Home » Produk » Advan Barca S4X

Harga Advan Barca S4X dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad Core 1.2

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    TFT

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Android v4.4

Spesifikasi dan Harga Advan Barca S4X – Di tengah maraknya kompetisi vendor lokal yang merilis smartphone murah berspesifikasi canggih, Advan juga ikut merilis salah satu smartphone terbaru seri Advan Barca S4X yang masih merupakan bagian dari seri Advan Barca. Padahal jika kita menilik beberapa waktu belakangan, Advan cenderung memilih memperkuat line-up tablet ketimbang smartphone. Namun meskipun begitu, Advan masih berkomitmen untuk terus merilis smartphone murah bagi konsumen agar bisa bertahan dari serbuan kompetitor, terutama dari vandeor-vendor asing. Termasuk pada akhir tahun ini, Advan dengan percaya diri menelurkan smartphone murah seri Advan Barca S4X untuk konsumen dalam negeri. Mengusung nama Barca, smartphone ini memang merupakan ponsel pintar edisi spesial yang merupakan lanjutan kerjasama antara Advan dengan klub sepakbola ternama FC Barcelona. So, dengan kerjasama ini kemungkinan Advan Barca S4X menyasar segmen penggemar fanatik Barcelona yang secara kuantitas memang cukup banyak di Indonesia. Bicara soal spesifikasi dari smartphone Advan seri Barca S4X, meskipun diplot untuk konsumen kelas pemula namun nyatanya pada smartphone ini kita tetap akan menjumpai spesifikasi mumpuni, mulai dari sektor komponen hingga konektivitasnya yang turut menjadi andalan.

advan barca s4x

Dengan mengusung harga yang cukup murah, secara spesifikasi teknis smartphone Advan Barca S4X ini memang patut diacungi jempol. Apalagi smartphone lokal ini dirakit di dalam negeri sehingga bisa menekan biaya produksinya. Nah untuk spesifikasinya sendiri, smartphone Advan seri Barca S4X ini hadir dengan layar berukuran 4 inci berjenis TFT LCD kapasitif. Layar yang tersemat pada Advan Barca S4X tersebut mampu menghasilkan resolusi gambar mencapai 480 x 800 piksel. Resolusi ini memang terbilang standar bahkan sangat minim, namun masih ideal untuk smartphone low-end. Beralih ke sektor performanya, pada jeroan mesin dari Advan Barca S4X sudah didukung dengan chipset Spreadtrum SC7731 yang ditenagai oleh prosesor Quad-core ber-clockspeed 1,2 GHz. Kombinasi kedua komponen tersebut lantas disempurnakan dengan bekal RAM 1 GB, sehingga untuk urusan performa meskipun tergolong standar namun masih tetap bisa diandalkan. Menariknya untuk lini fotografi, smartphone Advan Barca S4X ini telah disematkan duet kamera 5 MP baik untuk bagian depan maupun belakang dengan fitur fotografi mumpuni, sehingga smartphone ini layak disebut sebagai smartphone selfie. Terakhir, spesifikasi teknis dari Advan Barca S4X di bagian konketivitasnya pun kita akan menjumpai teknologi terbaik, yaitu dukungan jaringan 3.5G dan ada fitur dual SIM Card. Sedikit catatan, pada sektor suplai dayannya smartphone yang satu ini hanya dibekali dengan baterai berkapasitas minim saja. Nah biar lebih jelasnya lagi, yuk simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga Advan Barca S4X pada segmen-segmen di bawah ini!

hp advan barca s4x

Review Advan Barca S4X

Desain Minimalis dengan Nuansa Desain Klub FC Barcelona

Untuk segmen pembuka mengenai pembahasan spesifikasi Advan Barca S4X ini, kita akan memulai dari sektor tampilannya yang memang akan menjadi pertimbangan pertama bagi kawan Begawei ketika membeli smartphone. Tetap mengusung nuansa klub sepakbola FC Barcelona, smartphone terbaru dari Advan ini memang memiliki tampilan eksterior yang cukup menarik. Logo klub asal Spanyol itu secara jelas bisa kita jumpai di bagian casing belakang pada Advan Barca S4X ini. Kemudian, secara kasat mata dari tampilan luarnya, spesifikasi desain yang diusung oleh ponsel pintar Advan edisi Barca S4X ini langsung kentara seperti sebuah ponsel pintar kelas pemula, lewat desain minimalis dan tak banyak gubahan. Tetapi secara keseluruhan, smartphone terbaru Advan ini hadir dengan mengusung tampilan yang cukup menarik dengan desain khas ala ponsel pintar buatan Advan. Smartphone seri Advan Barca S4X ini tampil dengan bentuk fisik persegi panjang yang memiliki sudut-sudut bulat. Tampilan klasik ala smartphone Advan seri Barca S4X ini juga terlihat dari penempatan tiga tombol navigasi utama yang diletakkan di bawah layar secara terpisah dengan tombol homescreen berlogo bulat. Secara fisik, smartphone ini tampil cukup kompak dengan dimensi dan bobot yang sangat ideal untuk smartphone berlayar 4 inci. Ukuran yang dimiliki Advan Barca S4X ini akan membuatnya terasa sangat nyaman saat digenggam karena ukuran tubuhnya tak terlalu bongsor dan bobotnya lumayan ringan. Lalu untuk sektor visualisasi, smartphone ini masih mengandalkan layar jenis TFT LCD kapasitif berbentang 4 inci yang memiliki resolusi sebesar 400 x 800 pixels dan ringkat kepadatan layar mencapai 233 ppi. Resolusi tersebut memang tergolong standar sehingga tampilan gambar Advan Barca S4X ini memang tak akan setajam smartphone kelas atas. Meski begitu, smartphone ini tetap bisa memberikan kualitas visual yang cukup baik sebagai smartphone pemula. Apalagi, luas bentangan layar pada smartphone ini juga sudah pas. Namun ada sedikit catatan, untuk spesifikasi Advan Barca S4X pada bagian layar belum dilengkapi dengan sistem pelindung layar berkualitas sehingga kamu harus menyematkan screen protector secara terpisah untuk menghindari resiko goresan pada layarnya.

Dukungan Prosesor Quad-core dan RAM 1 GB untuk Hasilkan Performa Optimal

Mengusung desain dan tampilan visual yang tergolong sederhana, namun untuk sektor performanya ternyata sedikit ada peningkatan. Dimana pada spesifikasi Advan Barca S4X kita tetap akan menjumpai spesifikasi jantung dapur pacu yang memiliki performa lumayan bagus. Sebagai smartphone kelas low-end atau pemula, ternyata smartphone ini memiliki bekal yang cukup mumpuni di sektor olah performa. Lini dapur pacu smartphone terbaru dari Advan ini mengandalkan chipset Spreadtrum SC7731 yang di dalamnya terdapat otak berupa prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex A-7. Untuk smartphone kelas pemula, komponen hardware pada Advan Barca S4X ini sudah terhitung bagus. Kombinasi chipset dan juga prosesor di dalamnya akan menghasilkan kinerja yang stabil saat mengolah instruksi dari pengguna. Selain itu, performa Advan Barca S4X pun juga akan mendapat dukungan dari RAM berkapasitas 1 GB. Keberadaan RAM 1 GB pada smartphone ini jelas akan menjadi keunggulan tersendiri karena biasanya smartphone kelas pemula hanya dibekali dengan RAM berkapasitas di bawah 1 GB. Untuk pengolah grafis, Advan Barca S4X kabarnya juga akan didukung kartu GPU jenis Mali-400, namun hal ini masih harus menunggu konfirmasi dari pihak Advan sendiri. Jika memang benar, maka keberadaan GPU Mali-400 ini meskipun masih tergolong standar, namun tetap akan membuat tampilan grafis pada Advan Barca S4X menjadi lebih baik. Lalu untuk menyempurnakan proses kerja semua perangkat keras tadi, di ruang mesin smartphone ini disematkanlah sistem operasi OS Android v4.4 (KitKat). Meskipun untuk fitur tak sekaya Android OS versi Lollipop, namun pada platform yang dimiliki oleh spesifikasi Advan Barca S4X ini sudah disempurnakan dengan software buatan anak bangsa, yaitu IDOS, dimana platform ini memiliki keistimewaan berupa banyak fitur menarik bercitarasa Indonesia.

spesifikasi advan barca s4x

Ruang Penyimpanan Longgar dengan Memori ROM 8 GB Plus Slot MicroSD Eksternal

Didukung dengan bekal komponen hardware berkualitas pada sektor dapur pacunya, pastinya smartphone ini harus memiliki kapasitas memori internal yang memadai agar tidak ketinggalan jaman dengan para kompetitornya. Pada segmen kali ini, kawan Begawei akan kami ajak untuk mengulas spesifikasi Advan Barca S4X pada ruang penyimpanan data atau memorinya. Sebagai smartphone kelas menengah bawah, kapasitas ruang penyimpanan yang ada pada perangkat pintar ini ternyata sudah memenuhi standar. Ya, kali ini Advan Barca S4X telah dijejali memori internal lega seluas 8 GB. Dengan besaran memori internal sebesar 8 GB tersebut pastinya sudah cukup menampung kebutuhan penyimpanan file sistem maupun file pribadi kawan Begawei. Jadi, kamu tak perlu ragu lagi untuk menyimpan file-file berukuran besar seperti file-file aplikasi lain seperti video, audio, foto dan file lainnya ke dalam smartphone Advan Barca S4X ini. Namun jika sobat Begawei masih merasa kapasitas memori internal pada smartphone ini masih terlampau minim, maka kamu bisa menggunakan slot external memory yang telah disediakan oleh vendor. Yup, tepat sekali, untuk spesifikasi Advan Barca S4X di bagian ruang penyimpanan file ini juga sudah dilengkapi dengan slot microSD yang bisa menampung hingga kapasitas 32 GB. So, dengan adanya tambahan slot memori eksternal kini kawan Begawei tidak perlu lagi khawatir akan kehabisan ruang penyimpanan file.

Duet Kamera 5 MP Jadi Andalan di Sektor Fotografi

Bertarung di segmen smartphone entry level bukanlah perkara mudah, sebab pada sgemen tersebut banyak berkeliaran smartphone berharga miring namun memiliki spesifikasi mumpuni. Untuk itu, spesifikasi Advan Barca S4X jelas harus memiliki senjata utama untuk menggempur pasar smartphone entry level. Salah satunya adalah dengan memperkuat sektor fotografi yang sekarang mulai menjadi bahan pertimbangan prioritas dari konsumen. Sebagai smartphone kelas pemula, rupanya smartphone ini sudah dibekali dengan sepasang kamera yang cukup berkualitas. Sebagai kamera utamanya, Advan Barca S4X dibekali dengan kamera berukuran 5 MP yang mampu menghasilkan resolusi foto berukuran 2592 x 1944 pixels. Kamera utama tersebut juga sudah dibekali dengan fitur Autofocus serta LED Flash. Selain kedua fitur tersebut, kamera utama pada Advan Barca S4X juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur olah fotografi modern, seperti Geo-tagging, Panorama, HDR, Touch Focus dan juga Face Detection. Sama seperti kamera utamanya, kamera sekunder atau kamera depan pada Advan Barca S4X inipun juga disertai dengan kamera yang berkekuatan lensa yang sama, yakni 5 MP plus fitur LED Flash. Selain bisa digunakan untuk menghasilkan jepretan foto selfie atau video call yang cukup berkualitas, kedua kamera dalam spesifikasi Advan Barca S4X ini juga bisa difungsikan untuk merekam video dengan kualitas rekaman video cukup baik dengan resolusi video 720@30fps.

spesifikasi hp advan barca s4x

Smartphone Dual-SIM Card dengan Dukungan Konektivitas Lengkap

Setelah mengulas spesifikasi Advan Barca S4X untuk berbagai lininya, kini Begawei akan mengajak kamu semua untuk membedah salah satu spesifikasi yang juga tak kalah penting, yaitu di bagian konektivitasnya. Meskipun menyasar segmen pemula, namun untuk urusan konektivitas ternyata smartphone ini juga tidak kalah hebat dengan smartphone kelas menengah lainnya. Meskipun ada sedikit kekurangan dimana smartphone Advan Barca S4X ini belum kompatibel dengan dukungan jaringan 4G LTE, namun untuk fitur konektivitas selulernya smartphone ini sudah didukung dengan teknologi dual slot SIM Card GSM yang telah terintegrasi dengan jaringan 2G dan 3.5G. Teknologi jaringan data 3.5G pada Advan Barca S4X ini memang bukan merupakan teknologi jaringan tercepat yang ada saat ini, namun untuk stabilitas jaringannya cukup masih bisa diandalkan, terutama di daerah luar perkotaan. Pada penggunaan jaringan HSDPA, kawan Begawei akan bisa berselancar di dunia maya dengan kecepatan akses download hingga mencapai 21.1 Mbps dan kecepatan upload sampai 5,76 Mbps. Kecepatan akses internet pada smartphone Advan Barca S4X ini tentunya akan membuat aktivitas berselancar di internet menjadi cukup menyenangkan. Lantas untuk fitur konektivitas jarak dekat, smartphone Advan Barca S4X ini juga turut disematkan fitur yang lengkap dan fungsional, seperti Hotspot dan juga WiFi. Kedua fitur tersebut akan membantu kawan Begawei untuk bisa mengakses internet secara gratis. Kemudian, aktivitas berbagi data juga didukung secara nirkabel maupun menggunakan kabel, yaitu dengan memanfaatkan Bluetooth v 4.0 serta microUSB v2.0. Terakhir spesifikasi Advan Barca S4X untuk fitur navigasi hanya disertakan fitur navigasi sekelas A-GPS saja. Meskipun hanya sebatas A-GPS, tapi sudah cukup untuk mengakomodasi kebutuhan pemetaan sobat Begawei, terutama untuk mencari titik lokasi.

Sektor Suplai Daya Disokong Baterai Berkapasitas Memadai
separator

Puas dengan spesifikasi teknis yang ditawarkan oleh smartphone kelas pemula ini, kini waktunya kita beralih pada pembahasan spesifikasi Advan Barca S4X di segmen paling akhir, yaitu untuk spesifikasi sektor suplai daya atau besaran kapasitas baterai. Untuk spesifikasi di bagian suplai dayanya, kapasitas baterai yang diberikan Advan pada perangkat pintar anyarnya ini memang cukup nanggung. Tercatat, Advan Barca S4X hanya dibekali dengan baterai berkapasitas minimalis sebesar 1.500 mAh dan masih berjenis Lithium Ion (Li-Ion). Dengan kapasitas yang dimilikinya tersebut, smartphone ini mampu bertahan sampai seharian penuh untuk pemakaian biasa saja. Lewat baterai yang dimilikinya tersebut sebenarnya sudah cukup pas jika Advan Barca S4X digunakan dalam kebutuhan standar. Namun bagi sobat Begawei yang sering menggunakan smartphone untuk aktivitas outdoor, kami sarankan agar sobat membeli perangkat portable charger seperti powerbank demi berjaga-jaga agar tidak kehabisan daya. Mengingat untuk spesifikasi Advan Barca S4X di bagian suplai daya ini memang hanya dibekali dengan teknologi baterai yang biasa saja.

Kelebihan dan Kekurangan Advan Barca S4X

Sebagai smartphone kelas pemula, memang spesifikasi teknis yang dibawa oleh Advan Barca S4X ini serba minimalis. Mulai dari tampilan layar, spesifikasi mesin hingga lini lonektivitas hampir semuanya mengusung teknologi gadget segmen entry level. Namun meski spesifikasinya serba terbatas, bukan berarti smartphone buatan vendor lokal ini tak memiliki kelebihan. Nah untuk lebih jelasnya, di bawah ini Begawei telah merangkum tabel kelebihan Advan Barca S4X dan kekurangan Advan Barca S4X.

Kelebihan Advan Barca S4X
  • Layar 4 inchi
  • Dual SIM Card
  • Chipset Spreadtrum SC7731
  • Prosesor Quad-core 1,2 Ghz
  • GPU Mali-400
  • RAM 1 GB
  • Dual kamera 5 MP dengan fitur olah fotografi modern
  • Memori internal 8 GB dan tersedia slot eksternal
  • Didukung software IDOS
  • Harga murah
Kekurangan Advan Barca S4X
  • Resolusi layar standar
  • Belum ada proteksi layar internal
  • Belum didukung dengan jaringan 4G LTE
  • Masih OS Android KitKat
  • Baterai berkapasitas minimalis

Harga Advan Barca S4X

Puas mengulik setiap sektor pada spesifikasinya, sekarang saatnya kita membahas mengenai harga Advan Barca S4X ini. Namun sebelum kita membahas kisaran harga dari smartphone ini, kita akan mereview singkat mengenai spesifikasi teknis yang sudah sama-sama kita bahas tadi. Untuk spesifikasinya sendiri, smartphone Advan seri Barca S4X kali ini hadir dengan layar berukuran 4 inci dan masih berjenis TFT LCD kapasitif. Resolusi layarnyapun terbilang standar, namun masih ideal untuk smartphone low-end. Lantas pada jeroan mesin dari Advan Barca S4X ini sudah didukung dengan chipset Spreadtrum SC7731 yang ditenagai oleh prosesor Quad-core ber-clockspeed 1,2 GHz. Kombinasi kedua komponen tersebut berpadu dengan RAM 1 GB sehingga untuk urusan performa masih bisa diandalkan. Keunggulan pada ruang dapur pacu inilah yang akan berpengaruh pada harga Advan Barca S4X di pasaran. Terakhir untuk sektor fotografi, smartphone ini telah disematkan duet kamera 5 MP depan belakang dengan fitur fotografi mumpuni, sehingga smartphone ini layak disebut sebagai smartphone selfie. So, dengan spesifikasi yang cukup baik itu, kira-kira berapa ya harga Advan Barca S4X ini di pasaran?

harga advan barca s4x

harga advan barca s4x terbaru

Seperti yang sudah Begawei singgung di atas tadi, untuk urusan harga memang smartphone ini bakal dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau oleh semua kalangan konsumen di Indonesia. Yup! Berdasarkan informasi yang berhasil kami himpun, harga Advan Barca S4X akan berkisar di angka sekitar Rp 799 ribuan saja. Wow, cukup murah bukan? Memang jika kita lihat nominal harga yang ditawarkan oleh Advan ini terhitung cukup menggiurkan. Apalagi jika kita komparasikan dengan fitur yang dibawa smartphone ini, jelas harganya sudah sangat ideal dan sesuai. Bicara soal kualitas, meskipun smartphone Advan Barca S4X ini diracik di dalam negeri dan memiliki biaya produksi yang murah, namun jangan anggap remeh. Karena menilik merk Advan,  konsumen penyuka merk ini juga sudah banyak di Indonesia. Mulai dari konsumen segmen tablet, hingga smartphone semua mengakui kualitas yang ditawarkan Advan. Dengan banderol harga Advan Barca S4X yang sangat terjangkau ini, Advan memang menunjukkan bahwa mereka tetap konsisten dalam menghadirkan deretan smartphone murah namun berkualitas. Memang, pada spesifikasi teknisnya masih ada beberapa kekurangan. Namun jika melihat harga Advan Barca S4X yang bahkan tak sampai Rp 1 juta ini, pastinya spesifikasi tersebut sudah sesuai dengan nominal harga yang ditawarkan.

Harga Advan Barca S4X
Sekitar Rp 799.000,-

Lagi-lagi ketika bicara soal kisaran harga Advan Barca S4X memang sangat kompetitif untuk konsumen Indonesia. Bahkan jika dibandingkan dengan vendor kompetitor yang merilis smartphone dengan spesifikasi yang hampir sama, bisa dipastikan soal harga Advan Barca S4X masih yang terbaik. Meskipun untuk beberapa spesifikasinya masih ada sedikit catatan, namun hal tersebut masih bisa tertutupi dengan banyaknya keunggulan dari smartphone buatan pabrikan lokal ini. Secara segmentasi, memang smartphone Advan Barca S4X ini lebih ditujukan pada konsumen kelas pemula, artinya konsumen yang ingin menjajal perangkat smartphone Android murah setelah sebelumnya terbiasa menggunakan feature phone. Bahkan yang istimewantya lagi, Advan mengklaim jika seri ponsel pintar terbarunya ini merupakan smartphone murah edisi pembuka. Sambil menunggu gebrakan Advan untuk tahun 2016 mendatang, apakah kawan Begawei tertarik untuk menebus harga Advan Barca S4X yang murah meriah ini? Baca juga ulasan Begawei mengenai Advan Barca i5A dan Advan i5.

Spesifikasi Advan Barca S4X

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA 2100
  • 4G bands
    -
  • Kecepatan
    HSPA 21.1/5.76 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Desember 2015
  • Status
    Dirilis, 28 December 2015
Desain
  • Dimensi
    -
  • Berat
    -
  • SIM
    Dual Sim
Layar
  • Tipe
    TFT LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    4.0 inches
  • Resolusi
    400 x 800 pixels
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android Kitkat 4.4 (IDOS)
  • Chipset
    Spreadtrum SC7731
  • CPU
    Quad Core 1.2 Ghz Cortex-A7
  • GPU
    -
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD up to 32 GB
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    5 MP, autofocus, LED flash,
  • Fitur
    Yes
  • Video
    720p@30fps
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0
  • GPS
    A-GPS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity, compass
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion
  • Daya
    1500 mAh

Produk Lainnya dari Advan

Top