Home » Produk » Acer Liquid Z530

Harga Acer Liquid Z530 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz

  • RAM
    1 GB, 2 GB

  • Kapasitas
    8 GB, 16 GB

  • Layar
    IPS LCD

  • Kamera
    8 MP

  • OS
    Android OS, v5.1

Spesifikasi dan Harga Acer Liquid Z530 – Sering merilis unit handset berbasis Windows bukan berarti Acer meninggalkan smartphone Android. Ya, setelah kemarin kita membahas dua unit Windows Phone terbaru dari Acer, pada kesempatan kali ini Begawei akan menyuguhkan unit ponsel baru lagi dari vendor smartphone asal Taiwan itu. Adalah Acer Liquid Z530 yang akan menjadi pembahasan baru kita pada kesempatan kali ini. Berbeda dengan dua seri Acer Liquid M yang merupakan handset berbasis Windows, Acer Liquid seri Z530 ini adalah merupakan smartphone berbasis Android. Kehadiran Acer Liquid Z530 ini sekaligus menunjukkan bahwa Acer masih tetap serius menggarap segmen perangkat Android di tengah persaingan yang semakin sengit. Sama seperti dua seri Windows Phone sebelumnya, kali ini Acer Liquid Z530 juga ditempatkan pada segmen low-end atau kelas menengah ke bawah. Jika kita berbicara mengenai smartphone kelas low-end, yang ada di pikiran kawan Begawei pastinya adalah smartphone berharga murah. Soal harga, Acer Liquid Z530 ini memang bisa dibilang murah, namun bukan berarti smartphone terbaru dari Acer ini juga memiliki kualitas yang ‘murahan’.

acer liquid z530

Menempati segmen menengah ke bawah tak membuat Acer membekali ponsel Android Acer Liquid Z530 ini dengan bekal yang seadanya. Dari bagian luar, sentuhan teknologi Acer dapat kita lihat dari penggunaan layar berukuran 5 inci yang menjadi andalan di bagian visualnya. Meski resolusi layarnya tak terlalu tinggi, namun kualitas visual Acer Liquid Z530 ini sudah cukup bagus. Masuk ke ruang kendali, ternyata Acer juga membekali produk smartphone terbarunya ini dengan komponen-komponen hardware yang cukup berkualitas. Pada bagian pusat kendali Acer Liquid Z530, Acer menyematkan chipset MediaTek MT6735 yang dikombinasikan dengan CPU Quad-core 1.3 GHz. Lalu, keistimewaan smartphone ini terletak di bagian memori internal dan juga RAM-nya. Kali ini, Acer menawarkan dua varian Acer Liquid Z530 yang masing-masing memiliki kapasitas memori dan juga RAM yang berbeda. Pada varian pertama, ‘paket’ yang tersedia adalah memori internal 8 GB dengan RAM 1 GB. Lalu, pilihan yang kedua adalah memori internal 16 GB dengan RAM  berkapasitas 2 GB. Dengan adanya dua pilihan tipe Acer Liquid Z530 ini pastinya akan memudahkan konsumen untuk menentukan tipe mana yang sesuai dengan kebutuhannya. Tak hanya itu saja, ternyata smartphone terbaru dari Acer ini masih memiliki keunggulan lainnya. Penasaran? Simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga Acer Liquid Z530 pada segmen-segmen berikut ini!

hp acer liquid z530

Review Acer Liquid Z530

Bodi Lebih Compact dengan Desain Sederhana namun Elegan

Apabila diperhatikan dari segi fisik, smartphone ini didesain dengan konsep yang sederhana namun tetap memperlihatkan aura elegan. Spesifikasi Acer Liquid Z530 pada bagian fisik juga semakin spesial dengan pilihan warna netral yang dipadukan dengan bentuk bodi compact sehingga membuatnya tampil lebih berkelas. Bentuk serta tata letak dari bodi Acer Liquid Z530 ini tetap mengusung ciri khas dari desain Acer sendiri. Dengan bentuknya yang membulat membuat smartphone Acer ini memiliki ciri khas tersendiri dari segi desainnya. Secara fisik, Acer Liquid Z530 memiliki ukuran tubuh sebesar 144 x 70,3 x 8,9 mm dan bobot mencapai 145 gram. Ukuran tubuh tersebut membuat smartphone ini sangat nyaman saat dioperasikan dalam genggaman. Kemudian, untuk bagian display visual, Acer Liquid Z530 dibekali dengan layar IPS LCD berukuran 5 inci yang memiliki resolusi sebesar 720 x 1280 pixels dengan kerapatan layar mencapai 294 ppi. Meski resolusinya rendah, namun tampilan visual pada smartphone ini tertolong oleh tingkat kerapatan layarnya yang cukup baik. Selain itu, luas layar Acer Liquid Z530 yang mencapai 5 inci akan memberikan tampilan visual yang lega kepada penggunanya. Sayangnya, spesifikasi Acer Liquid Z530 pada bagian layar ini belum dilengkapi dengan sistem prooteksi layar yang akan melindungi layarnya dari goresan.

Kinerja Optimal Andalkan CPU Quad-core 1.3 GHz

Dari sektor visual sudah, berikutnya kita akan membahas spesifikasi Acer Liquid Z530 di bagian dapur pacu. Membahas spesifikasi dapur pacu tentunya hal ini akan berhubungan dengan kualitas performanya. Ya, untuk ukuran smartphone kelas pemula, Acer Liquid Z530 ini memang memiliki performa yang cukup baik. Hal ini tak lepas dari penggunaan chipset MediaTek MT6735. Dalam rangkaian chip tersebut, tersematlah CPU Quad-coreyang memiliki clock-speed mencapai 1.3 GHz. Meski bukanlah prosesor kelas premium, namun kehadiran prosesor Quad-core itu sudah mampu meningkatkan kinerja olah data dari Acer Liquid Z530 ini. Untuk mendukung kinerja ruang mesinnya, Acer pun membekali smartphone barunya ini dengan RAM yang berkapasitas cukup besar. Seperti yang sudah Begawei sampaikan pada bagian awal tadi, kali ini Acer membagi Acer Liquid Z530 ke dalam dua varian. Pada varian yang pertama, kawan Begawei akan mendapatkan smartphone dengan kapasitas RAM mencapai 1 GB. Sedangkan pada tipe kedua, dibekali dengan RAM berkapasitas 2 GB. Jadi, kawan Begawei bisa menentukan sendiri tipe mana yang kamu pilih, tergantung kebutuhan. Yang jelas, semakin besar kapasitas RAM maka performa kerja juga akan semakin baik, terutama untuk aplikasi yang membutuhkan memori cukup besar. Selanjutnya, semua komponen hardware pada spesifikasi Acer Liquid Z530 di bagian mesin ini akan bekerja pada sistem operasi Android OS Lollipop v5.1 yang tentunya akan memberikan aneka fitur yang sangat menarik.

spesifikasi acer liquid z530

Kapasitas Memori Internal Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

Saatnya kita mengupas spesifikasi Acer Liquid Z530 di bagian ruang penyimpanan atau memorinya. Seperti halnya di sektor RAM tadi, kali ini Acer menghadirkan dua pilihan tipe dari Acer Liquid Z530 yang masing-masing memiliki kapasitas memori berbeda. Pada varian pertama, ‘paket’ yang tersedia adalah memori internal 8 GB dengan RAM 1 GB. Lalu, pilihan yang kedua adalah memori internal 16 GB dengan RAM  berkapasitas 2 GB. Selain berpengaruh kepada kemampuan penyimpanannya, kaapsitas memori internal dan juga RAM pada Acer Liquid Z530 ini juga akan berpengaruh kepada harganya. Semakin besar kapasitasnya, makan harganya juga akan lebih mahal. So, kawan Begawei harus pintar-pintar memilih tipe Acer Liquid Z530 mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Tak lupa pula, Acer pun juga melengkapi spesifikasi Acer Liquid Z530 di bagian memori ini dengan slot external memory yang berguna untuk menambah kapasitas memori internalnya.

Duet Kamera 8 MP Jadi Andalan di Sektor Fotografi

Berpindah ke sektor fotografi. Sektor fotografi pada spesifikasi Acer Liquid Z530 ini memiliki persamaan dengan Acer Liquid M330 yang juga memiliki kamera ganda berukuran sama. Lini fotografi pada Acer Liquid Z530 ini mengusung kamera utama beresolusi 8 MP yang bisa menghasilkan foto cukup baik walau kualitas kameranya tak sebagus ponsel Acer kelas premium lainnya. Kamera utama Acer Liquid Z530juga sudah dilengkapi dengan fitur Autofocus dan beberapa mode standar lainnya yang bisa menghasilkan foto berkualitas dan memuaskan. Selain itu, smartphone ini memiliki perangkat LED Flash yang akan membantu penggunanya pada saat mengambil foto dalam keadaan kurang cahaya. Lalu untuk kualitas perekaman video, Acer Liquid Z530 sanggup menghasilkan kualitas HD 1080p. Tentu ini adalah sebuah hasil perekaman yang baik dan akan memanjakan mata. Sedangkan untuk kamera depannya, lini fotografi pada Acer Liquid Z530 ditambahkan kamera sekunder yang juga berukuran 8 MP. Kamera sekunder yang terletak pada bagian depan itu pastinya akan memuaskan kawan Begawei penggemar foto selfie. Untuk keperluan video chat atau sejenisnya, kamera sekunder ini akan sangat pas karena kualitas dan ukurannya yang baik serta menghasilkan konsumsi data yang relatif kecil. Detail spesifikasi Acer Liquid Z530 pada lini fotografi memang sangatlah minimalis, tapi tetap fungsional dan berkualitas.

spesifikasi hp acer liquid z530

Koneksi Internet Maksimal Didukung oleh Jaringan 4G LTE

Berlanjut pada segi konektivitas, spesifikasi Acer Liquid Z530 ini sudah cukup mumpuni karena memiliki slot dual SIM. Keberadaan slot dual SIM Card ini pastinya akan semakin memudahkan komunikasi penggunanya. Untuk koneksi internet, kawan Begawei juga akan dimanjakan oleh teknologi GSM tercanggih yang ada pada Acer Liquid Z530 ini, yaitu teknologi jaringan data 4G LTE. Dengan adanya teknologi jaringan 4G LTE, smartphone ini mampu memenuhi keperluan download hingga kecepatan maksimal 150 Mbps, serta upload hingga kecematan 50 Mbps. Kecepatan akses Acer Liquid Z530 ini pastinya sudah bisa memberikan kepuasan saat berinternet ria. Untuk opsi lain, smartphone Acer seri Liquid Z530 juga memiliki pilihan jaringan alternatif lainnya, seperti jaringan 3G HSPA dan juga 2G EDGE yang dapat dimanfaatkan pada saat berada pada lokasi yang tidak tercakup oleh 4G LTE. Meskipun tidak sekuat 4G LTE, namun jaringan lain yang ada pada Acer Liquid Z530 ini masih bisa diandalkan untuk keperluan akses internet. Fitur-fitur jarak dekat juga disematkan untuk melengkapi smartphone ini. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah WiFi dan juga hotspot yang akan memberikan fasilitas berbagi internet kapanpun dan dimanapun. Kemudian ada juga fitur Bluetooth v4.0 A2DP yang pastinya juga akan membantu proses transfer data menjadi lebih cepat. Spesifikasi Acer Liquid Z530 pun juga sudah dilengkapi dengan slot microUSB V2.0 yang akan membantu melakukan debug USB ataupun bersinergi dengan perangkat lain. Sayangnya, untuk urusan navigasi smartphone ini hanya mengandalkan navigasi A-GPS saja.

Pasokan Daya Andalkan Baterai 2.420 mAh

Untuk segmen terakhir ini, kita akan membahas spesifikasi Acer Liquid Z530 pada bagian penyuplai dayanya. Jika kita kembali menengok spesifikasi layar hingga mesinnya, kita bisa menarik kesimpulan bahwa sebenarnya smartphone ini memiliki konsumsi daya yang tak terlalu besar. Hal ini karena Acer Liquid Z530 hanya dibekali dengan komponen hardware kelas menengah saja. Namun, agar kinerjanya tetap optimal, Acer pun membekali smartphone terbarunya ini dengan baterai berkapasitas cukup besar. Tercatat, kali ini Acer Liquid Z530 dibekali dengan baterai berkapasitas 2.420 mAh. Untuk ukuran smartphone kelas menengah bawah, kapasitas tersebut sudah cukup besar. Jika digunakan secara wajar, maka Acer Liquid Z530 ini bisa bertahan hidup selama seharian penuh. Namun jika kawan Begawei merupakan pengguna gadget yang sangat aktif, maka kami menyarankan untuk selalu menyiapkan pemasok daya cadangan atau power bank meski sebenarnya spesifikasi Acer Liquid Z530 ini sudah dibekali dengan baterai yang berkapasitas besar.

Kelebihan dan Kekurangan Acer Liquid Z530

Berbeda dengan seri Liquid M, kali ini Acer menghadirkan Acer Liquid Z530 dengan keunggulan di bagian sistem operasi OS Android Lollipop v5.1. Selain itu, ukuran layar pada smartphone ini juga cukup luas, mencapai 5 inci. Ponsel ini juga ditenagai oleh baterai berkapasitas 2420 mAh. Namun sayangnya, seperti kebanyakan smartphone kelas pemula lainnya, ponsel Acer yang satu ini juga belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar khusus. Nah berikut ini adalah tabel kelebihan Acer Liquid Z530 dan kekurangan Acer Liquid Z530:

Kelebihan Acer Liquid Z530
  • Layar 5 inci
  • Tingkat kerapatan layar cukup baik 294 ppi
  • OS Android Lollipop 5.1
  • CPU Quad-core 1.3 GHz
  • RAM 1 GB dan 2 GB
  • Chip MediaTek MT6735
  • Kamera 8 MP
  • Dual SIM Card
  • Jaringan data 4G LTE
  • Kapasitas memori bervariasi 8 GB dan 16 GB
  • Ada slot external memory
  • Baterai 2420 mAh
Kekurangan Acer Liquid Z530
  • Resolusi layar rendah
  • Belum ada proteksi layar
  • Baterai masih Lithium-Ion

Harga Acer Liquid Z530

Jika melihat spesifikasinya, kawan Begawei pasti sependapat  bahwa secara kualitas smartphone Android ini lebih baik dari dua seri Windows Phone sebelumnya. Lalu, apakah berarti juga bahwa harga Acer Liquid Z530 ini akan lebih mahal dari Acer Liquid M330 dan M320? Sebelum lebih jauh membahas kisaran harganya, seperti biasa kami akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai pembahasan spesifikasi di atas tadi. Seperti yang sudah Begawei sampaikan tadi bahwa kisaran harga Acer Liquid Z530 ini akan masuk pada level menengah bawah. Hadir dengan ukuran layar 5 inci, pastinya Acer Liquid Z530 ini akan memberikan kualitas visual yang lebih lega kepada penggunanya. Selain itu, keberadaan teknologi jaringan data 4G LTE pada smartphone ini juga menjadi kelebihan tersendiri karena bisa menghadirkan koneksi internet kencang. Jadi, meski kualitas kameranya hanya standar saja, namun hal itu tak akan berpengaruh banyak pada banderol harga Acer Liquid Z530 di pasaran.

harga acer liquid z530

harga acer liquid z530 terbaru

Hingga detik ini, Acer sendiri memang belum merilis harga Acer Liquid Z530 ini secara resmi. Namun dari berita yang santer beredar, bahwa harga jual Acer Liquid Z530 ini akan berkisar pada angka Rp 2 jutaan hingga Rp 2,5 jutaan. Hal ini memang bisa saja terjadi karena Acer sendiri menghadirkan dua pilihan tipe dari Acer Liquid Z530 ini. Harga termurah pastinya akan ditempati oleh varian Liquid Z530 yang mengusung ‘paket’ memori internal 8 GB dan RAM 1 GB. Sementara itu, untuk tipe kedua yang mengusung RAM 2 GB dan memori internal 16 GB tentunya akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Untuk pasar smartphone di Indonesia, sebenarnya harga Acer Liquid Z530 ini memang tergolong sangat terjangkau. Jika dibandingkan dengan para kompetitornya, harga jual Acer seri Liquid Z530 ini juga cukup kompetitif.

Harga Acer Liquid Z530
Sekitar Rp 2.000.000,- s/d Rp 2.500.000,-

Namun sekali lagi, perlu Begawei ingatkan bahwa kisaran harga Acer Liquid Z530 di atas merupakan harga perkiraan awal. Acer sendiri menurut rencana akan mulai menjual Acer Liquid Z530 ini pada pertengahan September 2015. Meski baru merupakan harga perkiraan, ada kemungkinan besar bahwa harga Acer Liquid Z530 memang akan berada pada level Rp 2 – 2,5 jutaan. Hal ini karena selain dari Acer, banyak unit smartphone lain yang memiliki spesifikasi setara dan dijual dengan harga yang hampir sama dengan harga Acer Liquid Z530 di atas tadi. Jadi, menurut Begawei, banderol harga yang dilepas oleh Acer nanti memang akan disesuaikan dengan kualitas yang di bawa oleh smartphone terbarunya ini. Baca juga ulasan lengkap Begawei mengenai Acer Liquid Z530S dan Acer Liquid Z220.

Spesifikasi Acer Liquid Z530

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (optional)
  • 3G bands
    HSDPA
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA, LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, September
  • Status
    Coming soon. Exp. release 2015, September
Desain
  • Dimensi
    144 x 70.3 x 8.9 mm (5.67 x 2.77 x 0.35 in)
  • Berat
    145 g (5.11 oz)
  • SIM
    Optional Dual SIM
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inches (~68.1% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Yes
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Mediatek MT6735
  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz
  • GPU
    -
  • RAM
    1 GB, 2 GB
Memori
  • Card slot
    microSD
  • Internal
    8 GB, 16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
  • Video
    Yes
  • Kamera Depan
    8 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Yes
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    To be confirmed
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Yes
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion battery
  • Daya
    2420 mAh

Produk Lainnya dari Acer

Top