Home » Produk » Coolpad Rise A116

Harga Coolpad Rise A116 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad Core 1.3

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    4 GB

  • Layar
    IPS

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Android v4.4

Spesifikasi dan Harga Coolpad Rise A116 – Satu lagi vendor smartphone asal Tingkok kembali merilis produk terbarunya untuk pasar gadget Indonesia, yaitu Coolpad. Kali ini, hasil racikan vendor asal negeri Tirai Bambu itu adalah seri smartphone Coolpad Rise A116 yang akan turut serta bersaing pada jajaran ponsel pintar kelas pemula atau entry level. Setelah pada bulan November lalu Coolpad telah sukses meluncurkan seri Coolpad Roar, kini kedatangan seri Rise A116 juga diharapkan mampu menggebrak pasaran dengan produk yang dapat dijangkau oleh semua kalangan. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa sebuah gadget dengan segmentasi entry level atau pemula pastinya dibekali dengan spesifikasi yang standar-standar saja dan tidak terlalu istimewa. Namun, kali ini Coolpad Rise A116 hadir sedikit berbeda karena memberikan jaminan kinerja olah data cukup baik dan performa tangguh. Apabila dibandingkan dengan seri sebelumnya, memang smartphone Coolpad seri Rise A116 ini membawakan spesifikasi yang sedikit lebih rendah. Namun tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh pada harga jual nantinya. Strategi dari vendor Coolpad untuk menyasar segmentasi pemula memang cukup menarik karena saat ini sebagian besar produk luar negeri tengah menjejali pasaran dengan produk-produk kelas atas. Dengan hadirnya sehingga Coolpad Rise A116 ini bisa diharapkan akan menjadi alternatif bagi konsumen yang menghendaki unit smartphone berkualitas dengan banderol harga terjangkau.

coolpad rise a116

Sebagai pendatang baru pasar gadget Indonesia, sudah semestinya Coolpad menyuguhkan sesuatu yang akan menjadi daya tarik bagi calon konsumennya. Baik dari spesifikasi, harga maupun nilai jual lainnya, smartphone seri Coolpad Rise A116 ini memang telah disesuaikan dengan permintaan pasar di level pemula. Nah, kali ini smartphone Coolpad seri Rise A116 hadir dengan spesifikasi berkualitas dan tentunya dengan label harga yang sangat menarik. Meskipun hadir dengan spesifikasi yang sederhana saja, namun Coolpad Rise A116 tetap membawakan spesifikasi tangguh, seperti misalnya adalah layar yang berukuran cukup luas, yaitu 5.0 inci. Kemudian, smartphone ini juga mendapat dukungan desain bermaterial polycarbonate yang membuatnya terlihat simpel namun tetap elegan. Kemudian untuk urusan dapur pacu, performa ponsel pintar yang satu ini juga tergolong tangguh. Pasalnya Coolpad Rise A116 membawakan chipset MediaTek yang berkekuatan prosesor Quad-core 1.3 GHz. Selain itu, meskipun hanya menyasar pengguna gadget kelas pemula, namun Coolpad juga tetap menyesuaikan standar ponsel pintar modern saat ini, yaitu membekali perangkat pintar terbarunya ini dengan konektivitas jaringan 4G LTE. Di mana saat ini jaringan tersebut telah menyebar di seluruh negara termasuk Indonesia. Dengan begitu, Coolpad Rise A116 tetap sesuai dengan kebutuhan ponsel pintar masa kini dan sanggup bersaing dengan produk-produk lainnya. Nah itu tadi adalah gambaran sekilas mengenai kualitas yang dibawa oleh smartphone terbaru dari Coolpad ini. Mau tahu lebih jelas tentang spesifikasi lengkap serta harganya? Simak ulasan Begawei mengenai spesifikasi dan harga Coolpad Rise A116 pada segmen-segmen di bawah ini!

hp coolpad rise a116

Review Coolpad Rise A116

Smartphone Entry Level Berbodi Ramping dengan Desain Atraktif

Apabila kita memandangnya dari bagian luar, tentu saja kawan Begawei akan menyimpulkan bahwa ponsel pintar yang satu ini nampak seperti kebanyakan smartphone kelas atas yang berharga mahal. Pasalnya, spesifikasi Coolpad Rise A116 pada bagian tampilan eksterior membawakan desain yang sederhana namun tetap terlihat stylish dan elegan. Dengan balutan material Polycarbonat, menjadikan ponsel pintar ini tetap stylish dan juga memancarkan kesan lebih elegan. Untuk pengoperasian juga tetap nyaman karena smartphone Coolpad Rise A116 membawakan bodi dengan dimensi 142.4 x 72.5 x 9.0 mm. Smartphone ini pun juga memiliki dimensi fisik yang cukup ramping sehingga akan sangat nyaman saat digunakan. Melangkah ke urusan visual, ponsel pintar ini juga membawakan spesifikasi yang tidak terlalu mengecewakan. Berbekal layar tipe IPS LCD kapasitif yang berukuran 5.0, smartphone Coolpad Rise A116 ini akan menciptakan ruang yang longgar dan leluasa untuk pengoperasian. Sementara itu, smartphone ini juga akan menyuguhkan tampilan visual yang cukup baik dengan resolusi 960 x 540 pixel. Resolusi tersebut memang masih sangat standar, namun cukup baik dan setara dengan ponsel-ponsel pada segmentasi pemula dari vendor-vendor pesaingnya. Dan untungnya, ponsel pintar Coolpad Rise A116 yang satu ini juga telah mengusung teknologi One Glass Solution sehingga kejernihan layar akan terlihat lebih maksimal. Sayangnya, untuk mengamankan layar ponsel dari goresan, kawan Begawei harus memberikan screen guard secara manual karena spesifikasi Coolpad Rise A116 pada bagian layar belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar bawaan pabrik.

Kombinasi Chipset MediaTek dan Prosesor Quad-core 1.3 GHz Hadirkan Performa Handal

Setelah cukup puas memandang bagian fisik, kini saatnya kita beralih pada ruang yang menjadi kunci dari setiap pemrosesan pada suatu perangkat pintar. Spesifikasi Coolpad Rise A116 memang dibekali dengan kemampuan teknis yang standar-standar saja, setara dengan produk kelas pemula lainnya. Namun meski hanya dibekali dengan spesifikasi mesin yang standar, kualitas smartphone terbaru dari Coolpad ini tidaklah mengecewakan. Berbekal chipset MediaTek MTK6582M yang bekerja dengan kekuatan prosesor Quad-core 1.3 GHz, ponsel pintar Coolpad Rise A116 ini memang memberikan performa kerja tidak segahar ponsel-ponsel kelas atas, namun cukup sanggup diandalkan. Kombinasi kapasitas RAM 1 GB juga turut serta menciptakan kinerja yang lebih optimal pada ruang dapur pacu ini untuk menjalankan proses kerja secara multitasking. Hanya saja, Coolpad Rise A116 cuma bisa menjalankan aplikasi untuk keperluan secara wajar, tidak terlalu berat. Sedangkan untuk kebutuhan menjalankan aplikasi game ataupun menonton video, smartphone ini dikabarkan akan membawakan spesifikasi kartu pengolah grafis yang sama seperti pada seri Coolpad Roar, yaitu GPU Mali 400. Meski hanya merupakan GPU kelas pemula, namun sudah sanggup menyajikan tampilan grafis cukup baik. Sementara itu, meskipun untuk urusan platform spesifikasi Coolpad Rise A116 masih belum membawakan sistem operasi Android terbaru, namun dengan mengandalkan Android KitKat maka ponsel pintar ini juga tetap sanggup menyuguhkan fitur-fitur terbaik besutan Android.

spesifikasi coolpad rise a116

Kapasitas Memori ROM Kecil Namun Masih Tersedia Slot Memori Eksternal

Hadir sebagai ponsel pintar yang berada pada segmentasi pemula, spesifikasi Coolpad Rise A116 ini memang tidak begitu saja menghadirkan spesifikasi yang asal-asalan. Nah setelah tadi kita puas membahas kualitas pada spesifikasi bagian mesin, kini kita akan menuju pada sektor penyimpanan file atau memori. Kapasitas memori yang memadai memang sangat penting karena hal ini berhubungan dengan kinerja olah datanya. Meski merupakan ponsel pintar kelas pemula, namun Coolpad Rise A116 ini tetap dibekali dengan kapasitas internal memory yang sangat longgar. Guna memenuhi kebutuhan pengguna gadget modern, smartphone ini dibekali dengan internal memory berkapasitas 4 GB. Kapasitas internal memory pada Coolpad Rise A116 itu mungkin terbilang kecil, namun sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi fiile-file atau data yang berukuran besar. Kawan Begawei dapat menyimpan file audio video, file aplikasi, atau data penting lainnya. Namun, jika kawan Begawei merasa internal memory pada smartphone ini kurang mencukupi kebutuhan storage kamu, ponsel pintar ini juga dilengkapi dengan slot microSD guna menambah kapasitas memory-nya. Spesifikasi Coolpad Rise A116 pada bagian memori ini mampu menampung slot microSD sebagai tambahan ruang penyimpanan file hingga kapasitas 32 GB.

Lini Fotografi Minimalis Namun Tetap Fungsional

Hadir pada era modern, tentu saja juga harus mendukung perangkat dokumentasi yang mumpuni. Hal itulah yang coba dihadirkan pada spesifikasi Coolpad Rise A116 pada sektor fotografi ini. Meski sepasang kamera yang ada pada smartphone ini tergolong minimalis, namun keberadaannya sudah pasti akan cukup membantu kawan Begawei dalam mendokumentasikan suatu momen. Ponsel pintar terbaru racikan Coolpad ini dibekali dengan kamera utama berkekuatan 5 MP. Kamera utama Coolpad Rise A116 berkekuatan 5 MP tersebut pastinya akan menghasilkan jepretan foto yang cukup baik. Apalagi, kamera primer pada smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan fitur autofocus dan juga LED Flash. So, mau mengambil foto di tempat-tempat minim cahaya? Tak usah ragu lagi! Selain fitur autofocus dan juga LED Flash tersebut, kamera utama yang ada di sisi belakang Coolpad Rise A116 itu juga sudah dilengkapi dengan fitur pendukung kebutuhan fotografi masa kini, seperti misalnya Smile shot dan voice capture. Selain fungsi fotografi, kamera tersebut juga mampu menghasilkan rekaman video dengan resolusi 720p pada 30fps. Kemudian, sebagai pelengkap kebutuhan fotografi modern, spesifikasi Coolpad Rise A116 pada lini fotografi juga dilengkapi dengan kamera sekunder berukuran 2 MP.

spesifikasi hp coolpad rise a116

Perangkat Pintar Berteknologi 4G LTE yang Siap Berikan Akses Internet Kencang

Diciptakan sebagai smartphone penunjang kebutuhan seluler modern, jelas bahwa generasi baru smartphone Coolpad ini dibekali dengan teknologi konektivitas terbaik. Dari berbagai macam spesifikasi unggulan di atas, teknologi canggih berikutnya yang hadir melengkapi spesifikasi Coolpad Rise A116 ini tentunya hadir di bagian konektivitasnya. Kehadiran koneksi 4G LTE, yang menjadi koneksi paling cepat saat ini, sudah bisa kamu nikmati pada perangkat ini. Mengandalkan teknologi LTE, kawan Begawei bisa melakukan download dengan kecepatan 150 Mbps. Sementara itu, untuk keperluan upload speed-nya mencapai 50 Mbps. Pada jaringan 3G, Coolpad Rise A116 pun bisa berjalan dengan kecepatan HSDPA. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan jaringan Wi-Fi Direct dan Wi-Fi hotspot yang telah terpasang pada gadget ini. Kemudian, bagi kawan Begawei yang menginginkan transfer data tanpa lemot, Coolpad Rise A116 juga menyediakan fitur koneksi nirkabel untuk keperluan transfer data. Pada smartphone ini terdapat fitur Bluetooth versi 4.0 yang bisa mentransfer data secara lebih cepat tanpa menguras daya. Kemudian, kawan Begawei juga bisa memanfaatkan slot microUSB yang juga mampu melakukan transfer data lebih cepat. Kecanggihan Coolpad Rise A116 pada lini konektivitas ini juga telah dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS. Oh ya, smartphone terbaru buatan Coolpad ini juga merupakan smartphone dengan dua slot SIM card. Itu artinya, kawan Begawei bisa mengaktifkan dua kartu seluler pada dua slot yang tersedia pada spesifikasi Coolpad Rise A116 ini.

Baterai 2.000 mAh Pastikan Suplai Daya Tercukupi
separator

Bagaimana, puas dengan spesifikasi Coolpad Rise A116 pada masing-masing sektor dari mulai layar hingga konektivitasnya? Satu hal yang tak boleh dilupakan bila kita membahas sebuah smartphone adalah bagian suplai daya atau baterainya. Kebutuhan daya yang memadai pastinya akan sangat berguna demi menunjang operasionalnya. Bila melihat spesifikasi teknis yang dibawa oleh Coolpad Rise A116 ini, sebenarnya kebutuhan dayanya memang masih standar. Hal ini karena memang Coolpad hanya mengusung spesifikasi hardware berkualitas saja. Guna menunjang aktivitas penggunanya, smartphone ini telah dilengkapi dengan baterai jenis Lithium-Ion berkapasitas 2.000 mAh. Jika melihat besaran daya atau kapasitasnya, baterai yang terpasang pada Coolpad Rise A116 ini memang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dayanya selama seharian. Konsumsi daya terbesar tentunya ada pada bagian layar yang luasnya mencapai 5 inci. Secara umum, spesifikasi Coolpad Rise A116 termasuk pada bagian suplai dayanya memang sudah pas dan sesuai dengan komposisi smartphone kelas pemula atau entry level.

Kelebihan dan Kekurangan Coolpad Rise A116

Hadir meneruskan deretan ponsel pintar kelas entry-level buatan Coolpad, sebenarnya spesifikasi yang dimiliki oleh Coolpad Rise A116 ini memang sudah cukup baik. Ponsel pintar yang satu ini memiliki teknologi dual SIM Card GSM yang akan memudahkan komunikasi penggunanya. Selain itu, akses internet yang cepat merupakan unggulan lain dari ponsel ini di mana sudah mengusung teknologi jaringan data 4G LTE. Sektor visual dari smartphone ini juga cukup baik karena ukuran layarnya mencapai 5 inci. Apalagi, dukungan baterainya hingga kapasitas 2.000 mAh. Sedangkan untuk kelemahannya adalah belum adanya sistem proteksi yang melindungi layar smartphone ini dan juga resolusi layarnya yang masih tergolong rendah.Untuk lebih jelasnya, kami sudah merangkum kelebihan Coolpad Rise A116 dan kekurangan Coolpad Rise A116 pada tabel berikut ini:

Kelebihan Coolpad Rise A116
  • Dual SIM Card
  • Support 4G LTE
  • Layar lebar 5.0 inci
  • Chipset MediaTek MTK6582
  • Processor Quad-core 1.3 GHz
  • RAM 1GB
  • GPU Mali 400
  • Slot memori eksternal 32 GB
  • Kamera 5 MP dan 2 MP
  • Baterai Li Po 2.000 mAh
  • Harga murah
Kekurangan Coolpad Rise A116
  • Belum ada proteksi layar
  • Resolusi layar rendah
  • Kapasitas memori internal kecil

Harga Coolpad Rise A116

Setelah kita puas membicarakan mengenai detail spesifikasi teknisnya, sekarang saatnya kita mengupas mengenai harga Coolpad Rise A116 ini. Jika kita kembali melihat pada bagian spesifikainya di semua sektor, memang seri smartphone terbaru dari Coolpad ini memiliki kualitas yang biasa-biasa jika dibandingkan dengan seri smartphone Coolpad lainnya. Kualitas spesifikasi ini memang sangat menentukan bagi banderol harga Coolpad Rise A116 di pasaran. Pada bagian mesinnya, kawan Begawei jelas tak bisa meragukan kemampuan olah data yang ditawarkan oleh chipset Mediatek MTK6582M. Meski hanya merupakan chipset kelas pemula, namun denagn dukungan CPU Quad-core 1.3 GHz pastinya akan memberikan kemampuan olah data yang cukup baik. Spesifikasi teknis yang dibawa oleh Coolpad Rise A116 ini memang secara umum berkualitas standar saja. Contoh lainnya adalah duet kamera 5 MP dan 2 MP serta memori internal berkapasitas 4 GB. Namun kehadiran teknologi jaringan data 4G LTE pastinya juga akan sedikit menambah nilai jual serta harga Coolpad Rise A116 ini di pasaran. So, kalau begitu kira-kira harga smartphone terbaru dari Coolpad ini berapa ya?

harga coolpad rise a116

harga coolpad rise a116 terbaru

Dari beberapa sumber yang berhasil Begawei himpun, banderol harga Coolpad Rise A116 ini ditawarkan pada level Rp 1,4 jutaan. Untuk pasar smartphone di Indonesia, harga yang tak sampai Rp 2 juta itu memang masuk dalam harga yang terjangkau. Bila dibandingkan dengan harga jual seri smartphone Coolpad sebelumnya, seperti Coolpad Shine, banderol harga Coolpad Rise A116 ini pun jauh lebih murah. Nominal harga yang dilepas Coolpad ke pasaran untuk edisi smartphone terbarunya ini memang sangat murah. Hal ini karena memang Coolpad kembali membidik pangsa pasar gadget kelas pemula di Tanah Air. Bila dibandingkan dengan produk lain di kelas yang sama, sebenarnya nilai jual Coolpad Rise A116 ini masih sangat kompetitif. Sebagai unggulan tentu saja bagian visual yang mengusung layar berukuran cukup luas, mencapai 5 inci. Soal performa memang sedikit kewalahan. Namun dengan harga Coolpad Rise A116 yang bisa dibilang murah meriah, sebenarnya kawan Begawei akan mendapatkan sebuah perangkat pintar berlayar lebar dengan kinerja yang cukup bisa diandalkan.

Harga Coolpad Rise A116
Sekitar Rp 1.400.000,-

Kabar terakhir yang Begawei terima, smartphone terbaru dari Coolpad ini sudah mulai dipasarkan di beberapa kawasan di Asia Tenggara. Dan untuk Indonesia, ponsel pintar yang satu ini kabarnya akan mulai dijual pada pertengahan Desember 2015 ini. Apabila kita kembali menilik spesifikasinya, banderol harga Coolpad Rise A116 sebenarnya memang sudah sangat sesuai dengan kualitas yang dibawanya. Kehadiran smartphone Coolpad seri Rise A116 ini tentunya akan semakin menguatkan brand Coolpad yang kini mulai dikenal sebagai vendor yang kerap menghadirkan deretan smartphone berkualitas, namun memiliki harga tak setinggi langit. Melalui seri Coolpad Rise A116 ini, terlihat bahwa Coolpad mulai mendapatkan porsi pasar yang cukup bagus di kelas pemula. Dengan kekuatan branding yang mulai menguat di segmen pemula, memang tak salah bila Coolpad terus menjaga konsumennya, salah satunya dengan cara melepas harga Coolpad Rise A116 yang masih terjangkau. Kehadiran smartphone terbaru buatan Coolpad ini juga akan melengkapi line-up di segmen entry level yang sebelumnya juga sudah memiliki seri Coolpad Roar. Nah, bagaimana? Apakah sobat Begwei tertarik untuk menebus harga Coolpad Rise A116 yang murah meriah ini? Jangan lupa baca juga ulasan Begawei mengenai Coolpad Shine dan ZTE Blade A1.

Spesifikasi Coolpad Rise A116

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / WCDMA / LTE
  • 2G bands
    2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands
    3G WCDMA 900 / 2100
  • 4G bands
    4G LTE 1800 / 2100 / 2600
  • Kecepatan
    4G LTE 1800 / 2100 / 2600
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Desember 2015
  • Status
    Released, Desember 2015
Desain
  • Dimensi
    142.5 x 72.5 x 9.0 mm
  • Berat
    -
  • SIM
    Dual SIM
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inches
  • Resolusi
    960 x 540 Pixels
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS v4.4, KitKat
  • Chipset
    Mediatek MTK6582M
  • CPU
    Quad Core 1.3GHz
  • GPU
    -
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    Micro SD up to 32 GB
  • Internal
    4 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    5 MP, Autofocus, LED Flash
  • Fitur
    Smile shot dan voice capture
  • Video
    HD 720p@30fps
  • Kamera Depan
    2 MP, Fixed Focus
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
  • Bluetooth
    v4.1, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    FM Radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, gyro, proximity
  • Pesan
    SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion
  • Daya
    2000 mAh

Produk Lainnya dari Coolpad

  • hilal

    Coolpad rise A116 accessories.y minim skali bahkan sya tdak dpat d’bintang stupun accessories……..jdi nyesal bli coolpad……saran sih tmbahkan klengkapan accessories yg keren

Top