Home » Produk » Lenovo Vibe K5

Harga Lenovo Vibe K5 dan Spesifikasi


  • CPU
    Octa-core

  • RAM
    2 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    IPS

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS v5.1

Spesifikasi dan Harga Lenovo Vibe K5 – Perhelatan Mobile World Congress 2016 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol tampaknya tak hanya menyuguhkan dominasi smartphone premium saja. Beberapa vendor kenamaan dunia juga tetap menghadirkan seri smartphone entry level yang memang semakin digemari konsumen. Salah satu produk ponsel pintar pemula yang hadir di MWC 2016 adalah Lenovo Vibe K5, yang merupakan produk smartphone terbaru besutan vendor asal Tiongkok, Lenovo. Kehadiran smartphone paling gres lansiran Lenovo itu semakin menegaskan bahwa pabrikan besar itu memang menjadi salah satu vendor yang tetap concern menggarap pangsa pasar kelas pemula. Dengan Lenovo Vibe K5 ini, Lenovo ingin semakin memperkuat brand mereka yang memang sudah sangat kuat di pasar gadget entry level. Sebenarnya, Lenovo menghadirkan seri Vibe K5 tak sendirian. Seri pendampingnya, yakni Vibe K5 Plus juga dihadirkan. Dua smartphone terbaru Lenovo termasuk seri Lenovo Vibe K5 ini dipastikan bakal meluncur pada kuartal pertama tahun 2016 ini. Meskipun secara menyasar pasar berbeda, dua smartphone tersebut tetap dipasarkan dengan harga yang relatif terjangkau. Nah, pada kesempatan kali ini, Begawei akan mengajak sobat untuk mengulas detail spesifikasi teknis dari Lenovo Vibe K5 yang ternyata meski diplot untuk kelas konsumen menengah ke bawah namun sudah dijejali ragam teknis yang mumpuni di tiap sektornya.

lenovo vibe k5

Hadir sebagai pelengkap Lenovo Vibe Series, tentunya Lenovo Vibe K5 membawa banyak spesifikasi unggulan. Sektor unggulan pertama yang coba ditawarkan handset terbaru ini adalah desain ciamik, dengan komposisi material tidak murahan. Selanjutnya, di bagian layarnya, smartphone Lenovo seri Vibe K5 mengadopsi jenis layar IPS LCD berbentang 5 inchi dengan resolusi gambar 720 x 1.280 piksel. Dilihat secara detail, resolusi pada layar Lenovo Vibe K5 ini memang terbilang standar namun cukup ideal untuk smartphone yang membidik pasar low-end. Selanjutnya di bagian dapur pacunya, generasi Vibe K5 membawa jenis chipset Qualcomm Snapdragon 415 yang ditandemkan dengan prosesor Octa-core. Kehadiran RAM 2 GB semakin menambah komposisi hardware dari Lenovo Vibe K5 cukup istimewa dalam menghasilkan kinerja operasional yang mumpuni. Tak luput sektor kamera juga menjadi perhatian vendor dengan disematkannya kamera 13 MP dan 5 MP yang cukup fungsional dalam menunjang kebutuhan dokumentasi. Begitupun, untuk yang gemar berinternet ria tak perlu khawatir, sebab Lenovo Vibe K5 sudah kompatibel dengan jaringan 4G LTE demi akses internet yang cepat dan stabil. Sampai di sini mau tahu segudang kelebihan lainnya lagi? Nah, di bawah ini sudah Begawei sajikan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Lenovo Vibe K5 khusus untuk sobat Begawei semua. Yuk, disimak!

hp lenovo vibe k5

Review Lenovo Vibe K5

Smartphone Entry-level dengan Desain Body Stylish Berpadu Frame Metal

Untuk segmen perdana kali ini seperti biasa Begawei akan mengajak sobat semua untuk membedah spesifikasi Lenovo Vibe K5 di bagian eksteriornya yang tak lain adalah desain tampilannya. Diamati sekilas dari luarnya, smartphone Lenovo generasi Vibe K5 ini terlihat sekali memiliki desain khas smartphone premium. Yup hal tersebut tampak dari desain bodi persegi panjang dengan sudut bulatan tipis di masing-masing ujungnya. Bodi smartphone Lenovo Vibe K5 ini pun terlihat semakin menarik dengan komposisi material metal berpadu dengan bezel krom lantas dilabur dengan pilihan warna eksklusif seperti gold atau silver. Sementara dimensinya juga cukup kompak dan slim untuk ukuran smartphone 5 inci, dimana Lenovo Vibe K5 memiliki ukuran tubuh mencakup 142 x 71 x 8 mm. Mengenai bobotnya juga tak terlampau berat dengan berkisar pada 142 gram saja. Dengan ukuran yang dibawanya, smartphone ini masih sangat nyaman ketika digenggam. Beralih untuk sektor visual, Lenovo Vibe K5 kali ini dibekali layar berukuran 5 inci. berjenis IPS LCD kapasitif yang memiliki resolusi sebesar 720 x 1280 piksel dengan tingkat kerapatan layar mencapai 294 piksel per inci. Untuk ukuran layar 5 inci, resolusi layar tersebut memang tergolong standar. Meski begitu, tampilan visual pada Lenovo Vibe K5 ini Begawei rasa sudah pas dan cukup ideal untuk smartphone kelas entry-level. Terakhir, menutup pembahasan bagian tampilan dan layarnya, sedikit catatan untuk spesifikasi Lenovo Vibe K5 pada bagian layar belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar yang tangguh seperti Corning Gorilla Glass atau sejenisnya, sehingga bisa dipastikan sobat Begawei mesti memasang screen guard secara terpisah demi menghindari resiko goresan pada permukaan layarnya.

Performa Lebih Maksimal Berkat Prosesor Octa-core dan RAM 2 GB

Selanjutnya beranjak dari pembahasan spesifikasi Lenovo Vibe K5 di bagian tampilannya, kali ini kita akan membahas spesifikasi dari smartphone terbaru lansiran Tiongkok ini di bagian dapur pacunya. Tercatatm pada smartphone terbarunya ini Lenovo sudah mengandalkan kombinasi komponen hardware yang semuanya saling melengkapi. Sebagai mesin utamanya, Lenovo Vibe K5 dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8929 Snapdragon 415. Dengan kehadiran chip terbaru besutan Qualcomm tersebut, pastinya sudah mampu meningkatkan kemampuan olah data smartphone ini. Sementara itu kehadiran prosesor Octa-core yang terbagi menjadi dua cluster yakni Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 1,2 GHz siap menjadi otak pemrosesan bagi Lenovo Vibe K5 ini dengan menawarkan performa lebih responsif dan handal. Untuk menambah kemampuan dan kinerjanya,Lenovo lantas melengkapinya dengan RAM berkapasitas 2 GB. Kapasitas RAM tersebut sudah cukup ideal dan dapat mengakomodasi kebutuhan ruang sistem dalam menjalankan aplikasi-aplikasi yang butuh memori besar. Untuk mendukung kinerja grafis menjadi lebih mumpuni, pada Lenovo Vibe K5 juga sudah dijejali dengan kartu pengolah grafis atau GPU berjenis Adreno 405 yang cukup menjanjikan dalam mengolah grafis menjadi lebih hidup. Pada bagian pamungkasnya, spesifikasi Lenovo Vibe K5 di bagian mesin ini disempurnakan dengan kehadiran OS Android v5.1 (Lollipop) yang bakal menawarkan berbagai macam fitur menarik dan pembaruan aplikasi lebih komplit untuk sobat Begawei semua.

spesifikasi lenovo vibe k5

Kapasitas Ruang Penyimpanan Lega Didukung Slot Memori Eksternal

Pada segmen berikutnya ini, Begawei kemudian akan mengajak sobat semua untuk mengulas spesifikasi Lenovo Vibe K5 pada sektor yang cukup penting dalam menunjang kinerja olah datanya, yaitu memori penyimpanan atau memori internal. Hadir sebagai smartphone modern, rasanya tidak lengkap jika tidak disempurnakan dengan besaran memori internal yang memadai untuk media penyimpanan. Layaknya smartphone masa kini, ternyata Lenovo Vibe K5 ini sudah dibekali dengan kapasitas memori yang cukup besar. Sama seperti seri Lenovo lainnya, kali ini generasi Vibe K5 juga masih dibekali dengan memori internal berkapasitas 16 GB. Lewat kapasitas memori internal sebesar itu Begawei rasa sudah cukup untuk menampung semua jenis file, baik file aplikasi maupun file pribadi penggunanya yang berukuran standar. Selain itu, melengkapi keunggulan Lenovo Vibe K5, vendor pun juga menambahkan slot external memory pada seri Vibe K5 miliknya ini. Keberadaan external memory berupa microSD ini akan sangat berguna saat memori internal pada perangkat pintar mulai penuh. Slot memori eksternal yang ada pada spesifikasi Lenovo Vibe K5 ini mampu menampung kartu microSD hingga kapasitas 32 GB. Dengan kapasitas mencapai 32 GB pastinya sobat Begawei tidak akan lagi khawatir akan kehabisan ruang penyimpanan beragam file dengan ukuran lebih kompleks pada spesifikasi Lenovo Vibe K5 ini.

Sektor Dokumentasi Diperkuat Oleh Duet Kamera 13 MP dan 5 MP

Berikutnya, kita akan membahas spesifikasi Lenovo Vibe K5 pada sektor fotografinya. Dewasa ini kebutuhan forografi dengan menggunakan smartphone telah menjadi trend baru oleh penngguna. Sehingga untuk menjadi handset pilihan konsumen, sebuah smartphone harus memiliki piranti kamera mumpuni. Konsisten dengan tradisi Lenovo sebelumnya yang rajin merilis perangkat berkamera gahar, seri Lenovo Vibe K5 ternyata juga dibekali dengan piranti kamera berkualitas tinggi. Ya, kali ini Lenovo mempersenjatai smartphone terbarunya ini dengan kamera yang berukuran cukup besar. Sebagai kamera utama, ponsel pintar yang satu ini mengandalkan kamera berukuran 13 MP. Kamera yang terletak di sudut belakang Lenovo Vibe K5 tersebut memiliki resolusi lensa sebesar 4160 x 3120 pixels. Selain berukuran cukup besar, kamera utama pada smartphone ini juga telah didukung oleh fitur fotografi masa kini, seperti misalnya fitur Autofocus dan juga LED Flash. Dengan adanya tambahan kedua fitur fungsional tersebut, sobat Begawei bisa menggunakan smartphone Lenovo Vibe K5 ini untuk menghasilkan jepretan foto yang sangat baik, meski berada di tempat minim cahaya sekalipun. Tak lupa, lini fotografi pada smartphone Lenovo edisi Vibe K5 pun juga sudah dibekali dengan fitur olah fotografi modern seperti Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, serta fitur HDR. Selain itu, kamera primer pada smartphone Lenovo Vibe K5 pun juga difungsikan untuk merekam video dengan kualitas rekaman yang cukup baik pula hingga resolusi 1080@30 fps. Sebagai pelengkap spesifikasi Lenovo Vibe K5 di sektor fotografi, ditambahkanlah kamera sekunder berukuran 5 MP yang terletak di sisi depan yang bisa digunakan sebagai media selfie ataupun aktivitas video call.

spesifikasi hp lenovo vibe k5

Dibekali Fitur Konektivitas Lengkap Plus Dukungan Jaringan 4G LTE

Lepas dari sektor fotografinya, sekarang kita akan membahas spesifikasi Lenovo Vibe K5 pada bagian teknologi konektivitasnya. Saat ini yang menjadi indikator kualitas sebuah smartphone selain kamera tentunya juga spesifiksi di sektor konektivitasnya. Menurut Begawei, rasanya tak lengkap jika sebuah smartphone memiliki spesifikasi gahar di semua sektornya namun justru minim di spesifiksi bagian konektivitas. Nah untuk bagian konektivitas, spesifikasi teknis dari smartphone Lenovo Vibe K5 ini sudah cukup lengkap, seperti misalnya dukungan slot dual SIM card GSM yang tentunya akan memberikan kemudahan dalam hal berkomunikasi. Sedangkan untuk konektivitas jaringan internet, Lenovo Vibe K5 mengandalkan jaringan super ngebut 4G LTE. Dengan menggunakan jaringan 4G LTE, sobat Begawei akan diberikan fasilitas kecepatan download hingga 150 Mbps. Dan untuk kecepatan upload, smartphone bisa dipacu hingga mencapai kecepatan maksimal 50 Mbps. Selain itu, daerah-daerah yang belum tersentuh koneksi 4G akan terback-up dengan koneksi 2G dan 3G yang sudah ada pada smartphone ini. Untuk konektivitas nirkabel, Lenovo Vibe K5 ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang tak kalah fungsional. Antara lain fitur WiFi dan hotspot yang merupakan fitur untuk melakukan sharing internet kapanpun dan dimanapun. Kemudian, ada juga fitur Bluetooth 4.0 A2DP yang juga akan membantu kawan Begawei dalam proses transfer data jarak dekat. Tidak ketinggalan juga, Lenovo Vibe K5 ini juga sudah dibekali dengan kabel data berjenis microUSB v2.0 dan sudah bsia digunakan untuk USB on-the-go (OTG) yang memungkinkan untuk menghubungkan smartphone ini dengan perangkat lain secara efisien. Terakhir, spesifikasi Lenovo Vibe K5 di bagian konektivitas ini juga telah dilengkapi dengan sistem navigasi, meskipun sistem tersebut dirasa masih kurang lengkap karena sebatas menggunakan A-GPS untuk kebutuhan pemetaan sobat semuanya.

Andalkan Baterai Berkapasitas 2.750 mAh Sebagai Pemasok Daya Utama

Setelah Begawei mengajak sobat untuk mengulas detail spesifikasi Lenovo Vibe K5 di berbagai sektornya, selanjutnya kita akan menuju ke segmen terakhir, yakni pembahasan di bagian suplai dayanya. Jika kita melihat spesifikasi mesin dan juga layar Lenovo Vibe K5, sebenarnya bisa dikatakan tingkat konsumsi dayanya termasuk dalam level medium. Konsumsi daya terbesar tentunya terletak pada layarnya yang berukuran 5 inchi dan performa olah datanya. Demi mengakomodasi kebutuhan suplai dayanya, Lenovo Vibe K5 ini dibekali dengan baterai jenis removable Lithium-Ion dengan kapasitas mencapai 2.750 mAh. Kapasitas baterai pada smartphone ini sebenarnya cukup ideal untuk smartphone kelas low-end. Dengan kapasitas tersebut, sobat Begawei tetap mampu mengoperasikan Lenovo Vibe K5 secara normal selama seharian lebih. Namun jika sobat Begawei merupakan pengguna gadget yang over, ada baiknya sobat selalu menyediakan pemasok daya cadangan atau power bank mengingat spesifikasi Lenovo Vibe K5 ini hanya dibekali dengan kapasitas baterai yang tak terlalu besar dan belum didukung fitur pengisian daya cepat (Quick-charge).

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Vibe K5

Membawa gen Lenovo Vibe Series, memang kelebihan utama yang dimiliki oleh Lenovo Vibe K5 ini adalah bagain desain serta kemampuan fotografinya. Hal ini karena Lenovo mengusung panel layar jenis IPS LCD berukuran 5 inci serta duet kamera 13 MP dan 5 MP. Kemudian, lini konetktivitas pada smartphone ini juga sudah support jaringan 4G LTE. Namun meski secara umum memiliki spesifikasi teknis yang cukup bagus, smartphone ini tetap memiliki beberapa catatan kekurangan. Agar lebih jelas, berikut adalah tabel kelebihan Lenovo Vibe K5 dan kekurangan Lenovo Vibe K5.

Kelebihan Lenovo Vibe K5
  • Desain stylish dengan komposisi bahan metal
  • Layar IPS LCD 5 inci
  • OS Android Lollipop
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 415
  • Prosesor Octa-core
  • RAM 2 GB
  • GPU Adreno 405
  • Dual kamera 13 MP dan 5 MP
  • Memori internal 16 GB ditambah slot microSD up-to 32 GB
  • Dual SIM card GSM
  • Konektivitas komplit dan dukungan jaringan 4G LTE
  • Output speaker jernih berkat Dolby Audio
  • Kapasitas baterai ideal sebesar 2.750 mAh dan removable
  • Harga relatif terjangkau
Kekurangan Lenovo Vibe K5
  • Resolusi layar standar
  • Belum ada proteksi layar internal

Harga Lenovo Vibe K5

Sampai pada segmen kali ini, apakah sobat Begawei sudah merasa cukup puas dengan ulasan yang kami sampaikan mengenai spesifikasi teknis dari smartphone terbaru lansiran Lenovo ini? Jika sudah puas maka saatnya kita menuju ke segmen selanjutnya, yaitu kisaran harga Lenovo Vibe K5 di pasaran. Sebelum membahas nominal harga, terlebih dulu kita akan mereview singkat spesifikasi dari smartphone ini. Datang menyasar segmen low-end, perangkat pintar terbaru Lenovo seri Vibe K5 membawa desain stylish dengan frame metal berpadu layar  IPS LCD berbentang 5 inchi. Sementara di bagian dapur pacunya, Lenovo Vibe K5 dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 415 yang ditandemkan dengan prosesor Octa-core. Kehadiran RAM 2 GB kian menambah komposisi hardware menjadi lebih berkualitas, serta akan berpengaruh pada harga Lenovo Vibe K5di pasaran. Tak luput sektor kamera juga menjadi perhatian vendor dengan mengandalkan kamera 13 MP dan 5 MP yang cukup fungsional dalam menunjang kebutuhan dokumentasi. Terakhir, harga Lenovo Vibe K5 juga ditentukan dengan sudah adanya jaringan seluler yang kompatibel dengan jaringan 4G LTE. Sampai di sini, apakah sobat Begawei sudah bisa memprediksi harga dari ponsel pintar ini?

harga lenovo vibe k5

harga lenovo vibe k5 terbaru

Mengenai kisaran harga Lenovo Vibe K5, seperti yang sudah Begawei singgung di atas, karena ponsel pintar yang satu ini menyasar segmen konsumen pemula maka nominal harganyapun tak akan dibanderol terlalu mahal. Setelah resmi diperkenalkan, Lenovo juga tak lupa untuk memberikan kisi-kisi harga dari seri Lenovo Vibe K5 ini. Dimana dipasarkan untuk global dan Asia menjadi fokus utama pangsa pasarnya.  Menurut informasi yang masuk ke meja redaksi Begawei, banderol harga jual seri Vibe K5 ini dijual dengan harga mulai 120 euro. Jika dikonversikan dalam bentuk mata uang rupiah, maka nominal tersebut akan sama dengan sekitar Rp 1,7 jutaan saja. Wow, melihat banderol harga Lenovo Vibe K5 ini tentunya cukup menggiurkan dan sangat ideal untuk mengisi segmen pasar low-end bukan? Apalagi jika kita bandingkan antara spesifikasi yang dibawanya dan harga Lenovo Vibe K5 yang ditawarkan, produk teranyar besutan vendor asal Tiongkok ini merupakan smartphone yang sangat kompetitif dan layak untuk dimiliki.

Harga Lenovo Vibe K5
Sekitar Rp 1.700.000,-

Perlu Begawei sampaikan, kisaran harga Lenovo Vibe K5 di atas merupakan harga untuk pasar global, sehingga ketika masuk di Tanah Air, harganya sendiri berpotensi berubah mengikuti alur distribusi. Namun Begawei prediksi, harganya sendiri tak akan terpaut berbeda mengingat Lenovo juga memiliki pabrik di Indonesia. Nah, jika kita perhatikan secara detail Lenovo Vibe K5 ini memiliki kans kuat untuk mengubah peta persaingan di segmen smartphone entry-level hingga menengah. Belum lagi jika melihat harga yang dibawanya, tentu bakal banyak pecinta gadget dalam negeri yang menginginkan smartphone yang satu ini untuk segera dikapalkan di Indonesia. So, buat sobat Begawei yang terlanjur kepincut dengan murahnya harga Lenovo Vibe K5 ini, dipastikan harus bersabar dulu mengingat statusnya masih ‘coming soon’ dan baru dipasarkan mulai bulan Maret 2016 mendatang. Tetapi yang jelas secara teknis, kisaran harga Lenovo Vibe K5 memang memiliki value lebih untuk penggunanya. Baiklah, sobat Begawei sampai di sini dulu pertemuan kita, dan sampai jumpa kembali di kesempatan review berikutnya. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Lenovo A6010 Plus dan Xiaomi Mi4 Series.

Spesifikasi Lenovo Vibe K5

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2016, February
  • Status
    Coming soon. Exp. release 2016, March
Desain
  • Dimensi
    142 x 71 x 8 mm (5.59 x 2.80 x 0.31 in)
  • Berat
    142 g (5.01 oz)
  • SIM
    Dual SIM
Layar
  • Tipe
    IPS capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inches (~68.4% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8929 Snapdragon 415
  • CPU
    Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Adreno 405
  • RAM
    2 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 32 GB (dedicated slot)
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    v4.1, A2DP, LE
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0, USB On-The-Go
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Removable Li-Ion battery
  • Daya
    2750 mAh

Produk Lainnya dari Lenovo

  • Moh Rizky Wafifadil

    Saya sudah pakai ini HP, dan benar apa yg di tuliskan di atas hp ini bagi saya sendiri sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan dan aktifitas saya sehari-hari…
    Thanks….

    #I Like it

Top