan mengurangi ketangguhan kinerjanya. Jadi, smartphone hasil kolaborasi antara Google dan LG ini tetap bisa menghadirkan kinerja yang optimal dan stabil. Untuk mendukung kinerja sistem pada mesinnya, LG Nexus 5X pun juga dipersenjatai dengan RAM berkapasitas 2 GB. Sedangkan untuk urusan grafis, LG menyerahkannya pada kartu pengolah grafis atau GPU Andreno 418. Kehadiran GPU Andreno 418 pada LG Nexus 5X ini akan membuat tampilan grafisnya menjadi lebih halus, terutama saat digunakan untuk memainkan game berkualitas HD. Sebagai pelengkap spesifikasi LG Nexus 5X, disematkanlah sistem operasi paling gres dari Google, yaitu OS Android versi 6 atau dikenal dengan nama OS Android Marshmallow. Google mengklaim bahwa OS terbarunya ini memiliki fitur-fitur baru yang lebih seru.

spesifikasi lg nexus 5x

Tersedia Dalam Dua Pilihan Kapasitas Memori Internal

Untuk mendukung sektor-sektor unggulan dari sisi dapur pacu yang super canggih, tentunya kapasitas memori dengan ukuran cukup besar juga sangat dibutuhkan untuk mendukung kerja yang maksimal. Kapasitas memori pada spesifikasi LG Nexus 5X ini memiliki tingkat penyimpanan yang tinggi dan dihadirkan dalam dua pilihan, yaitu 16 GB dan 32 GB. Dengan kapasitas memori yang cukup besar pada LG Nexus 5X ini, kawan Begawei bisa menyimpan semua jenis file, baik itu file multimedia atau aplikasi yang memiliki ukuran besar. Jika melihat kapasitas memori internal pada LG Nexus 5X ini, sebenarnya kawan Begawei tak memerlukan kartu external memory lagi karena kapasitas memori on-board sudah cukup besar. Jadi, meski spesifikasi LG Nexus 5X pada bagian memori ini tak dilengkapi dengan slot microSD external, tentunya hal ini tak akan menjadi masalah yang besar. Ketidakhadiran slot microSD card pada Nexus 5X ini sekaligus sebagai antisipasi efek negatif karena saat ini banyak beredar kartu memori eksternal yang tidak kompatibel dengan jenis ponsel.

Dua Kamera Berkualitas Lengkap dengan Fitur Canggih pada Lini Fotografi

Pada fitur fotografi, spesifikasi LG Nexus 5X juga memiliki perangkat kamera yang cukup mumpuni dan mampu menghasilkan hasil terbaik. Kecanggihan kamera ini telah memenuhi syarat sebagai perangkat yang ditanamkan pada jenis gadget kelas premium. Sama halnya dengan seri Nexus 6P, LG Nexus 5X juga membawakan dua buah perangkat kamera yang sama-sama berkualitas tinggi. Sebagai kamera utama, digunakanlaah kamera berkekuatan 12.3 MP yang sudah dilengkapi dengan fitur laser autofocus dan juga dual-LED flash. Fitur-fitur pada LG Nexus 5X tersebut akan membuat hasil jepretan foto menjadi lebih jernih, meski saat berada pada tempat yang minim cahaya. Tak lupa pula, LG pun membekali lini fotografi Nexus 5X dengan beragam fitur fotografi modern, mulai dari Geo-tagging, Touch Focus, Face Detection, Photo Sphere, hingga fitur Dual Recording. Selain bisa digunakan untuk menghasilkan jepretan foto yang berkualitas tinggi, kamera utama pada LG Nexus 5X ini juga mampu menghasilkan rekaman video beresolusi HD, yaitu video berukuran 2160 piksel. Untuk spesifikasi LG Nexus 5X pada bagian kamera depan, diberikan kamera berukuran 5 MP yang pastinya juga akan memberikan hasil yang maksimal untuk foto selfie ataupun video call. Fitur kamera tersebut juga menyediakan kemampuan untuk pengambilan video dengan kualitas tinggi.

spesifikasi hp lg nexus 5x

Akses Internet Lancar dengan Dukungan Teknologi 4G LTE

Sebagai perangkat mobile kelas premium, rasanya tak lengkap jika spesifikasi LG Nexus 5X tidak memiliki teknologi terbaik pada sektor konektivitas. Sama seperti seri Nexus 6P, sektor konektivitas ini sekaligus menjadi salah satu keunggulan yang coba ditawarkan oleh generasi baru dari Nexus ini. Sebagai jaringan data andalannya, LG Nexus 5X dibekali dengan teknologi jaringan data 4G LTE. Kecepatan teknologi 4G LTE memang sudah tak perlu diragukan lagi. Dengan teknologi jaringan data terbaik pada LG Nexus 5X ini, kawan Begawei bisa menikmati akses internet yang cepat dan stabil. Jika berjalan pada jaringan 4G LTE, Nexus 5X ini mampu meraih kecepatan download hingga 300 Mbps. Sementara untuk upload bisa dipacu hingga kecepatan maksimal 50 Mbps. Kemudian, jika kawan Begawei berada di area yang belum terjangkau jaringan 4G, LG Nexus 5X juga sudah dibekali dengan pilihan jaringan alternatif lainnya yang memiliki kecepatan akses internet yang tak kalah cepatnya. Mulai dari jaringan EDGE hingga HSPA telah disematkan pada seri Nexus 5X ini. Sedangkan untuk keperluan koneksi nirkabel jarak dekat, perangkat baru dari LG ini juga telah dibekali dengan fitur WiFi yang bisa digunakan untuk mengakses internet secara gratis, serta fitur hotspot theterring yang bisa digunakan untuk berbagi jaringan data. Selain itu, LG Nexus 5X juga dilengkapi dengan fitur Bluetooth dan juga slot microUSB yang kompatibel dengan Type-C 1.0 Reversible Connector untuk keperluan transfer data. Spesifikasi LG Nexus 5X di sektor konektivitas pun juga semakin lengkap dengan kehadiran teknologi navigasi A-GPS dan GLONASS yang akan membantu keperluan pemetaan lokasi penggunanya.

Pasokan Daya Andalkan Baterai 2.700 mAh
separator

Apabila melihat semua spesifikasi dari bagian layar, mesin, hingga fitur lainnya, kita bisa menyimpulkan bahwa spesifikasi LG Nexus 5X ini memerlukan pasokan daya yang cukup besar. Hal ini terkait dengan komponen-komponen kelas atas yang tentunya membutuhkan daya yang besar sebagai tenaga operasionalnya. Pada sektor baterainya sendiri, LG Nexus 5X dibekali dengan baterai jenis Non-removable Li-Po yang memiliki kapasitas sebesar 2.700 mAh. Baterai tersebut merupakan jenis baterai baru yang memiliki daya tahan lebih tinggi dan lebih awet jika dibandingkan dengan baterai jenis Li-Ion. Namun jika melihat besaran kapasitasnya, baterai yang tertanam pada LG Nexus 5X ini memiliki kapasitas daya yang terhitung standar. Jika digunakan secara normal, baterai tersebut akan mampu memberikan tenaga maksimal hingga seharian penuh. Namun jika penggunaan kawan Begawei termasuk tinggi, kami menyarankan agar selalu menyiapkan power bank sebagai pemasok daya cadangan karena spesifikasi LG Nexus 5X ini hanya dibekali dengan baterai berkapasitas standar saja.

Kelebihan dan Kekurangan LG Nexus 5X

Jika Huawei Nexus 6P mengandalkan layar AMOLED berukuran 5.7 inci sehingga membuatnya disebut phone tablet, maka kali ini LG Nexus 5X mengusung ukuran layar dengan spesifikasi di bawahnya. Smartphone Nexus buatan LG ini mangandalkan layar IPS seluas 5.2 inci namun sudah dilindungi olah proteksi layar Corning Gorilla Glass 3. Selain layarnya yang cukup kuat, performa dari smartphone ini pun juga sangat menjanjikan karena menggunakan chip Snapdragon 808 dengan dukungan CPU Octa-core. Namun sayangnya, catatan minus ada pada bagian baterainya. Sebagai smartphone dengan spesifikasi kelas atas, ternyata Nexus 5X ini hanya dibekali dengan baterai berkapasitas standar saja, yakni 2.700 mAh. Agar kawan Begawei mendapatkan lebih jelas, berikut ini kami tampilkan perbandingan kelebihan LG Nexus 5X dan kekurangan LG Nexus 5X:

Kelebihan LG Nexus 5X
  • Layar berukuran 5.2 inci
  • Resolusi dan kerapatan layar bagus (1080 x 1920 piksel, 424 ppi)
  • Sudah berpelindung layar Corning Gorilla Glass 3
  • Bodi kokoh
  • Bobot tak terlalu berat 136 gram
  • Teknologi 4G LTE
  • OS Android Marshmallo
  • Prosesor Snapdragon 808
  • CPU Octa-core
  • RAM 2 GB
  • Memori internal luas 16/32 GB
  • Kamera utama 12.3 MP
  • Baterai jenis Li-Po
Kekurangan LG Nexus 5X
  • Single SIM Card
  • Tanpa slot microSD
  • Kapasitas baterai standar

Harga LG Nexus 5X

Bagaimana sobat Begawei? Puas dengan pembahasan spesifikasi Nexus 5X tadi? Nah sekarang kita akan membahas mengenai kisaran harga LG Nexus 5X yang menurut rencana juga akan mulai dijual pada bulan Oktober 2015 ini, bersamaan dengan penjualan Huawei Nexus 6P. Namun sebelum kita membahas lebih jauh mengenai banderol harganya, kami akan memberikan sedikit kesimpulan dari pembahasan spesifikasi hardware LG Nexus 5X ini. Secara kualitas, Nexus 5X memang tak kalah dengan Nexus 6P, meski spesifikasinya berada satu tingkat di bawah. Kita tentu tak bisa meremehkan kualitas dan kinerja dari prosesor Snpadragon 808. Prosesor yang memiliki CPU Octa-core tersebut ditandemkan dengan RAM berkapasitas 2 GB guna meningkatkan performanya. Kisaran harga LG Nexus 5X ini pun juga ditentukan oleh kualitas pada lini fotografinya. Tak jauh berbeda dengan Huawei Nexus 6P, smartphone ini juga mengusung duet kamera berkualitas dengan kekuatan 12.3 MP pada kamera utama serta kamera 5 MP pada kamera sekundernya. Nah, dengan spesifikasi yang sangat berkualitas tadi, lalu apakah harga LG Nexus 5X akan sama dengan harga Nexus 6P?

harga lg nexus 5x

harga lg nexus 5x terbaru

Seperti yang sudah Begawei sempat singgung pada bagian awal tadi, kisaran harga LG Nexus 5X ini memang kemungkinan besar berada di bawah harga Nexus 6P. Hal ini karena spesifikasi yang tertanam pada Nexus 5X memiliki tingkatan satu level di bawah Nexus 6P, namun hal itu tak akan mengurangi kualitas dan kinerja LG Nexus 5X ini. Sesuai dengan informasi yang kami kutip dari laman GSM Arena, kisaran harga LG Nexus 5X ini adalah sekitar 480 euro, atau setara dengan kurang lebih Rp 7,9 jutaan. Harga tersebut sebenarnya berada di bawah perkiraan harga Nexus 6P yang diprediksi pada level Rp 10 jutaan. Untuk pasar gadget Indonesia, banderol harga LG Nexus 5X tadi memang tergolong masih sangat mahal. Bahkan, ada kemungkinan besar lagi bahwa harga Nexus 5X akan mengalami peningkatan saat nanti benar-benar masuk ke Indonesia. Namun jika kembali menilik spesifikasi yang dibawanya, banderol harga tadi memang sudah sesuai dengan kualitas yang dimiliki oleh smartphone Nexus terbaru ini.

Harga LG Nexus 5X
Sekitar Rp 7.900.000,-

Bagi sobat Begawei yang merupakan penggemar smartphone Nexus, banderol harga LG Nexus 5X tadi tentunya tak akan menjadi masalah. Selain itu, bagi kamu yang menginginkan unit smartphone dengan layar luas, mesin tangguh, dan fitur lengkap, tentunya LG Nexus 5X ini bisa menjadi opsi gadget yang menarik. Meski secara kualitas berada sedikit di bawah seri Nexus 6P, serta dengan banderol harga LG Nexus 5X yang kemungkinan besar tak akan semahal Nexus 6P, tentu hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, apalagi mereka yang merupakan penggemar seri Nexus. Dengan ‘iming-iming’ OS Android terbaru serta performa mesin yang tangguh, mungkin pecinta gadget akan sedikit ‘mengesampingkan’ banderol harga LG Nexus 5X yang sangat mahal tadi. So, buat kawan Begawei yang sudah tak sabar ingin menebus smartphone Nexus terbaru ini, tunggu sampai rilis resminya pada bulan Oktober ini ya! Baca juga ulasan Begawei mengenai Huawei Nexus 6P dan LG Nexus 5.

Spesifikasi LG Nexus 5X

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / CDMA / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - all models
  • 3G bands
    HSDPA 800 / 850 / 1700 / 1900 / 2100 - Global model / HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 - Asian model
  • 4G bands
    LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 4(1700/2100), 5(850), 7(2600), 8(900), 9(1800), 17(700), 18(800), 19(800), 20(800), 26(850), 28(700), 38(2600), 40(2300), 41(2500) - Global model / LTE band 1(2100), 3(1800), 4(1700/2100), 8(900), 26(850), 38(2600), 40(2300), 41(2500) - Asian model
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, September 29
  • Status
    Coming soon. Exp. release 2015, October
Desain
  • Dimensi
    147 x 72.6 x 7.9 mm (5.79 x 2.86 x 0.31 in)
  • Berat
    136 g (4.80 oz)
  • SIM
    Nano-SIM
Layar
  • Tipe
    Capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.2 inches (~69.8% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Corning Gorilla Glass 3, oleophobic coating
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v6.0 (Marshmallow)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808
  • CPU
    Quad-core 1.44 GHz Cortex-A53 & dual-core 1.82 GHz Cortex-A57
  • GPU
    Adreno 418
  • RAM
    2 GB
Memori
  • Card slot
    No
  • Internal
    16/32 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    12.3 MP, laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash
  • Fitur
    1.55µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, photo sphere, HDR, dual recording
  • Video
    2160p@30fps
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
  • Bluetooth
    v4.2, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS, GLONASS
  • Radio
    No
  • USB
    Type-C 1.0 reversible connector
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Po battery
  • Daya
    2700 mAh

Produk Lainnya dari LG

Top