Home » Produk » Lenovo ZUK Edge

Harga Lenovo ZUK Edge dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 2.35 GHz

  • RAM
    4 GB

  • Kapasitas
    32/64 GB

  • Layar
    Capacitive touchscreen

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS v6.0.1

Harga Lenovo ZUK Edge dan Spesifikasi – Ponsel kelas menengah milik Lenovo memang cukup digandrungi oleh konsumen di pasar gadget karena selain harganya lebih terjangkau, spesifikasi yang dibawanya termasuk pada kategori berkualitas. Setelah beberapa waktu yang lalu merilis produk mid-rangenya yaitu Lenovo Zuk Z1 dan Lenovo Zuk Z2 yang cukup sukses di pasaran, tak butuh waktu lama bagi Lenovo untuk kembali meluncurkan produk barunya. Vendor smartphone Tiongkok tersebut rumornya tengah mempersiapkan Lenovo ZUK Edge yang merupakan anggota baru dari seri Zuk milik Lenovo. Sebelumnya, generasi terbaru dari ponsel Zuk ini diketahui memiliki nama ZUK Z2151. Namun, setelah beberapa hari yang lalu Lenovo ZUK Edge ini baru saja mendapatkan sertifikasi dari TENAA, sepertinya nama tersebut tak lagi digunakan. Semenjak smartphone ini diketahui sedang dalam proses sertifikasi di TENAA, bocoran tampilan dari ponsel serta spesifikasinya sudah tersebar luas di internet meskipun belum lengkap. Dari bocoran yang kini tengah beredar tersebut diketahui bahwa produk teranyar Lenovo ini bukan mengusung nama Lenovo Zuk Z2151, melainkan Lenovo ZUK Edge. Hal ini tentu semakin memanaskan jagat perangkat pintar lantaran Lenovo tampaknya gerah jika tidak menggunakan nama Edge yang sebenarnya sudah sering digunakan oleh Samsung. Pikiran konsumen tentunya sedikit banyak bakal membayangkan bahwa Lenovo ZUK Edge ini akan menyerupai Samsung varian Edge walaupun tidak mutlak.

Lenovo Zuk Edge

Lenovo Zuk Edge

Seharusnya Lenovo ZUK Edge sebagai generasi terbaru akan membawa spesifikasi yang lebih baik dibandingkan dengan generasi-generasi pendahulunya. Hal ini sepertinya diamini oleh produk terbaru Lenovo ini. Dari foto-foto yang beredar di internet, jika sekilas dilihat tampilan dari Lenovo ZUK Edge ini hampir sama dengan versi Z2. Meski begitu, ada sedikit perbedaan terutama pada bagian bezel serta tombol home. Versi terbaru ini juga hadir dengan layar lebih lapang yaitu 5.5 inci dibandingkan dengan ponsel Z2 yang hanya memiliki bentang layar 5 inci. Perubahan yang terjadi pada Lenovo ZUK Edge ini rupanya juga tak berhenti di bagian desainnya, namun juga bagian jeroannya. Dapur pacu pada versi Edge juga mendapatkan upgrade dari pendahulunya. Ini bisa dilihat dari pengantian chipset Qualcomm Snapdragon 820 ke Qualcomm Snapdragon 821 yang tentunya semakin meningkatkan performa Lenovo ZUK Edge ini. Selain pada tampilan fisik dan komponen dapur pacu, kira-kira upgrade apalagi yang diberikan oleh Lenovo pada anggota baru keluarga ZUK ini ya? Untuk mengetahuinya, mari kita simak langsung ulasan spesifikasi dan harga Lenovo ZUK Edge berikut ini!

Hp Lenovo Zuk Edge

Smartphone Lenovo Zuk Edge

Review Lenovo ZUK Edge

Ponsel 5.5 Inci Berdesain Simple dan Minim Bezel

Bagian pertama tentu akan kita gunakan untuk membahas desain dari spesifikasi Lenovo ZUK Edge. Meski peluncuran dari smartphone ini masih rumor tetapi foto-foto mengenai perangkat baru Lenovo ini sudah bisa dilihat di internet. Sekilas jika dilihat, desain Edge ini memang hampir mirip dengan Lenovo Zuk Z2 yang hadir dengan desain simpel namun terlihat berkelas. Namun, jika dilihat lebih dekat lagi, sobat Begawei akan menemukan sesuatu yang berbeda dari keduanya. Sudahkah sobat mengetahui perbedaannya? Ya, benar Lenovo ZUK Edge ini mengusung bodi berbentuk hampir segi empat sempurna dengan tampilan yang juga hampir tanpa bezel. Bahkan, bagian mukanya terlihat hampir layar semua karena bagian bawahnya tak ditemukan tombol home. Mungkin tampilan inilah, yang membuat Lenovo menyematkan embel-embel ‘Edge’ pada generasi paling baru dari seri Zuk ini. Mengenai kenyamanan selama penggunaan tampaknya belum bisa diperkirakan karena dimensi dan berat Lenovo ZUK Edge ini sampai sekarang masih belum diketahui. Namun yang pasti layar yang dibawa oleh Zuk Edge ini tampaknya memang lebih besar dibandingkan dengan Zuk Z2 karena smartphone ini memiliki bentang layar 5.5 inci dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan 401 ppi. Untuk panel layarnya sendiri belum diketahui apakah Lenovo ZUK Edge ini juga akan menggunakan teknologi Super AMOLED seperti pada Zuk Z2. Selain itu, Lenovo belum memberikan informasi apakah layar dari ponselnya ini juga akan dilengkapi dengan proteksi atau tidak. Namun, sepertinya handphone yang akan meluncur dengan warna hitam ini sudah dibekali dengan sensor fingerprint. Asumsi ini wajar, pasalnya spesifikasi Lenovo ZUK Edge ini memang ditempatkan sebagai perangkat mewah yang lucu rasanya jika tanpa fingerprint sensor.

Dapur Pacu Mumpuni dengan Chipset Snapdragon 821 dan RAM 4 GB

Setelah membahas tampilan luarnya, kini kita masuk ke pembahasan spesifikasi Lenovo ZUK Edge pada bagian dalam dari perangkat yaitu sektor dapur pacu. Meski spesifikasi dari dapur pacu ini belum diketahui secara lengkap, namun kita sudah bisa memperkirakan seperti apa kinerja dari ponsel lewat rumor mengenai komponen-komponen yang dibekalkan kepadanya. Menurut rumor yang beredar, Lenovo ZUK Edge ini akan memakai chipset terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 821. Dengan begitu, kinerja dari ponsel tak perlu dipertanyakan lagi kehebatannya. Selain itu, sektor ini ditandem RAM berkapasitas 4 GB sehingga aktivitas multitasking bisa dilakukan dengan cepat dan responsif. Untuk tenaga prosesornya seharusnya berpusat pada Quad Core CPU seperti milik Z2. Namun, kemampuan Lenovo ZUK Edge ini bakal lebih tinggi lantaran bekerja pada frekuensi 2.35 GHz. Untuk urusan jenis kartu grafisnya, informasi menyebutkan bahwa Adreno 530 bakal menemani Lenovo ZUK Edge dalam menjalankan grafis yang berat. Namun, sepertinya komponen-komponen ini masih akan dijalankan di atas sistem operasi Android v6.0.1 Marshmallow yang cenderung lawas. Walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa perangkat ini juga akan mendapatkan update Nougat yang tentunya lebih sesuai dengan spesifikasi Lenovo ZUK Edge tersebut.

Spesifikasi Lenovo Zuk Edge

Spesifikasi Lenovo Zuk Edge

Storage Sediakan 2 Varian Memori Internal 32 GB dan 64 GB

Selanjutnya, kita akan beralih menuju ruang penyimpanan yang disediakan oleh spesifikasi Lenovo ZUK Edge. Space memori yang ditawarkan oleh Zuk Edge ini sepertinya tak mengalami upgrade dari pendahulunya. Pasalnya, Edge masih menyediakan dua varian memori internal untuk menampung file milik pengguna Lenovo ZUK Edge ini. Kapasitas memori internal ini terdiri dari 32 GB dan 64 GB. Untuk golongan ponsel kelas menengah tentunya kapasitas ruang penyimpanan tersebut sudah cukup memadai untuk mengcover file sistem dan file hiburan koleksi pengguna Lenovo ZUK Edge ini yang biasanya terdiri dari foto, video, dan game. Sayangnya, jika kapasitas tersebut masih dirasa kurang, sobat Begawei tidak bisa mengekspansi ruang penyimpanannya karena spesifikasi Lenovo ZUK Edge tidak dibekali dengan slot untuk microSD.

Lini Fotografi Hadirkan Duet Kamera 13 MP dan 8 MP

Berbicara mengenai kualitas kamera, spesifikasi Lenovo ZUK Edge masih membawa kamera yang sama dengan generasi sebelumnya namun tetap mampu bersaing dengan perangkat lainnya. Smartphone ini dibekali dengan dua buah kamera yang mampu menghasilkan jepretan foto dan video yang berkualitas. Kamera utamanya yang beresolusi 13 MP bisa ditemukan pada bagian belakang bodinya. Kamera utama dari Lenovo ZUK Edge ini sudah dilengkapi dengan fitur phase detection autofocus dan LED Flash. Sementara itu, Lenovo membekali perangkat barunya ini dengan kamera sekunder berkekuatan 8 MP yang bisa ditemukan pada bagian depan bodinya. Kamera Lenovo ZUK Edge tersebut cukup mendukung aktivitas selfie dan video call. Fitur pendukung kamera lain yang bisa ditemukan pada smartphone ini adalah geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan panorama. Kehadiran fitur pendukung tersebut semakin memperkuat sensasi entertain dari spesifikasi Lenovo ZUK Edge ini.

Spesifikasi Hp Lenovo Zuk Edge

Spesifikasi Smartphone Lenovo Zuk Edge

Konektivitas Andalkan Akses Jaringan 4G LTE

Pada bagian ini, spesifikasi Lenovo ZUK Edge yang dihadirkan pun tak jauh berbeda dengan ponsel modern yang ada pada saat ini. Jika sebagian besar smartphone mid-range kini telah dibekali dengan teknologi 4G LTE untuk menyuguhkan aktivitas selancar di dunia maya yang super cepat, Lenovo juga menggunakan akses jaringan 4G LTE sebagai jaringan utama pada Lenovo ZUK Edge sehingga produknya ini tak kalah saing dengan produk milik vendor lain. Digunakannya akses jaringan ini memungkinkan aktivitas download dilakukan dengan kecepatan 150 Mbps dan aktivitas upload dilakukan dengan kecepatan 50 Mbps. Lenovo ZUK Edge pun masih menghadirkan akses jaringan lama GSM dan HSPA untuk koneksi internet. Ponsel juga mendukung penggunaan dual SIM untuk komunikasi yang lebih efisien. Hadirnya fitur Wi-Fi dan hotspot pada sektor ini juga memungkinkan pengguna mendapatkan koneksi internet dengan minim biaya. Sementara itu, jika pengguna ingin melakukan transfer data, fitur Bluetooth v4.1, A2DP, LE, USB v2.0 dan USB Type-C reversible connector bisa dimanfaatkan. Untuk pemetaan lokasi, spesifikasi Lenovo ZUK Edge ini sudah dibekali dengan A-GPS, GLONASS, dan BDS yang kinerjanya akurat.

Suplai Daya Dipasok Baterai 3.000 mAH.

Untuk bagian pemasok daya, Lenovo membekali spesifikasi Lenovo ZUK Edge ini dengan baterai Lithium Ion atau Li-Ion berkapasitas 3.000 mAH. Meski kapasitas baterai ini lebih kecil apabila dibandingkan dengan baterai yang digunakan pada Zuk Z2, namun kapasitas ini memadai dan mampu untuk mendukung semua kebutuhan operasional. Baterai dengan kapasitas yang lumayan besar ini juga sudah mengakomodasi beberapa komponen Lenovo ZUK Edge yang memang mengonsumsi daya cukup banyak seperti pada bagian dapur pacu dan konektivitas. Kapasitas baterai ini mampu bertahan seharian dengan penggunaan yang wajar. Yang menarik dari Lenovo ZUK Edge pada sektor ini adalah hadirnya fitur fast charging yang akan mendukung pengisian daya dengan cepat. Namun, kelemahannya jenis baterai yang digunakan adalah non-removable sehingga baterai pada spesifikasi Lenovo ZUK Edge ini tidak bisa diganti dengan mudah.

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo ZUK Edge

Lenovo nampaknya tergoda dengan Samsung dalam menerbitkan Lenovo ZUK Edge ini. Pasalnya penggunaan nama Edge memang memberikan kesan yang lebih ‘menyudutkan’ bagi setiap penggunanya. Walaupun mirip dari sisi penggunaan nama, nyatanya spesifikasi Lenovo ZUK Edge ini berbeda jauh dari Samsung varian Edge. Terlihat produk Lenovo kali ini menggunakan chipset tebaik dari Qualcomm dengan kode produk Snapdragon 821. Chipset ini diklaim memiliki 4 inti CPU yang mampu berdenyut pada 2,35 GHz. Tentu saja, performa Lenovo ZUK Edge ini tak akan lagi boleh diragukan. Apalagi mengingat perangkat ini memiliki RAM sebesar 4 GB yang begitu luas. Berbicara masalah entertain, perangkat ini juga tak ketinggalan diisi dengan komponen berkualitas. Disebutkan, Lenovo ZUK Edge ini menggunakan kamera dengan sensor 13 MP yang sangat baik ala Lenovo. Nah, untuk melengkapi informasinya, silahkan disimak kelebihan Lenovo ZUK Edge dan kekurangan Lenovo ZUK Edge di bawah ini.

Kelebihan Lenovo ZUK Edge
  • Akses jaringan 4G LTE
  • Dual SIM
  • Sensor Fingerprint
  • Layar 5.5 inci
  • Resolusi layar Full HD 1080 x 1920 piksel
  • OS Android v6.0.1 Marshmallow
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 821
  • RAM 4 GB
  • 2 varian memori internal 32 GB dan 64 GB
  • Duet kamera 13 MP dan 8MP
  • Navigasi GLONASS
  • Baterai 3.000 mAH
  • Fitur fast charging
Kekurangan Lenovo ZUK Edge
  • Tidak ada slot microSD
  • Non-removable battery

 

Harga Lenovo ZUK Edge

Berbicara masalah harga Lenovo ZUK Edge ini, memang tak bisa dilepaskan dari sensasi kehadirannya yang mengusung tampilan berbeda. Selain penasaran dengan spesifikasi yang diusungnya, orang juga pasti akan merasa penasaran dengan banderol harganya. Pada segmen ini Begawei secara khusus akan membahas mengenai kisaran harga Lenovo ZUK Edge ini. Membicarakan mengenai harga tentu tak bisa dipisahkan dari spesifikasi yang diusungnya. Perangkat terbaru dari Lenovo ini merupakan smartphone kelas menengah yang hadir dengan desain hampir tanpa bezel dan kombinasi layar berukuran 5.5 inci. Belum lagi, sektor dapur pacu Lenovo ZUK Edge ini yang menurut rumor akan dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 821 dan ditandem dengan RAM berukuran 4 GB, tentu performanya sangat tinggi. Nah, dengan bekalan spesifikasi tersebut, kira-kira berapa harga Lenovo ZUK Edge ini ya?

Harga Lenovo Zuk Edge

Harga Lenovo Zuk Edge

Harga Lenovo Zuk Edge Terbaru

Harga Lenovo Zuk Edge Terbaru

Nominal harga Lenovo ZUK Edge ini memang belum diketahui secara pasti karena status perilisan dari ponsel ini pun masih rumor. Namun untuk memberi sobat semua gambaran, Begawei akan membuat perkiraan harga Lenovo ZUK Edge ini. Nominal harga dari ZUK Edge ini nantinya merupakan hasil perbandingan dengan generasi sebelumnya yaitu Lenovo Zuk Z2. Dilengkapi dengan spesifikasi yang sebagian besar sama dengan pendahulunya dengan upgrade pada desain dan komponen dapur pacu. Tentu harga smartphone Lenovo ZUK Edge akan sedikit lebih mahal dari generasi sebelumnya. Menurut informasi terakhir, Zuk Z2 sendiri dibanderol Lenovo dengan harga USD $ 274 atau setara dengan Rp 3,7 jutaan. Oleh karena itu diperkirakan, harga Lenovo ZUK Edge ini nanti akan dibanderol di kisaran harga antara Rp 4 jutaan hingga Rp 5 jutaan.

Harga Lenovo ZUK Edge
Sekitar Rp 4.000.000,- s/d Rp 5.000.000,- (Perkiraan)

Jika dipikir ulang perkiraan harga Lenovo ZUK Edge ini masih terbilang cukup kompetitif di pasar gadget. Hal ini karena dengan kisaran harga tersebut pengguna sudah bisa menikmati ponsel berkualitas tinggi terlebih untuk segmen mid-range. Jadi, Lenovo ZUK Edge ini nanti bisa menjadi salah satu opsi jika sobat Begawei mencari smartphone yang mengedepankan kualitas dengan sensasi yang lebih modern. Meski begitu, Begawei ingatkan sekali lagi bahwa harga Lenovo ZUK Edge tersebut hanyalah sebuah prediksi sehingga tidak bisa dijadikan patokan yang pasti karena status dari Lenovo ZUK Edge ini sendiri masih rumor dan spesifikasinya belum dibeberkan secara lengkap. Oleh karena itu harga Lenovo ZUK Edge secara pasti kemungkinan bisa berbeda dengan prediksi, mungkin lebih tinggi atau lebih rendah. Baca juga Lenovo Zuk Z2 Pro dan Lenovo Zuk Z2.

Spesifikasi Lenovo ZUK Edge

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Belum Diumumkan
  • Status
    Rumor
Desain
  • SIM
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    Capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.5 inches
  • Resolusi
    1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)
  • Multitouch
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
  • Chipset
    Qualcomm Snapdragon 821
  • CPU
    Quad-core 2.35 GHz
  • GPU
    Qualcomm® Adreno™ 530 GPU
  • RAM
    4 GB
Memori
  • Card slot
    Tidak
  • Internal
    32/64 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, phase detection autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
  • Video
    Ya
  • Kamera Depan
    8 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.1, A2DP, LE
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, BDS
  • Radio
    Menunggu Konfirmasi
  • USB
    v2.0, Type-C reversible connector
Fitur
  • Sensor
    Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion
  • Daya
    3000 mAh

Produk Lainnya dari Lenovo

Top