Home » Produk » Himax Bravo Y10

Harga Himax Bravo Y10 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.3

  • RAM
    2 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    IPS

  • Kamera
    8 MP

  • OS
    Android v5.1

Spesifikasi dan Harga Himax Bravo Y10 – Setelah cukup lama tak terdengar gaungnya, kini vendor smartphone asal Tiongkok, Himax, yang sempat meggebrak pasaran smartphone dalam negeri beberapa waktu lalu lewat seri Himax Polymer dan seri Himax Pure, kembali unjuk gigi untuk merebut perhatian pecinta gadget Tanah Air. Seperti tradisi yang sudah sudah-sudah, Himax merilis lagi smartphone yang berharga kompetitif untuk pasar lokal. Namun kali ini vendor asal Tiongkok itu menyasar segmen lebih spesifik lagi, yakni kelas pemula atau low-end lewat Himax Bravo Y10 ini. Kedatangan generasi smartphone terbaru Himax seri Bravo Y10 sendiri sejatinya bakal menjadi generasi pelengkap Himax Aura Y11 yang sudah lebih dulu diluncurkan sekaligus menandakan comeback-nya Himax setelah lama tak merilis smartphone. Sama-sama menyasar segmen low-end, namun untuk seri Himax Bravo Y10 ini nantinya ditempatkan di satu level di atas Himax Aura Y11. Meski memiliki harga kompetitif serta menyasar segmen entry evel, ternyata untuk spesifikasi yang diusungnya, Himax Bravo Y10 tidak bisa dianggap remeh. Dengan bekal amunisi yang lengkap, pastinya smartphone ini siap menjadi alternatif baru untuk konsumen Indonesia yang menginginkan smartphone murah namun tetap berkualitas tinggi.

himax bravo y10

Walau secara keseluruhan untuk spesifikasi teknisnya masih kalah jauh dengan smartphone kelas mid-end atau high-end lainnya, tetapi Himax Bravo Y10 memiliki beragam fitur teknis yang cukup baik dibandingkan kompetitornya di kelas yang sama, dengan rentang harga yang sama pula. Mulai dari setiap sektor, memang smartphone Himax Bravo Y10 ini tampil cukup mengejutkan. Di bagian desain bodinya sendiri, smartphone ini didesain dengan bentuk yang kompak, ringkas, namun tetap stylish karena pada dasarnya smartphone ini menyasar kawula muda yang aktif. Guna menunjang kebutuhan display visual, smartphone Himax Bravo Y10 ini telah dijejali dengan layar berukuran 5 inci berjenis IPS LCD, yang memiliki kualitas visual lumayan bagus di kelasnya. Kemudian untuk sektor performanya, ponsel pintar seri Himax Bravo Y10 juga dibekali dengan dukungan chipset MediaTek 6735 serta diotaki oleh prosesor Quad-core 1,3 GHz, yang mana kombinasi antara kedua komponen ini bakal memberikan performa menjanjikan. Apalagi, smartphone ini juga memiliki kapasitas RAM cukup besar di kelasnya, yakni 2 GB yang pastinya siap memberikan kinerja olah data menjadi lebih responsif. Di bagian kameranya, Himax Bravo Y10 dipersenjatai dengan dua kamera fungsional 8 MP dan 5 MP lengkap fitur fotografi modern. Hasil fotonya tersebut juga bisa leluasa disimpan dalam smartphone, karena ponsel pintar yang satu ini juga sudah memiliki kapasitas memori internal sebesar 16 GB. Melihat garis besar spesifikasinya, smartphone baru lansiran Himax ini ternyata cukup menarik bukan? Nah untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga Himax Bravo Y10 pada segmen-segmen di bawah ini!

hp himax bravo y10

Review Himax Bravo Y10

Desain Atraktif dengan Sudut-sudut Tegas Didukung oleh Layar IPS 5 Inci

Seperti biasa, untuk segmen pembuka mengenai ulasan spesifikasi Himax Bravo Y10 ini akan kita mulai dari segi desain dan tampilan luarnya. Untuk tampilan eksterior, desain smartphone terbaru buatan Himax ini tergolong cukup cantik. Hadir dengan bodi yang kompak, smartphone Himax seri Bravo Y10 masih mengandalkan material standar khas smartphone entry-level berupa plastik namun memiliki bahan yang terlihat cukup solid. Bodi Himax Bravo Y10 pun juga tampak indah dengan laburan warna soft yang elegan. Sementara untuk bentuk fisiknya sendiri, smartphone ini cenderung memiliki bentuk fisik yang simple dengan terdiri dari empat buah sudut yang melengkung tipis dan tegas serta dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan pada saat digenggam. Secara dimensional, Himax Bravo Y10 ini memiliki ukuran cukup slim berkisar 142.5 x 70,1 x 8,3 mm. Dengan dimensi yang dimilikinya, membuat smartphone ini terasa sangat nyaman saat dioperasikan begitupun saat ditaruh di saku. Sebagai penunjang media visualisasi, dibenamkanlah layar dengan seluas 5.0 inci berpanel IPS LCD Capacitive Touchscreen yang mampu menghasilkan tampilan visualisasi cukup cerah, yakni dengan resolusi 720 x 1280 pixel serta berkerapatan layar mencapai 294 piksel per inci. Resolusi layar pada Himax Bravo Y10 tersebut memang khas smartphone low-end. Terakhir menutup spesifkasi di bagian visual dan juga tampilan, layar multitouch pada smartphone ini memang belum dilengkapi dengan perangkat proteksi layar internal untuk melindungi layar dari goresan karena pemakaian. Jadi bisa dipastikan sobat Begawei wajib memasang screen guard secara terpisah. Meski memiliki kekurangan di bagian proteksi layar, namun secara umum spesifikasi Himax Bravo Y10 di sektor visual dan fisik ini sudah cukup baik untuk ukuran smartphone kelas pemula.

Kinerja Olah Data Lebih Maksimal dengan Kombinasi CPU Quad-core dan RAM 2 GB

Pada segmen selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi Himax Bravo Y10 untuk bagian jeroannya sebagai otak kinerjanya. Walau hanya menempati smartphone kelas pemula, namun ternyata smartphone terbaru besutan Himax ini sudah dibekali teknologi mesin yang mumpuni di kelasnya. Sebagai bagian inti dari mesinnya, Himax Bravo Y10 menggunakan prosesor Quad-core yang memiliki kecepatan 1.3 GHz. Untuk smartphone kelas pemula, kinerja CPU Quad-core 1.3 GHz ini memang sudah bisa diandalkan. Sedangkan untuk bagian chipsetnya, layaknya smartphone kelas menengah ke bawah lainnya Himax Bravo Y10 juga mengandalkan chipset MediaTek 6735yang memang sudah dikenal sebagai chipset tangguh untuk smartphone kelas low-end. Guna mendukung kebutuhan multitasking sobat Begawei, Himax Bravo Y10 rupanya telah dibekali dengan RAM yang lapang berkapasitas 2 GB. Keberadaan RAM berkapasitas 2 GB ini pastinya akan memberikan kemampuan multitasking yang cukup responsif. Dengan perpaduan komponen mesin di atas, Himax Bravo Y10 akan memberikan jaminan berupa kinerja mesin yang cepat dan stabil. Kemudian, untuk menampilkan detail grafis yang memanjakan mata, Himax juga membekali smartphone terbarunya ini dengan Mali-400 MP2. Terakhir, komponen pengolah kinerja di atas lantas disempurnakan dengan kehadiran OS Android Lollipop pada spesifikasi Himax Bravo Y10 yang siap menjanjikan pengalaman seru kepada sobat Begawei semuanya.

spesifikasi himax bravo y10

Ruang Simpan Ekstra Lega dengan Kapasitas Memori Internal 16 GB

Puas dengan desain tampilan dan jeroannya yang ternyata cukup mumpuni di kelasnya, selanjutnya kita wajib mengetahui spesifikasi Himax Bravo Y10 di sektor yang tak kalah penting, yaitu memori internal. Nah, guna mendukung kinerja mesinnya agar semakin optimal, spesifikasi teknis dari smartphone seri Himax Bravo Y10 ini pun juga sudah didukung dengan memori internal yang berkapasitas lapang. Kapasitas memori yang ekstra memang sangat penting karena hal ini berhubungan dengan kinerja olah datanya. Meski merupakan perangkat pintar entry-level, namun smartphone Himax Bravo Y10 ini tetap dibekali dengan kapasitas internal memory yang cukup besar. Tercatat, gadget anyar dari Tiongkok ini dibekali dengan internal memory berkapasitas 16 GB. Kapasitas internal memory sebesar itu sudah cukup untuk mengakomodasi file-file atau data berukuran standar pengguna. Kawan Begawei dapat menyimpan file audio video, file aplikasi, atau data penting lainnya dengan lebih fleksibel ke dalam Himax Bravo Y10 ini. Namun, jika kawan Begawei merasa internal memory pada smartphone ini masih kurang memadai, Himax juga telah menyertakan tambahan memori dengan slot microSD guna menambah kapasitas penyimpanannya hingga kapasitas 32 GB. So, dengan tambahan memori eksternal yang melengkapi spesifikasi Himax Bravo Y10 ini, pastinya sobat Begawei tidak akan kebingungan lagi akan kehabisan ruang penyimpanan file.

Sektor Dokumentasi Andalkan Duet Kamera Fungsional 8 MP dan 5 MP

Beranjak pada pembahsan spesifikasi Himax Bravo Y10 di bagian selanjutnya, Begawei akan mengajak kawan semua untuk mengintip spesifikasi teknis di sektor dokumentasi. Mengingat sektor fotografi merupakan sektor yang paling diperhatikan konsumen, maka Himax wajib membekali smartphone terbarunya ini dengan amunisi kamera yang bagus. Demi mendukung kebutuhan dokumentasi serta fotografi yang mumpuni, smartphone Himax Bravo Y10 ini sudah dibekali dengan duet kamera yang cukup fungsional. Sebagai kamera utama, smartphone kelas pemula ini dipersenjatai kamera berukuran 8 MP yang memiliki resolusi 3264 x 2448 pixels. Kamera utama yang terletak di sisi belakang bodi Himax Bravo Y10 tersebut sudah dilengkapi dengan fitur Autofocus dan juga LED Flash. Fitur-fitur fotografi modern pun juga sudah disematkan pada ponsel ini, seperti misalnya fitur Geo-tagging, Touch Focus serta Face Detection yang bisa digunakan untuk membidik gambar dengan hasil yang lebih bagus. Selain bisa digunakan untuk menghasilkan jepretan foto yang cukup berkualitas, kamera utama pada Himax Bravo Y10 ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas yang cukup baik dengan resolusi berkisar 1080@30 fps. Jadi, meski kekuatan kamera primer pada smartphone ini hanya standar, namun kehadirannya sudah sangat membantu saat sobat ingin mengabadikan momen-momen spesial. Lalu untuk kamera sekunder yang dibawanya sendiri, spesifikasi Himax Bravo Y10 memiliki kamera sekunder berukuran 5 MP, di mana dengan kamera 5 MP bisa kawan Begawei gunakan untuk mengambil foto selfie atau melakukan video call dengan kualitas yang cukup baik.

spesifikasi hp himax bravo y10

Konektivitas Lengkap Meskipun Belum Support Jaringan 4G LTE

Hadir sebagai smartphone Android yang mendukung fungsi seluler, spesifikasi Himax Bravo Y10 juga telah dilengkapi dengan fitur konektivitas yang lumayan komplet. Meskipun menyasar segmen pemula, namun untuk urusan konektivitas smartphone ini juga tidak kalah hebat dengan smartphone mid-end. Seperti misalnya ponsel pintar terbaru ini sudah support teknologi konektivitas terbaik, termasuk dual slot SIM card berjenis GSM. Sayangnya memang Himax Bravo Y10 belum mendukung jaringan 4G LTE untuk hasilkan akses internet yang cepat. Namun sebagai gantinya, smartphone seri Himax Bravo Y10 telah menyediakan jaringan yang cukup stabil yaitu jaringan 3G HSDPA dan 2G Edge meskipun keduanya tak sekencang jaringan 4G LTE. Kemudian, untuk fitur konektivitas jarak dekat, tentu saja smartphone ini memberikan fitur yang lengkap dan fungsional untuk sobat semua, seperti Hotspot dan juga WiFi. Kedua fitur tersebut akan membantu kawan Begawei untuk bisa mengakses internet secara gratis. Kemudian, aktivitas berbagi data menggunakan Himax Bravo Y10 juga didukung secara nirkabel maupun menggunakan kabel, yaitu dengan memanfaatkan Bluetooth serta microUSB v2.0 yang sudah kompatibel dengan fitur USB On-the Go (OTG). Terakhir menutup segmen untuk konektivitas, spesifikasi Himax Bravo Y10 di bagian navigasi juga sudah tersedia lewat A-GPS. Meskipun merupakan teknologi navigasi paling standar, namun A-GPS sudah sanggup untuk memenuhi kebutuhan pemetaan sobat semua dengan cukup baik.

Kinerja Operasional Andalkan Suplai Daya Baterai 3.200 mAh
separator

Tibalah pada pembahasan spesifikasi Himax Bravo Y10 di bagian paling akhir, yakni bagian suplai daya. Di segmen pembahasan spesifikasi di bagian terakhir ini, seperti biasanya kita akan mengulas kapasitas pemasok dayanya. Sebagai ponsel pintar low-end, seri Bravo Y10 ini sudah dibekali dengan kapasitas baterai cukup ideal. Baterai pada Himax Bravo Y10 ini memiliki kapasitas sebesar 3.200 mAh. Kapasitas baterai yang cukup besar itu juga menjadi salah satu keunggulan yang coba ditawarkan oleh Himax lewat flagship smartphone terbarunya ini. Mengingat spesifikasinya yang tidak terlalu boros daya, maka kapasitas baterai yang ada pada Himax Bravo Y10 ini sudah lebih dari cukup untuk memaksimalkan kinerja perangkat ini dengan sanggup mengantarkan waktu hidup sampai 740 jam. Kapasitas baterai yang sangat besar tersebut tentunya akan sangat cocok bagi kawan Begawei yang memiliki segudang aktivitas mobile atau outdoor. Meski masih memiliki beberapa catatan di bagian teknisnya, namun secara garis besar spesifikasi Himax Bravo Y10 di semua sektor, termasuk sektor suplai daya ini sudah cukup berkualitas.

Kelebihan dan Kekurangan Himax Bravo Y10

Dalam comeback-nya bersama Himax Bravo Y10 ini, Himax memang belum menawarkan smartphone 4G LTE seperti yang ditawarkan oleh vendor lain. Namun meski memiliki kekurangan di bagian koneksi data seluler yang hanya mengandalkan jaringan 3G HSDPA, ternyata smartphone terbaru buatan Himax ini juga memiliki beberapa bagian yang menjadi nilai lebihnya. Salah satunya terletak di bagian visual di mana Himax mengusung layar IPS berukuran 5 inci dengan resolusi yang cukup tinggi. Selain itu, spesifikasi teknis di ruang mesin pun juga cukup tangguh. Nah untuk mengetahui kualitas yang sebenarnya, berikut ini sudah kami rangkum kelebihan Himax Bravo Y10 dan kekurangan Himax Bravo Y10 dalam sebuah tabel.

Kelebihan Himax Bravo Y10
  • Desain minimalis namun tetap menarik
  • Layar IPS LCD 5 inci
  • OS Android Lollipop
  • Chipset MediaTek 6735
  • Prosesor Quad-core 1,3 GHz
  • GPU Mali-400 MP2
  • RAM 2 GB
  • Dual kamera 8 MP dan 5 MP
  • Memori interna 16 GB dan tersedia slot memori eksternal
  • Dual SIM
  • Baterai 3.200 mAh
  • Harga terjangkau
Kekurangan Himax Bravo Y10
  • Resolusi layar standar
  • Belum ada proteksi layar internal
  • Belum support jaringan 4G LTE

Harga Himax Bravo Y10

Himax tampil cukup bagus setelah lama hilang dari pentas gadget dunia. Nah setelah bersama-sama kita membahas spesifikasi teknis yang dibawa oleh smartphone terbaru buatan vendor asal Tiongkok itu, kini saatnya kita membahas harganya. Yup, pada segmen terakhir ini, kita akan membicarakan soal harga Himax Bravo Y10 yang kabarnya baru akan dipasarkan secara resmi di pasar gadget Indonesia pada tahun 2016 mendatang. Namun sebelum berbicara jauh mengenai nominal harga Himax Bravo Y10, seperti biasa kita akan lebih dulu menarik kesimpulan pada review kita kali ini. Melihat bekal spesifikasi yang diusungnya, rasanya memang tepat jika smartphone Himax seri Bravo Y10 ini menempati segmen smartphone low-end. Hal tersebut bisa kita amati dari spesifikasi teknis yang dibawanya, mulai dari layar IPS LCD 5 inci. Kemudian sektor performa yang memang identik dengan smartphone entry level lewat chipset MediaTek 6735 dan prosesor Quad-core 1,3 GHz. Pada bagian RAM sendiri bisa menjadi keunggulan, di mana Himax Bravo Y10 mengusung RAM 2 GB, termasuk besar di kelasnya. Kualitas pada ruang mesin ini sedikit banyak memang berpengaruh pada harga Himax Bravo Y10 di pasaran. Kemudian di lini fotografinya, tercatat smartphone ini memiliki bekal fotografi yang cukup fungsional dengan dual kamera 8 MP dan 5 MP. Sementara ruang penyimpanan smartphone ini memiliki kapasitas memori internal yang cukup memadai yakni 16 GB. Nah, melihat garis besar spesifikasi yang ditawarkannya, apakah sobat Begawei sudah bisa menebak harga Himax Bravo Y10 ini?

harga himax bravo y10

harga himax bravo y10 terbaru

Sampai saat ini sendiri, kisaran harga Himax Bravo Y10 memang belum diumumkan oleh pihak Himax karena baru memasuki tahap pre-launching. Tetapi dari bocoran informasi yang berhasil Begawei dapatkan, untuk soal harga Himax Bravo Y10 akan berada di atas harga saudaranya, yaitu Himax Aura Y11. Jika Himax Aura Y10 secara resmi dibanderol dengan harga Rp 850 ribuan, maka dari banyak prediksi pecinta gadget di Tanah Air, harga jual Himax Bravo Y10 akan dibanderol dengan angka Rp 1 juta sampai Rp 1,5 jutaan saja. Pastinya harga tersebut masih bersifat non-resmi, karena Himax sendiri masih mengunci rapat-rapat mengenai harga dari smartphone terbarunya ini dan baru akan diumumkan ketika sudah resmi dirilis untuk pasaran dalam negeri. Namun Himax sendiri menjanjikan harga yang bakal kompetitif untuk konsumen Indonesia. Jadi bisa disimpulkan bahwa harga Himax Bravo Y10 nantinya memang tak akan terlampau mahal.

Harga Coolpad Rise A116
Sekitar Rp 1.000.000,- s/d Rp 1.500.000,-

Nominal harga Himax Bravo Y10 yang Begawei sampaikan di atas memang bukanlah harga resmi, namun kemungkinan memang untuk harganya sendiri tidak akan berselisih jauh dengan prediksi harga di atas. Jika benar harga Himax Bravo Y10 akan dibanderol di bawah angka Rp 1,5 jutaan, pastinya smartphone ini berpotensi besar untuk mencuri perhatian konsumen. Meskipun ada sedikit catatan, smartphone ini belum didukung jaringan 4G LTE, namun hal itu mungkin tidak begitu berarti untuk konsumen yang saat ini berdomisili di luar area 4G. Selain itu, kehadiran Himax Bravo Y10 juga siap menjadi alternatif untuk kawan Beagwei yang saat ini memang tengah mengidamkan smartphone murah yang berkualitas. Meskipun untuk kamu yang ingin mendapatkan smartphone ini mesti harus bersabar dulu, pasalnya harga Himax Bravo Y10 baru akan resmi diumumkan dalam launching-nya di Indonesia pada awal tahun depan. So, sabar dulu menunggu ya! Baca juga review Begawei mengenai Coolpad Rise A116 dan Huawei Y6.

Spesifikasi Himax Bravo Y10

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSDPA
  • 2G bands
    2G GSM 900 / 1800 / 850 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    3G HSDPA 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    -
  • Kecepatan
    HSDPA
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    15 December 2015
  • Status
    Rumor, Perkiraan Januari 2016
Desain
  • Dimensi
    142.5 x 70.9 x 8.3 mm
  • Berat
    -
  • SIM
    Dual SIM (Micro-SIM + Nano-SIM)
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 Inches
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android 5.1 Lollipop
  • Chipset
    Mali-400MP2
  • CPU
    Quad Core 1.3 GHZ
  • GPU
    -
  • RAM
    2 GB
Memori
  • Card slot
    Microsd Up To 32 GB
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    8 MP
  • Fitur
    Ada
  • Video
    Ada
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
  • Bluetooth
    v4.1, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    To be confirmed
  • USB
    microUSB v2.0, USB On-the GO
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, gyro, proximity
  • Pesan
    SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion
  • Daya
    3200 mAh

Produk Lainnya dari Himax

Top