1. Home
  2. Harga HP Terbaru
  3. Alcatel
  4. Alcatel 1X

Harga Alcatel 1X dan Spesifikasi

Alcatel 1X
Rp 1.600.000,00

  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz

  • RAM
    1 / 2 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    5.3 inci

  • Kamera
    13 / 8 MP

  • OS
    Android 8.1
Cari Alcatel 1X di Lazada
Untuk mendapatkan harga beli lebih murah

Harga Alcatel 1X dan Spesifikasi – Melalui brand TCL, selaku pemegang lisensi merk Alcatel, tampaknya turut meramaikan ajang bergengsi tahunan MWC 2018 dengan merilis Alcatel 1X. Ponsel yang diperkenalkan pada ajang yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol tersebut juga bersamaan dengan dirilisnya 2 ponsel lain, yaitu Alcatel 5 dan 3V. Akan Sejatinya ketiga smartphone baru Alcatel ini sempat beredar di tahun 2017 silam, begitu pula dengan spesifikasi yang diusung ketiga perangkat tersebut. Pada ajang tersebut Alcatel akan mengumumkan secara global terkait smartphone barunya itu. Namun, untuk pembahasan kali ini Begawei akan condong untuk terfokus pada topik mengenai spesifikasi maupun harga dari Alcatel 1X. Dimana, perangkat pintar yang satu ini merupakan smartphone yang siap menyasar segmen entry level dengan bekalan spesifikasi maupun fitur yang terbilang cukup canggih nan handal. Sehingga, tak heran jika nantinya Alcatel 1X ini akan menjadi salah satu perangkat yang sanggup mencuri perhatian publik.

Alcatel 1X

Sebenarnya, jika kita lihat secara sekilas, Alcatel 1X ini mirip dengan ponsel Alcatel pada umumnya. Mengusung desain unibody dengan material yang tampaknya terbuat dari plastik dengan finishing yang begitu baik, membuat ponsel ini sekilas menggunakan bahan metal yang terkesan begitu premium. Selain itu, Alcatel 1X pun juga akan dipersenjatai dengan komponen mesin pacu cukup handal, yaitu berbekal chipset Mediatek MT6739 dan dengan dua pilihan sistem operasi berupa OS Android Oreo atau Android Oreo Go. Sehingga, untuk performanya pun dipastikan tak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan, fitur fotografinya pun juga cukup menarik. Dimana, Alcatel 1X sendiri akan menawarkan dua pilihan kamera utama yang beresolusi 13 MP atau 8 MP dengan kamera selfie 5 MP. Dengan begitu pengguna bisa memilih ponsel ini sesuai dengan kebutuhan. Nah, untuk lebih detailnya, mari kita simak saja ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Alcatel 1X pada segmen-segmen di bawah ini.

HP Alcatel 1X

Review Alcatel 1X

Konsep Desain Simple dengan Gaya Unibody Usung Layar 5.3 inci

Sekilas, memang bisa kita lihat bahwa sektor desain fisik maupun visual pada spesifikasi Alcatel 1X ini terbilang cukup menarik. Bukan tak ada alasan mengingat memang ponsel ini dibuat dengan konsep yang lebih mengedepankan kesederhanaan namun tak meninggalkan sisi modernnya. Mengusung desain unibody dengan material yang tampaknya terbuat dari plastik dengan finishing yang begitu baik, membuat ponsel ini sekilas menggunakan bahan metal yang terkesan begitu premium. Selain itu, dari sisi dimensinya pun, Alcatel 1X ini memiliki ukuran 147.5 x 70.6 x 9.1 mm dengan bobot 151 gram. Sehingga, tak heran jika ponsel ini akan terasa nyaman waktu digenggam dalam genggaman satu tangan. Sementara itu di sisi lain, untuk soal layarnya juga tak kalah menarik. Dimana, kali ini Alcatel 1X ini dipastikan bakal mengusung layar seluas 5.3 inci dengan kemampuan resolusi 480 x 960 pixels, 18:9 ratio. Bahkan, panel layar yang digunakan pun sudah berteknologi IPS LCD sehingga dipastikan akan memberikan visualisasi yang tampak cukup jernih layaknya smartphone premium. Tentu saja, dengan kecanggihannya tersebut, maka tak heran jika sektor desain dan layar pada spesifikasi Alcatel 1X ini menjadi salah satu bagian yang cukup diandalkan.

Kinerja Operasional Cukup Handal dengan Dua Pilihan RAM 1 GB/2 GB dan OS Android Oreo/Android Oreo Go

Soal spesifikasi Alcatel 1X pada sektor dapur pacunya, dikarenakan perangkat ini adalah ponsel entry-level, tentu saja smartphone ini tidak dibekali spesifikasi yang mampu melahap game berat namun juga tak bisa dianggap sepele begitu saja. Pasalnya, perlu diketahui bahwa Alcatel 1X ini akan hadir dengan bekalan chipset MT6739 yang akan dikombinasikan dengan prosesor berupa CPU quad-core 1.3 GHz. Tak hanya itu saja, bahkan untuk memperkuat kinerja, terdapat dukungan dua pilihan varian RAM yang berkapasitas 1 GB atau 2 GB yang dipastikan bakal memberikan kinerja maupun performa ponsel yang cukup handal dengan responsivitas tinggi. Sementara itu, tak lupa juga bahwa nantinya perangkat pemula buatan TLC ini juga dipastikan bakal membawa kartu grafis berupa PowerVR GE8100 yang terbilang cukup handal dalam memberikan tampilan grafis yang lebih smooth. Sedangkan di satu sisi, untuk sistem operasinya sendiri, diketahui bahwa spesifikasi Alcatel 1X ini akan menawarkan dua varian, yaitu OS Android Oreo dan Android Oreo Go.

Spesifikasi Alcatel 1X

Storage Andalkan Memory Internal 16 GB Up To 32 GB

Sementara itu di sektor penyimpanan dari spesifikasi Alcatel 1X, tampaknya juga turut menjadi bagian yang cukup menarik perhatian. Sebagai ponsel kelas pemula memang sektor penyimpanan yang dibawanya tak menawarkan kapasitas ruang simpan yang cukup luas sebagaimana ponsel kelas premium. Dimana, kali ini Alcatel 1X diketahui akan menawarkan memory internal sebesar 16 GB. Meskipun terbilang cukup standar namun menurut Begawei, kapasitas tersebut terbilang sudah sesuai dengan segmentasinya sebagai ponsel pemula. Bahkan, ruang penyimpanan yang diusung Alcatel 1X tersebut pun juga masih bisa diperluas hingga 32 GB dengan micro SD. Sehingga, pengguna bisa menyimpan berbagai macam file yang membutuhkan ruang simpan yang lebih luas pada micro SD ini. Tentu saja, hal ini menjadi salah satu keunggulan tersendiri dari spesifikasi Alcatel 1X yang membuat ponsel ini pantas untuk dipertimbangkan.

Berbekal Dual Kamera dengan 2 Pilihan Kamera Utama 13 MP/8 MP dan Kamera Depan 5 MP

Di samping itu, tak lupa juga bahwa pada spesifikasi Alcatel 1X ini juga menawarkan fitur fotografi yang cukup canggih dan handal. Wajar, mengingat sektor pemotretan saat ini menjadi kebutuhan primer bagi setiap pengguna smartphone untuk mengabadikan momen pribadinya. Oleh sebab alasan itu maka dalam hal ini Alcatel 1X pun juga akan menghadirkan lini fotografi dengan dua pilihan. Dimana, akan ada dua varian dengan resolusi kamera utama 13 MP atau 8 MP. Meski berbeda namun keduanya sama-sama akan dilengkapi dengan fitur auto focus dan LED flash. Sementara itu di sisi lain, untuk kamera depannya hanya ditawarkan dalam satu varian saja, yakni 5 MP yang juga sudah ditunjang LED flash. Dengan begitu, jelas pengguna akan mendapatkan pengalaman pemotretan yang lebih berkenan. Tak hanya itu saja, lini pemotretan pada Alcatel 1X pun juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan dalam olah foto, yaitu Geo-tagging, touch focus, face detection, dan HDR. Tentu saja, hal tersebut akan semakin menjadikan sektor fotografi pada spesifikasi Alcatel 1X ini menjadi segmen yang mampu memikat hati para konsumen, terutama pecinta fotografi.

Spesifikasi HP Alcatel 1X

Dilengkapi dengan Konektivitas Lengkap Plus Dukungan Jaringan 4G LTE

Sebagai smartphone modern, tentu saja spesifikasi Alcatel 1X ini juga memiliki sejumlah keunggulan lain, salah satunya yaitu pada sektor konektivitasnya. Mengingat merupakan salah satu sektor yang cukup penting maka kita juga akan mencoba menilik kecanggihan apa yang ditawarkan ponsel ini di sektor konektivitas. Satu hal yang pasti bahwa Alcatel 1X sudah mendapat dukungan jaringan 4G LTE sehingga akan memberikan akses internet yang memiliki kecepatan cukup stabil. Selain itu, slot Dual SIM Card pun juga akan turut disertakan pada ponsel ini untuk mendukung aktivitas komunikasi. Sementara itu di sisi lain, tak ketinggalan juga bahwa Alcatel 1X ini juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur konektivitas canggih guna mempermudah aktivitas penggunanya. Antara lain seperti WiFi, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth dan micro USB. Tak sampai di situ saja, untuk memberikan kemudahan dalam hal urusan pemetaan lokasi, spesifikasi Alcatel 1X ini akan dilengkapi pula dengan sistem navigasi A-GPS.

Suplai Daya Disokong Baterai Li-Ion 2460 mAh

Nah, beranjak ke sektor selanjutnya, kini pembahasan spesifikasi Alcatel 1X akan menginjak pada ulasan mengenai baterai. Sebagaimana yang sudah kita ketahui, sektor baterai memang menjadi bagian yang cukup penting mengingat fungsinya yang sangat penting dalam menyuplai power. Dimana, dalam hal ini Alcatel 1X sendiri diketahui akan dipersenjatai dengan baterai dari jenis Li-Ion yang memiliki kapasitas daya sebesar 2460 mAh. Menilik atas spesifikasi baterai yang dibawanya, tampaknya menurut Begawei sudah cukup sepadan dan dipastikan bakal sanggup mencukupi kebutuhan daya dari tiap-tiap komponen yang tersematkan pada ponsel ini. Nah, dengan kecanggihan dan kehandalan baterai dari spesifikasi Alcatel 1X tersebut, kira-kira berapa ya harga ponsel ini?

Kelebihan dan Kekurangan Alcatel 1X

Alcatel adalah sebuah brand smartphone yang namanya baru dikenal di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Namun tampaknya brand baru ini tidak mau kehilangan momentum menyambut tahun 2018 ini dengan mengeluarkan Alcatel 1X. Smartphone ini membawa spesifikasi yang dibilang lumayan untuk ponsel kelas menengah ke bawah. Dengan didukung prosesor Quad Core 1.3 GHz dan Chipset Mediatek MT6739 dijamin dapat membuka aplikasi android terkini dengan lancar. Untuk ukuran RAM terbilang masih kecil dengan 2 pilihan RAM yaitu 1 GB dan 2 GB. Berikut ini kelebihan Alcatel 1X dan kekurangan Alcatel 1X secara lengkap:

Kelebihan Alcatel 1X
  • Support 4G LTE
  • Dual SIM Card
  • Layar 5.3 inci
  • Resolusi 480 x 960 pixels, 18:9 ratio
  • Panel IPS LCD
  • Chipset Mediatek MT6739
  • Prosesor Quad Core 1.3 GHz
  • RAM 1 GB/2 GB
  • GPU PowerVR GE8100
  • OS Android Oreo dan Android Oreo Go
  • Memory internal 16 GB up to 32 GB
  • Dual kamera utama 13 MP/8 MP dan kamera depan 5 MP
  • Sistem navigasi A-GPS
  • Baterai Li-Ion 2460 mAh
Kekurangan Alcatel 1X
  • Belum dilengkapi proteksi layar
  • Baterai non removable
  • Resolusi belum HD

Harga Alcatel 1X

Akhirnya, sampailah kita pada segmen yang akan mengulas soal harga Alcatel 1X. Tapi, sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu bahwa ponsel entry level ini memang hadir dengan ragam keunggulan yang cukup menonjol. Mulai dari sektor desain, layar visual, dapur pacu, hingga pada fitur-fiturnya. Dimana, Alcatel 1X ini akan dibekali layar seluas 5.3 inci dan akan dibekali komponen dapur pacu canggih berupa chipset Mediatek MT6739 serta OS Android Oreo/Android Oreo Go. Sehingga, dipastikan bakal memberikan hasil kinerja yang sangat handal. Tak hanya itu, pilihan kamera utama 13 MP/8 MP pun menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki smartphone ini. Nah, dari sekian kelebihannya tersebut, kira-kira berapa sih harga Alcatel 1X ini?

Harga Alcatel 1X

Harga Alcatel 1X Terbaru

Terkait dengan berapa banderol harga Alcatel 1X ini, Seperti yang sudah dinformasikan beberapa waktu yang lalu, versi Android Go kabarnya akan dibanderol dengan harga yang bisa dibilang terbilang terjangkau atau murah. Alcatel 1X versi single-SIM kabarnya dibanderol dengan harga €100 atau sekitar Rp 1,6 jutaan, sedangkan di sisi lain, untuk versi dual-SIM dibanderol dengan harga €110 atau sekitar Rp 1,8 jutaan. Dengan kata lain, harga dari smartphone ini tak mencapai angka 2 jutaan. Sehingga, akan menjadi model yang bakal banyak diburu, terutama bagi konsumen pemula. Apakah dengan harga Alcatel 1X yang begitu terjangkau tersebut, kawan-kawan sudah mulai tertarik untuk membelinya?

Harga Alcatel 1X
Tipe
Harga
 Alcatel 1X Single SIM Rp 1.600.000,-
 Alcatel 1X Dual SIM Rp 1.800.000,-

Tapi tunggu dulu, meski harga Alcatel 1X ini sudah diketahui namun untuk peluncurannya baru akan dilakukan pada April 2018 yang akan datang. Sehingga, buat teman-teman semua yang ingin membeli ponsel ini, diharap menunggu kabar pre-order terdekat atau sampai waktu peluncurannya. Di sisi lain, memang jika kita bandingkan antara spesifikasi dan harga dari Alcatel 1X tersebut, memang bisa dibilang sudah cukup sepadan atau seimbang. Bahkan, bisa disebut banderolnya sangat bersahabat. Sementara itu, untuk pilihannya sendiri, Alcatel akan menawarkan dua pilihan warna yaitu Black dan Blue. Nah, itulah tadi ulasan review mengenai spesifikasi dan harga Alcatel 1X. Baca juga LG K10 2018 dan Asus Zenfone 5 Lite.

Spesifikasi Alcatel 1X

Umum
  • Jenis Perangkat
    Smartphone
Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G Network
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (dual-SIM model only)
  • 3G Network
    HSDPA 850 / 900 / 1700(AWS) / 1900 / 2100 - 5059A
  • 4G Network
    LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 4(1700/2100), 5(850), 7(2600), 8(900), 12(700), 13(700), 17(700), 28(700) - 5059A
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • SIM
    Nano SIM
  • Dual SIM
Desain
  • Dimensi
    147.5 x 70.6 x 9.1 mm
  • Berat
    151 g
  • Warna
    Black, Blue (EU, MEA, APAC); Black, Gold, Rose Gold (LATAM)
Layar
  • Tipe Layar
    IPS LCD capacitive touchscreen
  • Ukuran
    5.3 inci, 72.5 cm2
  • Resolusi
    480 x 960 pixels, 18:9 ratio
  • Warna Layar
    16 Juta
  • Kerapatan Layar
    203 ppi
  • Layar Sentuh
Software
  • Sistem Operasi
    Android 8.1 (Oreo)
  • Java
  • Fitur
    - MP3/AAC+/WAV/Flac player
    - MP4/H.264 player
    - Document viewer
    - Photo/video editor
Hardware
  • Chipset
    Mediatek MT6739
  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53
  • GPU
    PowerVR GE8100
  • RAM (memori)
    1 / 2 GB
  • Penyimpanan Internal
    16 GB
  • Penyimpanan Eksternal
    microSD, sampai dengan 32 GB
  • Sensor
    Fingerprint (rear-mounted, 5059A/J only), accelerometer, proximity
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP (hanya 5059D) or 8 MP, (f/2.0, 1/4", 1.12 µm), autofocus
  • Video
  • Fitur Kamera
    Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR
  • Flash
    LED flash
  • Kamera Depan
    5 MP, LED flash, 720p
Suara
  • Jenis Peringatan
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Pengeras Suara
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • Wi-fi
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct
  • Wi-fi Hotspot
  • Bluetooth
    4.2, A2DP, LE
  • GPS
    Ya, dengan A-GPS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB 2.0
Baterai
  • Tipe Baterai
    Li-Ion (Lithium Ion)
  • Dapat Dilepas
    Tidak
  • Kapasitas
    2460 mAh
Top