Home » Produk » Huawei Y6

Harga Huawei Y6 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.1

  • RAM
    1/2 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    IPS

  • Kamera
    8 MP

  • OS
    Android v5.1

Spesifikasi dan Harga Huawei Y6 – Setelah sebelumnya lebih banyak merilis jajaran smartphone bersegmen kelas menengah dan kelas atas, Huawei ternyata tidak lupa untuk merilis smartphone anyar yang membidik segmen entry level. Setelah dalam waktu belakangan mengenalkan line-up premium bernama Huawei Mate 8 dan Huawei P9max, kali ini hal berbeda dilakukan oleh pabrikan smartphone asal Tiongkok tersebut. Guna melengkapi deretan smartphone terbarunya, Huawei Y6 pun diperkenalkan oleh Huawei jelang pergantian tahun ini. Jika sebelumnya menggempur segmen high-end dengan deretan smartphone canggih berharga selangit, kali ini Huawei hadir untuk menyasar segmen pemula dengan membawa sebuah perangkat pintar berkualitas dan pastinya berharga tak terlalu mahal. Smartphone entry level seri Huawei Y6 ini diluncurkan untuk melengkapi line-up smartphone Huawei di berbagai segmen yang kini kian beragam, serta untuk melanjutkan kiprah Huawei yang ketika pertama kali debut, lebih dikenal sebagai vendor gadget ekonomis. Kedatangan Huawei Y6 sendiri bukan berarti tanpa bekal komposisi hardware dan software berkualitas. Meski menyasar segmentasi kelas pemula, namun smartphone ini juga sudah hadir dengan fitur terkini dan juga modern. Dengan adanya Huawei Y6 yang resmi meluncur untuk pasar smartphone global, dipastikan akan membuka alternatif pilihan smartphone 4G LTE murah untuk konsumen.

huawei y6

Sebagai smartphone low-end, untuk spesifikasi teknis yang dibawa oleh Huawei kali ini memang terhitung standar. Tetapi, Huawei Y6 memiliki ragam fitur yang ternyata juga tidak kalah dengan smartphone lainnya di kelas yang sama. Mulai dari komponen hardware sampai sektor konektivitas, semuanya memang sudah disiapkan sedemikian rupa oleh Huawei. Untuk tampilannya sendiri, Huawei Y6 mengusung konsep minimalis namun tetap fashionable. Hal tersebut memang benar adanya, di mana smartphone ini didesain dengan bentuk simple namun tetap tampak manis. Sedangkan pada bagian penunjang performa kinerjanya, Huawei Y6 dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 210 dan prosesor Quad-core. Kedua komponen tersebut lantas disempurnakan dengan pilihan RAM 1 GB atau 2 GB. Lalu untuk bagian kameranya sendiri,  Huawei Y6 mengusung dual kamera 8 MP dan 2 MP yang ternyata cukup fungsional untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi penggunanya. Keunggulan lain yang coba ditawarkan smartphone ini jelas adalah bagian konektivitasnya, di mana smartphone terbaru dari Huawei ini sudah menyediakan jalur akses internet utama dengan dukungan jaringan 4 G LTE layaknya smartphone modern. Nah untuk semakin mendalami kemampuan dan kinerja perangkat ini, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Huawei Y6 yang khusus Begawei siapkan untuk sobat semua. Yuk, simak!

hp huawei y6

Review Huawei Y6

Smartphone Entry-level dengan Desain Minimalis Namun Tetap Atraktif

Pada pembahasan pertama untuk spesifikasi Huawei Y6 ini akan kita mulai dari segi desain dan tampilan luarnya. Untuk urusan desain, tak perlu ragu lagi karena memang sejak dahulu ponsel besutan Huawei telah dikenal selalu membawakan desain yang cantik. Hadir dengan bodi yang kompak, smartphone seri Huawei Y6 mengandalkan material standar khas smartphone entry-level berupa plastik namun memiliki bahan yang nampak lebih solid. Untuk bentuk fisiknya sendiri, smartphone ini cenderung memiliki bentuk fisik yang simple dengan terdiri dari empat buah sudut yang dibuat membulat dan didesain khusus untuk memberikan kenyamanan pada saat digenggam. Untuk dimensi, Huawei Y6 ini memiliki ukuran 143.5 x 72,1 x 8,5 mm dengan bobot sangat ringan, yaitu 125 gram. Dengan dimensi yang dimilikinya, membuat smartphone ini terasa sangat nyaman saat dioperasikan. Untuk media visualisasi, dibenamkanlah layar dengan seluas 5.0 inci berpanel IPS LCD Capacitive Touchscreen yang mampu menghasilkan tampilan visualisasi cukup cerah, yakni dengan resolusi 720 x 1280 pixel serta berkerapatan layar mencapai 294 piksel per inci. Sekedar tambahan informasi, layar multitouch pada Huawei Y6 belum dilengkapi dengan perangkat proteksi layar untuk melindungi layar dari goresan, termasuk benda tajam. So, dengan begitu sobat Begawei wajib memasang screen guard secara terpisah. Terakhir, guna semakin mempercantik kualitas visual, spesifikasi Huawei Y6 pun juga sudah ditambahkan dengan tampilan antarmuka Huawei EMUI 3.1 yang bisa menghasilkan tampilan visual lebih atraktif.

Dapur Pacu Gahar dengan Prosesor Qualcomm Snapdragon 210

Setelah puas dengan bagian fisik dan kualitas visual yang dimiliki oleh spesifikasi Huawei Y6, kini waktunya  Begawei mengajak sobat semua membedah bagian dalam dari smartphone yang satu ini. Untuk sektor dapur pacu yang ditawarkan oleh smartphone ini sebenarnya terbilang cukup ideal sebagai smartphone kelas pemula dengan mengusung materi hardware berkualitas standar. Yup! Kali ini ruang dapur pacu pada Huawei Y6 dipersenjatai dengan chipset Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210 yang membawa CPU Quad-core 1.1 GHz ARM Cortex-A7. Kehadiran prosesor tersebut tentu saja akan menghasilkan kinerja yang cukup responsif di kelasnya. Kemudian, smartphone Huawei Y6 juga didukung oleh kehadiran RAM  dengan pilihan kapasitas yang beragam. Sesuai informasi dari laman resmi Huawei, kali ini Huawei menyediakan pilihan RAM 1 GB dan juga 2 GB. Kemungkinan, pembagian kapasitas RAM ini tergantung pada pasar atau market dependent. Namun secara umum, yang manapun kapasitas RAM pada Huawei Y6 ini sesungguhnya masih cukup untuk menjalankan aplikasi dengan baik serta bisa memnuhi kebutuhan multitasking secara standar. Sementara untuk pengolah grafis, smartphone terbaru dari Huawei ini mengandalkan GPU Adreno 304 yang dikenal sebagai kartu pengolah grafis smartphone murah namun dengan kualitas tampilan grafis yang mulus dan jernih. Untuk sistem operasi yang akan menjalankan seluruh komponen hardware yang ada, pada spesifikasi Huawei Y6 telah ditanamkan sistem operasi Android Lollipop v5.1 yang lengkap dengan aneka fitur canggih dan tentunya menarik untuk sobat semua.

spesifikasi huawei y6

Ruang Penyimpanan Lapang dengan Kapasitas Memori Internal 8 GB

Pada segmen ketiga ini, kita akan membahas salah satu komponen yang cukup penting untuk sebuah smartphone, yaitu memori. Guna mendukung kinerja mesinnya agar semakin maksimal, spesifikasi Huawei Y6 ini pun juga didukung dengan memori internal yang berkapasitas longgar. Kapasitas memori yang memadai memang sangat penting karena hal ini berhubungan dengan kinerja olah datanya. Meski merupakan perangkat pintar kelas pemula, namun smartphone Huawei Y6 ini tetap dibekali dengan kapasitas internal memory yang ideal. Tercatat, ponsel cerdas terbaru dari Huawei ini dibekali dengan internal memory berkapasitas 8 GB. Kapasitas internal memory sebesar itu sudah cukup untuk mengakomodasi fiile-file atau data berukuran standar pengguna. Kawan Begawei dapat menyimpan file audio video, file aplikasi, atau data penting lainnya secara leluasa ke dalam Huawei Y6 ini. Namun, jika kawan Begawei merasa internal memory pada smartphone ini masih kurang mencukupi, perangkat yang satu ini juga dilengkapi dengan slot microSD guna menambah kapasitas memory-nya. Spesifikasi Huawei Y6 pada bagian memori ini mampu menampung slot microSD sebagai tambahan ruang penyimpanan file hingga kapasitas 32 GB. Kapasitas ini pastinya akan memberi ruang yang lebih longgar lagi untuk kamu semua.

Lini Fotografi Andalkan Duet Kamera Fungsional 8 MP dan 2 MP

Salah satu fitur yang paling banyak dipertimbangkan oleh konsumen dalam membeli sebuah smartphone adalah fitur kamera yang ternyata juga berpengaruh pada kualitas smartphone masa kini. Nah kali ini, spesifikasi Huawei Y6 pada sektor fotografi pun juga tetap didukung oleh duet kamera berkemampuan cukup baik meski statusnya merupakan smartphone kelas pemula. Untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi fotografi, Huawei Y6 dibekali dengan perangkat kamera utama berukuran 8 MP yang sudah dilengkapi dengan fitur autofocus dan LED flash. Kamera yang terletak di sisi belakang itu mampu menghasilkan jepretan yang beresolusi hingga 3264 x 2448 pixels dan pastinya akan sanggup menampilkan gambar yang jernih dengan pencahayaan yang baik pula. Layaknya smartphone modern lainnya, Huawei Y6 pada sektor kamera utama juga disematkan oleh beberapa fitur canggih seperti geo-tagging. Kamera ini juga mampu memberikan fitur dokumentasi berupa video. Tak lupa dengan fasilitas berfoto selfie dan video call, Huawei juga menambahkan kamera depan atau kamera sekunder, meski untuk kamera depannya berukuran minimalis dengan ukuran 2 MP. Ukuran kamera depan yang melengkapi spesifikasi Huawei Y6 ini memang cukup mengecewakan, tapi ternyata masih cukup fungsional untuk menunjang kebutuhan dokumentasi sobat Begawei semua.

spesifikasi hp huawei y6

Koneksi 4G LTE Hadirkan Akses Internet Cepat

Saatnya beralih pada salah satu sektor unggulan yang terdapat pada spesifikasi Huawei Y6 ini. Meskipun menyasar segmen pemula namun untuk urusan konektivitas smartphone ini juga tidak kalah hebat dengan smartphone mid-end. Ponsel baru ini rupanya sudah support teknologi konektivitas terbaik, termasuk dual slot SIM card berjenis GSM dengan salah satunya sudah berkekuatan jaringan 4G LTE. Teknologi jaringan data 4G LTE pada Huawei Y6 ini merupakan jaringan terbaru dan tercepat yang ada saat ini. Pada penggunaan jaringan 4G LTE, kawan Begawei akan disuguhi dengan kecepatan akses internet super kencang. Smartphone Huawei Y6 mampu menyuguhkan kecepatan download hingga mencapai 150 Mbps dan kecepatan upload hingga 50 Mbps. Kecepatan akses internet pada smartphone ini tentunya akan membuat aktivitas berselancar di internet menjadi lebih menyenangkan. Selain 4G LTE, ponsel pintar ini juga menyediakan jaringan yang tak kalah handal yaitu jaringan 3G yang akan dapat diandalkan dengan maksimal pada lokasi yang belum tercakup jaringan 4G LTE pada Huawei Y6 ini. Kemudian, untuk fitur konektivitas jarak dekat, tentu saja smartphone ini memberikan fitur yang lengkap dan fungsional, seperti Hotspot dan juga WiFi. Kedua fitur tersebut akan membantu kawan Begawei untuk bisa mengakses internet secara gratis. Kemudian, aktivitas berbagi data juga didukung secara nirkabel maupun menggunakan kabel, yaitu dengan memanfaatkan Bluetooth serta microUSB v2.0. Terakhir spesifikasi Huawei Y6 untuk sistem navigasi juga sudah lengkap dengan kehadiran GLONASS dan A-GPS Untuk kebutuhan pemetaan sobat semua dengan tingkat keakuratan yang maksimal.

Pasokan Daya Gunakan Baterai Berkapasitas 2.200 mAh

Memiliki komponen hardware tangguh dan piranti yang lengkap, tak ada artinya apabila tidak diikuti dengan besaran suplai daya yang maksimal. Nah pada segmen terakhir di bagian spesifikasi Huawei Y6 ini, kita akan menilik kapasitas baterai yang ditanamkan di dalamnya. Untuk keperluan suplai daya dari smartphone terbarunya ini, Huawei menyematkan baterai jenis Lithium-ion berkapasitas standar, yakni 2.200 mAh. Jika mengacu pada kebutuhan dayanya, baterai berkapasitas 2.200 mAh yang ada pada Huawei Y6 tersebut memang sudah cukup. Karena hanya mengusung komponen hardware berkualitas menengah ke bawah, maka kebutuhan daya smartphone ini juga tak terlalu boros. Untuk keperluan normal, baterai yang ada pada smartphone Huawei Y6 ini mampu menopang kebutuhan daya selama lebih dari seharian. Jika digunakan secara kontinyu, ada baiknya kawan Begawei selalu menyiapkan power bank atau pemasok daya cadangan karena memang spesifikasi Huawei Y6 di bagian pemasok daya hanya dibekali dengan baterai berkapasitas standar saja.

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Y6

Hadir di antara serbuan smartphone Huawei di kelas atas, memang Huawei Y6 ini sedikit luput dari perhatian publik. Namun meski begitu, bukan berarti ponsel pintar yang satu ini tak memiliki keunggulan. Sebagai smartphone kelas pemula, ternyata komposisi pada ponsel pintar ini cukup menarik dengan beberapa kelebihan, salah satunya adalah layar IPS 5 inci yang akan memberikan efek visual lega kepada penggunanya. Kemudian, smartphone ini juga didukung oleh chip Snapdragon 210 serta memiliki memori internal seluas 8 GB plus slot microSD eksternal. Namun karena hanya merupakan smartphone kelas pemula, tentunya smartphone yang satu ini juga memiliki beberapa kekurangan. Apa sajakah itu? Temukan jawabannya pada tabel kelebihan Huawei Y6 dan kekurangan Huawei Y6 di bawah ini.

Kelebihan Huawei Y6
  • Desain simple namun menarik
  • Layar IPS LCD 5 inci
  • Huawei EMUI 3.1
  • Chipset Snapdragon 210
  • OS Android Lollipop
  • Prosesor Quad-core 1,1 GHz
  • RAM 1/2 GB
  • GPU Adreno
  • Memori internal 8 GB ditambah slot eksternal
  • Dual kamera
  • Dual SIM
  • Didukung jaringan 4G LTE
  • Baterai 2.200 mAh
  • Harga terjangkau
Kekurangan Huawei Y6
  • Resolusi layar rendah
  • Belum ada proteksi layar internal
  • Kamera depan hanya 2 MP

Harga Huawei Y6

Bagaimana? Apakah sudah puas dengan spesifikasi yang sudah kita ulas bersama-sama? Jika sobat Begawei sudah puas dengan pembahasan spesifikasinya, kini saatnya kita berbicara mengenai harga Huawei Y6 ini. Namun seperti yang sudah-sudah, sebelum berbicara ke ranah harga, Begawei akan mereview singkat mengenai spesifikasi yang ada pada smartphone terbaru buatan Huawei ini. Secara teknis, Huawei Y6 memang cukup ideal jika dikatakan smartphone entry level. Hal itu bisa kita lihat dari bekal yang diusungnya. Mulai dari layar 5 inci namun sudah berpanel IPS LCD, untuk resolusinya memang tergolong standar. Lantas pada lini fotografinya, smartphone ini juga membawa dual kamera minimalis 8 MP dan 2 MP yang cukuyp fungsional untuk menunjang kebutuhan dokumentasi sobat Begawei semua. Beberapa komponen tersebut sedikit banyak juga akan berpengaruh pada harga Huawei Y6 di pasaran. Spesifikasi lain yang juga cukup berkontribusi adalah sektor mesinnya di mana Huawei mengandalkan prosesor Quad-core 1,6 GHz untuk menghasilkan kinerja maksimal. Di bagian konektivitasnya sendiri, smartphone ini juga sudah hadir dengan dukungan jaringan 4G LTE yang merupakan keunggulan utama dari smartphone ini. Nah melihat spesifikasi yang diusungnya tersebut, apakah benar jika harga Huawei Y6 ini tak akan semahal seri smartphone Huawei sebelumnya?

harga huawei y6

harga huawei y6 terbaru

Dipasarkan untuk pasar Asia, soal kisaran harga Huawei Y6 pastinya juga akan menyesuaikan. Smartphone yang baru diluncurkan untuk pasar lokal di Tiongkok ini kabarnya dibanderol dengan harga sekitar 150 euro, atau jika kita konversikan dalam mata uang Rupiah adalah setara dengan sekitar Rp 2,1 jutaan. Harga jual Huawei Y6 tersebut memang terbilang kompetitif untuk pasar smartphone entry level. Apalagi bila kita bicara soal kualitas yang dibawanya, pastinya smartpohone terbaru dari Huawei ini memang tepat dibekali dengan harga di bawah Rp 3 jutaan. Sedangkan untuk pasar gadget di Tanah Air, harga Huawei Y6 tersebut juga sangat kompetitif. Hingga kini, Huawei belum mengumumkan kehadiran smartphone terbarunya ini untuk pasar Indonesia. Kemungkinan besar, smartphone ini paling lambat akan hadir di Indonesia pada awal Januari tahun depan. Tentunya pula harga Huawei Y6 kelak akan mengalami penyesuaian saat benar-benar masuk ke Indonesia. Namun perubahan harga tersebut kami prediksi tak akan terlalu signifikan.

Harga Huawei Y6
Sekitar Rp 2.100.000,-

Nominal harga Huawei Y6 di atas tadi memang masih bersifat tentatif, artinya masih bisa berubah. Namun jika menilik pada spesifikasinya, peluang banderol harga yang tak terlalu mahal tersebut memang bisa saja terjadi. Sesuai dengan segmentasi yang ditargetkan oleh Huawei, yakni untuk kelas menengah bawah, maka banderol harga Huawei Y6 ini tergolong terjangkau untuk semua kalangan. Satu hal yang pasti, kehadiran smartphone terbaru buatan Huawei ini dipastikan akan semakin meramaikan persaingan di pasar smartphone kela entry-level. Meskipun spesifikasi tergolong pas-pasan, namun kisaran harga jual Huawei Y6 yang sangat terjangkau tadi bisa menjadi alternatif bagi kawan Begawei yang sedang berburu smartphone berlayar lebar dengan harga tak terlalu menguras isi kantong. So, buat kamu yang memang sedang mencari perangkat pintar baru dengan spesifikasi menengah dan pastinya berharga tak terlalu mahal, pastinya nominal harga Huawei Y6 yang bersahabat ini bisa menjadi pilihan alternatif yang menarik. Baca juga ulasan Begawei mengenai Huawei Enjoy 5 dan Coolpad Roar.

Spesifikasi Huawei Y6

Jaringan
  • Teknologi
    GSM/WCDMA/FDD-LTE
  • 2G bands
    GSM
  • 3G bands
    WCDMA/HSDPA
  • 4G bands
    FDD-LTE
  • Kecepatan
    HDSPA, LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, December
  • Status
    Coming soon. Exp. release 2015, December
Desain
  • Dimensi
    143.5mm x 72.1mm x 8.5mm
  • Berat
    about 125g(including the battery)
  • SIM
    Dual Sim
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inches (~67.1% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    1280 x 720 pixels (~294 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android 5.1 + HUAWEI EMUI 3.1
  • Chipset
    Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210
  • CPU
    Quad-core 1.1 GHz ARM Cortex-A7
  • GPU
    Adreno 304
  • RAM
    1/2GB
Memori
  • Card slot
    microSD
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    8 MP FF
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
  • Video
    Yes
  • Kamera Depan
    2 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    Yes
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion battery
  • Daya
    2200 mAh

Produk Lainnya dari Huawei

  • Kang Rachman

    Katanya suport jaringan LTE bagimana cara nya agar hp aku bisa mendapat sinyal LTE itu

  • fajar angga

    Saya kurang puas dengan huawei y6 karena banyak kekurangan nya seperti kamera depan 2mp dan layarnya pun belum di lengkapi dengan gorila gllas

  • fajar angga

    Saya kurang pauas dengan huawei y6
    Karena huawei y6 ini memiliki banyak kekurangan seprti kamera depan 2mp,layar belum di lengkapi dengan gorila gllas terus sering lemot dan ngebleng

  • jambak

    Saya juga kecewa …
    Download jaringan 3g nya lemot .. masa kalah sama XIAOMI’…

Top