Home » Produk » Lenovo A5860

Harga Lenovo A5860 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.3

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    IPS

  • Kamera
    8 MP

  • OS
    Android v5.0

Spesifikasi dan Harga Lenovo A5860 – Di antara vendor smartphone asal Tiongkok yang semakin merajalela di pasar gadget internasional, Lenovo adalah salah satu pabrikan papan atas yang selalu konsisten menyajikan deretan smartphone berkualitas namun tetap dengan harga terujangkau. Sukses menggebrak pasar smartphone menengah atau kelas entry level menjadikan nama Lenovo semakin berkibar. Setelah beberapa lalu merilis tablet seri Yoga, kali ini perusahaan asal Tiongkok tersebut memperkenalkan seri smartphone Lenovo A5860 yang kali ini didaulat untuk menempati segmen low end atau pemula. Kedatangan smartpone terbaru Lenovo seri A5860 sendiri sudah ramai diberitakan sejak kuartal pertama tahun 2015 yang lalu. Namun dengan beberapa alasan membuat Lenovo lebih memilih untuk meluncurkan Lenovo A5860 jelang akhir tahun ini. Lenovo mengklaim bahwa smartphone berbasis Android seri S5860 ini merupakan generasi penerus dari Lenovo A536 yang juga cukup sukses di pasaran. Kehadiran Lenovo A5860 ini sekaligus mempertegas posisi Lenovo sebagai pemilik porsi pasar yang cukup besar di pasar smartphone kelas pemula. Ya, tak latah seperti pabrikan lain yang semakin rajin menelurkan smartphone flagship berharga selangit, kali ini Lenovo tetap concern menghadirkan perangkat pintar berkualitas dengan banderol harga bersahabat. Salah satu buktinya adalah Lenovo A5860 ini.

lenovo a5860

Secara umum, Lenovo A5860 ini memiliki peningkatan spesifikasi dari berbagai aspek jika dibandingkan dengan generasi lawasnya, yakni Lenovo A536. Salah satu pembaruan spesifikasi tersebut bisa dilihat dari peningkatan kualitas layar yang kini mengusung layar 5,5 inci IPS LCD yang mampu hasilkan resolusi layar lebih jernih. Selain itu sektor jantung dapur pacu pada Lenovo A5860 juga tidak ketinggalan diberikan berbagai revisi mulai dari CPU Quad-core dengan clock speed 1,3 Ghz Cortex A-7, lalu dipadukan RAM 1 GB yang bakal menjanjikan performa untuk Lenovo A5860 menjadi lebih optimal. Meski spesifikasi mesinnya tetap merupakan spesifikasi smartphone pemula, namun komposisi tersebut sudah bisa menghadirkan performa cukup baik. Sementara pada sektor kamera, untuk menunjang kebutuhan fotografi penggunanya, Lenovo A5860 telah disematkan kamera 8 MP untuk kamera primer dan juga kamera 2 MP untuk kamera sekunder. Kamera primer atau kamera belakang tersebut juga telah didukung dengan teknologi dual LED Flash untuk mengoptimalkan pencahaayaan ketika mengambil obyek foto di tempat gelap. Sedangkan untuk media penyimpanan internalnya, Lenovo A5860 masih mengandalkan memori internal berkapasitas 8 GB yang memungkinkan untuk bisa diupgrade dengan slot kartu microSD. Nah, itulah sekilas spesifikasi yang diusung oleh smartphone terbaru dari Lenovo ini secara garis besar. Sedangkan untuk lebih detailnya, sobat Begawei bisa simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga Lenovo A5860 pada segmen-segmen di bawah ini.

hp lenovo a5860

Review Lenovo A5860

Desain Bodi Minimalis Dipadukan Layar IPS LCD 5.5 Inci

Untuk bagian pertama yang akan Begawei ulas adalah spesifikasi Lenovo A5860 pada sektor tampilan. Sekilas tampilan eksterior pada smartphone terbaru dari Lenovo ini memang menampilkan desain khas Lenovo yang minimalis namun tetap sedap dipandang mata. Material yang digunakan pada smartphone Lenovo A5860 ini terbilang standar dengan dominasi material berkomposisi plastik. Sedangkan untuk desain fisiknya masih mengusung platform yang sama dengan desain Lenovo A536. Beralih ke dimensi yang dimilikinya, untuk Lenovo A5860 cenderung memiliki dimensi cukup kompak lewat ukuran body berkisar 152 x 76.2 x 8.5 mm. Smartphone ini juga cukup nyaman saat digenggam dan cukup kokoh di tangan karena memiliki bobot yang pas, berkisar 149 gram. Bergerak ke layarnya, Lenovo A5860 telah mengusung layar IPS CD 5,5 inci yang memiliki resolusi layat standar namun masih fungsional untuk menunjang kebutuhan visual penggunanya. Smartphone terbaru dari Lenovo ini hadir dengan hasil gambar pada layar yang mencapai resolusi 720 x 1280 piksel dengan kerapatan layar berkisar 267 ppi. Lewat layar tersebut sebenarnya kualitas visual smartphone ini sudah cukup bagus dalam menampilkan kebutuhan display sobat Begawei semua. Namun yang perlu digaris bawahi adalah, untuk spesifikasi Lenovo A5860 pada bagian layar belum disertai dengan sistem proteksi layar internal, sehingga kamu harus menambahkan screen guard tambahan guna melindungi layarnya.

Prosesor Quad-core Disempurnakan RAM 1 GB untuk Performa Lebih Optimal

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi Lenovo A5860 di sektor dapur pacu. Meski hanya menempati gadget kelas menengah, namun ternyata smartphone terbaru racikan Lenovo ini sudah dibekali teknologi mesin layaknya ponsel premium. Sebagai mesin intinya, Lenovo A5860 menggunakan prosesor Quad-core Cortex A-7 yang memiliki kecepatan 1.3 GHz. Untuk smartphone kelas pemula, kinerja CPU Quad-core 1.3 GHz ini memang sudah bisa diandalkan. Namun sayangnya, hingga kini Lenovo belum mengumumkan jenis chipset apa yang akan digunakan pada sistem permesinan Lenovo A5860 ini. Jika melihat pengalaman yang sudah-sudah, kemungkinan besar Lenovo akan tetap menggunakan rangkaian chipset dari Qualcomm meski belum diketahui seri Snapdragon yang berapa. Satu hal yang sudah pasti, Lenovo A5860 akan dibekali dengan RAM berkapasitas 1 GB. Keberadaan RAM berkapasitas 1 GB ini pastinya akan memberikan kemampuan multitasking yang cukup responsif. Dengan perpaduan komponen mesin seperti itu, Lenovo S60 akan memberikan jaminan berupa kinerja mesin yang cepat, stabil, dan pastinya responsif. Kemudian, untuk menampilkan detail grafis yang menawan, Lenovo juga membekali smartphone terbarunya ini dengan GPU Andreno 306. Kehadiran OS Android KitKat pada spesifikasi Lenovo A5860 juga akan memberikan pengalaman seru kepada pemakai saat menggunakan gadget ini.

spesifikasi lenovo a5860

Media Penyimpanan Andalkan Memori Internal 8 GB dan Slot Memori Eksternal

Sebagai smartphone yang telah didukung dengan fitur multimedia, yang jelas spesifikasi Lenovo A5860 harus dilengkapi memori internal dengan kapasitas yang lega. Hal ini sangat penting karena besaran memori internal telah menjadi kebutuhan utama pengguna gadget modern. Untuk memenuhi keperluan penyimpanan file penggunanya, kali ini Lenovo menanamkan memori internal seluas 8 GB pada Lenovo A5860 ini. Untuk smartphone kelas pemula, kapasitas memori internal itu sudah cukup besar. Dengan kapasitas yang cukup besar ini, kawan Begawei bisa mewadahi file-file hiburan dan file sistem pada satu tempat saja. Keberadaan memori seluas 8 GB pada Lenovo A5860 ini juga akan memberikan ruang yang cukup besar agar kawan Begawei bisa menyimpan file-file penting, entah itu file sistem, aplikasi, multimedia, atau file penting lainnya. Selain itu, spesifikasi Lenovo A5860 pada bagian memori ini juga dilengkapi dengan slot external memory yang bisa diekspansi hingga mencapai kapasitas 32 GB. Ukuran ini lebih dari cukup untuk menyimpan file-file seperti foto, audio, video dan lain-lain.

Duet Kamera 8 MP dan 2 MP yang Sederhana Namun Fungsional

Saatnya beralih pada pembahasan Begawei untuk spesifikasi Lenovo A5860 pada lini fotografi. Untuk mendukung kebutuhan dokumentasi serta fotografi yang mumpuni, smartphone kelas menengah dari Lenovo ini sudah dibekali dengan duet kamera yang cukup fungsional. Sebagai kamera utama, Lenovo menyematkan kamera berukuran 8 MP yang memiliki resolusi lensa 3264 x 2448 pixels. Kamera utama Lenovo A5860 tersebut sudah dilengkapi dengan fitur Autofocus dan juga LED Flash. Fitur-fitur fotografi modern pun juga sudah disematkan pada ponsel ini, seperti misalnya fitur Geo-tagging, Touch Focus serta Face Detection yang bisa digunakan untuk melakukan pengambilan gambar dengan hasil yang lebih bagus. Selain bisa digunakan untuk menghasilkan jepretan foto yang bagus, kamera utama pada Lenovo A5860 ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas yang cukup baik. Jadi, meski kekuatan kamera primer pada smartphone ini hanya berkelas standar, namun kehadirannya sudah sangat membantu saat kamu ingin mengabadikan momen-momen spesial. Perangkat terakhir yang melengkapi spesifikasi Lenovo A5860 di bagian kamera ini adalah kamera sekunder berukuran 2 MP yang pastinya bisa kawan Begawei gunakan untuk mengambil foto selfie atau melakukan video call.

spesifikasi hp lenovo a5860

Koneksi Internet Diperkuat oleh Teknologi Jaringan 4G LTE

Sama seperti smartphone masa kini, untuk spesifikasi Lenovo A5860 juga dilengkapi dengan fitur konektivitas yang lengkap dan modern, mulai dari fitur Dual SIM GSM yang bisa digunakan untuk stand-by bersama-sama. Sobat Begawei yang terbiasa megakses internet via smartphone juga bakal terakomodasi dengan kencangnya berakses internet menggunakan Lenovo A5860 lewat dukungan jaringan 4G LTE yang dimilikinya. Berkat jaringan 4G LTE yang diusungnya, smartphone ini bahkan mampu memberikan kecepatan akses download hingga 150 Mbps dan juga akses upload yang dapat dipacu sampai 50 Mbps. Lantas selain hanya jaringan 4G LTE, Lenovo A5860 juga menyediakan koneksi jaringan seluler lainnya untuk kelancaran berkomunikasi lewat jaringan 2G Edge dan juga 3G HSPA. Sedangkan untuk fitur penunjang konektivitas lainnya terutama non-seuler juga telah tersedia lengkap di Lenovo A5860, mulai dari fitur Wi-Fi, dan hotspot yang bisa digunakan untuk mengakses atau berbagai akses data internet. Lalu untuk kebutuhan transfer data ada fitur Bluetooth v4.0 serta slot kabel data dengan jenis microUSB v2.0. Berpindah untuk fitur navigasinya, sayangnya untuk memenuhi kebutuhan pemetaan pengguna, spesifikasi Lenovo A5860 hanya didukung dengan navigasi sekelas A-GPS. Meskipun secara teknis A-GPS merupakan sistem navigasi terendah, namun kehadirannya juga bisa menjadi andalan sobat Begawei untuk menentukan titik lokasi suatu tempat.

Pasokan Daya Hadirkan Baterai Berkapasitas Sesuai Kebutuhan
separator

Di antara semua pembahasan spesifikasi Lenovo A5860 di atas, satu hal yang tak boleh terlupakan adalah kapasitas baterainya. Nah pada pembahasan di segmen terakhir, seperti biasa Begawei akan mengulas spesifikasi pada sektor baterai yang berperan penting sebagai sektor suplai daya. Melihat spesifikasi keseluruhan di atas beserta komponen yang dimilikinya, secara garis besar Lenovo A5860 memang tidak begitu membutuhkan suplai daya yang besar. Hal ini karena spesifikasi yang diusungnya merupakan spesifikasi hardware kelas pemula. Meski begitu, tetapi untuk baterai sendiri juga wajib mengusung kapasitas yang besar demi memenuhi kebutuhan penggunanya. Sayangnya, sampai saat ini belum ada informasi berapa kapasitas baterai untuk Lenovo A5860 ini. Namun jika melihat komposisi hardware yang digunakan pada masing-masing sektornya, kemungkinan besar Lenovo akan menanamkan baterai berkapasitas antara 2000 hingga 2500 mAh. Yang jelas, spesifikasi Lenovo A5860 ini pasti akan dilengkapi dengan baterai berkapasitas sesuai dengan kebutuhan dayanya.

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo A5860

Walaupun statusnya hanya sebagai smartphone kelas low-end, Lenovo A5860 ini menawarkan beberapa komponen yang cukup menarik. Keunggulan utama dari smartphone ini adalah sudah menggunakan jaringan data 4G LTE. Selain itu, ponsel terbaru dari Lenovo ini juga didukung hardware mumpuni di bagian dapir pacu berupa CPU Quad-core 1.3 GHz dan juga RAM 1 GB. Apalagi smartphone terbaru dari Lenovo ini juga didukung oleh duet kamera 8 MP dan 2 MP yang meski minimalis namun tetap fungsional. Namun sayangnya, smartphone yang satu ini belum dibekali dengan sistem proteksi layar yang tangguh sekelas Gorilla Glass atau sejenisnya. Agar kawan Begawei mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai kualitas smartphone ini, di bawah ini adalah tabel kelebihan Lenovo A5860 dan kekurangan Lenovo A5860:

Kelebihan Lenovo A5860
  • Layar 5,5 inci IPS LCD
  • Dimensi kompak
  • OS Android Lollipop
  • Prosesor Quad-core
  • Dual kamera 8 MP dan 2 MP dengan dual LED Flash
  • Memori internal 8 GB plus slot memori eksternal
  • Dual SIM Card
  • Didukung jaringan 4G LTE
  • Desain menarik
  • Harga terjangkau
Kekurangan Lenovo A5860
  • Resolusi layar standar
  • RAM hanya 1 GB
  • Belum ada proteksi layar internal

Harga Lenovo A5860

Bagaimana? Apakah sudah puas dengan spesifikasi yang sudah Begawei sampaikan? Jika sudah puas kini saatnya Begawei akan mengajak sobat semua untuk membahas kisaran harga Lenovo A5860 yang saat ini sedang dalam tahap uji coba oleh lembaga sertifikasi smartphone TEENA di Tiongkok. Menurut rencana, smartphone terbaru dari Lenovo ini akan meluncur ke pasaran pada akhir tahun nanti. Dan untuk Indonesia, kemungkinan besar ponsel cerdas ini akan hadir pada awal tahun 2016 mendatang. Bicara soal harga Lenovo A5860, tentu kita harus menilik kembali spesifikasinya. Dengan layar seluas 5,5 inci, smartphone ini akan memberikan tampilan visual yang lega kepada penggunanya. Dari ukuran layar yang cukup luas, kita pun bisa menebak bahwa Lenovo A5860 ini memang dihadirkan bagi mereka pengguna gadget yang menggemari smartphone berlayar lebar. Selain itu, smartphone ini juga memiliki kualitas yang cukup baik pada sektor dapur pacu lewat prosesor Quad-core 1.3 GHz dan juga RAM 1 GB. Kemudian, kisaran harga Lenovo A6010 ini juga sedikit banyak dipengaruhi oleh sudah adanya teknologi jaringan data 4G LTE yang akan menghadirkan akses internet super kencang, dan juga adanya duet kamera 8 MP dan 2 MP. So, dengan spesifikasi yang cukup baik itu, lalu berapakah harga Lenovo A5860 ini?

harga lenovo a5860

harga lenovo a5860 terbaru

Untuk banderol harga Lenovo A5860 secara resmi, memang hingga kini pihak Lenovo belum mengumumkannya. Seperti yang sudah sempat Begawei sampaikan tadi, smartphone terbaru dari Lenovo ini memang sedang menjalani uji tes di badan sertifikasi smartphone Tiongkok, TEENA. Namun bila menilik pada spesifikasi yang dibawa oleh Lenovo A5860 ini, sebenarnya kita bisa membuat perkiraan harga. Berdasarkan perhitungan Begawei, kemungkinan besar smartphone Lenovo seri S5860 ini akan dibanderol dengan harga di sekitar Rp 1.500.000,- hingga Rp 1.700.000,-. Perkiraan harga Lenovo A5860 ini Begawei peroleh dari perhitungan masing-masing spesifikasi di setiap sektornya. Selain itu, kami pun juga berkaca pada sepesifikasi smartphone buatan Lenovo yang memiliki kualitas hampir sama, seperti misalnya seri Lenovo A3690 atau Lenovo A6010. Kedua smartphone tersebut memang mengusung spesifikasi satu level dengan seri A5860 ini. So, kemungkinan besar memang harga Lenovo A5860 akan berada pada range harga antara Rp 1,5 hingga Rp 1,7 jutaan.

Harga Lenovo A5860
Sekitar Rp 1.500.000,- s/d Rp 1.700.000,-

Sebagai smartphone kelas pemula, nominal harga Lenovo A5860 ini memang masih wajar. Kehadiran smartphone edisi terbaru ini sekaligus menepati janji Lenovo yang akan terus concern di segmen smartphone entry level. Seperti kita tahu, saat ini pasar smartphone dunia sedang dipenuhi dengan produk-produk mutakhir yang memiliki banderol harga selangit. Hadirnya Lenovo A5860 ini pasti akan memberikan pilihan alternatif pada pengguna gadget yang ingin mendapatkan perangkat berkualitas namun tetap dengan harga yang bersahabat. Bila dilihat dari perkiraan harga Lenovo A5860 tadi, memang smartphone tersebut dipastikan akan semakin meramaikan pangsa pasar kelas low end. Dan untuk pasar gadget di Indonesia, kehadiran produk baru dari vendor asal Tiongkok ini patut untuk ditunggu. Nah buat sobat Begawei yang sudah penasaran dengan harga Lenovo A5860, tunggu sampai pengumuman resminya akhir bulan ini ya! Baca juga ulasan Begawei mengenai Lenovo A3690 dan Evercoss Elevate Y3 Plus.

Spesifikasi Lenovo A5860

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    HSDPA 900 / 2100
  • 4G bands
    LTE band 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500)
  • Kecepatan
    HSPA, LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Exp. announcement 2015, Q3
  • Status
    Rumored. Exp. release 2015, Q3
Desain
  • Dimensi
    152 x 76.2 x 8.5 mm (5.98 x 3.00 x 0.33 in)
  • Berat
    149 g (5.26 oz)
  • SIM
    Dual SIM
Layar
  • Tipe
    IPS capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.5 inches (~72.0% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels (~267 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.0 (Lollipop)
  • Chipset
    -
  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
  • GPU
    -
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 32 GB
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, dual-LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    2 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    -
  • Daya
    -

Produk Lainnya dari Lenovo

Top