Home » Produk » Coolpad NX1

Harga Coolpad NX1 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.0 GHz

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    5.0 inci

  • Kamera
    8 MP

  • OS
    Android OS, v5.0

Harga Coolpad NX1 dan Spesifikasi – Coolpad kembali unjuk gigi dengan merilis Coolpad NX1. Sebagai salah satu merek asal Negeri China, tidak salah jika Coolpad tidak ingin kalah saing dari para kompetitor senegaranya yang memang tampak mendominasi di pasar smartphone. Selain Xiaomi, Oppo dan Vivo yang cukup populer, Coolpad juga berusaha untuk menjadi yang terdepan. Perangkat bernama Coolpad NX1 ini pun seolah menjadi salah satu bukti bahwa vendor tersebut masih ingin mempertahankan eksistensinya di pasar smartphone. Ketika vendor-vendor smartphone lain berlomba-lomba dalam meluncurkan produk ponsel canggih untuk segmen menengah dan atas. Coolpad tampaknya memiliki strategi sendiri untuk menarik konsumen di segmen bawah melalui Coolpad NX1 tersebut. perangkat ini memang dilepas ke pasaran untuk menjadi salah satu pengisi di segmen entry-level. Smartphone ini hanya satu dari beberapa seri terbaru milik Coolpad yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Karena menyasar kalangan bawah tentu saja harga jual yang terjangkau menjadi salah satu kelebihan utama yang ditawarkannya. Selain itu, keunggulan handset bernama Coolpad NX1 ini juga ditemukan pada koneksi internetnya yang sudah kencang sehingga bakal lumayan menarik untuk kategori ponsel murah.

Coolpad NX1

Coolpad NX1

Coolpad NX1 yang hadir mengusung label entry-level tentu tidak bisa disamakan dengan ponsel-ponsel lain yang ditujukan bagi segmen di atasnya, namun spesifikasi yang dibawa perangkat ini sudah cukup baik untuk mendukung komunikasi dan aktivitas keseharian penggunanya. Kualitas tampilan visual yang disuguhkan oleh Coolpad NX1 ini pun sudah cukup bagus karena memakai layar capacitive touchscreen seluas 5.0 inci dengan resolusi HD. Performanya sendiri mengandalkan prosesor empat inti berkecepatan 1.0 GHz yang berasal dari chipset Mediatek MT6735P dan sudah menggunakan jenis prosesor 64-bit. Meskipun performa yang dimiliki Coolpad NX1 ini bisa dikatakan cukup standar, namun kehadiran dukungan akses jaringan 4G LTE sudah pasti bakal sangat memanjakan pengguna yang hobi berselancar di dunia maya. Akses internet bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus merasa khawatir dengan koneksi yang lemot. Tak hanya itu, Coolpad NX1 memiliki fitur dual SIM yang bisa diaktifkan secara bersamaan sehingga pengguna bisa berkomunikasi dengan leluasa. Masih ingin tahu lebih jauh dengan ponsel baru Coolpad ini? Berikut Begawei berikan ulasan selengkapnya tentang spesifikasi dan harga Coolpad NX1!

HP Coolpad NX1

Smartphone Coolpad NX1

Review Coolpad NX1

Ponsel 5.0 Inci dengan Desain Simpel Khas Coolpad

Membuka ulasan kita kali ini, Begawei akan memperkenalkan spesifikasi Coolpad NX1 mulai dari sektor terluarnya. Secara tampilan, ponsel ini terlihat cukup sederhana dengan desain simple khas perangkat entry-level. Perangkat yang dimensi dan bobotnya belum diketahui ini akan hadir dalam pilihan warna hitam dan putih. Pada bagian display, Coolpad NX1 mengandalkan layar capacitive touchscreen dengan bentang 5.0 inci. Layar ini memiliki resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan 294 ppi yang meskipun masih tergolong standar namun tetap mampu menyuguhkan tampilan visual yang jernih dan tajam. Layar dari Coolpad NX1 ini pun sudah cukup responsif ketika dioperasikan sebab telah didukung dengan teknologi multitouch. Namun terkait dengan harganya yang cukup murah, maka wajar jika handset ini belum dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari maupun proteksi layar sehingga kawan Begawei harus memasang lapisan antigores sendiri untuk membuat spesifikasi Coolpad NX1 pada layarnya tersebut lebih aman.

Dapur Pacu Bersenjata Chipset Mediatek MT6735P

Dari sektor terluarnya, kini kita akan beranjak untuk membahas spesifikasi Coolpad NX1 di bagian dalamnya. Dapur pacu ponsel ini mengandalkan chipset Mediatek MT6735P sebagai bagian utama dalam pemrosesan datanya. Chipset ini memiliki prosesor Quad-core Cortex A-53 dengan clock speed 1.0 GHz yang sudah mampu menghasilkan performa kinerja yang lebih baik. Namun sektor ini hanya diberi dukungan RAM sebesar 1 GB. Kapasitas RAM dari Coolpad NX1 yang cukup kecil ini tentu kurang bisa mendukung aktivitas multitasking dengan maksimal sehingga wajar jika terkadang masih mengalami sedikit lag. Sementara itu, kartu grafis Mali-T720MP2 dihadirkan untuk memberikan dukungan pada game dan multimedia standar. Coolpad NX1 juga masih mengadopsi Android 5.0 Lollipop sehingga kinerjanya memang tertinggal jika dibandingkan dengan perangkat lain di kelas yang sama namun sudah menggunakan Android Marshmallow maupun Android Nougat. Namun demikian, hal tersebut dilakukan untuk mengimbangi komponen spesifikasi Coolpad NX1 yang masih standar tersebut.

Spesifikasi Coolpad NX1

Spesifikasi Coolpad NX1

Storage dengan Memori Internal 8 GB dan microSD 64 GB

Setelah mengetahui performa dari ponsel ini, sekarang saatnya kita untuk melihat seberapa banyak file yang bisa ditampung oleh spesifikasi Coolpad NX1 pada ruang penyimpanannya. Sejalan dengan label entry-level yang dibawanya. Coolpada hanya membekali perangkat barunya ini dengan memori internal sebesar 8 GB. Kapasitas memori internal yang dimiliki perangkat ini memang bisa dikatakan pas-pasan karena pasti hanya bisa dipakai untuk menyimpan foto, audio, dan video dalam jumlah yang terbatas, bahkan tentu sebagian space sudah termakan oleh file sistem bawaan Coolpad NX1 tersebut. Untuk itu, spesifikasi dibekali dengan slot memori eksternal yang bisa diisi dengan microSD dan memiliki batas kapasitas hingga 64 GB. Dengan kemampuan perluasan memori ini setidaknya kawan Begawei bisa menyimpan lebih banyak file di dalam Coolpad NX1 tersebut. meskipun kapasitas maksimal dari memori eksternal tersebut juga masih terbilang kecil namun tentu sudah bisa dibilang cukup untuk menambah kapasitas memori internal yang hanya 8 GB pada spesifikasi Coolpad NX1 tersebut.

Lini Fotografi Mini Namun Tetap Fungsional

Seperti sektor-sektor yang sebelumnya, spesifikasi Coolpad NX1 pada lini fotografinya pun juga membawa komponen-komponen yang standar. Meskipun tidak bisa memberikan hasil dengan kualitas yang memuaskan namun ponsel ini tetap dibekali dengan dua piranti kamera untuk mendukung kebutuhan dokumentasi penggunanya. Pada sektor belakang dari Coolpad NX1 ini terdapat kamera utama 8 MP beraperture f/2.4 lengkap dengan fitur autofocus dan LED flash sehingga hasil jepretan fotonya tetap terlihat tajam dan jernih. Selain itu, kamera utama dari Coolpad NX1 ini mampu menghasilkan video berkualitas 720p. Pada sektor depan terdapat kamera 2 MP yang bisa mendukung aktivitas selfie dan video call meski kualitasnya tidak terlalu bagus. Ada juga beberapa fitur pendukung fotografi seperti geo-tagging, touch focus, dan face detection yang turut melengkapi Coolpad NX1 tersebut. Meskipun resolusi kedua kamera tersebut memang masih terbilang kecil dan tergolong ketinggalan jaman, namun kamera tersebut sudah mampu untuk menunjang aktifitas fotografi dan dokumentasi penggunannya dengan cukup baik. Sehingga spesifikasi Coolpad NX1  pada sektor fotografinya ini sudah dapat dibilang cukup memadai untuk ponsel dikelasnya.

Spesifikasi HP Coolpad NX1

Spesifikasi Smartphone Coolpad NX1

Konektivitas Lengkap dan Cepat dengan Akses Jaringan 4G LTE

Nah, kelebihan spesifikasi Coolpad NX1 justru malah bisa ditemukan pada bagian konektivitasnya. Pasalnya, fitur-fitur yang ada di dalamnya sudah cukup lengkap, mulai dari dua slot SIM yang akan semakin mempermudah kebutuhan komunikasi hingga dukungan akses jaringan 4G LTE untuk menawarkan akses internet super cepat pada perangkat Coolpad NX1 ini. Dengan jaringan 4G LTE, kawan Begawei bisa mendownload data pada kecepatan 150 Mbps dan upload data pada kecepatan 50 Mbps. Bahkan, Coolpad juga masih menawarkan jaringan lama GSM dan HPSA untuk pengguna Coolpad NX1 yang daerahnya belum terjangkau jaringan 4G LTE. Perangkat ini juga memiliki fitur Wi-Fi dan hotspot yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan koneksi internet secara gratis. Kemudian, jika ingin melakukan transfer data, sudah tersedia fitur Bluetooth 4.0, A2DP, dan microUSB 2.0. Terakhir, spesifikasi Coolpad NX1 pada bagian konektivitasnya juga telah dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS yang dapat memetakan lokasi dengan cukup baik.

Suplai Daya Dipasok 2.000 mAh

Pada bagian penutup ini kita akan mengetahui seberapa tangguh spesifikasi Coolpad NX1 mampu bertahan pada seluruh kinerja operasionalnya. Jika dilihat dari spesifikasi entry-level yang di bawanya, tentu komponen-komponen standar yang ada di dalam perangkat ini tidak terlalu memerlukan daya yang besar. Coolpad sendiri akhirnya membekali Coolpad NX1 ini dengan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer sebagai sektor pemasok daya dari perangkat terbarunya tersebut. Kapasitas baterai ini yang cukup kecil ini tentu bisa dikatakan pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan daya dari masing-masing komponen yang ada di dalam Coolpad NX1 ini. Selain itu, baterai ini juga tidak akan mampu menyokong kehidupan perangkat dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu, kawan Begawei sebaiknya menyediakan suplai daya cadangan seperti powerbank untuk mengantisipasi habisnya daya sewaktu-waktu. Nah, dengan spesifikasi Coolpad NX1 yang tergolong sederhana tersebut, pasti harganya akan murah ya?

Kelebihan dan Kekurangan Coolpad NX1

Tak mau kalah dengan para kompetitornya dari China, Coolpad merilis sebuah perangkat dengan nama Coolpad NX1 yang akan menyasar segmen pemula sebagai konsumennya. Dari segmen yang dituju, memang sudah dapat diperkirakan bahwa spesifikasi yang dibawanya ini tak bisa dibilang mewah apalagi premium. Namun spesifikasi yang dibawanya tersebut masih tetap terbilang fungsional untuk perangkat sekelas Coolpad NX1 ini. Dengan menggunakan sistem operasi Android versi 5 atau Lolipop memang terbilang cukup jadul. Namun, hal tersebut disinyalir untuk mengimbangi spesifikasi komponen di dalamnya yang masih sangat sederhana. Sebut saja, RAM pada Coolpad NX1 yang masih 1 GB, kemudian prosesor quad-core 1.0 Ghz dan juga memori internal yang hanya 8 GB tentu akan terlalu berat jika menggunakan sistem operasi terbaru. Di sisi lain, hal yang patut diapresiasi dari perangkat ini tentu sektor jaringannya yang sudah menggunakan 4G LTE sehingga membuat sektor konektivitas smartphone Coolpad ini tidak kalah dengan perangkat premium. Nah, itulah beberapa kelebihan Coolpad NX1 dan kekurangan Coolpad NX1 yang perlu diperhatikan. Selengkapnya, mari kita simak tabel di bawah ini.

Kelebihan Coolpad NX1
  • Support 4G LTE
  • Support dual SIM
  • Layar 5.0 inci
  • Chipset Mediatek MT6735P
  • Prosesor Quad-core 1.0 GHz Cortex-A53
  • GPU Mali-T720MP2
  • MicroSD 64 GB
  • Kamera utama 8 MP
  • Baterai Li-Po
  • Harga terjangkau
Kekurangan Coolpad NX1
  • Belum ada sensor fingerprint
  • Resolusi layar standar
  • Belum ada proteksi layar
  • OS masih Android Lollipop
  • RAM kecil
  • Memori internal kecil
  • Resolusi kamera depan rendah
  • Navigasi masih A-GPS
  • Kapasitas baterai kecil
  • Non-removable battery

Harga Coolpad NX1

Setelah mengupas tuntas spesifikasi ponsel baru Coolpad ini pada masing-masing sektornya, kini saatnya kita untuk membicarakan harga Coolpad NX1. Coolpad memang telah mengklaim bahwa harga perangkatnya tersebut cukup murah. Hal ini tentu tak bisa dilepaskan dari spesifikasi yang dibawanya seperti layar capacitive touchscreen berukuran 5.0 inci dengan resolusi HD. Selain itu, sektor dapur pacu pada Coolpad NX1 yang mengandalkan prosesor berinti empat dengan kecepatan 1.0 GHz dari chipset Mediatek MT6735P juga pasti akan ikut menentukan harganya. Belum lagi, perangkat ini juga menawarkan koneksi internet super cepat berkat dukungan akses jaringan 4G LTE yang tidak akan membuat harga Coolpad NX1 ini menjadi mahal. Hal ini tentu cukup menarik, karena hal tersebut membuat sektor konektivitasnya ini tidak kalah dengan perangkat-perangkat premium yang telah memiliki akses internet super cepat tersebut. Dengan spesifikasi seperti itu, bisakah kawan Begawei menebak banderol harga Coolpad NX1 ini?

Harga Coolpad NX1

Harga Coolpad NX1

Harga Coolpad NX1 Terbaru

Harga Coolpad NX1 Terbaru

Seperti yang telah Begawei katakan di bagian awal bahwa perangkat Coolpad ini merupakan perangkat entry-level dan tentu soal harga Coolpad NX1 ini tidak akan berbeda jauh dengan ponsel entry-level lain di pasaran yang kebanyakan memang dibanderol dengan harga murah. Menurut sumber yang Begawei dapatkan, ponsel baru Coolpad tersebut akan dibanderol di pasar dengan harga Nrs. 10,226. Jika dikonversikan ke dalam rupiah, maka nominal harga Coolpad NX1 ini akan berada pada kisaran Rp 1,3 jutaan. Harga tersebut memang sangat terjangkau dan pas dengan label entry-level yang dibawanya. Selain itu, harga jualnya yang masih berada di kisaran Rp 1 jutaan ini tentu membuat Coolpad NX1 ini sangat mudah untuk dijangkau oleh banyak kalangan konsumen. Namun demikian, mengingat persaingan di segmen pemula yang cukup ketat dengan berbagai produk dari pabrikan lokal, jika perangkat ini masuk ke Indonesia tentu bukan hal yang mudah untuk dapat mendominasi pasar. Apalagi meskipun harga Coolpad NX1 ini terbilang murah, namun tentu konsumen akan pikir-pikir, karena masih menggunakan sistem operasi jadul.

Harga Coolpad NX1
Sekitar Rp. 1.300.000,-

Namun demikian, dengan mengandalkan harga Coolpad NX1 yang tidak terlalu berbeda dengan ponsel-ponsel buatan vendor lain di kelas yang sama membuat perangkat baru Coolpad ini cukup percaya diri untuk dapat berkompetisi di pasaran. Harga jualnya yang sangat terjangkau tersebut juga bisa dimaklumi sebab spesifikasi yang dibawa Coolpad NX1 ini memang kurang mumpuni dan berbagai komponen yang digunakan di dalamnya pun masih standar. Selain itu, ponsel juga tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama karena hanya dibekali dengan baterai berkapasitas kecil. Sepertinya dengan harga Coolpad NX1 yang murah, membuatnya akan menjadi pilihan yang lebih cocok bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan smartphone Android. Namun, sampai saat ini masih belum ada informasi yang jelas mengenai ketersediaan perangkat ini di Indonesia. Nah, demikian ulasan Begawei mengenai spesifikasi dan harga Coolpad NX1. Baca juga mengenai Coolpad Cool Dual dan Coolpad Note 5 Lite.

Spesifikasi Coolpad NX1

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    HSDPA
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Agustus 2017
  • Status
    Dirilis
Desain
  • SIM
    Dual SIM
Layar
  • Tipe
    Capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inci
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
  • Multitouch
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.0 (Lolipop)
  • Chipset
    Mediatek MT6735P
  • CPU
    Quad-core 1.0 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Mali-T720MP2
  • RAM
    8 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 64 GB
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    8 MP, f/2.4, autofocus, dual-LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection
  • Video
    720p@30fps
  • Kamera Depan
    2 MP, f/2.4
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    4.0, A2DP
  • GPS
    A-GPS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB 2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Po
  • Daya
    2000 mAh

Produk Lainnya dari Coolpad

Top