Home » Produk » Lenovo Tab3 10

Harga Lenovo Tab3 10 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.3

  • RAM
    2/3 GB

  • Kapasitas
    32/64 GB

  • Layar
    IPS LCD

  • Kamera
    8 MP

  • OS
    Android OS v6.0

Spesifikasi dan Harga Lenovo Tab3 10 – Hiruk-pikuk persaingan di pasar smartphone dunia tak membuat Lenovo melupakan salah satu segmen yang masih memiliki potensi sangat besar, yakni pasar gadget layar lebar alias tablet. Guna menambah jajaran tablet andalannya, perusahaan asal Tiongkok tersebut baru saja memperkenalkan seri tablet Lenovo Tab3 10 yang akan mengisi posisi tablet berlayar 10 inci di pasaran. Kehadiran tablet terbaru dari Lenovo ini menunjukkan bahwa vendor asal Negeri Tirai Bambu itu merupakan salah satu vendor yang masih eksis dalam merilis varian tablet. Secara segmentasi, tablet Lenovo Tab3 10 ini akan menempati pangsa pasar tablet 10 inci di kelas entry-level atau pemula. Keputusan untuk menempatkan tablet seri Tab3 di segmen tablet pemula memang bukan tanpa alasan. Lenovo berharap bahwa tablet Lenovo Tab3 10 ini akan menjadi opsi yang bagus bagi mereka kaum profesional yang membutuhkan partner bisnis berupa gadget berlayar lebar, serta memiliki performa yang berkualitas. Meski detail spesifikasi teknisnya sudah muncul pada bulan ini, namun menurut rencana tablet Lenovo Tab3 10 ini baru akan dirilis secara resmi ke pasaran pada awal kuartal dua tahun 2016 ini.

lenovo tab3 10

Menempatkan diri pada segmentasi produk tablet kelas menengah bawah, rupanya Lenovo tetap berkomitmen untuk menyajikan yang terbaik bagi penggunanaya. Hal ini terlihat dari mulai konsep desain yang diusungnya. Lenovo Tab3 10 mengusung layar jenis IPS LCD seluas 10.1 inci. Luas layar yang dibawakan, memang mneyesuaikan dengan namanya yang mebawa embel-embel Tab3 10. Resolusi yang dihasilkan dari layar tersebut memang sudah termasuk Full HD, meskipun begitu kerapatan layar yang masih standar tetap mampu menjamin kenyamanan bagi pandangan mata terhadap visualisasi yang dihasilkan. Selain itu, Lenovo Tab3 10 mengandalkan pengolahan data dari kombinasi chipset MediaTek yang ditenagai oleh processor Quad-core 1.3 GHz. Yang lebih menarik, tablet kelas menengah bawah ini juga tak ingin kalah dengan produk-produk terbaru lainnya yang mengandalkan seluruh pemrosesannya pada platform sistem operasi Android terbaru yaitu v6.0 Marshmallow. Meski secara segmentasi Lenovo Tab3 10 hanya diplot untuk menempati segmen pemula, ternyata bekal spesifikasinya cukup lumayan. Jadi, tak salah memang jika Lenovo berharap tablet barunya ini akan mampu berkontribusi cukup bagus di pasar. Semakin penasaran dengan kualitas sebenarnya dari tablet ini? Simak ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Lenovo Tab3 10 pada segmen-segmen di bawah ini!

tablet lenovo tab3 10

Review Lenovo Tab3 10

Tablet Berbody Ramping dengan Layar IPS Berukuran 10 Inci

Secara sekilas, spesifikasi Lenovo Tab3 10 memiliki aura yang identik dengan tablet yang bongsor dan lapang. Hal ini dibuktikan dengan spesifikasi yang diusung oleh tablet  Tab3 10 ini pada bagian dimensinya. Secara keseluruhan, material yang digunakan pada  Lenovo Tab3 10 sudah cukup bagus dan mampu menghasilkan kesan mewah berkat pilihan warna casing hitam yang mebuatnya elegan. Secara fisik, tablet terbaru dari Lenovo ini memiliki ukuran bodi yang bongsor sesuai dengan ukuran layarnya. Meskipun dimensi detailnya masih belum diketahui, namun Lenovo menjamin tablet terbarunya ini akan tetap nyaman untuk dioperasikan. Untuk bagian visual, kali ini Lenovo Tab3 10 mengandalkan jenis layar IPS LCD capacitive touchscreen yang memiliki ukuran sebesar 10.1 inci. Layar pada tablet ini memiliki resolusi sebesar 1920 x 1200 piksel dengan tingkat kerapatan layar mencapai 224 ppi. Jika menengok ukuran layarnya yang mencapai lebih dari 10 inci, jelas resolusi layar tersebut terasa kurang. Jadi tak mengherankan apabila tampilan layar pada Lenovo Tab3 10 ini tidak akan setajam tablet kelas premium di atasnya. Selain kualitas display yang standar, salah satu catatan yang ada pada spesifikasi Lenovo Tab3 10 di bagian layar ini adalah tak adanya sistem proteksi layar yang akan menjadi pelindungnya. Jadi, kawan Begawei harus menambahkan screen guard tambahan pada tablet ini.

Spesifikasi Ruang Dapur Pacu Berkualitas dengan Dukungan Sistem Operasi Android Marshmallow

Saatnya kita membedah spesifikasi Lenovo Tab3 10 di bagian mesin untuk melihat komponen-komponen apa saja yang ada pada dapur pacunya. Untuk menjalankan operasional tablet ini, Lenovo menggunakan chipset MediaTek yang berkekuatan CPU Quad-core 1.3 GHz. Meski kualitas prosesor pada Lenovo Tab3 10 ini tak setangguh komposisi hardware dapur pacu gadget kelas atas, namun untuk keperluan standar tablet ini masih bisa diandalkan. Prosesor Quad-core tadi bertandem dengan RAM yang menawarkan dua varian kapasitas yaitu antara 2 GB atau 3 GB sesuai dengan keinginan pengguna. Hasil kolaborasi tersebut memunculkan tenaga yang cukup untuk memacu kerja Lenovo Tab3 10 ini dengan kuat juga memungkinkan untuk kerja multitasking dengan lancar. Namun, kehadiran Android v6.0.1 (Marshmallow) sebagai sistem operasi pada tablet Lenovo seri Tab3 10 sudah cukup membantu mesin untuk bekerja lebih baik. Jadi, kawan Begawei pun tak perlu ragu untuk menjalankan Lenovo Tab3 10 dalam beberapa perintah sekaligus, karena multitasking dipastikan akan berjalan lancar dengan baik melalui dukungan OS-nya. Masih di sektor dapur pacu, kali ini kartu pengolah grafis pada spesifikasi Lenovo Tab3 10 masih belum diketahui, namun mengingat chipsetnya menggunakan MediaTek maka kemungkinan besar akan menggunakan GPU jenis Mali.

spesifikasi lenovo tab3 10

Pilihan Memori ROM 32/64 GB Pastikan Semua File Bisa Terakomodasi

Selanjutnya, sampailah kita pada sektor ruang penyimpanan. Kawan Begawei akan bisa memanfaatkan storage berkapaitas ekstra longgar yang hadir melalui spesifikasi Lenovo Tab3 10 ini. Internal memory yang tersedia pada tablet ini ditawarkan dalam dua varian kapasitas yang dapat dipilih sesuai keinginan atau kebuthan kawan begawei. Kapasitas yang ditawarkan adalah antara 32 GB atau 64 GB. Menurut Begawei, ukuran kapasitas pada tablet Lenovo Tab3 10 tersebut sudah cukup untuk menampung rapi file-file sistem atau file hiburan milikmu. Namun, jika kawan Begawei masih membutuhkan tempat yang lebih luas untuk mewadahi file-file tersebut, daya tampung pada storage Lenovo Tab3 10 ini masih bisa ditingkatkan lagi dengan menambahkan kartu external memory hingga mencapai 32 GB. Dijamin, ruang penyimpanan data pada spesifikasi Lenovo Tab3 10 ini akan membuat kamu bisa menyimpan file atau aplikasi yang berukuran besar tanpa khawatir kehabisan ruang simpan.

Lini Fotografi Fungsional Mengandalkan Duet Kamera 8 MP dan 3 MP

Biasanya, sebuah tablet memang tak dibekali dengan komponen fotografi kelas atas. Hal ini karena tablet memang lebih menonjolkan kualitas kerja dan fungsinya. Namun pada spesifikasi Lenovo Tab3 10 ini, kita tetap ditawari seperangkat komponen fotografi yang cukup berkelas. Kamera primer yang terdapat tablet ini memiliki kekuatan 8 MP dan sanggup hasilkan foto cukup bagus dan tajam. Pada kamera utama Lenovo Tab3 10 juga tak lupa disematkan fitur modern seperti geo-tagging. Kawan Begawei juga tak perlu khawatir, sebab tablet ini juga telah disemati dengan kamera sekunder atau kamera depan untuk kebutuhan selfie atau panggilan video call dengan kamera berukuran 3 MP. Memang untuk kamera depan yang ada pada Lenovo Tab3 10 tersebut masih cukup minimalis, namun tetap fungsional digunakan sesuai fungsinya. Hanya saja, catatan pada sektor kamera adalah, belum adanya LED flash sehingga pengambilan foto hanya bisa maksimal pada lokasi dengan pencahayaan yang cukup saja. Meski serba minimalis, namun spesifikasi Lenovo Tab3 10 pada lini fotografi ini pastinya sudah cukup bisa diandalkan untuk mendukung kebutuhan dokumentasi setiap saat.

spesifikasi tablet lenovo tab3 10

Kebutuhan Komunikasi Didukung Slot SIM Card GSM Berteknologi Jaringan 3G HSPA

Selanjutnya pada sektor konektivitas, spesifikasi Lenovo Tab3 10  ini memang hadir dengan koneksi sangat lengkap dan memadai untuk berkomunikasi menggunakan jaringan data atau internet. Saat ini, koneksi 4G memang sedang banyak dikembangkan. Dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi, 4G menjadi pesaing jalur 3G. Namun, kali ini Lenovo belum menyematkan teknologi jaringan tersebut pada perangkat gadgetnya ini. Ya, pada Lenovo Tab3 10 hanya mengandalkan akses internet dengan jaringan 3G HSPA. Meskipun masih menggunakan jaringan versi lama, namun tenang saja 3G HSPA Masih sangat bisa diandalkan. Apalagi mengingat saat ini juga banyak beredar produk-produk sekelas yang hanya mengandalkan Wifi pada akses internetnya. So, jaringan pada Lenovo Tab3 10 ini sudah termasuk bagsu di kelasnya. Dengan dukungan kecepatan HSPA di jalur 3G, tablet ini bisa melakukan download dengan kecepatan hingga mencapai 21.1 Mbps. Sementara itu, untuk upload kecepatan akses tablet ini bisa mencapai 5.76 Mbps. Tablet stylish ini juga bisa kamu andalkan untuk bermain di zona WiFi dan juga hotspot untuk berbagi akses internet secara gratis. Soal navigasi, tablet ini bisa mengandalkan teknologi GPS yang sudah dilengkapi dengan A-GPS. Kemudian, spesifikasi Lenovo Tab3 10  juga dilengkapi dengan fitur-fitur koneksi jarak dekat macam Bluetooth v4.0 dan juga microUSB.

Suplai Daya Ekstra Besar Berkekuatan Baterai 7.000 mAh

Untuk sektor terakhir, kita akan menengok kapasitas baterai dari spesifikasi Lenovo Tab3 10 ini. Sebagai gadget kelas menengah ke bawah, ternyata tablet Lenovo seri Tab3 10 ini dibekali dengan kapasitas baterai yang luar biasa besar. Tercatat, kali ini Lenovo menyematkan baterai dengan kapasitas sebesar 7.000 mAh. Dengan kapasitas yang sangat besar tersebut, tablet Lenovo Tab3 10 ini sanggup bertahan hingga 2.280 jam saat digunakan stand-by pada jaringan 3G. Sementara itu, untuk talk time atau waktu biacar, tablet Lenovo Tab3 10 ini mampu bertahan hingga kurang lebih 20 jam. Berbekal kapasitas baterai yang sangat besar, tentu kawan Begawei akan bisa mengoperasikan tablet ini secara maksimal. Kapasitas daya yang hadir melalui spesifikasi Lenovo Tab3 10 ini rasa-rasanya sudah lebih dari cukup untuk menemani aktivitasmu selama seharian penuh dengan penggunaan normal.

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Tab3 10

Sama seperti fungsi tablet pada umumnya, tablet Lenovo Tab3 10 ini memiliki kelebihan pada bagian layarnya yang sangat luas, mencapai 10 inci. Kemudian pada bagian fotografinya, tablet ini juga memiliki sepasang kamera yang cukup berkualitas. Kelebihan lain yang ada pada tablet ini tentunya adalah bagian baterai yang didukung kapasitas 7.000 mAh. Secara umum memang banyak kelebihan yang dimiliki oleh tablet terbaru dari Lenovo ini. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tabel kelebihan Lenovo Tab3 10 dan kekurangan Lenovo Tab3 10.

Kelebihan Lenovo Tab3 10
  • Desain atraktif
  • Layar sangat luas 10.1 inci
  • OS Android Marshmallow
  • Chipset MediaTek
  • Processor Quad-core 1.3 GHz
  • RAM 2 GB / 3 GB
  • Memori internal 32 GB / 64 GB
  • Slot memori eksternal 32 GB
  • Duet kamera 8 MP dan 3 MP
  • Konektivitas lengkap
  • Akses Internet 3G HSPA
  • Baterai 7.000 mAh
Kekurangan Lenovo Tab3 10
  • Belum ada pelapis layar anti gores
  • Kerapatan layar standar
  • Belum support 4G LTE
  • Navigasi masih A-GPS

Harga Lenovo Tab3 10

Itu dia ulasan Begawei secara lengkap mengenai spesifikasi tablet terbaru rilisan Lenovo ini. Akhirnya tidak terasa kita telah memasuki segmen paling penting pada ulasan kali ini. Ya! Sekarang kita akan mengulas informasi harga Lenovo Tab3 10 . Namun, sebelum membeberkan informasi harganya, ada baiknya Begawei memberikan sedikit kesimpulan mengenai tablet ini. Menurut Begawei, tablet Lenovo seri Tab3 10 ini memang cukup berkualitas meski hanya menempati segmen menengah bawah. Hal ini terlihat dari beberapa sektor andalan Lenovo Tab3 10 seperti layarnya yang memang sangat luas yaitu 10.1 inci namun resolusi dan kerapatan layarnya masih standar. Lalu, pada sektor dapur pacu tablet ini mengandalkan chipset MediaTek bertenaga processor Quad- core. Namun, rupanya pada dapur pacu ditawakan dua varian RAM sebagai pengoptimalan kinerja yaitu 2 GB dan 3 GB. Penawaran serupa juga berlaku pada sektor penyimpanan file yang diberi dua jenis kapasitas yaitu antara 32 GB dan 64 GB. Harga Lenovo Tab3 10 juga dipengaruhi oleh keberadaan akses internet yang masih mengandalkan 3G HSPA sehingga nominal untuk biaya produksinya tak semahal apabila menggunakan 4G LTE. So, dengan bekal kualitas spesifikasi yang cukup baik, kira-kira harga Lenovo Tab3 10 ini berapa ya?

harga lenovo tab3 10

harga lenovo tab3 10 terbaru

Berdasarkan informasi yang Begawei lansir dari GSM Arena, banderol harga Lenovo Tab3 10  ini adalah sekitar 180 euro, atau sekitar Rp 2,6 jutaan. Untuk pasar gadget Indonesia, banderol harga tersebut memang tergolong masih kompetitif, terlebih lagi tablet tersebut membawa layar yangs nagat luas sehingga tetap memiliki nilai plus tersendiri. Banderol harga Lenovo Tab3 10  ini sudah disesuaikan dengan kualitas komponen yang ada di dalamnya. Jika kita kembali melihat spesifikasi perangkat terbaru lansiran Lenovo ini, kita bisa menemukan berbagai komponen hardware yang memang berkualitas, meski ada beberapa catatan namun hal tersebut tidak mengganggu proses kerjanya. Meski di bagian akses internetnya Lenovo Tab3 10 belum mengusung 4G LE, namun untuk sebuah tablet mengah bawah sudah lebih dari cukup menggunakan 3G HSPA. Selain itu, faktor tersebut juga menjadi pengaruh bagi harga Lenovo Tab3 10 yang sangat kompetitif di level gadget pemula ini.

Harga Lenovo Tab3 10
Sekitar Rp 2.600.000,-

Untuk pasar gadget pada umumnya, memang harga Lenovo Tab3 10 tersebut tergolong tidak terlalu mahal. Selain itu beberapa komponen yang tersusun di dalamnya juga termasuk mumpuni dan sesuai standar sebagai sebuah gadget kelas menengah. Hal ini bisa dilihat dari spesifikasi mesin Lenovo Tab3 10 yang ternyata cukup oke juga. Terlebih dengan penggunaan Android Marshmallow, membuatnya menjadi produk yang tak kalah modern. Jika memperhatikan spesifikasi yang ada di dalamnya, tablet ini memang cocok untuk kebutuhan hiburan dan pekerjaan. Dengan harga Lenovo Tab3 10  yang tak terlalu mahal, kawan Begawei akan mendapatkan perangkat berlayar lebar dengan kemampuan olah data yang cukup oke. Kombinasi mesin berkualitas racikan Lenovo, layar lega dengan dimensi yang pas, dan dukungan memori internal yang luas serta nominal harga Lenovo Tab3 10  yang bersahabat di kantong bisa menjadi jawaban bagi kamu yang sedang mencari gadget berlayar lebar dengan harga murah. Nah cukup sampai di sini dulu review yang Begawei sampaikan pada kesempatan kali ini. Jangan lupa baca juga review menarik lainnya mengenai Lenovo Yoga Tab 3 Pro dan Acer Iconia Tab 10 A3-A30.

Spesifikasi Lenovo Tab3 10

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    -
  • Kecepatan
    HSPA 21.1/5.76 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2016, February
  • Status
    Coming soon. Exp. release 2016, June
Desain
  • Dimensi
    -
  • Berat
    -
  • SIM
    Yes
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    10.1 inches
  • Resolusi
    1920 x 1200 pixels (~224 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
  • Chipset
    Mediatek
  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz
  • GPU
    -
  • RAM
    2/3 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 32 GB (dedicated slot)
  • Internal
    32/64 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    8 MP
  • Fitur
    Geo-tagging
  • Video
    Yes
  • Kamera Depan
    3 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    No
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion battery
  • Daya
    7000 mAh

Produk Lainnya dari Lenovo

Top