Home » Produk » Evercoss A74C

Harga Evercoss A74C dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.2

  • RAM
    512 MB

  • Kapasitas
    4 GB

  • Layar
    TFT

  • Kamera
    2.0 MP

  • OS
    Android OS v4.4

Spesifikasi dan Harga Evercoss A74C – Awal tahun 2016, pabrikan smartphone lokal Evercoss ternyata tak hanya merilis smartphone murah berseri Ultra saja, melainkan juga mengenalkan smartphone seri Jump. Setelah sebelumnya meluncurkan smartphone low-end bertajul Evercoss T Ultra, kini vendor asal Indonesia ini kembali memperkenalkan smartphone low-end terbarunya yang kali ini mengambil seri Evercoss A74C sebagai nama resminya. Sejatinya, smartphone ini merupakan seri Evercoss Jump yang beberapa waktu lalu menjadi seri terbaru Evercoss untuk konsumen dalam negeri. Seperti tren sebelumnya, Evercoss A74C masih membidik segmen pengguna pemula yang mengidamkan smartphone berkualitas namun berharga kompetitif. Langkah Evercoss untuk merilis smartphone A74C merupakan strategi untuk terus memantapkan posisinya di industri smartphone domestik yang kini mulai disesaki vendor asal Tiongkok. Karena hadir untuk konsumen pemula yang biasanya tak begitu kritis akan spesifikasi teknis, Evercoss A74C pun masih membawa spesifikasi standar namun tetap berkualitas.

evercoss a74c

Sebagai seri smartphone low-end, memang Evercoss A74C tak membawa spesifikasi yang terlalu istimewa. Hal ini karena spesifikasi teknis yang digunakan tentunya akan menyesuaikan dengan harga di pasaran. Sama seperti smartphone murah lainnya, Evercoss A74C juga mengadopsi layar minimalis berukuran 4 inci berjenis TFT LCD 16 juta warna dengan resolusi WVGA 480 x 800 pixels. Layar tersebut mampu menyuguhkan kerapatan layar sebesar 233 piksel per inci. Sudah cukup bagus untuk dipandang mata, meskipun belum disematkan kaca pelindung sekelas Gorilla Glass. Untuk spesifikasi mesinnya, Evercoss A74C membawa bekal komponen yang ideal sebagai smartphone entry-level yaitu chipset Spreadtrum SC7731 dan ditenagai dengan prosesor Quad core 1.2 GHz. Kombinasi kedua hardware ini lantas disempurnakan dengan RAM minimalis berkapasitas 512 MB. Meski secara performa terasa biasa saja, namun masih cukup untuk mengakomodasi kinerja operasional sobat Begawei secara standar. Lantas untuk sektor kamera juga tidak ada yang spesial, dimana smartphone Evercoss A74C dipersenjatai dengan dua kamera berkekuatan lensa 2 MP dan 1,3 MP. Meski minimalis, namun kamera pada smartphone ini sudah dijejali dengan fitur Autofokus dan LED Flash. Untuk urusan konektivitasnya, ponsel pintar buatan pabrikan lokal ini pun belum kompatibel dengan jaringan 4G LTE. Sekilas, memang spesifikasinya tak terlalu istimewa. Namun bukan bararti smartphone ini tak memiliki kelebihan. Nah untuk lebih jelasnya, Begawei sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Evercoss A74C pada segmen-segmen berikut ini. Simak ya!

hp evercoss a74c

Review Evercoss A74C

Smartphone Entry-level Berlayar 4 Inci dengan Desain Minimalis

Pada segmen pertama ini, Begawei akan lebih dulu mengulas spesifikasi Evercoss A74C di bagian tampilannya. Secara fisik, smartphone ini memang memiliki konsep desain yang tak jauh berbeda dengan seri smartphone low-end Evercoss lainnya, di mana untuk tampilannya sendiri didesain dengan minimalis dan konvensional. Dimulai pada desain lekukan tajam pada setiap sudut Evercoss A74C, lalu dikombinasikan dengan tiga tombol kapasitif terpisah di bawah layar serta dipadukan dengan warna casing atraktif yang menandakan desainnya masih tradisional. Tampilan klasik tersebut lantas dipadukan dengan ukuran fisik Evercoss A74C yang tergolong kompak. Smartphone ini memiliki ukuran tubuh atau dimensi yang ramping, dan juga bobot yang dimilikinya terbilang cukup ringan. Lewat dimensi yang dimiliknya, smartphone Evercoss seri A74C ini akan sangat nyaman dioperasikan dengan satu tangan atau ditaruh di saku celana. Sementara itu untuk media visualisasi, smartphone ini hanya dijejali layar TFT LCD berukuran 4 inci 16 juta warna yang sanggup menampilkan gambar beresolusi 480 x 800 piksel dengan kerapatan layar berkisar 233 piksel per inco. Lewat resolusi layar yang dimilikinya, Evercoss A74C dipastikan belum maksimal dalam mengakomodasi kebutuhan visual pengguna dengan baik, namun secara kualitas visualisasi yang dimilikinya sudah cukup handal untuk kebutuhan standar. Terakhir menutup perjumpaan pada segmen pembuka ini, spesifikasi Evercoss A74C di bagian layarnya juga belum dijejali dengan sistem proteksi layar built-in yang sanggup memberikan perlindungan maksimal pada layarnya. So pasti kawan Begawei harus menambahkan screen guard tambahan sebagai pelindung layarnya.

Sektor Olah Data Andalkan Chipset Spreadtrum dan Prosesor Quad-core

Layaknya smartphone kelas low-budget lainnya, untuk urusan komponen mesin pada spesifikasi Evercoss A74C juga tak ada yang spesial. Pada segmen selanjutnya ini, kita akan mengulas spesifikasi teknis di bagian permesinannya. Di mana untuk spesifikasi ruang mesin pada smartphone ini dimulai dengan dengan penggunaan chipset Spreadtrum SC7731 yang merupakan langganan smartphone flagship berharga miring. Pada bagian CPU atau prosesor, Evercoss A74C mengandalkan CPU Quad-core 1.2 GHz. Sebagai pendukung kinerja terutama untuk keperluan multitasking dan menjalankan aplikasi, smartphone ini hanya dipersenjatai dengan RAM 512 MB. Dengan besaran RAM 512 MB pastinya untuk kebutuhan multitasking tidak semaksimal smartphone dengan RAM di atasnya. Kemudian untuk kebutuhan grafis, Evercoss A74C kali ini mengusung GPU Mali-400MP2 yang siap menunjang tampilan grafis menjadi lebih berkualitas. Sedikit catatan untuk spesifikasi komponen hardware di ruang mesinnya, smartphone ini masih dibekali dengan sistem operasi OS Android v4.4 KitKat yang merupakan OS lawas. Namun kehadiran sistem operasi canggih besutan Google tersebut Begawei rasa sudah cukup memaksimalkan kinerja operasional pada spesifikasi Evercoss A74C ini.

spesifikasi evercoss a74c

Ruang Penyimpanan Andalkan Memori On-Board 4 GB Plus Slot MicroSD Eksternal

Seanjutnya kita akan beralih pada pembahasan spesifikasi Evercoss A74C di bagian memori penyimpanan. Memori penyimpanan sendiri saat ini menjadi elemen penting dalam menentukan kualitas sebuah smartphone. Untuk level smartphone kelas menengah bawah, kapasitas ruang penyimpanan yang ada pada ponsel ini sudah cukup memenuhi standar. Kali ini, Evercoss A74C mengusung memori internal seluas 4 GB. Ruang seluas 4 GB tersebut sudah cukup untuk menampung kebutuhan penyimpanan file sistem maupun file pribadi penggunanya. Jadi, kawan Begawei tak perlu ragu lagi untuk menyimpan file-file berukuran besar semisal file-file aplikasi lain seperti video, audio, foto dan file lainnya ke dalam Evercoss A74C ini. Namun jika kamu menghendaki kapasitas yang lebih besar lagi, maka kamu bisa memanfaatkan slot external memory yang telah disediakan oleh Evercoss. Ya, spesifikasi Evercoss A74C di bagian ruang penyimpanan file sudah dilengkapi dengan slot microSD yang bisa kawan Begawei gunakan untuk menambah kapasitas memorinya hingga 32 GB. Sehingga, dengan adanya slot memori eksternal pada spesifikasi Evercoss A74C ini, kini sobat Begawei tak perlu lagi khawatir akan kehabisan space pada ruang penyimpanan file.

Fitur Dokumentasi Minimalis Namun Fungsional dengan Dukungan Kamera 2 MP dan 1.3 MP

Beralih ke lini fotografimnya, tercatat untuk spesifikasi Evercoss A74C pada media dokumentasi juga belum dipersenjatai dengan piranti berkelas. Tetapi meskipun terbilang kurang ‘wah’ namun tetap saja kehadirannya sudah cukup fungsional untuk pengguna. Lini fotografi pada smartphone terbaru lansiran vendor lokal ini memang hanya dibekali dengan sepasang kamera standar saja. Namun jangan salah, kedua kamera pada Evercoss A74C ini tetap bisa diandalkan saat kamu ingin mengambil sebuah obyek foto. Untuk kamera utamanya, smartphone ini dipersenjatai dengan kamera berukuran 2 MP saja. Selain mampu menghasilkan kualitas foto yang cukup baik, kamera utama pada Evercoss A74C juga sudah dilengkapi dengan LED Flash dan Autofokus yang akan membantu kawan Begawei saat mengambil foto di tempat-tempat gelap. Kamera yang terletak di sisi belakang itu juga bisa digunakan untuk merekam video yang kualitasnya juga standar. Sebagai pelengkap sajian spesifikasi Evercoss A74C di sektor fotografi, disematkanlah kamera sekunder sebesar 1,3 MP di bagian depannya. So, meski kedua kameranya masih sangat minimalis, namun pastinya sudah bisa diandalkan untuk mengabadikan momen-momen berharga.

spesifikasi hp evercoss a74c

Smartphone Non-4G dengan Bekal Konektivitas Seluler Lengkap

Sebagai smartphone modern, fitur konektivitas adalah hal wajib yang harus dimiliki oleh sebuah flagship untuk menunjang kebutuhan seluler penggunanya. Nah pada sektor yang satu ini, kendati spesifikasi Evercoss A74C masih belum didukung dengan jaringan 4G LTE, namun untuk urusan konektivitas lainnya juga sudah jempolan. Mengandalkan koneksi jaringan 2G dan 3G, smartphone ini masih sanggup memberikan konektivitas internet terbaik, mengingat di Indonesia saat ini masih banyak yang memanfaatkan jaringan tersebut dan cukup membantu kebutuhan internet sehari-hari. Kemudian untuk menunjang fungsi selulernya, Evercoss A74C sudah mengusung teknologi Dual SIM yang bisa digunakan untuk stand by bersama-sama. Untuk koneksi internet lainnya, smartphone ini menyertakan teknologi nirkabel Wi-Fi untuk akses internet di Wi-Fi area dan tathering data. Sedangkan untuk keperluan transfer data dalam jarak dekat, smartphone Evercoss A74C ini juga telah dibekali dengan fitur Bluetooth v4.0 yang memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat. Selain itu, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan kabel data jenis microUSB v2.0 untuk melakukan debug USB atau untuk koneksi dengan perangkat lainnya. Terakhir untuk urusan navigasi, spesifikasi Evercoss A74C hanya menyertakan fitur navigasi sekelas A-GPS. Meski tingkat akurasinya tak terlalu baik, namun keberadaan fitur navigasi A-GPS itu sudah cukup membantu keperluan navigasi pengguna smartphone ini.

Kapasitas Baterai Standar 1.450 mAh
separator

Dengan bekal spesifikasi yang tak terlalu mentereng, sebenarnya konsumsi daya yang dimiliki smartphone ini pun juga tidak terlalu boros. Nah untuk segmen terakhir ini, Begawei akan mengajak sobat semua untuk membedah sektor suplai daya yang pada spesifikasi Evercoss A74C ini. Sesuai segmentasinya, yakni kelas pemula, smartphone ini hanya dibekali dengan baterai Lithium Ion berkapasitas 1.450 mAh saja. Hal ini tentu akan membuat Evercoss A74C memiliki daya tahan yang pas-pasan saja. Dengan kapasitas baterai tersebut, sebenarnya smartphone ini dapat bertahan hingga seharian penuh pada pemakaian normal. Sedangkan untuk sobat Begawei yang biasa mengoperasikan smartphone untuk aktivitas kontinyu atau outdoor, ada baiknya selalu menyediakan power bank berkapasitas tinggi saat mengajak Evercoss A74C ini beraktivitas di luar ruangan agar dapat menyuplai tenaga apabila kehabisan daya sewaktu-waktu. Karena sesuai levelnya, spesifikasi Evercoss A74C ini memang hanya dibekali dengan baterai berkapasitas standar.

Kelebihan dan Kekurangan Evercoss A74C

Secara teknis, memang smartphone buatan vendor lokal ini tak didukung oleh komponen hardware serba premium. Hal ini karena memang Evercoss A74C akan diplot untuk menempati pangsa pasar kelas pemula. Smartphone kelas pemula sendiri dikenal memiliki banderol yang murah. Meski begitu, bukan berarti smrtphone ini tak memiliki sektor-sektor unggulan. Untuk smartphone kelas pemula, layar 4 inci sudah dianggap cukup ‘mewah’. Selain layar yang akan menampilkan visualisasi lega, smartphone ini juga masih memiliki sektor unggulan lainnya. Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah tabel kelebihan Evercoss A74C dan kekurangan Evercoss A74C.

Kelebihan Evercoss A74C
  • Layar 4 Inci
  • OS Android Kitkat
  • Chipset Spreadtrum SC7731
  • GPU Mali-400 MP2
  • Prosesor Quad-core 1,2 Ghz
  • Memori internal 4 GB plus slot eksternal
  • Dual kamera
  • Dual SIM Card GSM
  • Konektivitas lengkap
  • Baterai removable
  • Harga terjangkau
Kekurangan Evercoss A74C
  • Belum ada proteksi layar internal
  • RAM minimalis
  • Kamera standar
  • Baterai berkapasitas kecil
  • Belum support jaringan 4G

Harga Evercoss A74C

Setelah kita puas membahas spesifikasi teknis di berbagai detailnya, sekarang Bagawei akan mengajak kamu semua untuk mengulas nominal harga Evercoss A74C ini. Datang dengan menyasar segmen kelas pemula, secara teknis memang terbilang tak terlalu mencolok. Berbekal layar minimalis berukuran 4 inci berjenis TFT LCD dengan resolusi WVGA 480 x 800 pixels, layar tersebut mampu menyuguhkan kerapatan layar sebesar 233 piksel per inci. Sementara untuk spesifikasi mesinnya, Evercoss A74C memgusung komponen berupa chipset Spreadtrum SC7731 dan ditenagai dengan prosesor Quad core 1.2 GHz. Kombinasi kedua hardware ini lantas disempurnakan dengan RAM berkapasitas 512 MB. Meski secara performa terasa biasa saja, namun masih cukup ideal untuk smartphone entry-level. Spesifikasi serba minimalis inilah yang akan berpengaruh pada harga Evercoss A74C di pasaran. Kemudian, sektor lain yang cukup berpengaruh adalah lini fotografi yang mengusung komponen kamera serba minimalis, berupa kamera 2 MP dan 1,3 MP. Terakhir untuk urusan koenektivitasnya, smartphone buatan vendor lokal ini juga belum kompatibel dengan jaringan 4G LTE. Nah setelah melihat spesifikasi teknisnya yang serba sederhana, kira-kira harga Evercoss A74C ini berapa ya?

harga evercoss a74c

harga evercoss a74c terbaru

Seperti halnya smartphone Evercoss lainnya yang menyasar segmen low-end, banderol harga Evercoss A74C ini memang tergolong sangat murah sekali. Menurut informasi yang kami dapatkan, Evercoss mematok harga smartphone terbarunya ini dengan nominal hanya Rp 550.000 saja. Wow! Sebuah harga yang sangat murah memang. Harga yang tergolong murah ini disebabkan oleh faktor-faktor seperti peracikannya memang dilakukan secara lokal di Indonesia, kemudian komponen yang dibawakan juga termasuk hardware kelas pemula. Meski merupakan smartphone kelas pemula, namun Evercoss A74C ini tetap memiliki daya jika dibandingkan dengan merek lain di kelas yang sama. Untuk ukuran smartphone lokal dengan brand yang sudah cukup dikenal kuat, pastinya teknologi yang diusungnya juga tak perlu diragukan lagi. Dengan bekal harga Evercoss A74C yang sangat terjangkau, pastinya juga akan semakin menarik atensi konsumen. Untuk memasuki persaingan di pasaran, bukanlah hal yang sulit bagi. Hal ini karena dari harga Evercoss A74C dan spesifikasi sudah cukup kompetitif dan siap bersaing dengan produk lain di pangsa pasar smartphone kelas pemula.

Harga Evercoss A74C
Sekitar Rp 550.000,-

Dirilis pada awal tahun, smartphone ini menjadi produk kedua yang dirilis Evercoss untuk konsumen kelas pemula. Sesuai dengan segmentasinya yakni kelas menengah ke bawah, kisaran harga Evercoss A74C ini memang tergolong sangat terjangkau alias murah meriah. Dengan banderol harganya yang sangat murah, Evercoss memang menyasar pengguna baru yang berpindah dari feature phone ke smartphone. Dengan spesifikasi teknis yang serba minimalis, memang Evercoss A74C ini hanya cocok untuk kebutuhan komunikasi semata. Berbekal ukuran tubuhnya yang cukup kompak, smartphone ini juga sangat cocok bagi kawan Begawei yang memiliki mobilitas tinggi. Soal harga Evercoss A74C, memang angka hanya Rp 500 ribuan tersebut merupakan harga yang sangat menggiurkan. Nah sekarang pilihan tentunya ada di tangan kawan Begawei. Apakah tertarik untuk menebus harga Evercoss A74C yang murah meriah ini? Jangan lupa baca juga review Begawei mengenai Evercoss Winner T Ultra dan Advan Barca i5A.

Spesifikasi Evercoss A74C

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSDPA
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    -
  • Kecepatan
    HSPA 21.1/5.76 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Januari 2016
  • Status
    Dirilis, 20 January 2016
Desain
  • Dimensi
    -
  • Berat
    -
  • SIM
    Dual SIM
Layar
  • Tipe
    TFT Capacitive touchscreen, 16 M colors
  • Ukuran
    4.0 Inches
  • Resolusi
    WVGA 480 x 800 pixel (~233 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android 4.4 Kitkat
  • Chipset
    Spreadtrum SC7731
  • CPU
    Quad core 1.2 GHz
  • GPU
    Mali-400MP2
  • RAM
    512 MB
Memori
  • Card slot
    Micro SD up to 32 GB
  • Internal
    4 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    2.0 MP, autofocus, LED Flash
  • Fitur
    Ada
  • Video
    Ada
  • Kamera Depan
    1.3 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP, LE
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    -
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity, 3D Gravity
  • Pesan
    SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
  • Browser
    Android Browser, Google Chrome
Baterai
  • Tipe
    Removable Lithium
  • Daya
    1450 mAh

Produk Lainnya dari Evercoss

Top