Home » Produk » Alcatel Pixi 4 (5)

Harga Alcatel Pixi 4 (5) dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    IPS LCD

  • Kamera
    8 MP

  • OS
    Android OS v6.0

Harga Alcatel Pixi 4 (5) dan Spesifikasi – Rasanya cukup lama kita tidak membahas review dari produk asal Perancis ini. Jika diingat, sebelumnya Begawei mengajak kamu semua untuk mengulas secara detail mengenai spesifikasi dari dua smartphone anyar Alcatel dari seri Pixi 4, di awal tahun 2016 ini, maka sekarang Begawei akan mengajak kamu semua untuk kembali membahas spesifikasi dari versi lainnya. Yup, pada kesempatan kali ini Begawei akan mereview satu lagi produk flagship dari vendor Alcatel yang disiapkan untuk untuk pasaran perangkat pintar untuk bulan ini. Adalah Alcatel Pixi 4 (5), yang merupakan seri smartphone yang diracik oleh pabrikan yang bermarkas di Perancis ini. Secara klasifikasi line-up produksi, Alcatel Pixi 4 (5)  lebih ideal jika disebut sebagai smartphone di kelas entry level. Pasalnya, sebenarnya kelas spesifikasi yang dibawakan tentunya masih senafas dengan versi Alcatel Pixi 4 lainnya. Masih membawa kode seri yang sama dengan versi minimnya, Alcatel Pixi 4 (5)  siap menjadi kejutan baru di pertengahan tahun 2016 sekaligus melengkapi lini produksi dari Alcatel di segmen yang berbeda. Bicara soal Alcatel, vendor smartphone yang satu ini sebelumnya menjadi produsen yang paling getol dalam memperkenalkan flagship terbarunya di momen awal tahun. Namun jika melihat jarak perilisan kali ini, menimbulkan spekulasi bahwa Alcatel Pixi 4 (5) ini memiliki senjata pamungkas untuk mengalahkan pesaingnya.

alcatel pixi 4 5

Hadir sebagai versi terbaru dari Alcatel, Alcatel Pixi 4 (5) ini juga membawa spesifikasi yang berada. Dimana untuk spesifikasinya sudah terbilang cukup mumpuni dengan layar lebar 5 inci dan sudah berpanel IPS LCD. Sementara di bagian dapur pacunya, Alcatel Pixi 4 (5)  hadir dengan membawa bekal 5 prosesor Quad-core 1.3 GHz  dan ditambah dengan RAM 1 GB sebagai penyedia kebutuhan multitasking. Beralih pada sektor kameranya, juga terjadi banyak peningkatan dengan lensa kamera berukuran 8 MP dan 5 MP. Alhasil pada sisi ini, Alcatel Pixi 4 (5) bisa dikatakan sama seperti yang dibekalkan pada Alcatel Pixi 4 (6). Sedangkan untuk platform penggerak atau sistem operasinya, smartphone ini juga telah mengandalkan OS Marshmallow sebagai platform operasionalnya. Terakhir di segi konektivitasnya, Alcatel Pixi 4 (5) memang masih terbilang ketinggalan karena ponsel ini masih mengandalkan jaringan HSPA. Nah, itulah sekilas spesifikasi yang diusung oleh ponsel pintar terbaru dari Alcatel ini secara garis besar. Untuk lebih detailnya, kawan Begawei bisa simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga Alcatel Pixi 4 (5) pada segmen-segmen berikut ini.

hp alcatel pixi 4 5

Review Alcatel Pixi 4 (5)

Smartphone Entry Level dengan Desain Elegan Membawa Layar 5.0 Inci

Di segmen pertama ini, kita akan membahas spesifikasi Alcatel Pixi 4 (5) pada bagian tampilan fisik serta bagian layarnya. Jika menengok secara kasat mata, smartphone yang satu ini sebenarnya masih mengusung garis desain yang identik dengan seri Pixi 4, hanya membawa sedikit perbedaan saja. Sekilas tampilan eksterior pada smartphone terbaru dari Alcatel ini memang menampilkan desain khas Pixi Series yang minimalis namun tetap sedap dipandang mata. Material yang digunakan pada smartphone Alcatel Pixi 4 (5) ini masih didominasi material berkomposisi plastik, namun cukup menarik berkat taburan warna atraktif pada casingnya. Beralih ke dimensi yang dimilikinya, untuk ukuran bodi ponsel yang membawa desain kompak ini cenderung memiliki dimensi cukup bongsor lewat ukuran body berkisar 140.7x 72.7 x 9.5 mm. Untuk ukuran smartphone, dimensi fisik Alcatel Pixi 4 (5) ini juga cukup nyaman saat digenggam dan cukup kokoh di tangan karena memiliki bobot yang pas, dan tentunya tidak terlalu berat. Bergerak ke sektor layarnya, Alcatel Pixi 4 (5) telah mengusung layar IPS CD 5 inci yang memiliki resolusi layar standar namun masih fungsional untuk menunjang kebutuhan visual penggunanya. Smartphone terbaru dari Negeri Menara Eiffel ini hadir dengan hasil gambar pada layar yang mencapai resolusi 480 x 854 piksel dengan kerapatan layar berkisar 196 ppi saja. Lewat layar tersebut sebenarnya kualitas visual Alcatel Pixi 4 (5) ini bisa dibilang standar dalam menampilkan kebutuhan display kawan Begawei semua. Sayangnya satu hal yang menjadi sedikit catatan terdapat pada spesifikasi Alcatel Pixi 4 (5) yang pada bagian layar belum disertai dengan sistem proteksi layar dari pabrikan.

Olah Data Andalkan Prosesor Quad-core dan RAM 1 GB

Setelah mengulas detail tampilan dari spesifikasi Alcatel Pixi 4 (5) pada segmen pertama tadi, selanjutnya pada segmen berikutnya ini kita akan mengulas spesifikasi teknis di bagian terdalamnya yang tak tampak mata, yaitu sektor mesin. Menempati segmen smartphone pemula, ponsel yang satu ini tentunya juga dibekali dengan komponen hardware yang tak terlalu istimewa. Sebagai mesin intinya, Alcatel Pixi 4 (5) mengandalkan kinerja dari tenaga prosesor Quad-core 1.3 GHz. Untuk smartphone kelas pemula, komponen mesin di atas sudah cukup bisa diandalkan. Lantas untuk mendukung kebutuhan multi tasking menjadi lebih maksimal, Alcatel Pixi 4 (5) disertai dengan RAM berkapasitas 1 GB. Keberadaan RAM berkapasitas 1 GB ini pastinya akan memberikan kemampuan multitasking yang cukup responsif meskipun untuk kebutuhan kerja secara normal. Jangan lupakan juga kehadiran sistem operasi terbaru Android v6.0 (Marshmallow) pada Alcatel Pixi 4 (5) yang akan memberikan pengalaman yang lebih seru kepada pemakai saat menggunakan gadget ini. So, secara teknis dengan perpaduan komponen mesin seperti itu, spesifikasi Alcatel Pixi 4 (5) di ruang dapur pacu ini siap memberikan jaminan berupa kinerja mesin yang lebih optimal dibandingkan Alcatel Pixi 4 lainnya.

spesifikasi alcatel pixi 4 5

Ruang Simpan Sediakan Kapasitas Memori Internal 8 GB Plus Slot MicroSD

Sebagai produk yang terlahir sebagai smartphone kelas pemula, pastinya spesifikasi Alcatel Pixi 4 (5) ini juga bakal mendukung kapasitas penyimpanan yang sesuai kebutuhan. Untuk itulah spesifikasi teknis di bagian memori internal juga harus mendukung segala operasional, agar bisa memberikan keleluasaan bagi penggunanya dalam menggunakan ponsel racikan Alcatel ini. Untuk memenuhi keperluan penyimpanan file penggunanya, kali ini Alcatel menanamkan memori internal seluas 8 GB pada Alcatel Pixi 4 (5) ini. Untuk smartphone kelas pemula, kapasitas memori internal itu sudah cukup lapang dan fungsional. Dengan kapasitas yang cukup besar ini, kawan Begawei bisa mewadahi file-file hiburan dan file sistem pada sebuah perangkat saja. Keberadaan memori seluas 8 GB pada Alcatel Pixi 4 (5) ini juga akan memberikan ruang yang cukup besar agar kawan Begawei bisa menyimpan file-file penting, entah itu file sistem, aplikasi, multimedia, atau file penting lainnya. Selain itu menyempurnakan spesifikasi teknis Alcatel Pixi 4 (5) pada bagian memori, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan slot external memory berjenis microSD yang bisa diekspansi hingga mencapai kapasitas 32 GB. Dengan adanya memori eksternal tentunya kawan Begawei tidak perlu lagi khawatir akan kehabisan daya penyimpanan pada spesifikasi Alcatel Pixi 4 (5) ini. Semuanya akan tetap tercover dengan sempurna.

Lini Fotografi Fungsional dengan Duet Kamera 8 MP dan 5 MP

Selanjutnya, setelah membahas bagian memori penyimpanan yang dimiliki oleh spesifikasi Alcatel Pixi 4 (5) ini, sekarang kita akan mengulas spesifikasi teknis untuk bagian yang turut menjadi andalannya, yaitu lini fotografi. Pada sektor yang satu ini, jelas smartphone ini telah mengalami banyak peningkatan dibandingkan versi sebelumnya. Sebagai kamera utama, Alcatel Pixi 4 (5) mengandalkan kamera berukuran 8 MP yang memiliki resolusi lensa 3264 x 2448 pixels. Kamera utama tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur Autofocus dan juga LED Flash. Fitur-fitur fotografi modern pun juga sudah disematkan pada Alcatel Pixi 4 (5) ini, seperti misalnya fitur Geo-tagging, Touch Focus, HDR, dan Panorama, yang semuanya bisa digunakan untuk melakukan pengambilan gambar dengan hasil yang lebih bagus. Selain bisa digunakan untuk menghasilkan jepretan foto yang berkualitas, kamera utama pada Alcatel Pixi 4 (5) ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan hasil yang cukup baik. Kemudian semakin menyempurnakan kualitas pada lini fotografinya, smartphone terbaru  racikan Alcatel ini juga sudah didukung dengan kamera depan atau sekunder berkekuatan 5 MP. Menariknya kamera sekunder pada spesifikasi Alcatel Pixi 4 (5) ini juga sudah dilengkapi dengan fitur LED Flash yang jarang ada di ponsel lainnya.

spesifikasi hp alcatel pixi 4 5

Konektivitas Lengkap dengan Akses Jaringan HSPA

Untuk bagian konektivitas yang ditawarkan dalam spesifikasi Alcatel Pixi 4 (5) ini, ternyata sudah menyematkan teknologi jaringan seluler yang lebih baik. Dimana untuk perangkat modern, pastinya harus dibekali dengan fitur serta dukungan konektivitas yang lengkap agar tidak terlihat ketinggalan zaman. Untuk lini konektivitasnya, Alcatel Pixi 4 (5) kini sudah memiliki performa yang akan tetap bisa diandalkan dalam akses internet meskipun hanya mengandalkan jaringan HSPA dan GSM. Artinya, ponsel racikan Alcatel terbaru ini masih belum mendukung akses dengan jaringan 4G LTE. Namun, meski demikian akses internet Alcatel Pixi 4 (5) ini tetap akan bisa diandalkan karena jaringan 3G HSPA saja telah sanggup menyajikan kecepatan yang bagus. Sedangkan untuk fitur penunjang konektivitas lainnya terutama non-seluler juga telah tersedia lengkap di Alcatel Pixi 4 (5), mulai dari fitur Wi-Fi, dan hotspot yang bisa digunakan untuk mengakses atau berbagai akses data internet. Lalu untuk kebutuhan transfer data ada fitur Bluetooth v4.0 A2DP serta slot kabel data dengan jenis microUSB v2.0. Terakhir, untuk fitur navigasinya, sayangnya untuk memenuhi kebutuhan pemetaan pengguna, spesifikasi Alcatel Pixi 4 (5) hanya didukung dengan navigasi sekelas A-GPS. Meski merupakan sistem navigasi paling rendah, namun keberadaannya pasti sudah sangat membantu.

Suplai Daya Dipasok Baterai Li-Ion Berkapasitas 2.000 mAh

Memiliki komponen hardware berkelas, fitur kamera lengkap, dan dukungan jaringan dengan teknologi terbaik di kelasnya, pastinya spesifikasi Alcatel Pixi 4 (5) ini juga harus didukung juga dengan unit suplai daya yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan seluruh operasional. Sebab, sebuah perangkat ponsel pintar tak akan berarti apa-apa jika ternyata hanya membawa baterai berkapasitas minim. Pada bagian suplai dayanya, kali ini Alcatel telah membekali Alcatel Pixi 4 (5) ini dengan jenis baterai non-removable Lithium Ion berkapasitas 2.000 mAh. Baterai tersebut tidak diinformasikan dapat diisi dengan fitur terbaru fast charging. Namun, lewat bekal baterai yang disematkan tersebut, smartphone Alcatel Pixi 4 (5) ini memang akan sanggup melakukan aktivitas selama seharian, namun perlu diingat hanya untuk kebutuhan normal. Jika kawan Begawei hendak menggunakannya untuk aktivitas ekstrim atau berat, maka sebaiknya sediakan selalu perangkat suplai daya cadangan atau power bank. Jangan sampai, seluruh kelebihan dalam spesifikasi Alcatel Pixi 4 (5) ini menjadi sia-sia hanya lantaran kehabisan daya.

Kelebihan dan Kekurangan Alcatel Pixi 4 (5)

Mengusung sekuel yang jarang-jarang ditemui dalam penamaan Alcatel Pixi 4 (5) ini, nyatanya memang membuatnya lebih menarik untuk diamati. Pasalnya, dengan nama yang mirip-mirip disertai dengan penggantian angka belakang, tentunya akan memudahkan pengguna untuk menilai berada pada kelas yang mana Alcatel Pixi 4 (5) ini. Berdasarkan angkanya, tentunya ponsel ini berada di atas seri (4)-nya dengan layar 5 inci yang juga berada di bawah seri (6). Walaupun berada pada kelas menengah, nyatanya kekuatan Alcatel Pixi 4 (5) ini tidak digolongkan setengah-setengah. Buktinya Processor Quad-Core 1.3 GHz siap menemani performanya dengan dukungan RAM 1GB. Memang, kekuatan tersebut jika dibandingkan dengan ponsel lainnya terlihat biasa saja. Namun untuk kelas Alcatel, spesifikasi ini sudah termasuk tangguh di kelasnya. Sayangnya, Alcatel Pixi 4 (5) ini juga tak menyematkan pelindung layar dari pabrikan untuk melindungi perangkatnya dari krikil halus. Namun demikian, agar semuanya tampak objektif, berikut Begawei sajikan bagan kelebihan Alcatel Pixi 4 (5) dan kekurangan Alcatel Pixi 4 (5) ini.

Kelebihan Alcatel Pixi 4 (5)
  • Layar 5.0 Inci IPS LCD
  • Processor Quad-core 1.3 GHz
  • OS Android Marshmallow
  • RAM 1 GB
  • Memori internal 8 GB
  • Slot microSD 32 GB
  • Kamera 8 MP dan 5 MP
  • Bluetooth v4.0 A2DP
Kekurangan Alcatel Pixi 4 (5)
  • Resolusi layar masih FWVGA
  • Belum ada proteksi layar
  • Navigasi masih A-GPS

Harga Alcatel Pixi 4 (5)

Pada segmen kali ini Begawei akan mengulas seputar harga Alcatel Pixi 4 (5) tersebut, namun sebelum terlalu jauh mengungkap nominalnya, alangkah baiknya kita lihat terlebih dahulu seperti apa kesimpulan dari spesifikasi yang telah kita ulas panjang lebar di atas. Alcatel Pixi 4 (5) ini hadir dengan layar IPS LCD 5.0 inci dengan resolusi layar yang masih cukup standar yaitu FWVGA namun tetap nyaman di mata. Jika melihat negara asalnya, seharusnya standar harga Alcatel Pixi 4 (5) ini tak bisa disamakan dengan standar harga produsen asal Asia lainnya. Namun, jika pedomannya beralih ke standar spesifikasi maka ponsel ini memiliki ruang olah data yang mengandalkan processor Quad-core 1.3 GHz dan RAM 1 GB. Kombinasi ini tentu akan tetap responsif untuk melakukan segala olah data. Kamera di ponsel ini juga sudah terbilang baik karena sebagai smartphone pemula, Alcatel Pixi 4 (5) telah disemati kamera berukuran 8 MP dan 5 MP, dimana hasil jepretan akan tersimpan maksimal pada ruang memori internal seluas 8 GB yang dapat diperluas dengan microSD seluas 32 GB. So, berapakah harga Alcatel Pixi 4 (5) ini?

harga alcatel pixi 4 5

harga alcatel pixi 4 5 terbaru

Jika bicara soal harga Alcatel Pixi 4 (5) ini ternyata belum memiliki nominal harga secara resmi. jika melihat harga dari seri sebelumnya yaitu Alcatel Pixi 4 (6) yang merupakan phablet dengan segmentasi kelas menengah ke bawah dan dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan, maka kemungkinan untuk Alcatel Pixi 4 (5) akan dibanderol dengan harga di bawahnya. Hal ini tentu saja didalilkan berdasar seri  ponsel ini yang lebih rendah ketimbang seri (6) tersebut. Nah, karena posisinya juga berada di atas seri (4), maka harga Alcatel Pixi 4 (5) ini juga pantas berada di atasnya. Untuk itu Begawei prediksikan harga smartphone terbaru ini adalah sekitar Rp 1,6-1.9 jutaan. Bisa dibilang, harga ini untuk pasaran sekarang akan sangat sulit ditembus oleh Alcatel Pixi 4 (5) ini. Namun, tentunya jika benar banderolnya sebesar itu, maka Alcatel tentu telah berspekulasi memiliki penggemar setia yang siap menebus banderol tinggi dari harga Alcatel Pixi 4 (5) tersebut.

Harga Alcatel Pixi 4 (5)
Sekitar Rp 1.600.000,- s/d Rp 1.700.000,- (Prediksi)

Jika dicermati, harga Alcatel Pixi 4 (5) prediksi ini masih terbilang ideal untuk kelas ponsel asal Eropa. Pasalnya, Alcatel dengan branding asli Eropa tentunya tak bisa disamakan dengan branding asli Tiongkok atau lokal. Hal inilah yang mungkin menyebabkan Alcatel Pixi 4 (5) ini denagn PD-nya masih dibanderol dengan harga tersebut. Jika melihat persaingan membabi buta pasar gadget saat ini yang didominasi produsen Asia, harga Alcatel Pixi 4 (5) tersebut nampaknya akan terseok-seok di pasaran global. Untuk itu, Alcatel memang harus memiliki strategi yang cukup cerdas agar bisa memasatkan Alcatel Pixi 4 (5) miliknya. Nah, jika kawan Begawei mengidamkan smartphone dengan banderol murah dengan kualitas eropa, tentu spesifikasi dan harga Alcatel Pixi 4 (5) inilah yang bisa menjadi salah satu solusinya. Yup! Sekarang saatnya Begawei undur diri dari review kali ini. Baca juga Alcatel Pixi 4 (4) dan Alcatel Pixi 4 (6).

Spesifikasi Alcatel Pixi 4 (5)

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • Kecepatan
    HSPA
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Juni 2016
  • Status
    Tersedia, Rilis Juni 2016
Desain
  • Dimensi
    140.7 x 72.7 x 9.5 mm
  • Berat
    148 g
  • SIM
    Micro-SIM
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inches
  • Resolusi
    480 x 854 pixels (~196 ppi pixel density)
  • Multitouch
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v6.0 (Marshmallow)
  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 32 GB (dedicated slot)
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    8 MP, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR
  • Video
    Ya
  • Kamera Depan
    5 MP, LED flash
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    A-GPS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, IM
  • Browser
    HTML
Baterai
  • Tipe
    Removable Li-Ion
  • Daya
    2000 mAh

Produk Lainnya dari Alcatel

Top