Home » Produk » Alcatel GO Play

Harga Alcatel GO Play dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    Capacitive touchscreen

  • Kamera
    8 MP

  • OS
    Android OS, v5.0

Spesifikasi dan Harga Alcatel GO Play – Persaingan dunia teknologi tak hanya didominasi oleh vendor asal Korea dan Tiongkok saja. Kini, tak sedikit perusahaan teknologi asal negara lain yang mulai bisa mengimbangi dominasi perusahaan-perusahaan asal Tiongkok dan juga Korea. Kali ini kita akan membahas mengenai Alcatel GO Play yang merupakan produk smartphone terbaru dari vendor smartphone asal Perancis, Alcatel. Nama Alcatel sendiri bukanlah nama baru di belantika dunia gadget. Namun, invasi Alcatel ke pasar gadget dunia memang tak seagresif Samsung atau Lenovo. Dan lama tak terdengar namanya, Alcatel kembali menggebrak pasar gadget dunia dengan ponsel pintar seri Alcatel GO Play yang menurut rencana akan mulai dipasarkan secara global, termasuk Indonesia, pada kuartal ke-4 tahun 2015 ini. Jika kawan Begawei masih ingat, produk terakhir dari Alcatel yang kita bahas adalah smartphone seri Flash Plus. Meski secara spesifik tak jelek-jelek amat, namun smartphone Alcatel Flash Plus tak terlalu sukses di pasaran. Nah kali ini, Alcatel GO Play mencoba memperbaiki catatan buruk Flash Plus di pasar smartphone dunia.

alcatel go play

Secara branding, sebenarnya Alcatel memiliki porsi pasar yang cukup besar di pasar ponsel pintar Eropa. Hal ini pula lah yang membuat Alcatel GO Play tak bisa dipandang remeh untuk bersaing di pasar gadget Indonesia. Alcatel menempatkan smartphone seri GO Play ini di segmen smartphone kelas menengah bawah atau pemula. Senjata utama Alcatel GO Play untuk bersaing di pasar gadget kelas pemula adalah layar 5 inci dan bodinya yang sudah memiliki sertifikasi IP67 dan juga menggunakan teknologi water-resistant. Itu artinya, Alcatel GO Play memiliki daya tahan fisik anti air dan juga debu.  Selain itu, smartphone ini juga telah menggunakan teknologi jaringan data 4G LTE yang akan memberikan akses internet super kencang kepada penggunanya. So, secara kualitas memang smartphone yang satu ini bisa diadu dengan produk lain di segmen ponsel kelas pemula. Selain Alcatel GO Play ini, Alcatel sebenarnya juga memiliki produk lain yang akan dirilis secara bersamaan, yakni Alcatel Pop Star LTE dan juga Alcatel Pop Up. Nah pada kesempatan kali ini, Begawei akan membahas mengenai spesifikasi dan harga Alcatel GO Play sebagai sajian pembuka dari ketiga seri Alcatel lainnya. Yuk simak!

hp alcatel go play

Review Alcatel GO Play

Smartphone Anti Air dengan Aksen Warna Menarik

Kita awali ulasan mengenai spesifikasi Alcatel GO Play ini dari bagian fisik dan visualnya terlebih dahulu. Tampilan fisik yang menarik memang menjadi sangat penting karena bisanya konsumen gadget akan mempertimbangkan tampilan fisik suatu smartphone, selain tentunya fitur dan juga performanya. Alcatel GO Play ini hadir dengan tampilan fisik yang fresh khas anak mudah lewat desain compact yang dibalut chasing beraksen warna-warni. Secara fisik, smartphone ini memiliki ukuran tubuh 143.3 x 73.3 x 9.2 mm. Ukuran tersebut akan membuat Alcatel GO Play terasa cukup nyaman saat digenggam dan dioperasikan. Pada bodinya, ponsel ini memiliki tampilan depan berwarna putih cerah yang dikombinasikan dengan back-cover ala sisik ular beraksen warna-warni yang membuatnya nampak begitu cantik. Untuk bagian visual, Alcatel GO Play mengusung layar berukuran luas 5 inci yang memiliki resolusi 720 x 1280 pixels dengan kerapatan mencapai 264 ppi. Untuk ukuran layar 5 inci, resolusi tersebut memang rendah. Jadi tampilan visual smartphone ini tak akan terlalu tajam, namun tetap enak di mata. Kemudian untuk bagian proteksi layar. Alcatel GO Play dibekali dengan sertifikasi IP67 yang merupakan sertifikat anti-air serta anti debu. So, kamu tak perlu takut untuk membawa smartphone ini beraktivitas di luar rumah. Selain sertifikasi anti-air, spesifikasi Alcatel GO Play pun juga telah menggunakan teknologi water-resistant yang akan membuatnya mampu bertahan di dalam air sedalam 1 meter selama kurang lebih 30 menit.

Performa Dapur Pacu Andalkan CPU Quad-core 1.2 GHz

Sekarang kita akan membedah spesifikasi Alcatel GO Play di bagian jantung dapur pacunya untuk mengetahui bagaimana perforamanya. Meski tampil sebagai smartphone kelas menengah bawah, namun ternyata ponsel pintar asal Perancis ini memiliki komponen hardware yang cukup berkualitas. Pada bagian inti mesinnya, Alcatel GO Play hadir dengan tenaga dari chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410. Hal ini pastinya sangat menarik karena bisanya smartphone kelas pemula hanya dibekali dengan chipset selain Snpadragon. Dengan hadirnya chipset Snapdragon tersebut, performa Alcatel GO Play akan sangat tertolong. Apalagi, di dalam chipset itu tersemat CPU Quad-core yang memiliki kecepatan akses 1.2 GHz. Kombinasi perangkat keras di dalam jantung dapur pacu Alcatel GO Play ini akan menghadirkan kinerja mesin yang tangguh dan stabil. Selain prosesor yang cukup baik, smartphone ini juga masih memiliki RAM berkapasitas 1 GB. Meski kapasitasnya berukuran sedang, namun hal ini akan sangat membantu dalam hal pengolahan datanya. So, kemampuan multitasking Alcatel GO Play sudah tak perlu diragukan lagi. Berpindah ke departemen grafis, ponsel ini dibekali dengan kartu pengolah grafis atau GPU jenis Andreno 306. Kehadiran GPU tersebut akan meningkatkan kemampuan olah grafis smartphone ini. Terakhir, spesifikasi Alcatel GO Play di ruang mesin ini akan ‘diotaki’ oleh sistem operasi besutan Google, OS Android Lollipop versi 5.0.

spesifikasi alcatel go play

Memori Internal 8 GB yang Bisa Diekspansi Hingga 32 GB

Saatnya kita beralih pada pembahasan spesifikasi Alcatel GO Play di sektor storage atau ruang penyimpanan file. Kali ini, smartphone terbaru dari Alcatel ini tampil minimalis di bagian memori. Alcatel GO Play hanya dibekali dengan memori internal berkapasitas 8 GB. Sebenarnya, untuk sebuah smartphone kelas pemula, kapasitas memori sebesar 8 GB ini sudah cukup besar. Kapasitas memori internal pada Alcatel GO Play ini sudah cukup untuk menampung kebutuhan penyimpanan file sistem dan juga file aplikasi. Namun, jika kawan Begawei menginginkan kapasitas memori yang lebih luas, ada baiknya jika kamu menggunakan slot microSD yang tersedia pada Alcatel GO Play ini. Slot microSD tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengekspansi storage pada ponsel ini dengan menggunakan external memori. Slot external memory yang tersedia dalam spesifikasi Alcatel GO Play ini mampu menampung microSD hingga kapasitas 32 GB. External memory ini bisa kawan Begawei gunakan untuk menyimpan file-file pribadi, seperti lagu mp3 atau foto-foto.

Lini Fotografi Andalkan Duet Kamera 8 MP dan 5 MP

Selanjutnya, kita akan mengupas spesifikasi Alcatel GO Play di bagian fotografinya. Karena memang hanya merupakan smartphone kelas menengah bawah, smartphone terbaru racikan Alcatel ini pun hanya dibekali dengan perangkat fotografi sederhana. Namun perangkat fotografi yang dimiliki oleh Alcatel GO Play ini tetap fungsional dan pastinya bisa diandalkan untuk merekam momen-momen berharga kamu. Untuk kamera utamanya, smartphone ini dipersenjatai dengan kamera berukuran 8 MP yang memiliki resolusi lensa sebesar 3264 x 2448 pixels. Kamera utama pada Alcatel GO Play ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Autofocus dan juga LED Flash. Selain bisa digunakan untuk menghasilkan foto yang cukup enak dipandang mata, kamera utama pada smartphone ini juga bisa digunakan untuk merekam video. Hasil rekaman videonya pun tak terlalu mengecewakan. Sementara itu, untuk bagian depannya, Alcatel GO Play memiliki kamera sekunder berukuran 5 MP. Kamera tersebut bisa kawan Begawei gunakan untuk berfoto selfie atau untuk melakukan panggilan video call. Jadi, meski spesifikasi Alcatel GO Play di bagian kamera tidak memiliki perangkat yang sangat canggih, namun kedua kamera tersebut sangat fungsional.

spesifikasi hp alcatel go play

Koneksi Internet Kencang di Jalur 4G LTE

Saatnya kita melihat kemampuan spesifikasi Alcatel GO Play di bagian konektivitas. Sebagai ponsel  kelas menengah ke bawah, smartphone ini hadir dengan kemampuan yang tinggi di sektor koneksi. Adalah koneksi super cepat 4G yang menjadi garda terdepan Alcatel GO Play di sektor akses internet. Dengan kemampuan canggih yang diusung oleh teknologi LTE, Alcatel GO Play mampu menjalankan download dengan kecepatan hingga 150 Mbps. Sementara itu, kecepatan uploadnya berjalan hingga 50 Mbps. Selain itu, daerah-daerah yang belum tersentuh koneksi 4G akan terback-up dengan koneksi 3G yang sudah ada pada smartphone ini. Alcatel GO Play juga menyediakan teknologi WiFi yang membuat kawan Begawei tetap bisa terkoneksi dengan internet tanpa menggunakan paket data. Sedangkan untuk keperluan koneksi jarak dekat, smartphone ini juga dibekali dengan fitur Bluetooth dan juga slot microUSB serta USB Host. Keperluan navigasi pun juga dipenuhi oleh spesifikasi Alcatel GO Play ini. Jika kawan Begawei ingin berpergian, kamu bisa memanfaatkan teknologi navigasi A-GPS yang sudah ada pada smartphone ini.

Pasokan Daya Optmal dengan Dukungan Baterai 2.500 mAh
separator

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Alcatel GO Play di bagian ruang suplai dayanya. Pada bagian yang satu ini sepertinya Alcatel menyadari bahwa smartphone racikannya memiliki komponen-komponen hardaware yang butuh suplai daya besar, meski sebenarnya komponen tersebut merupakan komponen kelas menengah ke bawah. Untuk itu, Alcatel GO Play pun dibekali dengan baterai berkapasitas cukup besar. Tercatat, Alcatel menanamkan baterai berkapasitas 2.500 mAh pada smartphone ini. Dengan kapasitas mencapai 2.500 mAh, Alcatel GO Play akan mampu bertahan hidup selama seharian penuh, bisa mencapai 500 jam saat stand-by di jaringan 3G. Namun hal itu harus dengan catatan bahwa smartphone ini digunakan secara normal. Jadi, kawan Begawei tak akan cepat kehabisan daya baterai karena spesifikasi Alcatel GO Play ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas sangat besar.

Kelebihan dan Kekurangan Alcatel GO Play

Tampil di segmen smartphone kelas menengah bawah, Alcatel GO Play ini membawa keunggulan di sektor layarnya yang mencapai 5 inci serta sudah memiliki sertifikasi IP67 dan bodinya juga sudah tahan air. Namun sayangnya, ponsel yang satu ini hanya memiliki mesin standar. Selain itu, duet kameranya pun juga merupakan kamera kelas pemula. Nah untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah tabel kelebihan Alcatel GO Play dan kekurangan Alcatel GO Play:

Kelebihan Alcatel GO Play
  • Layar 5 inci
  • Resolusi dan kerapatan layar cukup tinggi
  • OS Android Lollipop
  • Chipset Snapdragon 410
  • CPU Quad-core 1.2 GHz
  • GPU Andreno
  • Jaringan data 4G LTE
  • Baterai 2.500 mAh
  • RAM 1 GB
  • Memori internal 8 GB
  • Sertifikasi IP67
  • Bodi water resistant
Kekurangan Alcatel GO Play
  • Kamera standar hanya 8 MP dan 5 MP
  • Baterai non-removable

Harga Alcatel GO Play

Sudah puas dengan pembahasan spesifikasinya? Jika sudah, sekarang kita akan membahas mengenai harga Alcatel GO Play ini. Tampil sebagai ponsel pintar terbaru racikan Alcatel setelah seri Alcatel Flash Plus, smartphone ini menawarkan sesuatu yang berbeda kepada penggila gadget dunia. Kali ini, Alcatel GO Play hadir dengan tampilan fisik yang lebih fresh dari pada seri Flash Plus. Dengan aksen warna-warni serta ukuran bodi yang compact, maka ponsel ini akan sangat trendy untuk digunakan pada generasi muda. Selain tampilannya yang segar, banderol harga Alcatel GO Play ini juga dipengaruhi oleh spesifikasi di bagian dalamnya. Meski komponen di dalamnya hanya merupakan komponen kelas pemula, namun dengan adanya chipset Snapdragon 410 pastinya kemampuan olah data smartphone ini tak bisa dianggap remeh. Selain itu, ada juga teknologi jaringan data 4G LTE yang akan membawa penggunanya untuk menikmati akses internet sangat cepat. Hal tersebut pastinya juga sangat mempengaruhi harga Alcatel GO Play ini.

hp alcatel go play

harga alcatel go play terbaru

Dari informasi yang Begawei dapatkan, banderol harga Alcatel GO Play ini adalah sekitar 200 dolar. Jika dikonversikan ke mata uang rupiah, maka banderol harga Alcatel GO Play ini adalah sekitar Rp 2,8 jutaan. Jika kita kembali menilik spesifikasinya, sebenarnya smartphone ini memang memiliki spesifikasi yang cukup berimbang. Kelemahan di sektor fotografi bisa ditutup oleh layarnya yang luas. Selain itu, Alcatel GO Play pun juga sudah memiliki jaringan data 4G LTE. Hal ini pastinya menjadi nilai plus bagi smartphone ini. Dan pastinya, beberapa keunggulannya pun akhirnya akan mempengaruhi harga Alcatel GO Play di pasaran. Jadi, jika Begawei boleh berpendapat, harga Alcatel GO Play ini sudah cukup sesuai dengan apa yang ada padanya.

Harga Alcatel GO Play
Sekitar Rp 2.200.000,-

Selain akan bersaing dengan produk satu vendornya, harga Alcatel GO Play ini juga akan menjadi kompetitor bagi produk dari vendor lainnya. Berbekal spesifikasi mesin yang cukup tangguh, lalu ada layar berukuran 5 inci, dan juga jaringan data 4G LTE, Alcatel GO Play ini memiliki bekal yang lebih dari cukup untuk bersaing di pasar gadget kelas menengah ke bawah. Namun, perlu Begawei sampaikan, bahwa kisaran harga Alcatel GO Play di atas merupakan harga untuk pasar internasional. Dengan pergerakan harga gadget yang berganti-ganti secara dinamis, ada kemungkinan bahwa harga Alcatel GO Play akan mengalami perubahan saat nanti masuk ke Indonesia. Namun kami pun juga memprediksi bahwa perubahan harga Alcatel GO Play nanti tak akan terlalu signifikan. Baca juga ulasan Begawei mengenai Lenovo Vibe P1m dan Alcatel Flash Plus.

Spesifikasi Alcatel GO Play

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 1700(AWS) / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE band 2(1900), 4(1700/2100), 5(850), 7(2600), 17(700)
  • Kecepatan
    HSPA, LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, September
  • Status
    Coming soon. Exp. release 2015, Q4
Desain
  • Dimensi
    143.3 x 73.3 x 9.2 mm (5.64 x 2.89 x 0.36 in)
  • Berat
    -
  • SIM
    Yes
Layar
  • Tipe
    Capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inches (~65.6% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.0 (Lollipop)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
  • CPU
    Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Adreno 306
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 32 GB
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Yes
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.1, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Yes
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion battery
  • Daya
    2500 mAh

Produk Lainnya dari Alcatel

Top