Home » Produk » Alcatel Pop 4

Harga Alcatel Pop 4 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    IPS LCD

  • Kamera
    8 MP

  • OS
    Android OS v6.0

Spesifikasi dan Harga Alcatel Pop 4 – Mencuri perhatian lewat sejumlah produk smartphone baru yang megedepankan sisi fashion, Alcatel kembali hadir pada tahun 2016 dengan sebuah produk ponsel pintar terbarunya. Belum lama ini, perusahaan teknologi asal Perancis itu memperkenalkan seri smartphone Alcatel Pop 4 yang merupakan model terbaru dari seri Alcatel Pop. Kehadiran smartphone dari Alcatel seri Pop 4 ini memang berjarak cukup jauh dari seri smartphone terakhir yang dirilis. Jika kawan Begawei masih ingat, sebelum merilis seri Alcatel Pop 4 ini, Alctatel terakhir kali memperkenalkan seri Alcatel Idol 4s yang mengedepankan ukuran layar yang sangat luas. Nah untuk seri Pop 4 ini, Alcatel menyasar pangsa pasar smartphone kelas entry level atau pemula. Hal ini pastinya akan berimbas pada harga jual Alcatel Pop 4 di pasaran yang ditaksir tak akan terlalu mahal. Meski hanya menempati segmen pemula, namun bukan berarti bahwa smartpheno asal Negeri Mode ini tak dibekali dengan spesifikasi teknsi yang berkualitas. Oleh karena itulah, memang sangat disayangkan jika seri Alcatel Pop 4 ini hanya dilewatkan begitu saja.

alcatel pop 4

Berbicara soal teknologi yang disematkan pada spesifikasi teknisnya, Alcatel Pop 4 hadir dengan membawa komponen sederhana yang cukup tangguh dan handal. Perangkat pintar yang hadir di ajang MWC 2016 diplot sebagai pelengkap line-up ponsel pintar kelas pemula atau entry level ini menghadirkan penampilanm fisik dengan konsep desain yang cukup mewah. Hal ini karena, casing belakang Alcatel Pop 4 mengusung material berbahan plastik dengan finishing-nya telah dibalut dengan material brushed metal. Ponsel pintar yang satu ini mengusung layar IPS LCD 5.0 inci dengan resolusi dan kerapatan yang cukup baik dan memberi visualisasi yang nyaman. Lantas untuk dapur pacu, Alcatel Pop 4 mengandalkan komponen berspesifkasi standar namun performanya tak perlu diragukan. Dengan chipset Snapdragon 210 yang ditenagai processor Quad-core 1.1 GHz, pstinya akan cukup menciptakan performa kerja olah data yang stabil. Keberadaan RAM 1 GB pada ruang mesin Alcatel Pop 4 juga turut menjadi salah satu faktor yang akan mengoptimalkan operasional, termasuk pada kebutuhan multitasking. Di antara semua kelebihan teknis yang dimilikinya, ada satu keunggulan yang mungkin akan menjadi nilai jual utama smartphone ini. Alcatel Pop 4 dipastikan akan berjalan pada sistem operasi Android generasi baru, yaitu OS Android Marshmallow yang memiliki segudang pembaruan fitur menarik. Nah agar kawan Begawei tak semakin penasaran, simak ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Alcatel Pop 4 pada segmen-segmen di bawah ini!

hp alcatel pop 4

Review Alcatel Pop 4

Desain Atraktif dengan Pilihan Casing Colorful Khas Alcatel Didukung Layar IPS 5 Inci

Untuk segmen pembuka pembahasan spesifikasi Alcatel Pop 4 ini seperti biasa kita akan mengawalinya dengan mengulas bagian terluar dari sebuah flagship, yaitu desain tampilannya. Secara fisik, smartphone ini memang memiliki konsep desain yang tak jauh berbeda dengan seri Alcatel Pop lainnya, di mana untuk tampilan Alcatel Pop 4 sendiri didesain dengan standar Alcatel yang terkenal konsisten mengedepankan sisi fashion. Konsep desain mewah diusungnya dengan casing belakang bermaterial plastic yang terbalut oleh finishing dengan brushed metal sehingga menjadi lebih kuat. Tampilan mewah tersebut lantas dipadukan dengan ukuran fisik Alcatel Pop 4 yang tergolong kompak. Smartphone ini memiliki ukuran tubuh atau dimensi berukuran 140.7 x 71.4 x 8 mm. Sedangkan bobot yang dimilikinya tergolong cukup ringan. Lewat dimensi yang dimiliknya, jelas Alcatel Pop 4 akan sangat nyaman dioperasikan dengan satu tangan atau ditaruh di saku celana. Sementara itu untuk media visualisasi, smartphone ini mengusung layar IPS LCD berukuran 5.0 inci. Layar tersebt menghasilkan resolusi sekelas HD 720 x 1280 liksel dengan kerapatan layar 294 ppi. Lewat resolusi layar yang dimiliki spesifikasi Alcatel Pop 4, pastinya akan sanggup memberi kenyamanan pada mata pengguna saat pengoperasian. Sayangnya smartphone baru Alcatel ini belum dibekali dengan sistem proteksi layar built-in, sehingga kawan Begawei wajib menambahkan screen guard sebagai pelindung layarnya.

Performa Maksimal Berkat RAM 1 GB dengan Dukungan OS Android Marshmallow

Setelah bersama-sama kita memgulas detail spesifikasi Alcatel Pop 4 di bagian eksteriornya, pada segmen kedua ini kita akan membahas kalitas permesinan yang ada di dalamnya. Sama seperti smartphone low-end lainnya, secara spesifikasi teknis memang Alcatel Pop 4 tampil tidak terlalu mencolok. Di mana untuk spesifikasi ruang mesin pada smartphone ini dimulai dengan dengan penggunaan chipset Snapdragon 210 yang merupakan hardware andalan pada smartphone entry level dengan harga terjangkau. Pada bagian CPU atau prosesor, Alcatel Pop 4 mengandalkan CPU Quad-core 1.1 GHz. Sebagai pendukung kinerja terutama untuk keperluan multitasking dan membuka aplikasi, smartphone Alcatel seri Pop 4 ini akan dipasarkan dengan RAM berkapasitas 1 GB. Dengan RAM 1 GB tentu saja kebutuhan seperti multitasking akan sanggup dijalankan oleh ponsel ini. So, dengan RAM 1 GB yang ada pada Alcatel Pop 4, kawan Begawei tak akan lagi bertemu dengan masalah handset lemot atau proses running aplikasi yang berjalan lambat. Kemudian untuk kebutuhan grafis, smartphone ini sudah dibekali dengan GPU Adreno 304 yang akan berperan untuk menunjang tampilan grafis menjadi lebih berkualitas. Sebagai pelengkap sajian semua komponen hardware di ruang mesinnya, spesifikasi Alcatel Pop 4 di bagian jantung dapur pacu ini sudah dibekali dengan sistem operasi OS Android v6.0 Marshmallow yang merupakan OS terbaru Android, dan sudah mendukung performa operasional jauh lebih baik.

spesifikasi alcatel pop 4

Memori Internal 8 GB Plus Slot MicroSD Eksternal Hingga Kapasitas 32 GB

Beranjak dari spesifikasi Alcatel Pop 4 di bagian olah performanya, selanjutnya akan menuju pada bagian olah penyimpanan datanya. Kita pastinya tahu jika kapasitas memori internal pada suatu gadget pintar masa kini memiliki fungsi yang cukup vital. Semakin luas daya tampung suatu smartphone, maka kemampuan olah datanya juga akan semakin baik. Layaknya smartphone masa kini, Alcatel Pop 4 pun menyediakan kapasitas memori internal yang cukup luas dan sanggup mengcover seluruh kebutuhan. Untuk memberikan keleluasaan bagi penggunanya dalam melakukan penyimpanan file, Alcatel Pop 4 hadir dalam kapasitas memori 8 GB. Untuk ukuran smartphone kelas pemula, kapasitas memori internal yang ada pada smartphone ini memang cukup minimalis, namun tetap sanggup memberi ruang yang leluasa. Hal ini karena memori 8 GB pastinya sudah cukup bisa diandalkan untuk menyimpan berbagai jenis file yang berukuran besar dalam satu perangkat saja. Selain memori internal, spesifikasi Alcatel Pop 4 juga didukung oleh slot external memory yang bisa ditambahi microSD card maksimal mencapai 32 GB. Slot memori eksternal ini sangat membantu sekali sebagai media penyimpanan file multimedia, software, dan file lainnya.

Lini Fotografi Andalkan Duet Kamera 8 MP dan 5 MP

Mengingat kebutuhan fotografi yang saat ini mulai menjadi kebutuhan wajib pengguna smartphone, maka agar menjadi pilihan konsumen, maka spesifikasi Alcatel Pop 4 wajib dipersenjatai dengan lini fotografi yang mumpuni. Untuk urusan ini Alcatel telah menyematkan kamera yang cukup besar untuk sebagai ukuran fitur fotografi pada ponsel kelas pemula. Sektor kamera yang dibekalkan pada Alcatel Pop 4 yaitu 8 MP untuk kamera utama. Kamera tama tersebut telah didukung dengan autofocus dan fitur LED Flash yang akan membantu pencahayaan menjadi lebih baik saat kondisi gelap atau kurang cahaya. Tidak lupa, fitur standar fotografi seperti geo-ragging, face/smile detection, HDR dan Panorama pun juga sudah disematkan pada Alcatel Pop 4, dan tentunya akan menghasilkan fotografi yang lebih menarik dan berkualitas. Untuk kemampuan rekaman video, kamera 8  MP yang ada pada smartphone ini dapat menghasilkan video HD 720p dengan kecepatan 30 fps yang cukup baik di kelasnya. Sementara pada kamera depan atau kamera sekunder, spesifikasi Alcatel Pop 4 mengandalkan kamera berukuran 5 MP yang akan sangat fungsional dalam membantu aktivitas selfie atau video call kawan Begawei.

spesifikasi hp alcatel pop 4

Konektivitas Lengkap dan Sudah Support Jaringan Data 4G LTE

Lepas dari spesifikasi Alcatel Pop 4 di bagian fotografinya, kini kita akan berlanjut pada sektor konektivitasnya. Datang sebagai smartphone modern masa kini, jelas untuk fitur yang satu ini Alcatel juga tak kalah kelas. Yup! Smartphone terbaru dari Alcatel ini memang hadir dengan bekal spesifikasi di sektor konektivitas yang sangat lengkap, baik untuk koneksi jaringan atau koneksi transfer data. Sebagai smartphone seluler, Alcatel Pop 4  juga sudah mendukung dual-SIM berjenis micro SIM dual stand-by. Sementara untuk berselancar di dunia maya, ponsel cerdas satu ini juga dibekali dengan pilihan jaringan data yang beragam. Kecepatan akses internet sendiri memang menjadi salah satu nilai plus pada smartphone Alcatel Pop 4  ini. Pasalnya, smartphone ini memiliki teknologi jaringan data 4G LTE yang akan menghadirkan akses internet super ngebut kepada penggunanya. Untuk keperluan download, smartphone ini bisa diakses hingga mencapai kecepatan maksimal 150 Mbps, dengan catatan coverage 4G LTE telah mendukung. Sementara untuk kebutuhan upload, Alcatel Pop 4  bisa dipacu hingga kecepatan maksimum 50 Mbps. Selain jaringan data utama 4G LTE, smartphone ini juga telah dibekali dengan pilihan jaringan data lainnya, mulai dari jaringan EDGE hingga HSPA. Sedangkan untuk keperluan koneksi jarak dekat dan transfer data, Alcatel Pop 4  juga telah dibekali dengan fitur WiFi, Hotspot, serta slot microUSB v2.0 plus USB Host. Smartphone ini juga dibekali pula dengan fitur Bluetooth v4.0 A2DP dan MicroUSB. Sedangkan untuk bagian pemetaan dan navigasinya, spesifkasi Alcatel Pop 4  di sektor konektivitas juga telah dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS yang siap menjadi andalan dalam mencari titik lokasi suatu tempat.

Pasokan Daya Dibekali Baterai Kapasitas 2.500 mAh

Pada bagian terakhir, kita akan membahas spesifikasi Alcatel Pop 4 di bagian suplai dayanya. Kapasitas baterai tentunya akan berhubungan dengan kebutuhan daya pada masing-masing komponennya. Jika kita melihat spesifikasi mesin dan juga layar Alcatel Pop 4 , sebenarnya tingkat konsumsi dayanya termasuk dalam level sedang. Konsumsi daya terbesar tentunya terletak pada layarnya yang berukuran cukup luas. Sadar akan hal tersebut, Alcatel pun membekali smartphone barunya ini dengan baterai berkapasitas cukup besar untuk mendukung kinerja seluruh aplikasi yang akan dijalankan. Alcatel Pop 4  kali ini dibekli dengan baterai jenis removable Lithium-Ion dengan kapasitas 2.500 mAh. Dengan kapasitas tersebut, makan kawan Begawei akan mampu mengoperasikan Alcatel Pop 4  dalam kondisi normal bisa lebih dari sehari. Dengan kapasitas tersebut, ponsel pintar akan mampu beroperasi selama seharian untuk aktivitas normal. Kehadiran baterai dengan kapasitas yang memadai ini pastinya akan semakin melengkapi spesifikasi Alcatel Pop 4 yang meski hanya merupakan smartphone pemula, namun memiliki bekal kelengkapan teknis yang cukup baik.

Kelebihan dan Kekurangan Alcatel Pop 4

Sama seperti seri smartphone besutan Alcatel lainnya, kelebihan utama yang dimiliki oleh Alcatel Pop 4 ini adalah pilihan corak warna yang colorful dan menarik. Selain itu, ruang kerja pada smartphone ini juga cukup optimal berkat chip Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210 yang berjalan pada sistem operasi Android OS, v6.0 (Marshmallow). Namun sayangnya, sebagai produk smartphone kelas pemula, ponsel pintar ini tetap memiliki beberapa catatan minus. Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah tabel kelebihan Alcatel Pop 4 dan kekurangan Alcatel Pop 4.

Kelebihan Alcatel Pop 4
  • Dual SIM Card
  • Support 4G LTE
  • Bodi proporsional
  • Desain mewah
  • Layar 5.0 inci IPS LCD
  • OS Android Marshmallow
  • Chipset Snapdragon 210
  • GPU Adreno 304
  • RAM 1 GB
  • Memori internal 8 GB
  • Slot memori eksternal 32 GB
  • Duet kamera 8 MP dan 5 MP
  • Baterai removable 2.500 mAh
Kekurangan Alcatel Pop 4
  • Belum ada proteksi layar
  • Baterai masih Li-Ion

Harga Alcatel Pop 4

Setelah puas membedah spesifikasinya, kini kita sudah bisa memperkirakan harga Alcatel Pop 4  ini. Namun, sebelum kita lebih jauh membahas mengenai harga dari produk terbaru Alcatel ini, kami akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai detail spesifikasi yang sudah sama-sama kita bahas tadi. Jika melihat spesifikasinya, maka ada kemungkinan besar baha harga Alcatel Pop 4  ini akan berada pada level yang sedikit lebih tinggi dari seri Pixi meski sama-sama berada pada segmentasi kelas pemula, karena memang spesifikasi teknisnya lebih baik. Hadir dengan layar 5,0 inci, smartphone ini akan menawarkan pengalaman seru menggunakan perangkat mobile berlayar lebar kepada penggunanya. Dengan resolusi layar HD, memang masih standar namun pastinya Alcatel Pop 4  ini mampu menghadirkan tampilan gambar yang nyaman di mata. Apalagi, smartphone ini didukung oleh komponen tangguh di bagian mesin. Seperti misalnya adalah prosesor Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210 dengan CPU Quad-core 1.1 GHz. Selain itu, smartphone ini juga dibekali dengan RAM berkapasitas 1 GB yang tentunya akan menambah kinerjanya. Nah, dengan spesifikasi yang cukup bagus itu, kira-kira harga Alcatel Pop 4  ini berapa ya?

harga alcatel pop 4

harga alcatel pop 4 terbaru

Nah seperti janji Alcatel yang akan merilis smartphone berharga miring untuk konsumen, sepertinya terjawab sudah pada gadget pintarnya yang satu ini. Meskipun sampai sekarang belum mengumumkan harga Alcatel Pop 4  secara resmi ke pasaran, tetapi berdasarkan informasi yang Begawei dapatkan dari sumber kredibel, memang smartphone ini bakal dibanderol dengan harga yang menggiurkan. Begawei mendapati bahwa saat dipasarkan nanti Alcatel Pop 4  akan dibanderol dengan harga Rp1,5 jutaan saja. Harga tersebut merupakan harga yang sangat terjangkau. Jika dilihat dari prediksi harga di atas, untuk harga Alcatel Pop 4  sepertinya memang benar-benar menyasar segmen kelas pemula yang baru beralih dari perangkat feature phone. Secara segmentasi, smartphone ini memiliki banderol harga pada level smartphone pemula pada jajaran sekelas Lenovo karena dari beberapa sepesifikasinya smartphone yang satu ini tampil lebih baik dibandingkan versi ponsel entry level dari seri Pixi. Namun sekali lagi perlu Beagwei sampaikan, harga Alcatel Pop 4  di atas bisa berubah kapan saja.

Harga Alcatel Pop 4
Sekitar Rp 1.500.000,-

Bicara mengenai kisaran harganya, menurut Begawei rasanya harga Alcatel Pop 4 ini cukup ideal dengan harga di sekitar Rp 1,5 jutaan saja. Sebab dari pengamatan Begawei, untuk beberapa spesifikasinya smartphone anyar Alcatel ini masih menyimpan banyak catatan. Namun yang jelas, hal tersebut masih terbilang wajar lantaran Alcatel sendiri kali ini fokus pada konsumen low-budget. Untuk bertarung di pasaran smartphone entry level, secara teknis memang Alcatel Pop 4  bisa dibilang cukup pantas, apalagi pada smartphone ini kita bisa menikmati dukungan OS Android Marshmallow yang sangat unggul dari segi performa dan operasionalnya. Hal ini tentu jarang kita jumpai pada smartphone low-end lainnya, yang biasanya untuk OS hanya mentok di Android Lollipop, bahkan untuk beberapa flagship masih banyak yang mengandalkan OS KitKat demi menekan biaya penjualan. Nah buat kawan Begawei yang tengah mengincar smartphone murah berkualitas, rasanya harga Alcatel Pop 4  ini patut dipertimbangkan untuk menjadi pilihan alternatif. Tapi harap sabar dulu ya, hingga ponsel ini rilis di Tanah Air! Nah, itulah tadi ulasan lengkap Begawei mengenai detail spesifikasi teknis dan juga perkiraan harga Alcatel Pop 4 di pasaran. Jangan lupa baca juga review Begawei mengenai Alcatel Idol 4s dan Xiaomi Mi4s.

Spesifikasi Alcatel Pop 4

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (optional)
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2016, February
  • Status
    Coming soon. Exp. release 2016, Q2
Desain
  • Dimensi
    140.7 x 71.4 x 8 mm (5.54 x 2.81 x 0.31 in)
  • Berat
    -
  • SIM
    Single SIM (Micro-SIM) or Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inches (~68.6% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v6.0 (Marshmallow)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210
  • CPU
    Quad-core 1.1 GHz Cortex-A7
  • GPU
    Adreno 304
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 32/128 GB (dedicated slot)
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    8 MP, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, face/smile detection, HDR, panorama
  • Video
  • Kamera Depan
    5 MP, LED flash
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity, compass (optional)
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Removable Li-Ion battery
  • Daya
    2500 mAh

Produk Lainnya dari Alcatel

  • Roci

    Bagaimana seting penyimpanan secara otomatis langsung kememori eksternal.punya saya kok memindainya secara manual copy-paste (dari internal storage ke sd card).terimakasi

Top