Home » Produk » Coolpad Roar

Harga Coolpad Roar dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.3

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    IPS

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Android v5.1

Spesifikasi dan Harga Coolpad Roar – Salah satu pendatang baru di pasar smartphone Tanah Air yang cukup mampu mencuri perhatian adalah vendor asal Tiongkok, Coolpad. Setelah bulan lalu sukses dengan peluncuran Coolpad Note 3, kini perusahaan asal Negeri Tirai Bambu itu kembali menggebrak pasar gadget Indonesia dengan produk terbarunya. Produk baru itu adalah smartphone Coolpad Roar yang rencananya akan diluncurkan pada akhir bulan November 2015 ini. Mungkin sobat Begawei masih ingat bagaimana bahasan kita sebelumnya tentang dua unit produk terbaru dari Coolpad, yaitu seri Coolpad Shine dan juga Coolpad Note 3. Bila dengan seri Coolpad Shine dan Note 3 mereka menyasar pengguna smartphone kelas menengah, maka kali ini seri Coolpad Roar ditujukan untuk pengguna gadget entry level, atau kelas pemula. Sebagaimana kita tahu, kala meluncurkan seri Coolpad Shine dan juga Note 3, Coolpad membekali kedua produk andalannya itu dengan spesifikasi yang cukup baik. Bahkan, banyak yang menganggap kedua produk dari Coolpad itu sudah layak untuk disebut sebagai gadget kelas atas. Namun pada Coolpad Roar ini, perusahaan asal Tiongkok itu mencoba mengambil atensi pengguna gadget pemula lewat produk smartphone berharga murah. Meski statusnya hanya merupakan penghuni pangsa pasar smartphone pemula, namun bukan berarti produk terbaru dari Coolpad ini bisa dipandang sebelah mata. Sama seperti seri smartphone pendahukunya, seri smartphone terbaru dari Coolpad ini tetap mendapat dukungan spesifikasi maksimal untuk bertarung di pasar smartphone Tanah Air.

coolpad roar

Sebagai pendatang baru yang namanya masih terbilang asing di telinga konsumen, Coolpad tentu memiliki strategi pemasaran tersendiri. Salah satu fitur andalan dari perangkat pintar Coolpad Roar ini adalah penggunaan fitur baru untuk melakukan screenshot sehingga mengurangi penggunaan kombinasi tombol power dan volume. Fitur tersebut bernama Smart Gesture. Selain itu, ponsel pintar yang satu ini juga hadir dengan layar yang mengusung teknologi canggih, yaitu OGS (One Glass Solution). Layar yang ada pada Coolpad Roar ini akan membuat penggunaan di bawah terpaan sinar matahari langsung pun akan tetap terlihat jelas. Memang, meskiun ponsel pintar ini merupakan jenis perangkat untuk pemula, namun Coolpad tidak mengabaikan segi performa dapur pacunya. Soal performa, Coolpad Roar dibekali dengan chipset MediaTek MTK6580 berkekuatan prosesor Quad-core 1.3 GHz serta didukung oleh RAM berkapasitas 1 GB. Untuk ukuran ponsel pintar masa kini, spesifikasi teknis pada smartphone ini memang masih terhitung minimalis. Namun secara umum, performa Coolpad Roar ini sudah cukup handal. Selain dibekali dengan spesifikasi teknis yang cukup handal, smartphone terbaru dari Coolpad ini pun juga didukung oleh beberapa piranti berkualitas seperti misalnya duet kamera 5 MP dan 2 MP yang menjadi andalan pada lini fotografinya. Tak hanya itu saja, Coolpad pun masih memiliki segudang fitur-fitur menarik pada smartphone terbarunya ini. Penasaran? Temukan jawabannya pada ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga Coolpad Roar di segmen-segmen berikut ini!

hp coolpad roar

Review Coolpad Roar

Smartphone Entry Level dengan Desain Ergonomis yang Nyaman Dioperasikan

Saat melihatnya dari luar, satu kata untuk spesifikasi Coolpad Roar ini adalah: ergonomis. Yup! Secara fisik, dimensi smartphone ini memang tergolong mungil di mana ukuran tubuhnya hanya 133 x 65.4 x 9 mm. Sama kebanyakan smartphone merek lain yang menempati segmen pemula, Coolpad Roar ini hadir dengan desain fisik yang sederhana. Bentuknya agak lonjong dengan sudut yang cukup lebar pada masing-masing ujungnya. Smartphone terbaru dari Coolpad ini tampil semakin sederhana dengan penempatan tombol homecreen di bawah layar yang dibuat terpisah dan berbaris manis dengan tombol navigasi lainnya. Pada bagian samping, Coolpad Roar didesain rata dengan tombol-tombol sound minimalis. Bergerak ke urusan visual, kali ini Coolpad mengusung jenis layar IPS LCD bercorak warna 16 juta warna dengan ukuran 4,5 inci. Layar tersebut memang tidak terlalu lebar, namun sudah mampu memberikan efek display visual yang cukup lega. Meskipun masih mengusung resolusi FWVGA, namun kawan Begawei tak perlu khawatir karena layar pada Coolpad Roar ini telah dilengkapi teknologi OGS (One Glass Solution), sehingga pengoperasian akan tetap nyaman di mata meskipun berada di bawah sinar matahari langsung. Namun sayangnya, ponsel pintar ini masih belum dilengkapi dengan pelapis layar anti gores sehingga untuk memberikan perlindungan maksimal, kawan Begawei dianjurkan untuk memasang proteksi layar sendiri. Secara umum, spesifikasi Coolpad Roar untuk bagian desain fisik dan visual ini sudah cukup bagus, meski memiliki catatan minor dengan tidak adanya sistem proteksi layar bawaan.

Performa Dapur Pacu Andalkan Chipset MediaTek dan Prosesor Quad-core

Setelah membahas bagian luar dari spesifikasi Coolpad Roar, kini waktunya kita menengok seperti apa komponen dapur pacu yang tersusun pada ponsel ini. Sektor dapur pacu merupakan bagian penting yang akan menentukan seberapa tangguh ponsel pintar ini bekerja. Meskipun hanya komponen kelas pemula, namun smartphone Coolpad Roar ini tetap diberikan piranti-piranti yang sanggup menyajikan performa tangguh dan pastinya dapat diandalkan. Pada mesinnya, Coolpad menanamkan chipset MediaTek MTK6580 yang bertenagakan prosesor Quad-core 1.3 GHz. Kombinasi hardware tersebut tentu saja mampu menjalankan proses kerja secara maksimal. Terlebih lagi, Coolpad Roar juga mendapat dukungan kapasitas RAM 1 GB yang tentunya juga mampu membuatnya menjalankan proses kerja multitasking, meskipun untuk keperluan secara wajar. Kemudian untuk pengolah grafis, ponsel pintar yang satu ini mengandalkan GPU Mali 400 yang bekerja secara maksimal demi menyajikan tampilan grafis yang baik pada saat kawan Begawei menjalankan game ataupun memutar video pada smartphone Coolpad Roar ini. Secara keseluruhan, memang hardware tersebut telah cukup memenuhi standar untuk sebuah ponsel pintar modern. Lalu, untuk menjalankan segala komponen yang ada, spesifikasi Coolpad Roar pada ruang mesin akan mendapat dukungan dari platform Android v5.1 atau Android Lollipop yang akan memberikan fitur menarik serta lebih segar dan ringan. Selain itu, tampilan pada smartphone ini juga akan semakin menarik berkat adanya user interface seri CoolUI.

spesifikasi coolpad roar

Memori ROM 8 GB Berikan Daya Tampung Maksimal

Untuk memenuhi kebutuhan ruang penyimpanan dari hasil proses kerja dapur pacu, Coolpad menyediakan ruang simpan yang cukup luas. Masih setara dengan ruang penyimpanan pada smartphone lain di kelas yang sama, spesifikasi Coolpad Roar kali ini dibekali dengan kapasitas memori internal sebesar 8 GB. Kapasitas sebesar itu akan sanggup menampung semua jenis file, baik file aplikasi maupun file pribadi penggunanya, baik itu file sistem maupun file-file hiburan seperti foto, video juga audio. Bila dilihat dari kapasitasnya, memori internal pada Coolpad Roar ini setara dengan memori internal pada seri Coolpad Shine. Namun sayangnya, tak dapat dipungkiri untuk penyimpanan file hiburan di memori internal masih sedikit dibatasi karena biasanya konsumsi ruang dari sistem operasi bawaan hanya akan menyisakan ruang sebesar 4 GB. Untuk itulah, pada Coolpad Roar ini masih dilengkapi dengan slot eksternal memori guna menambah daya tampung ruang penyimpanannya. Dengan menggunakan kartu MicroSD, kawan Begawei bisa menambah daya tampung pada smartphone ini hingga mencapai 32 GB. Keberadaan slot MicroSD Card pada spesifikasi Coolpad Roar ini sekaligus menjadi kelebihan karena saat ini banyak smartphone yang hanya dibekali dengan memori internal saja, tanpa slot memori eksternal.

Lini Fotografi Standar Namun Fungsional dengan Duet Kamera 5 MP dan 2 MP

Menjadi salah satu produk smartphone modern, tentu saja harus didukung dengan perangkat kamera yang mumpuni untuk melakukan dokumentasi fotografi yang sempurna. Meskipun hanya merupakan ponsel cerdas kelas pemula, namun spesifikasi Coolpad Roar pada lini fotografi tetap dibekali dengan perangkat kamera yang berkualitas dan pastinya bisa diandalkan. Nah, kali ini untuk smartphone entry levelnya, Coolpad menyematkan perangkat kamera yang standar namun fungsional. Kali ini, Coolpad Roar hadir dengan kamera belakang atau kamera utama berukuran 5 MP lengkap dengan autofocus. Meski kekuatan lensanya terhitung standar, tentu saja kawan Begawei masih bisa melakukan proses pengambilan gambar suatu obyek dengan hasil yang cukup baik. Kamera utama pada Coolpad Roar ini juga mampu menjadi media perekam video dengan hasil yang jernih. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan modern seperti foto selfie dan video call, smartphone terbaru dari Coolpad ini juga dibekali dengan kamera depan atau kamera sekunder berukuran 2 MP. Ya, meskipun sedikit ada noise, namun kedua kamera yang dihadirkan oleh spesifikasi Coolpad Roar ini cukup untuk memenuhi kebutuhan sesuai fungsinya. So, meskipun dengan kamera yang minimalis kamu tetap bisa eksis dong.

spesifikasi hp coolpad roar

Koneksi Internet Dijamin Stabil Meski Hanya Mengandalkan Jaringan 3G HSPA

Tak bisa dipungkiri, salah satu aspek yang sangat diperhatikan konsumen saat hendak membeli sebuah smartphone adalah kemampuan konektivitasnya. Semakin lengkap pilihan jaringan dan fitur pendukungnya, pastinya juga kualitas smartphone tersebut akan menjadi semakin baik. Namun sayangnya, pada spesifikasi Coolpad Roar ini kita akan sedikit tertinggal dari smartphone lain. Pasalnya kali ini Coolpad hanya membekali smartphone terbarunya dengan teknologi jaringan data 3G HSPA. Hal ini pastinya merupakan sedikit kelemahan karena saat ini di pasaran sudah banyak smartphone pemula yang sudah mengandalkan teknologi jaringan data 4G LTE. Meski hanya mengandalkan jaringan data 3G HSPA, namun Coolpad Roar tetap bisa diandalkan untuk akses internet. Apalagi, saat ini jaringan data 4G LTE memang belum merata penyebarannya di Indonesia. Dengan konektivitas jaringan 3G HSPA, kamu tetap bisa puas berinternet di manapun dan kapanpun. Selain konektivitas internet yang tersedia, ponsel Coolpad Roar ini juga telah menyediakan slot dual SIM. Selain itu, smartphone ini pun juga menyediakan teknologi WiFi yang membuat kawan Begawei tetap bisa terkoneksi dengan internet tanpa menggunakan paket data. Sedangkan untuk keperluan koneksi jarak dekat, smartphone Coolpad Roar ini juga dibekali dengan fitur Bluetooth dan juga slot microUSB serta USB Host.  Dengan adanya fitur koneksi nirkabel yang lengkap, tentunya sobat Begawei juga akan mendapatkan banyak kemudahan. Keperluan navigasi pun juga dipenuhi oleh spesifikasi Coolpad Roar ini. Jika kawan Begawei ingin berpergian, kamu bisa memanfaatkan teknologi navigasi A-GPS yang sudah ada pada smartphone ini.

Suplai Daya Didukung Baterai Berkapasitas Standar 1.800 mAh
separator

Pada penutup segmen spesifikasi ini, kita akan sama-sama membedah spesifikasi Coolpad Roar pada bagian suplai dayanya. Sektor suplai daya atau baterai memang menjadi bagian yang sangat penting karena berhubungan langsung dengan proses kinerja. Semakin besar daya yang dimiliki oleh baterainya, maka akan semakin maksimal juga kinerja smartphone tersebut. Namun sayangnya, kali ini kita hanya akan bertemu dengan baterai berkapasitas standar pada Coolpad Roar ini. Tercatat, kali ini Coolpad hanya menyematkan baterai berkapasitas 1.800 mAh. Bila melihat besaran kapasitasnya, memang baterai tersebut merupakan baterai dengan daya yang tergolong rendah. Namun bila dibandingkan dengan spesifikasinya, sebenarnya kapasitas baterai pada Coolpad Roar ini sudah cukup untuk menopang kebutuhan daya selama seharian, namun dengan catatan penggunaannya harus wajar. Jadi, jika kawan Begawei merupakan pengguna gadget yang sangat aktif, maka kami sarankan untuk selalu membawa pemasok daya cadangan atau power bank karena memang kali ini spesifikasi Coolpad Roar hanya dibekali dengan baterai berkapasitas minimalis.

Kelebihan dan Kekurangan Coolpad Roar

Tampil di segmen smartphone kelas low-end, Coolpad Roar ini membawa beberapa kelebihan. Salah satu keunggulan yang dibawa oleh smartphone terbaru dari Coolpad ini adalah dimensi fisiknya yang mungil sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Selain itu, ponsel pintar mungil ini juga didukung oleh spesifikasi teknis yang cukup baik, mulai dari layar IPS 4,5 inci, RAM 1 GB, prosesor Quad-core, hingga sepasang kamera 5 MP dan juga 2 MP. Namun sayangnya, seperti smartphone low-end kebanyakan, smartphone terbaru dari Coolpad ini belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar yang bagus. Dan juga, smartphone ini belum mengusung teknologi jaringan data 4G LTE. Nah agar lebih jelas, berikut ini kami sajikan tabel kelebihan Coolpad Roar dan kekurangan Coolpad Roar:

Kelebihan Coolpad Roar
  • Dual SIM card
  • Layar 4.7 inci dengan teknologi OGS
  • Sistem Operasi Android Lollipop
  • Chipset MediaTek MTK6580
  • Processor Quad-core 1.3 GHz
  • RAM 1 GB
  • GPU Mali-400MP2
  • Slot Memori Eksternal 32 GB
  • Kamera 5 MP dan 2 MP
  • Baterai removable
  • Harga terjangkau
Kekurangan Coolpad Roar
  • Belum ada proteksi layar
  • Belum support 4G LTE
  • Baterai berkapasitas minimalis

Harga Coolpad Roar

Bagaimana, puas dengan detail spesifikasinya? Setelah melihat spesifikasinya, kini kita sudah bisa memperkirakan harga Coolpad Roar ini. Namun, sebelum kita lebih jauh membahas mengenai harga dari produk terbaru Coolpad ini, kami akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai detail spesifikasi yang sudah sama-sama kita bahas tadi. Secara segmentasi, seri Roar ini memang ditempatkan di bawah seri Coolpad Shine dan juga Note 3. Itu artinya, harga Coolpad Roar yang baru saja kita bahas ini pun tak akan semahal dua produk tersebut. Hadir dengan layar 4,8 inci, smartphone ini akan menawarkan pengalaman seru menggunakan perangkat mobile berdimensi mini yang kompak dan mudah dioperasikan. Meski resolusi layarnya hanya sedang-sedang saja, namun display visual pada Coolpad Roar ini mampu menghadirkan tampilan gambar yang cukup bagus. Apalagi, smartphone ini didukung oleh komponen tangguh di bagian mesin. Seperti misalnya adalah prosesor MediaTek MTK6580 dengan CPU Quad-core 1.3 GHz. Selain itu, smartphone ini juga dibekali dengan RAM berkapasitas 1 GB yang tentunya akan menambah kinerjanya. Meski memiliki kelemahan pada bagian konektivitas karena hanya mengandalkan jaringan 3G HSPA, namun secara umum smartphone terbaru dari Coolpad ini sudah memiliki kualitas yang cukup bagus. Nah, dengan spesifikasi yang cukup baik itu, kira-kira harga Coolpad Roar ini berapa ya?

harga coolpad roar

harga coolpad roar terbaru

Hingga detik ini, harga Coolpad Roar secara resmi memang belum diumumkan. Namun dari informasi yang berhasil Begawei himpun, nominal harga untuk produk terbaru Coolpad ini adalah sekitar Rp 1,3 jutaan. Bila melihat spesifikasinya, harga jual Coolpad Roar di sekitar Rp 1,3 jutaan ini memang cukup wajar. Untuk pangsa pasar smartphone di Indonesia, banderol harga yang tak sampai Rp 2 juta itu memang masuk level harga yang bisa dijangkau semua kalangan. Sebagai perbandingan, Coolpad Shine sendiri dibanderol dengan harga sekitar Rp 2,9 jutaan. Bila kita kembali menilik spesifikasi teknis Coolpad Roar, memang wajar bila smartphone ini dibanderol dengan harga yang lebih murah karena komponen-komponen hardware-nya memiliki kualitas di bawah seri Coolpad Shine. Meski memiliki sedikit catatan minor pada spesifikasinya, namun secara umum kualitas smartphone ini sudah bagus untuk bersaing di kelas entry level. Didukung dengan harga Coolpad Roar yang tak terlalu mahal, pastinya pun konsumen akan mudah tertarik pada smartphone terbaru lansiran Coolpad ini.

Harga Coolpad Roar
Sekitar Rp 1.300.000,-

Namun sekali lagi, perlu Begawei ingatkan, bahwa nominal harga Coolpad Roar di atas baru merupakan perkiraan awal saja. Rencananya, smartphone Alcatel terbaru ini akan dirilis pada akhir bulan November 2015 ini, paling lambat awal Desember mendatang. Jika nanti ada perubahan harga, kami juga memprediksi bahwa harga Coolpad Roar ini akan berada pada level seperti di atas. Perubahan harga pada smartphone ini tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. Apabila prediksi harga jual Coolpad Roar di atas benar, maka hal tersebut akan semakin menguatkan branding Coolpad yang notabene merupakan pendatang baru di jagad smartphone Indonesia. Lewat dua produk sebelumnya, Coolpad memang nampak serius menggarap pasar smartphone kelas menengah ke bawah dan high-end. Nah buat kawan Begawei yang penasaran dengan harga Coolpad Roar ini, tunggu sampai rilis resminya sebentar lagi ya! Baca juga ulasan lengkap Begawei mengenai Coolpad Shine dan Wiko Pulp 4G.

Spesifikasi Coolpad Roar

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / WCDMA - HSDPA
  • 2G bands
    GSM 850/900/1800/1900 MHz
  • 3G bands
    WCDMA 850/900/2100 MHz
  • 4G bands
    -
  • Kecepatan
    3G HSDPA
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Announcement 2015, November
  • Status
    Available exp 2015, December
Desain
  • Dimensi
    133 x 65.4 x 9mm
  • Berat
    -
  • SIM
    Yes
Layar
  • Tipe
    IPS LCD Capacitive Touchscreen, FWVGA OGS (One Glass Solution), 16M
  • Ukuran
    4.5 Inch FWVGA OGS (One Glass Solution)
  • Resolusi
    -
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android Lollipop 5.1 + CoolUI
  • Chipset
    MediaTek MTK6580
  • CPU
    Quad-core 1.3 Ghz
  • GPU
    Mali 400
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    Support SD Card up to 32 GB
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    5.0 MP AF
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
  • Video
    Yes
  • Kamera Depan
    2.0 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
  • Bluetooth
    v4.1, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    FM Radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Pesan
    SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    -
  • Daya
    1800mAh

Produk Lainnya dari Coolpad

Top