Home » Produk » Alcatel Lume

Harga Alcatel Lume dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad Core 1.3 GHz

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    TFT capacitive

  • Kamera
    2 MP

  • OS
    Android OS v6.0

Harga Alcatel Lume dan Spesifikasi – Vendor smartphone asal Perancis, Alcatel baru saja meluncurkan produk ponsel terbarunya ke hadapan publik. Ponsel baru tersebut memiliki nama Alcatel Lume. Ponsel ini memang dibuat oleh vendor tersebut sebagai salah satu pengisi di jajaran ponsel kelas entry level. Ponsel ini baru saja diperkenalkan oleh Alcatel di pasar Amerika Serikat. Alcatel Lume ini sangat sesuai bagi mereka yang ingin merasakan sensasi mengoperasikan sebuah ponsel android terbaru dengan harga yang terjangkau. Langkah Alcatel dalam merilis Alcatel Lume yang masih berspesifikasi standar ini tentu menjadi pertanyaan tersendiri di benak banyak orang. Ini karena vendor smartphone lainnya kini tengah berlomba-lomba untuk menguasai pasaran dengan menciptakan produk-produk smartphone yang mengusung spesifikasi tinggi. Namun, melalui Alcatel Lume ini, tampaknya Alcatel tetap pada komitmennya untuk memproduksi smartphone android terjangkau dengan tetap mengusung spesifikasi yang standar. Meskipun begitu, tak berarti bahwa Alcatel Lume ini tidak membawa sesuatu yang spesial karena sobat Begawei masih bisa menikmati sejumlah komponen unggulan yang dibekalkan kepadanya.

Alcatel Lume

Alcatel Lume

Alcatel Lume ini meskipun dibanderol dengan harga yang murah namun tetap mengusung spesifikasi yang baik. Ponsel ini hadir dengan ukuran yang mini dan layar 4 inci sehingga sangat mudah untuk dibawa kemanapun. Untuk kelas entry level, ponsel pun sudah cukup baik dengan adanya proteksi scratch resistant glass yang dibekalkan kepada layarnya. Alcatel Lume ini juga sudah menggunakan sistem operasi Android Marshmallow yang akan membuat penggunanya lebih leluasa untuk menikmati berbagai fitur baru. Penggunaan Android Marshmallow ini menjadi keunggulan tersendiri dari ponsel apalagi jika mengingat ponsel ini masih masuk dalam kategori entry level dan hadir dengan layar 4 inci. Selain terletak pada harga dan sistem operasi yang digunakannya, kelebihan lain rupanya bisa sobat Begawei temukan pada bagian konektivitas dari ponsel ini. Ini karena Alcatel Lume telah mendukung penggunaan jaringan 4G LTE sehingga para penggunanya bisa menikmati aktivitas berselancar di dunia maya dengan cepat tanpa terganggu koneksi yang lemot. Untuk mengetahui komponen-komponen ponsel secara lebih detail, mari ikuti ulasan spesifikasi dan harga Alcatel Lume dari Begawei berikut ini.

HP Alcatel Lume

Smartphone Alcatel Lume

Review Alcatel Lume

Ponsel Mini dengan Proteksi Scratch Resistant Glass

Pada bagian awal spesifikasi ini, Begawei akan membahas tampilan luar dari spesifikasi Alcatel Lume buatan vendor Perancis tersebut. Ponsel ini hadir dengan desain yang cukup simpel. Bodinya dibuat dari material plastik dengan keempat ujungnya dibuat membulat sehingga meskipun terlihat biasa cukup nyaman untuk digenggam dan digunakan. Ukuran dari Alcatel Lume ini tergolong mini karena memiliki dimensi 121.3 x 64.4 x 9.9 mm sedangkan beratnya hanya 118 gram. Mengimbangi ukurannya tersebut ponsel ini dibekali dengan layar TFT capacitive touchscreen dengan bentang layar seluas 4 inci. Resolusi yang dihasilkan oleh layarnya tersebut adalah sebesar 480 x 800 piksel dengan kerapatan 233 ppi. Layar Alcatel Lume tersebut memang terbilang kurang mumpuni jika digunakan untuk bermain game atau menonton video tetapi layar dari ponsel tersebut telah dilengkapi dengan proteksi scratch resistant glass sehingga aman terhadap goresan. Spesifikasi Alcatel Lume yang tersedia dalam warna abu-abu ini juga belum dilengkapi dengan sensor fingerprint.

Dapur Pacu Didukung Prosesor Quad Core 1.3 GHz

Beralih pada sektor dapur pacu dari ponsel, spesifikasi Alcatel Lume ini masih mengusung komponen dapur pacu yang standar. Meskipun begitu, performa yang diberikannya cukup baik dengan penggunaan chipset Mediatek yang serinya masih belum diketahui. Performa yang bagus dari Alcatel Lume juga tak bisa dilepaskan dari tenaga prosesor Quad core dengan kecepatan 1.3 GHz. Ponsel ini juga didukung dengan RAM berkapasitas 1 GB yang cukup jika digunakan untuk membuka beberapa aplikasi. Kapasitas RAM Alcatel Lume tersebut memang tergolong standar untuk ponsel kelas entry level. Namun, sobat Begawei masih bisa mengharapkan sesuatu yang lebih pada dapur pacunya. Pasalnya, spesifikasi Alcatel Lume ini telah menggunakan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow yang banyak menawarkan fitur-fitur baru.

Spesifikasi Alcatel Lume

Spesifikasi Alcatel Lume

Ruang Penyimpanan Sediakan Memori Internal 8 GB dan microSD 32 GB

Pada spesifikasi Alcatel Lume ini, kita akan mengetahui seluas apa ruang penyimpanan yang disediakan oleh ponsel mini ini. Alcatel rupanya membuat ponsel Lume dengan kapasitas ruang penyimpanan yang cukup mumpuni untuk ponsel di kelasnya. Ini karena Alcatel Lume hadir dengan memori internal berkapasitas 8 GB. Kapasitas ini terbilang cukup lega untuk menyimpan berbagai macam koleksi file terutama jika mengingat bahwa ponsel masih tergolong ke dalam kelas entry level. Meski begitu, tak perlu khawatir jika memori internal Alcatel Lume ini dirasa masih kurang karena Lume memiliki microSD card slot. Dengan begitu, para penggunanya bisa memanfaatkan ruang penyimpanan eksternal untuk menyimpan file tambahan hingga kapasitas maksimal 32 GB. Hal ini tentu menjadi hal yang sangat membanggakan dari spesifikasi Alcatel Lume ini.

Fitur Fotografi Sesuai Kebutuhan

Berbicara mengenai lini fotografi, sepertinya sobat Begawei tak bisa mengharapkan sesuatu yang banyak dari ponsel ini. Spesifikasi Alcatel Lume hanya hadir dengan satu kamera yaitu kamera utama berkekuatan 2 MP yang terletak pada bagian belakang bodinya. Kamera Alcatel Lume ini telah dilengkapi dengan fitur autofocus dan LED Flash yang mampu menghasilkan resolusi sebesar 1600 x 1200 piksel. Kamera dari ponsel ini juga mampu merekam video sebesar 720p@30fps. Pengguna Alcatel Lume juga bisa memanfaatkan fitur pendukung kamera lainnya seperti geo-tagging, touch focus, face detection, scene modes, dan polaroid filters. Karena pada spesifikasi Alcatel Lume ponsel ini tidak memiliki kamera sekunder, maka bagi sobat Begawei yang hobi selfie lebih baik mempertimbangkan sektor ini sebelum membelinya.

Spesifikasi HP Alcatel Lume

Spesifikasi Smartphone Alcatel Lume

Konektivitas Gunakan Akses Jaringan 4G LTE

Salah satu kelebihan yang paling menonjol pada spesifikasi Alcatel Lume ini terletak pada bagian konektivitasnya. Sebagai ponsel entry level yang dibanderol dengan harga yang cukup murah, fitur konektivitas ponsel ini terbilang unggulan dengan digunakannya akses jaringan 4G LTE yang memungkinkan sobat Begawei bisa menikmati akses internet yang sangat cepat. Didukungnya Alcatel Lume ini dengan jaringan 4G LTE juga menyuguhkan aktivitas unduh data dengan kecepatan 150 Mbps dan aktivitas unggah data dengan kecepatan 50 Mbps. Alcatel Lume ini juga mendukung penggunaan jaringan GSM dan HSDPA. Pengguna bisa memanfaatkan Wi-Fi untuk koneksi jarak dekat sedangkan untuk kebutuhan bertukar file, Bluetooth 4.0 dan microUSB 2.0 bisa digunakan. Untuk sistem navigasinya sendiri, spesifikasi Alcatel Lume ini menggunakan A-GPS yang terbilang masih standar tetapi cukup baik untuk menemukan sebuah lokasi.

Baterai Berkapasitas 1.500 mAH

Seperti bodinya yang mini, baterai yang dibekalkan pada spesifikasi Alcatel Lume ini juga tergolong sangat kecil karena Alcatel hanya menggunakan baterai Lithium Ion atau Li-Ion dengan kapasitas 1.500 mAH. Meski demikian vendor smartphone asal Perancis tersebut mengklaim bahwa Alcatel Lume ini membutuhkan daya yang rendah. Jadi, kapasitas tersebut terbilang cukup untuk mengcover sejumlah aktivitas yang dilakukan di atas ponsel. Baterai Alcatel Lume ini mampu bertahan selama 280 jam dalam keadaan standby. Sementara itu, jika digunakan untuk kebutuhan talk time baterai ponsel baru akan habis setelah dipakai selama 9 jam. Jika melihat dari kelas ponsel dan kapasitas baterai, kemungkinan besar spesifikasi Alcatel Lume ini belum dilengkapi dengan fitur fast charging.

Kelebihan dan Kekurangan Alcatel Lume

Alcatel Lume ini hadir dengan seribu pertanyaan. Pasalnya, perangkat ini dihadirkan dari vendor asal Eropa. Untuk itu, seharusnya ekspektasi besar atas perangkat ini tak perlu dipertanyakan lagi kehebatannya. Sayangnya, Alcatel Lume ini nampaknya memang menyasar kelas yang berbeda dari produk-produk yang dikeluarkan oleh vendor lainnya. Pasalnya, perangkat ini hanya menyajikan spesifikasi apa adanya yang sulit dipercaya berasal dari daratan Eropa. Urusan kameran, Alcatel Lume ini hanya menyajikan satu kamera belakang dengan resolusi 2 MP. Resolusi yang sangat sulit dipercaya untuk perangkat pintar di era ini. Selain itu, Alcatel Lume ini juga menggunakan RAM 1 GB yang dipadu dengan CPU 4 inti @ 1.3 GHz yang sudah bisa dibilang siapa saja. Meskipun demikian, mari kita tengok secara prinsipil kelebihan Alcatel Lume dan kekurangan Alcatel Lume ini.

Kelebihan Alcatel Lume
  • Akses jaringan 4G LTE
  • Proteksi scratch resistant glass
  • OS Android 6.0 Marshmallow
  • Memori Internal 8 GB
  • MicroSD 32 GB
  • Prosesor Quad core 1.3 GHz
  • GPU Mali 400
  • Harga terjangkau
Kekurangan Alcatel Lume
  • Material plastik
  • Layar 4 inci
  • Belum memiliki sensor fingerprint
  • RAM 1 GB
  • Kamera 2 MP
  • Navigasi masih A-GPS
  • Baterai 1500 mAH

Harga Alcatel Lume

Setelah mengetahui spesifikasi dari ponsel secara lengkap, maka pada segmen ini Begawei akan membahas mengenai harga Alcatel Lume ini. Sebelum lebih jauh membahas mengenai nominal dari ponsel ini, Begawei akan memberikan kesimpulan mengenai spesifikasi dari ponsel tersebut. Alcatel Lume merupakan ponsel yang dibuat oleh Alcatel untuk mengisi jajaran ponsel kelas entry level dengan mengusung spesifikasi yang standar namun baik. Karenanya, tak usah heran jika banderol harga Alcatel Lume  ini juga tidak bakal mengagumkan sebagaimana perangkat-perangkat premium. Ponsel ini telah menggunakan sistem operasi yang bagus yaitu Android 6.0 Marshmallow. Performa dapur pacunya juga cukup baik dengan kehadiran prosesor Quad core berkecepatan 1.3 GHz. Yang menarik adalah Alcatel Lume ini telah mendukung akses jaringan 4G LTE sehingga menawarkan akses internet yang super cepat. Lalu, berapa ya kira-kira harga Alcatel Lume ini?

Harga Alcatel Lume

Harga Alcatel Lume

Harga Alcatel Lume Terbaru

Harga Alcatel Lume Terbaru

Jika berbicara tentang harga Alcatel Lume, maka Begawei baru bisa memberikan perkiraan nominalnya saja. Nominal pasti dari ponsel ini belum diketahui karena ponsel tersebut baru diperkenalkan di Amerika Serikat dan statusnya hingga kini belum dijual secara resmi di pasar gadget. Untuk itu, Alcatel Lume  ini bisa dibilang masih penuh misteri dari berbagai sisi. Bahkan, vendor pembuat ponsel tersebut belum mengeluarkan pernyataan resmi yang berkaitan dengan harga Alcatel Lume. Tetapi jika melihat lagi dari spesifikasinya yang masih standar dan belum dibekali dengan dua buah kamera tentu ponsel ini akan dibanderol dengan harga yang sangat murah. Harga Alcatel Lume ini kemungkinan akan dijual pada kisaran angka Rp 1 jutaan.

Harga Alcatel Lume
Sekitar Rp 1.000.000,- (Perkiraan)

Perkiraan harga Alcatel Lume tersebut memang cukup wajar sesuai dengan spesifikasi standar yang diusungnya. Harga ini tak berbeda jauh dengan ponsel-ponsel lain yang membawa fitur serupa. Jika masuk ke pasar Indonesia maka harga Alcatel Lume ini terbilang cukup kompetitif untuk ponsel-ponsel di kalangan entry level. Harga ponsel yang sangat murah ini tentu menjadi keunggulan tersendiri terutama bagi konsumen smartphone kalangan bawah. Sehingga, Alcatel Lume yang berukuran mini tersebut bisa menjadi pilihan yang cocok bagi pengguna smartphone pemula yang ingin merasakan sensasi Android Marshmallow dan akses internet super cepat dengan harga yang sangat terjangkau. Itulah informasi yang bisa Begawei sampaikan pada sobat pembaca mengenai spesifikasi dan harga Alcatel Lume terbaru. Baca juga Alcatel Pixi 4 3.5 dan Alcatel Idol 4.

Spesifikasi Alcatel Lume

Jaringan
  • Teknologi
    GSM/HSDPA/LTE
  • 2G bands
    GSM 850, 900, 1800, 1900
  • 3G bands
    HSDPA 850, 900, 1900, 2100
  • 4G bands
    LTE 1800, 850, 900, 1900
  • Kecepatan
    LTE 50 Mbps, HSPA plus, LTE CAT4 150 Mbps DL
  • GPRS
  • EDGE
Desain
  • Dimensi
    121.3 x 64.4 x 9.9 mm
  • Berat
    118 gram
  • SIM
    Ya
Layar
  • Tipe
    TFT capacitive touchscreen
  • Ukuran
    4 inci
  • Resolusi
    480 x 800 pixels, ~233 ppi Pixel Density
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Scratach Resistant Glass
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS v6.0 (Marshmallow)
  • Chipset
    MediaTek
  • CPU
    Quad Core 1.3 GHz
  • GPU
    Mali 400
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    Microsd Up To 32 GB
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    2 MP, Autofocus, LED Flash
  • Fitur
    Ada
  • Video
    720p@30fps
Suara
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n
  • Bluetooth
    4.0
  • GPS
    A-GPS
  • USB
    Micro USB 2.0
Fitur
  • Sensor
    Proximity Sensor, Accelerometer
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion
  • Daya
    1500 mAh

Produk Lainnya dari Alcatel

Top