Home » Produk » Huawei Y5 2

Harga Huawei Y5 2 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad Core 1.3 GHz

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    IPS LCD

  • Kamera
    8 MP

  • OS
    Android OS v.5.1

Harga Huawei Y5 2 dan Spesifikasi – Apabila Huawei seri P menghadirkan spesifikasi smartphone kelas atas hingga premium, kali ini pada jajaran Y series, Huawei mendatangkan pilihan yang berbeda bagi konsumen yaitu untuk segmentasi kelas menengah ke bawah. Huawei Y5 2 ini merupakan generasi baru dari Huawei Y5. Meski pamornya tak terlalu terlihat diantara seri lainnya, tetapi Huawei Y5 cukup menghadirkan spesifikasi tangguh pada smartphone entry levelnya. Begitu pula dengan Huawei Y5 2, sebagai pendatang baru tentu saja Huawei Y5 2 dibekali dengan spesifikasi yang memiliki daya tarik tersendiri. Sebagai generasi baru, Huawei Y5 2 hadir dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan kakaknya Huawei Y5. Selain itu, Huawei Y5 2 juga telah diberi sejumlah pembaruan pada fitur-fiturnya sehingga Huawei Y5 2 memiliki daya tarik tersendiri untuk bersaing di pasar smartphone modern ini. Apabila diingat, tahun lalu Huawei Y5 hadir di tengah-tengah pasaran dengan harga terjangkau. Hal tersebut juga berlaku untuk generasi keduanya yaitu Huawei Y5 2, meski memiliki harga sedikit di atas generasi sebelumnya namun hal tersebut telah disesuaikan dengan spesifikasinya yang telah dimaksimalkan.

huawei y5 2

Seperti kita ketahui, bahwa Huawei Y5 hadir dengan layar berukuran 4.5 inci, kali ini untuk Huawei Y5 2 dihadirkan dengan layar berukuran 5.0 inci. Selain itu, resolusi layarnya juga ditingkatkan dari yang sebelumnya hanya FWVGA kali ini telah resolusi yang ditawarkan adalah sekelas HD. Tak hanya itu saja, untuk sektor lain seperti dapur pacu untuk seri Huawei Y5 2 dibekali dengan chipset MediaTek yang ditenagai oleh processor Quad-core 1.3 GHz dengan tandem RAM 1 GB. Kombinasi tersebut, meski terdiri dari komponen yang serba sederhana namun sanggup memberi performa kerja tangguh dan juga siap menjalankan proses kerja secara multitasking. Pada Huawei Y5 2 juga telah dibekali dengan fitur fotografi yang lebih baik dari sebelumnya. Apabila sebelumnya hanya disematkan kamera utama berukuran 5 MP maka kali ini Huawei Y5 2 dibekali dengan kamera utama berukuran 8 MP. So, tentu saja dipastikan performa yang ditawarkan dari seluruh sektor pada smartphone pendatang baru ini akan lebih mumpuni dibandingkan generasi sebelumnya. Penasaran? Coba kawan Begawei saksikan spesifikasi dan harga Huawei Y5 2 di bawah ini.

hp huawei y5 2

Review Huawei Y5 2

Flagship Entry Level Berdesain Simpel Namun Atraktif

Pada pembahasan awal, seperti biasa Begawei akan memulai dari spesifikasi Huawei Y5 2 pada penampilan fisik. Untuk urusan desain, tak perlu ragu lagi karena memang sejak dahulu ponsel besutan Huawei telah dikenal selalu membawakan desain yang cantik. Untuk penampilan wajahnya, Huawei Y5 2 dihadirkan dengan desain yang lebih memberi kesan elegan dibanding sebelumnya. Bentuknya yang lebih cenderung persegi panjang dengan keempat sudutnya yang dibuat melengkung menjadikan smartphone ini lebih nyaman dioperasikan dalam genggaman. Selain itu, bezel lebih tipis pada Huawei Y5 2 juga memberi kesan layar yang lebih luas dan longgar. Untuk dimensi, Huawei Y5 2 memang masih belum diketahui secara pasti namun smartphone ini diketahui hadir dengan bobot sangat ringan, yaitu 135 gram. Untuk visualisasi, dibenamkanlah layar dengan seluas 5.0 inci berpanel IPS LCD Capacitive Touchscreen yang mampu menghasilkan tampilan visualisasi cukup cerah, yakni dengan resolusi 1280 x 720 pixel. Sekedar tambahan informasi, layar multitouch pada Huawei Y5 2 belum dilengkapi dengan perangkat proteksi layar untuk melindungi layar dari goresan, termasuk benda tajam. So, dengan begitu kawan Begawei wajib memasang screen guard secara terpisah. Terakhir, guna menciptakan tampilan visual yang lebih ciamik, spesifikasi Huawei Y5 2 ini juga sudah ditambahkan dengan tampilan antarmuka Huawei EMUI 3.1.

Ruang Olah Data Andalkan Chipset MediaTek dengan CPU Processor Quad-core 1.3 GHz

Setelah melihat bagaimana kondisi fisik dari spesifikasi Huawei Y5 2, kini waktunya  Begawei mengajak kawan semua membedah bagian dalam dari smartphone yang satu ini. Untuk sektor dapur pacu yang ditawarkan oleh smartphone ini sebenarnya terbilang cukup ideal sebagai smartphone kelas pemula dengan mengusung materi hardware berkualitas standar. Yup! Kali ini ruang dapur pacu pada Huawei Y5 2 dipersenjatai dengan chipset MediaTek MT6735P yang membawa CPU Quad-core 1.3 GHz. Kehadiran prosesor tersebut tentu saja akan menghasilkan kinerja yang cukup responsif di kelasnya. Kemudian, smartphone Huawei Y5 2 juga didukung oleh kehadiran RAM  dengan kapasitas 1 GB. Kapasitas 1 GB ini menjadi kekuatan yang akan mengoptimalkan segala proses kerja dapur pacu termasuk untuk pengolahan data secara multitasking secara standar. Sementara untuk pengolah grafis Huawei Y5 2 ini, menurut kamus GPU yang intelijen Begawei miliki yang digunakan adalah Mali-T720.  Untuk sistem operasi yang akan menjalankan seluruh komponen hardware yang ada pada spesifikasi Huawei Y5 2 dipercayakan pada sistem operasi Android Lollipop v5.1 yang lengkap dengan aneka fitur canggih dan tentunya lebih menarik.

spesifikasi huawei y5 2

Kebutuhan Storage Terpenuhi dengan Kapasitas Memori Onboard 8 GB

Pada sektor berikutnya, kita akan membahas salah satu komponen yang cukup penting untuk sebuah smartphone, yaitu memori. Guna mendukung kinerja mesinnya agar semakin maksimal, spesifikasi Huawei Y5 2 juga harus didukung dengan memori internal yang berkapasitas longgar. Kapasitas memori yang memadai memang sangat penting karena hal ini berhubungan dengan kinerja olah datanya. Meski merupakan perangkat pintar kelas pemula, namun smartphone Huawei Y5 2 ini tetap dibekali dengan kapasitas internal memory yang ideal. Tercatat, ponsel cerdas terbaru dari Huawei ini dibekali dengan internal memory berkapasitas 8 GB. Kapasitas internal memory sebesar itu sudah cukup untuk mengakomodasi file-file atau data berukuran standar pengguna Huawei Y5 2 ini. Kawan Begawei dapat menyimpan file audio video, file aplikasi, atau data penting lainnya secara leluasa ke dalam Huawei Y5 2 ini. Namun, jika kawan Begawei merasa internal memory pada smartphone ini masih kurang mencukupi, perangkat yang satu ini juga dilengkapi dengan slot microSD guna menambah kapasitas memory-nya. Sayangnya, untuk besaran kemampuan slot eksternal belum diketahui dari spesifikasi Huawei Y5 2 yang ditawarkan. Meski belum tahu seberapa luas memori eksternal yang dibekalkan, tetapi biasanya untuk sebuah smartphone kelas pemula idealnya dibekali ekspansi memori eksternal sebesar 32 GB.

Lini Fotografi Disenjatai Duet Kamera 8 MP dan 2 MP

Salah satu fitur yang paling banyak dipertimbangkan oleh konsumen dalam membeli sebuah smartphone adalah fitur kamera yang juga sangat berpengaruh pada kualitas smartphone masa kini. Nah kali ini, spesifikasi Huawei Y5 2 pada sektor fotografi pun juga tetap didukung oleh duet kamera berkemampuan cukup baik meski statusnya merupakan smartphone kelas pemula. Untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi fotografi, Huawei Y5 2 dibekali dengan perangkat kamera utama berukuran 8 MP. Layaknya smartphone modern lainnya, Huawei Y5 2 pada sektor kamera utama juga disematkan oleh beberapa fitur canggih untuk membuat kualitas hasil jepretan menjadi semakin maksimal. Kamera ini juga mampu memberikan fitur dokumentasi berupa video. Tak lupa dengan fasilitas berfoto selfie dan video call, Huawei Y5 2 juga memiliki kamera depan atau kamera sekunder, meski untuk kamera depannya berukuran minimalis dengan ukuran 2 MP. Ukuran kamera depan yang melengkapi spesifikasi Huawei Y5 2 ini memang cukup mengecewakan, tapi ternyata masih cukup fungsional untuk menunjang kebutuhan dokumentasi yang kawan Begawei inginkan.

spesifikasi hp huawei y5 2

Konektivitas Lengkap dengan Jalur Utama Akses Internet 4G LTE

Berikutnya yang tak kalah berperan dalam sebuah gadget pintar adalah jalur konektivitas yang digunakan dalam spesifikasi Huawei Y5 2. Semakin canggih dan cepat aksesnya maka ponsel ini akan mendukung titelnya sebagai ponsel pintar. Meskipun menyasar segmen pemula namun untuk urusan konektivitas smartphone ini juga tidak kalah hebat dengan smartphone mid-end. Ponsel baru ini rupanya sudah support teknologi konektivitas terbaik, termasuk dual slot SIM card berjenis GSM dengan salah satunya sudah berkekuatan jaringan 4G LTE. Teknologi jaringan data 4G LTE pada Huawei Y5 2 ini merupakan jaringan tercepat yang ada saat ini. Pada penggunaan jaringan 4G LTE, kawan Begawei akan disuguhi dengan kecepatan akses internet super kencang. Smartphone Huawei Y5 2 sanggup menyuguhkan kecepatan download hingga mencapai 150 Mbps dan kecepatan upload hingga 50 Mbps. Kecepatan akses internet pada smartphone ini tentunya akan membuat aktivitas berselancar di internet menjadi lebih seru. Selain 4G LTE, ponsel pintar ini juga menyediakan jaringan yang tak kalah handal yaitu jaringan 3G yang akan dapat diandalkan dengan maksimal pada lokasi yang belum tercakup jaringan 4G LTE pada Huawei Y5 2 ini. Kemudian, untuk fitur konektivitas jarak dekat, tentu saja smartphone ini memberikan fitur yang lengkap dan fungsional, seperti Hotspot dan juga WiFi. Kedua fitur tersebut akan membantu kawan Begawei untuk bisa mengakses internet secara gratis. Kemudian, aktivitas berbagi data juga didukung secara nirkabel maupun menggunakan kabel, yaitu dengan memanfaatkan Bluetooth serta microUSB v2.0. Terakhir spesifikasi Huawei Y5 2 juga telah mendukung sistem navigasi dari A-GPS yang meski masih standar, namun siap mengantarkan kawan Begawei pada lokasi-lokasi yang hendak dikunjungi.

Pasokan Daya Baterai Terdukung oleh Kapasitas 2.200 mAh

Tersusun dari komponen hardware tangguh dan piranti yang lengkap, tak ada artinya apabila tidak diikuti dengan besaran suplai daya yang maksimal. Nah untuk sektor terakhir yang dibawa spesifikasi Huawei Y5 2 ini, kita akan menilik kapasitas baterai yang ditanamkan di dalamnya. Untuk keperluan suplai daya dari smartphone terbarunya ini, Huawei menyematkan baterai berkapasitas standar, yakni 2.200 mAh. Jika mengacu pada kebutuhan dayanya, baterai berkapasitas 2.200 mAh yang ada pada Huawei Y5 2 tersebut memang sudah cukup. Karena hanya mengusung komponen hardware berkualitas menengah ke bawah, maka kebutuhan daya smartphone ini juga tak terlalu boros. Untuk keperluan normal, baterai yang ada pada smartphone Huawei Y5 2 ini mampu menopang kebutuhan daya selama seharian penuh. Jika digunakan secara kontinyu terlebih lagi selalu on pada koneksi 4G LTE, ada baiknya kawan Begawei selalu menyiapkan power bank atau pemasok daya cadangan karena memang spesifikasi Huawei Y5 2 di bagian pemasok daya hanya dibekali dengan baterai berkapasitas standar saja.

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Y5 2

Dengan informasi yang ada, dapatlah dikatakan bahwa Huawei Y5 2 ini cenderung biasa saja dibandingkan gempuran produk-produk lain. Tapi toh, mungkin karena segmen kelasnya memang menempatkan Huawei Y5 2 ini pada kelas yang biasa saja jadi terasa lucu jika banyak permintaan yang mengagumkan. Apabila dilihat dari sektor dapur pacu, Quad-Core 1.3 GHz sudah cukup mumpuni dengan dorongan RAM 1 GB.  Salah satu hal yang positif dari Huawei Y5 2 ini, tentu saja pada koneksinya yang sudah mampu menggapai Tower 4G. Namun toh dengan kapasitas baterai yang di bawah 2500 mAh, plus layar 5 incinya agaknya pengguna Huawei Y5 2 tidak dapat berekspektasi banyak untuk menjadikannya sebagai partner tunggal dalam aktivitas seharian. Nah, supaya lebih meyakinkan silahkan kawan begawei menyaksikan bagan kelebihan Huawei Y5 2 dan kekurangan Huawei Y5 2 di bawah ini.

Kelebihan Huawei Y5 2
  • Desain simpel namun mewah
  • Layar 5.0 IPS LCD
  • Chipset MediaTek
  • Processor Quad-core 1.3 GHz
  • OS Android Lollipop
  • Antar muka EmotionUI 3.1
  • RAM 1 GB
  • Memori internal 8 GB
  • Duet kamera 8 MP dan 2 MP
  • Dual SIM card
  • Support 4G LTE
  • Baterai 2.200 mAh
  • Harga Terjangkau
Kekurangan Huawei Y5 2
  • Resolusi layar standar
  • Belum ada proteksi layar built-in
  • Navigasi A-GPS

Harga Huawei Y5 2

Apakah sudah puas dengan spesifikasi Huawei Y5 2 yang sudah kita ulas bersama-sama? Jika kawan Begawei sudah puas dengan pembahasan spesifikasinya secara lengkap di atas tadi, kini saatnya kita berbicara mengenai harga Huawei Y5 2 ini. Namun seperti yang sudah-sudah, sebelum berbicara ke ranah harga, Begawei akan memberi sedikit kesimpulan mengenai spesifikasi yang ada pada smartphone terbaru buatan Huawei ini. Secara teknis, Huawei Y5 2 memang cukup ideal jika dikatakan smartphone entry level. Hal itu bisa kita lihat dari bekal yang diusungnya. Mulai dari layar 5 inci namun sudah berpanel IPS LCD, untuk resolusinya memang tergolong standar. Lantas pada lini fotografinya, smartphone ini juga membawa dual kamera minimalis 8 MP dan 2 MP yang cukup fungsional untuk menunjang kebutuhan dokumentasi dari seluruh momen yang kawan Begawei lewati. Beberapa komponen tersebut sedikit banyak juga akan berpengaruh pada harga Huawei Y5 2 di pasaran. Spesifikasi lain yang juga cukup berkontribusi adalah sektor mesinnya di mana Huawei mengandalkan prosesor Quad-core 1.3 GHz untuk menghasilkan kinerja maksimal. Di bagian konektivitasnya sendiri, smartphone ini juga sudah hadir dengan dukungan jaringan 4G LTE yang merupakan keunggulan utama dari smartphone ini. Nah melihat spesifikasi yang diusungnya tersebut, apakah benar jika harga Huawei Y5 2 ini sedikit lebih mahal dari sebelumnya?

harga huawei y5 2

harga huawei y5 2 terbaru

Apabila menyasar pangsa pasar Asia, soal kisaran harga Huawei Y5 2 pastinya juga akan menyesuaikan. Smartphone yang baru dihadirkan ini kabarnya dibanderol dengan harga sekitar $165, atau jika kita konversikan dalam mata uang Rupiah adalah setara dengan sekitar Rp 2,2 jutaan. Harga Huawei Y5 2 tersebut memang terbilang kompetitif untuk pasar smartphone entry level. Apalagi bila kita bicara soal kualitas yang dibawanya, pastinya smartphone terbaru dari Huawei ini memang tepat dibekali dengan harga di bawah Rp 3 jutaan. Sedangkan untuk pasar gadget di Tanah Air, harga Huawei Y5 2 tersebut juga memungkinkan untuk bersaing. Perlu diingat pula harga Huawei Y5 2 kelak akan mengalami penyesuaian saat benar-benar masuk ke Indonesia. Namun perubahan harga tersebut kami prediksi tak akan terlalu signifikan.

Harga Huawei Y5 2
Sekitar Rp. 2.200.000,-

Jika diperhatikan, nominal harga Huawei Y5 2 di atas tadi memang masih bersifat tentatif, artinya masih bisa berubah kapan saja. Namun jika menilik pada spesifikasinya, peluang banderol harga yang tak terlalu mahal tersebut memang bisa saja terjadi. Sesuai dengan segmentasi yang ditargetkan oleh Huawei, yakni untuk kelas menengah bawah, maka banderol harga Huawei Y5 2 ini tergolong terjangkau untuk semua kalangan. Satu hal yang pasti, kehadiran smartphone terbaru buatan Huawei ini dipastikan akan semakin meramaikan persaingan di pasar smartphone kelas entry-level. Meskipun spesifikasi tergolong pas-pasan, namun kisaran harga jual Huawei Y5 2 yang sangat terjangkau tadi bisa menjadi alternatif bagi kawan Begawei yang sedang berburu smartphone berlayar lebar dengan harga tak terlalu menguras isi kantong. So, buat kamu yang memang sedang mencari perangkat pintar baru dengan spesifikasi menengah dan berharga tak terlalu mahal, pastinya harga Huawei Y5 2 yang bersahabat plus spesifikasi yang dapat dipercaya bisa menjadi pilihan alternatif yang menarik. So, untuk perjumpaan kali ini Begawei tutup sampai di sini. Baca juga Huawei GR5 dan Xiaomi Redmi 3.

Spesifikasi Huawei Y5 2

Jaringan
  • Teknologi
    GSM/WCDMA/LTE
  • 2G bands
    GSM: 850, 900, 1800, 1900 MHz
  • 3G bands
    UMTS: 900, 2100 MHz
  • 4G bands
    FDD LTE: 800 (band 20), 900 (band 8), 1800 (band 3), 2100 (band 1), 2600 (band 7) MHz
  • Kecepatan
    LTE, HSDPA+ (4G) 21.1 Mbit/s, HSUPA 5.76 Mbit/s
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Rumor
  • Status
    Rumor
Desain
  • Berat
    135 gram
  • SIM
    Dual SIM
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 Inches
  • Resolusi
    1280 x 720 pixels
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS v. 5.1 Lollipop
  • Chipset
    Mediatek MT6735P
  • CPU
    Quad Core 1.3 GHz
  • GPU
    Mali-T720
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    8 MP
  • Fitur
    Ada
  • Video
    Ada
  • Kamera Depan
    2 MP
Suara
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    Ada
  • GPS
    A-GPS
  • USB
    MicroUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, Gesture
Baterai
  • Daya
    2200 mAh

Produk Lainnya dari Huawei

Top