Home » Produk » Huawei Y560

Harga Huawei Y560 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.1

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    Kapasitif

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Android v5.1

Spesifikasi dan Harga Huawei Y560 – Geliat vendor smartphone asal Tiongkok yaitu Huawei untuk tahun ini tampaknya masih terus berlanjut. Setelah sebelumnya sukses menelurkan Huawei Y540 dan Huawei Y550, kini Huawei kembali merilis satu lagi smartphone yang didaulat menjadi penerus kedua seri tersebut. Tetap menyasar segmen kelas menengah ke bawah dan pemula, Huawei Y560 juga dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni dan pastinya tak kalah kelas dengan smartphone lain yang bertarung di kelas yang sama. Pada smartphone terbaru seri Huawei Y560 ini, vendor turut memperbaiki beberapa sektor teknisnya menjadi lebih baik dibandingkan generasi lawasnya. Tetap mempertahankan kualitas serta desain yang identik dengan smartphone Huawei Y Series, smartphone Huawei Y560 ini siap menjadi andalan untuk alternatif pilihan smartphone kelas low-end. Akhir-akhir ini jika kita teliti, memang Huawei lebih banyak merilis smartphone di berbagai segmen untuk konsumen, mulai dari segmen high-end sampai segmen low-end semua mendapat porsinya. Nah dengan dirilisnya Huawei Y560 ini ke pasaran, akan semakin melengkapi line-up smartphone murah buatan Huawei jelang pergantian tahun.

huawei y560

Mengusung tradisi sebagai pemasok smartphone entry-level yang memiliki kualitas tinggi, Huawei memang tak pernah main-main dalam meracik setiap produknua. Sama seperti kebanyakan smartphone di kelas pemula, Huawei Y560 ini juga tetap membawa spesifikasi yang cukup gahar di kelasnya. Hal ini bisa kita lihat dari spesifikasi teknis yang dibawanya. Diluncurkan ke pasaran sebagai generasi penerus versi lamanya, Huawei Y560 juga tidak membawa bekal setengah-setengah. Untuk spesifikasinya sendiri, smartphone baru besutan Huwei ini telah membawa layar berbentang 4,5 inci yang memiliki resolusi 480 x 854 piksel. Sedangkan pada bagian olah performanya, Huawei Y560 dijejali dengan chipset yang memang identik smartphone entry level, yaitu Qualcomm Snapdragon 210 yang ditenagai oleh prosesor Quad-core 1,2 GHz. Lalu, layaknya smartphone kelas pemula lainnya, di bagian RAM Huawei Y560 juga hanya membawa bekal RAM minimalis sebesar 1 GB saja sebagai penyedia kebutuhan multitasking. Beralih di bagian kamera, Huawei Y560 mengadopsi piranti kamera standar berkekuatan lensa 5 MP dan 2 MP saja. Kemudian pada sektor konektivitas yang dimilikinya, bisa jadi sektor inilah yang bakal menjadi keunggulan Huawei Y560 karena sudah kompatibel dengan jaringan 4 G LTE. Melihat sekilas spesifikasi teknis yang dibawa oleh smartphone terbaru dari Huawei in ternyata cukup menarik bukan? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga Huawei Y560 pada segmen-segmen berikut ini!

hp huawei y560

Review Huawei Y560

Smartphone Entry Level Berdimensi Kompak dan Berbodi Ramping

Di segmen yang pertama ini, seperti biasa kita akan mengulas lebih dulu mengenai desain tampilan serta visual dari spesifikasi Huawei Y560 ini. Karena kebanyakan konsumen akan menilai sebuah smartphone pertama kali adalah dari desain luar dan juga tampilannya. Untuk itu ulasan mengenai spesifikasi teknis dari Huawei Y560 ini pun Begawei akan memulainya dari sektor fisik terlebih dahulu. Mengusung dimensi bodi berukuran 135.9 x 67.7 x 10 mm dengan bobot 141 ,5 gram membuat smartphone ini memiliki tampilan kompak dan ringkas. Dimensi bodi tersebut memang cukup ideal, tidak terlalu besar dan tidak terlalu berat sehingga smartphone ini tetap nyaman dioperasikan dalam satu genggaman tangan saja. Di bagian bodi Huawei Y560 yang minimalis ini, Huawei juga mengususng layar yang memiliki ukuran satandar, yakni 4,5 inci. Konsep tampilan depan smartphone ini cukup mirip dengan seri pendahulunya lewat bezel yang dirancang sederhana dan juga pada bagian sudut yang didesain membulat. Selain penampilan bodi dan layarnya yang cukup minimalis, Huawei Y560 ini membawa layar bertipe TFT LCD Capacitive Touchscreen yang memiliki resolusi 480 x 854 pixels dengan kerapatan layar 218 ppi. Untuk resolusinya memang terhitung standar saja, namun tentu saja resolusi tersebut memang telah disesuaikan dengan ukuran layarnya, dan untuk segi visualisasi juga masih cukup baik dengan dukungan tampilan interface yang atraktif lewat UI Emotion 3.1 Lite. Sedikit catatan untuk spesifikasi Huawei Y560 di bagian layar adalah belum dilengkapi dengan screen protector yang akan melindunginya dari segala macam goresan. Jadi, kawan Begawei wajib menambahkan screen guard secara manual untuk melindungi layarnya dari resiko goresan.

Prosesor Quad-core dan RAM 1 GB Berikan Kinerja Olah Data yang Cukup Baik

Membawa desain tampilan dan visual yang minimalis, lalu bagaimana dengan sektor ruang dapur pacunya? Ternyata untuk segi performa, spesifikasi Huawei Y560 ini pun juga identik dengan smartphone kelas pemula lainnya. Walaupun begitu, untuk kualitas komponen hardware yang dibawa smartphone ini tetap tak bisa diremehkan. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan chipset Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210 untuk menunjang kinerja prosesor-nya. Untuk CPU-nya sendiri, Huawei Y560 menggunakan prosesor empat inti mesin atau Quad-core 1,1 GHz Cortex-A7. Sementara untuk menunjang kinerja chipset dan prosesornya yang cukup terbatas, smartphone ini lantas dibekali dengan RAM yang memiliki kapasitas 1 GB yang juga berguna mengakomodasi kebutuhan multitasking. Karena hanya dibekali dengan komponen biasa saja, maka kinerja Huawei Y560 ini tak bisa sepenuhnya maksimal, namun tetap bisa diandalkan untuk kebutuhan standar sobat Begawei. Berpindah ke pengolah grafis, kali ini Huawei menjejali komponen yang cukup baik guna meningkatkan kemampuan olah grafis pada seri Huawei Y560 ini. Berbeda dengan smartphone kelas pemula lainnya yang biasanya tak dibekali dengan kartu pengolah grafis atau GPU berkualitas tinggi. Kali ini Huawei membekali smartphone barunya ini dengan GPU Adreno 304. Terakhir, spesifikasi Huawei Y560 pada ruang mesinnya ini disempurnakan oleh kehadiran sistem operasi OS Android v5.1 (Lollipop), yang pastinya bakal menyuguhkan banyak aplikasi serta fitur menarik untuk kamu semua.

spesifikasi huawei y560

Memori Internal 8 GB Berikan Ruang Simpan yang Luas

Puas dengan segi performa yang disuguhkan oleh smartphone ini, kini kita akan bergerak ke spesifikasi Huawei Y560 di bagian yang tak kalah penting, yaitu bagian memori internalnya. Kapasitas memori internal sendiri sangat vital dalam sebuah smartphone karena juga turut mempengaruhi kinerja operasional secara keseluruhan. Di bagian ruang penyimpanannya, ponsel cerdas Huawei Y560 ini dibekali dengan kapasitas ruang penyimpanan data yang cukup lapang, yakni sebesar 8 GB. Dengan kapasitas memori internal yang cukup besar ini, kawan Begawei bisa dengan leluasa menyimpan beragam jenis file berukuran standar pada satu perangkat saja. Namun, jika sobat ingin menempatkan file-file kompleks lainnya yang berukuran lebih besar ke dalam perangkat cerdas ini ini, Huawei Y560 pun juga sudah dilengkapi dengan slot microSD yang bisa sobat gunakan untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan dataya. Hal ini jelas akan menjadi sebuah kelebihan untuk smartphone ini mengingat saat ini banyak sekali smartphone anyar yang tak disertai dengan slot external memory. Berkat adanya slot external memory pada spesifikasi Huawei Y560, sobat Begawei bisa mengekspansi ruang penyimpanan data pada perangkat ini hingga mencapai 32 GB.

Duet Kamera 5 MP dan 2 MP Jadi Andalan di Sektor Fotografi

Sebagai smartphone terbaru, pastinya untuk spesifikasi Huawei Y560 juga harus dilengkapi dengan bekal kamera yang layak. Sebab saat ini kebutuhan fotografi merupakan kebutuhan utama kebanyakan pengguna smartphone. Untuk bagian kameranya, spesifikasi smartphone terbaru lansiran vendor asal Tiongkok ini memang hanya disertai dengan sepasang kamera standar saja. Namun mesikipun hanya memiliki resolusi lensa standar saja, kedua kamera pada Huawei Y560 ini tetap bisa diandalkan untuk menangkap momen indah kamu semua. Untuk kamera utamanya, smartphone Huawei seri Y560 dibekali dengan kamera berukuran 5 MP yang mampu menghasilkan jepretan foto beresolusi 2592 x 1944 pixels. Meski berukuran minimalis, namun kamera primer pada smartphone Huawei Y560 ini sudah dilengkapi dengan fitur LED Flash dan Autofokus. Lampu LED Flash ini akan membantu kawan Begawei saat mengambil foto di sudut gelap dengan cukup baik. Selain itu ada juga fitur olah fotografi modern lainnya seperti Geo-tagging, HDR, Panorama, dan lain-lain. Kamera yang terletak di sisi belakang Huawei Y560 tersebut juga bisa digunakan untuk merekam video yang kualitasnya juga sudah lumayan bagus. Sementara melengkapi spesifikasi di bagian fotografi, Huawei juga telah menyematkan kamera sekunder berkekuatan 2 MP di atas layarnya. Meskipun untk bekal kameranya tergolong minimalis, namun tetap saja sepasang kamera pada spesifikasi Huawei Y560 ini masih sangat fungsional untuk sobat Begawei semua.

spesifikasi hp huawei y560

Koneksi Internet Dijamin Kencang dengan Dukungan Jaringan 4G LTE

Tibalah kita pada pembahasan spesifikasi Huawei Y560 di bagian konektivitasnya, yang merupakan sektor unggulan untuk smartphone ini. Meskipun menyasar segmen pemula namun untuk urusan konektivitas smartphone ini juga tidak kalah hebat dengan smartphone kelas menengah lainnya. Smartphone Huawei Y560 ini rupanya sudah didukung dengan teknologi konektivitas terbaik, termasuk slot SIM Card GSM yang telah kompatibel dengan jaringan 4G LTE. Teknologi jaringan data 4G LTE pada Huawei Y560 ini merupakan teknologi jaringan tercepat yang ada saat ini. Pada penggunaan jaringan 4G LTE, kawan Begawei akan bisa berselancar di dunia maya dengan kecepatan akses download hingga mencapai 150 Mbps dan kecepatan upload hingga 50 Mbps. Kecepatan akses internet pada smartphone Huawei Y560 ini tentunya akan membuat aktivitas berselancar di internet menjadi lebih menyenangkan. Selain 4G LTE, ponsel pintar ini juga menyediakan jaringan yang tak kalah hebat yaitu jaringan 2G dan 3G yang akan dapat diandalkan bagi pengguna yang lokasinya belum tercover jaringan 4G LTE. Lantas untuk fitur konektivitas jarak dekat, smartphone Huawei Y560 ini juga turut disematkan fitur yang lengkap dan fungsional, seperti Hotspot dan juga WiFi. Kedua fitur tersebut akan membantu kawan Begawei untuk bisa mengakses internet secara gratis. Kemudian, aktivitas berbagi data juga didukung secara nirkabel maupun menggunakan kabel, yaitu dengan memanfaatkan Bluetooth v 4.0 serta microUSB v2.0. Terakhir spesifikasi Huawei Y560 untuk fitur navigasi hanya disertakan fitur navigasi sekelas A-GPS saja. Namun sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pemetaan sobat semua dalam mencari titik lokasi dengan akurat.

Suplai Daya Maksimal dengan Baterai Berkapasitas 2.000 mAh
separator

Setelah puas membahas spesifikasi Huawei Y560 di berbagai sektor yang dimilikinya, kini saatnya kita menuju segmen terakhir untuk spesifikasi dari smartphone ini yakni di bagian suplai dayanya atau kapasitas baterai. Untuk spesifikasi di bagian suplai dayanya, kapasitas baterai yang diberikan Huawei pada perangkat anyarnya ini tergolong standar. Tercatat Huawei menyematkan barerai berkapasitas 2.000 mAh untuk Huawei Y560 ini. Dengan kapasitas yang dimilikinya tersebut, smartphone ini mampu bertahan sampai seharian penuh untuk pemakaian standar. Sebenarnya dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Huawei Y560 sudah tergolong sangat pas, mengingat smartphone ini hanya dibekali dengan dukungan komponen hardware yang standar saja. Namun bagi sobat Begawei yang sering menggunakan smartphone dengan tingkat mobilitas yang tinggi, alangkah baiknya membeli perangkat portable charger seperti powerbank guna berjaga-jaga agar tidak kehabisan daya. Karena secara keseluruhan untuk spesifikasi Huawei Y560 di bagian suplai daya ini memang tidak terlalu istimewa.

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Y560

Menempati segmen smartphone kelas menengah ke bawah dan pemula, memang smartphone seri Huawei Y560 ini hanya dibekali dengan spesifikasi yang cukup minimalis. Namun dari hasil pembahasan bagian teknis tadi, kita bisa menyimpulkan bahwa smartphone terbaru buatan Huawei ini memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan itu antara lain adalah adanya jaringan 4G LTE, fitur LED Flash pada kamera, serta spesifikasi teknis di bagian mesin yang cukup baik. Namun karena hanya merupakan smartphone kelas pemula, tetap saja memiliki beberapa catatan. Berikut adalah tabel kelebihan Huawei Y560 dan kekurangan Huawei Y560.

Kelebihan Huawei Y560
  • Dimensi kompak
  • Layar 4,5 Inci
  • Huawei Emotion UI 3.1 Lite
  • OS Android Lollipop
  • Chipset Snapdragon 210
  • Prosesor Quad-core 1.1 GHz
  • GPU Adreno 304
  • RAM 1 GB
  • Memori internal 8 GB plus slot eksternal
  • Dual kamera 5 MP dan 2 MP
  • Dual SIM
  • Dukungan jaringan 4G LTE
  • Harga terjangkau
Kekurangan Huawei Y560
  • Resolusi layar standar
  • Belum ada proteksi layar internal
  • Kamera depan dan belakang minimalis

Harga Huawei Y560

Setelah kita secara detail mengulas spesifikasinya di berbagai sektor, sekarang saatnya kita akan masuk pada segmen harga Huawei Y560 ini. Namun sebelum berbicara nominal harga, Begawei akan mereview kembali spesifikasi yang terdapat pada smartphone terbaru buatan Huawei ini dimana spesifikasi akan berkontribusi terhadap penentuan harga di pasaran. Secara spesifik, smartphone Huawei Y560 ini memang cukup ideal jika kita sebut sebagai smartphone entry level. Hal itu bisa kita lihat dari bekal teknis yang diusungnya. Mulai dari layar TFT LCD 4,5 inci, sementara untuk resolusinya memang tergolong standar. Kemudian untuk sektor fotografinya, smartphone ini juga membawa dual kamera minimalis 5 MP dan 2 MP yang sudah fungsional untuk menunjang kebutuhan dokumentasi. Spesifikasi teknis yang memang berkelas standar inilah yang berpengaruh pada harga Huawei Y560 di pasaran. Namun, meski spesifikasi yang digunakan masih berkelas standar, keberadaan prosesor Quad-core 1,1 GHz sudah cukup baik untuk menghasilkan kinerja maksimal. Terakhir di bagian konektivitasnya, smartphone ini hadir dengan dukungan jaringan 4G LTE yang merupakan keunggulan utama dari smartphone ini. Nah melihat spesifikasi yang dibawanya, berapa ya kira-kira kisaran harga Huawei Y560 ini di pasaran?

harga huawei y560

harga huawei y560 terbaru

Seperti yang sudah sempat Begawei singgung di bagian awal tadi, banderol harga Huawei Y560 ini memang tak akan mahal karena Huawei sendiri menempatkannya di segmen pemula. Berdasarkan informasi yang kami lansir dari laman GSM Arena, banderol harga untuk smartphone Huawei Y560 ini adalah sekitar 110 euro, atau sama dengan sekitar Rp 1,6 jutaan. Harga yang tak sampai Rp 2 jutaan ini memang tergolong sebagai harga yang cukup murah. Kisaran harga Huawei Y560 ini memang disesuaikan dengan spesifikasi yang dibawanya. Kehadiran smartphone baru racikan Huawei ini juga akan menyaingi ponsel pintar kelas menengah dari vendor lain. Jika melihat peta persaingan pasar smartphone kelas menengah, banderol harga Huawei Y560 ini memang cukup kompetitif. Hal ini tentunya akan membuat peluangnya di pasar gadget lokal menjadi cukup bagus. Apalagi, smartphone terbaru dari Huawei ini memiliki keunggulan di bagian jaringan dan spesifikasi teknis dapur pacunya.

Harga Huawei Y560
Sekitar Rp 1.600.000,-

Huawei sendiri sudah memperkenalkan smartphone terbarunya seri Y560 ini pada medio Juli 2015 yang lalu. Harga Huawei Y560 di atas tadi pun merupakan harha untuk pasar global. Kemungkinan besar, harga tersebut akan mengalami perubahan saat unitnya sampai di Indonesia. Namun perubahan harganya kami prediksi juga tak akan terlalu signifikan. Berbekal spesifikasi cukup baik dan juga harga Huawei Y560 yang lumayan terjangkau, rasanya ponsel pintar ini akan mendapatkan peminat yang cukup banyak. Kehadiran ponsel pintar ini juga pas buat kawan Begawei yang memang membutuhkan rekan beraktivitas berupa gadget tangguh dengan harga terjangkau. Kisaran harga Huawei Y560 sendiri memang sangat cocok dengan keadaan pasar ponsel dunia yang sekarang lebih sering ‘dijejali’ dengan gadget premium berharga mahal. Dengan kehadiran Huawei Y560 ini, publik pecinta gadget akan memiliki alternatif pilihan gadget tangguh namun tidak terlalu mahal. Selain harga Huawei Y560 yang cukup terjangkau, keberadaan jaringan data 4G LTE serta performanya yang tangguh tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri di pasaran ponsel pintar Tanah Air. Baca juga ulasan Begawei mengenai Huawei Y6 dan ZTE Voyage 3.

Spesifikasi Huawei Y560

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA 900 / 2100
  • 4G bands
    LTE band 1(2100), 3(1800), 7(2600), 8(900), 20(800)
  • Kecepatan
    HSPA 21.1/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, June
  • Status
    Available. Released 2015, June
Desain
  • Dimensi
    135.9 x 67.7 x 10 mm (5.35 x 2.67 x 0.39 in)
  • Berat
    141.5 g (5.01 oz)
  • SIM
    Yes
Layar
  • Tipe
    Capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    4.5 inches (~60.7% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    480 x 854 pixels (~218 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210
  • CPU
    Quad-core 1.1 GHz Cortex-A7
  • GPU
    Adreno 304
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 32 GB
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    5 MP, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Yes
  • Video
    Yes
  • Kamera Depan
    2 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP, LE
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Browser
    HTML
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion battery
  • Daya
    2000 mAh

Produk Lainnya dari Huawei

Top