Home » Produk » Acer Liquid Z320

Harga Acer Liquid Z320 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.1

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    IPS

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Android v5.1

Spesifikasi dan Harga Acer Liquid Z320 – Smartphone Acer seri Liquid Z masih memiliki varian baru lagi. Setelah kemarin kita membahas seri Liquid Z530 dam juga Liquid Z630, maka kali ini kita akan mengupas mengenai Acer Liquid Z320 yang merupakan seri terbaru dari keluarga Liquid Z. Jika Acer Liquid Z630 diplot untuk menempati pasar smartphone kelas menengah atas, maka kali ini seri Liquid Z320 akan menempati segmen low-end atau ponsel pintar kelas pemula. Kehadiran Acer Liquid Z320 ini juga sekaligus sebagai bukti bahwa Acer selalu total dalam menyediakan produk gadget berkualitas. Mulai dari seri smartphone kelas atas hingga ponsel level pemula, hampir semuanya dimiliki oleh perusahaan asal Taiwan itu. Ditempatkan sebagai smartphone kelas pemula, memang sedikit banyak akan mempengaruhi kualitas Acer Liquid Z320 ini. Namun, bukan Acer namanya jika tak mampu menjaga kualitas produknya sekalipun hanya merupakan produk gadget murah.

acer liquid z320

Berada pada segmen kelas menegah ke bawah bukan berarti membuat Acer menciptakan produk yang abal-abal. Acer Liquid Z320 ini adalah salah satu bukti bagaimana piawainya Acer dalam menciptakan smarthone Android yang berkualitas dengan materi serba minimalis. Mengusung layar yang lebih kecil dari Liquid Z630 dan juga Z530, Acer Liquid Z320 akan memiliki bodi yang mantap untuk digenggam. Jadi, kawan Begawei tak akan mengalami kesulitan saat ingin menelpon atau menulis SMS. Selain ukuran tubuhnya yang cukup compact, kualitas dapur pacu Acer Liquid Z320 ini juga bisa diandalkan. Pada produk terbarunya ini, Acer menggunakan jenis  chipset Snapdragon 210 yang diperkuat oleh CPU Quad-core 1.1 GHz. Selain itu, ada juga GPU Andreno 304 yang akan membantu meningkatkan kualitas grafis pada smartphone ini. Untuk lini fotografi, Acer Liquid Z320 dibekali dengan sepasang kamera berukuran 5 MP dan juga 2 MP. Meski ukuran kameranya cukup sederhana, namun keberadaan kamera tersebut sudah sangat membantu kebutuhan fotografinya. Nah untuk mengetahui kualitas smartphone ini secara lebih jelas, Begawei sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Acer Liquid Z320 pada segmen-segmen di bawah ini.

hp acer liquid z320

Review Acer Liquid Z320

Desain Bodi Sederhana dengan Dukungan Visual Layar 4.5 Inci

Sektor fisik merupakan bagian yang akan pertama kali dilihat saat seseorang hendak memilih gadget. Nah, spesifikasi Acer Liquid Z320 pada bagian fisik inilah yang mampu menarik perhatian konsumen. Lewat desain yang sederhana, smartphone ini mampu tampil dengan ciri khas namun tetap berkelas. Penampilan fisik Acer Liquid Z320 ini membuatnya tidak terlihat seperti smartphone kelas pemula. Dengan warna pure white, tampilan eksterior smartphone ini membuatnya terlihat semakin elegan. Secara fisik, Acer Liquid Z320 ini memiliki ukuran tubuh sebesar 136 x 66.5 x 9.6 mm dengan bobot mencapai 142 gram. Ukuran tersebut terhitung cukup mungil. Pada bagian visualnya, Acer membekali smartphone terbarunya ini dengan layar berukuran 4.5 inci yang memiliki resolusi sebesar 480 x 854 pixels serta tingkat kerapatan mencapai 218 ppi. Resolusi dan juga tingkat kerapatan layar pada Acer Liquid Z320 ini memang tergolong rendah. Hal ini akan membuat tampilan gambar pada smartphone ini tak akan terlalu tajam. Selain itu, spesifikasi Acer Liquid Z320 di bagian layar juga belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar sebagai perlindungannya.

Dapur Pacu Digawangi CPU Quad-core 1.1 GHz dan RAM 1 GB

Setelah kita ketahui dari sektor visual, kini saatnya kita  telisik secara detail bagian dalam dari spesifikasi Acer Liquid Z320 ini. Pada segmen ini, kita akan membedah perangkat apa saja yang terdapat di dalam smartphone ini. Tentunya hal ini akan berhubungan dengan performa dan juga kinerjanya. Untuk jenis smartphone kelas pemula ini, Acer Liquid Z320 telah dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210. Di dalam chipset tersebut telah ditanami dengan prosesor Quad-core 1.1 GHz Cortex-A7. Kehadiran perangkat-perangkat tersebut akan memberikan kinerja yang cukup bagus, namun sebatas operasional aplikasi-aplikasi yang tak terlalu berat saja. Kinera Acer Liquid Z320 di bagian dapur pacu pun juga didukung oleh kehadiran RAM berkapasitas 1 GB. Sementara itu, untuk spesifikasi Acer Liquid Z320 di bagian layar, Acer telah membekali produk barunya ini dengan kartu pengolah grafis atau GPU berjenis Andreno 304. Kehadiran GPU Andreno 304 ini akan membuat tampilan grafis smartphone ini menjadi lebih baik.

spesifikasi acer liquid z320

Memori Internal 8 GB Didukung Slot MicroSD Card

Sekarang kita masuk ke spesifikasi Acer Liquid Z320 di bagian ruang penyimpanan atau storage. Untuk memenuhi keperluan penyimpanan file penggunanya, kali ini Acer menanamkan memori internal seluas 8 GB pada Acer Liquid Z320 ini. Untuk smartphone kelas pemula, kapasitas memori internal itu sudah cukup besar. Keberadaan memori seluas 8 GB pada Acer Liquid Z320 ini akan memberikan ruang yang cukup besar agar kawan Begawei bisa menyimpan file-file penting dalam satu perangkat gadget saja. Selain itu, spesifikasi Acer Liquid Z320 pada bagian memori ini juga dilengkapi dengan slot external memory yang bisa ditambahi dengan kartu microSD untuk menambah kapasita memorinya. Memori eksternal ini bisa kawan Begawei gunakan untuk menyimpan file-file seperti foto, audio, video dan lain-lain.

Dual Kamera Cocok untuk Kelas Pemula

Untuk spesifikasi Acer Liquid Z320 pada bagian fotografi memang sesuai dengan segmentasinya. Sebagai kamera utama, Lenovo menyematkan kamera berukuran 5 MP yang memiliki resolusi lensa 2592 x 1944 pixels. Kamera utama Acer Liquid Z320 tersebut sudah dilengkapi dengan fitur Autofocus dan juga LED Flash. Fitur-fitur fotografi modern pun juga sudah disematkan pada ponsel ini, seperti misalnya fitur Geo-tagging dan juga Touch Focus yang bisa digunakan untuk melakukan pengambilan gambar dengan hasil yang lebih bagus. Selain bisa digunakan untuk menghasilkan jepretan foto yang bagus, kamera utama pada Acer Liquid Z320 ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas yang cukup baik. Perangkat terakhir yang melengkapi spesifikasi Acer Liquid Z320 di bagian kamera ini adalah kamera sekunder berukuran 2 MP yang pastinya bisa kawan Begawei gunakan untuk mengambil foto selfie atau melakukan video call.

spesifikasi hp acer liquid z320

Koneksi Internet Andalkan Jaringan 3G HSPA

Pada segmen ini, kita akan membahas spesifikasi Acer Liquid Z320 pada sektor konektivitasnya. Tak seperti smartphone generasi baru yang sudah mengusung teknologi jaringan 4G LTE, kali ini Acer masih membekali produk barunya ini dengan teknologi jaringan data 3G HSDPA. Meski Acer Liquid Z320 masih mengandalkan jaringan 3G, namun akses internetnya cukup bisa diandalkan. Untuk keperluan download, smartphone ini bisa dipacu hingga mencapai kecepatan maksimal 42.5 Mbps. Sementara untuk download, Acer Liquid Z320 ini bisa meraih kecepatan akses hingga mencapai 5.76 Mbps. Perangkat ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mendeteksi keberadaan suatu wilayah. Acer Liquid Z320 memang sudah dilengkapi dengan GPS yang memanfaatkan teknologi A-GPS. Teknologi tersebut satu step lebih baik daripada jenis GPS biasa sehingga navigasi akan berjalan dengan lebih akurat. Selain konektivitas data tersebut, spesifikasi Acer Liquid Z320 juga dilengkapi dengan Bluetooth A2DP dan juga fitur microUSB v2.0. guna mendukung keperluan transfer data jarak dekat secara nirkabel.

Baterai Berkapasitas Standar 2.000 mAh
separator

Terakhir, kita akan menilik spesifikasi Acer Liquid Z320 pada sektor pemasok dayanya. Sesuai dengan dapur pacunya yang masuk dalam kategori mesin kelas menengah ke bawah, maka Acer Liquid Z320 kali ini juga dibekali dengan kapasitas baterai yang seimbang dengan dapur pacunya. Pada ponsel pintar terbarunya ini, Lenovo menanamkan baterai jenis Lithium-Ion berkapasitas 2.000 mAh. Jika melihat spesifikasi di sektor lainnya, sebenarnya kapasitas baterai 2.000 mAh ini sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan daya Acer Liquid Z320 selama seharian penuh, namun dengan catatan penggunaan normal. Jika penggunaannya over, kami menyarankan agar kawan Begawei selalu menyiapkan power bank meski sebenarnya spesifikasi Acer Liquid Z320 sudah dibekali dengan baterai berakapasitas cukup besar.

Kelebihan dan Kekurangan Acer Liquid Z320

Salah satu keunggulan yang dikedepankan oleh Acer Liquid Z320 ini adalah konektivitas dual SIM yang dimilikinya. Meski belum mengusung teknologi jaringan data 4G LTE, namun dengan ketersediaan slot dua SIM Card pastinya akan memudahkan komunikasi penggunanya. Selain itu smartphone ini juga memiliki ukuran layar yang luas, mencapai 4.5 inci. Hal ini pasti akan memberikan tampilan visual yang lega. Namun sayangnya, seperti kebanyakan ponsel kelas pemula lainnya, smartphone terbaru dari Acer ini hanya memiliki kualitas visual yang standar. Nah, untuk gambaran jelasnya, berikut ini adalah tabel kelebihan Acer Liquid Z320 dan kekurangan Acer Liquid Z320:

Kelebihan Acer Liquid Z320
  • Layar 4.5 inci
  • Dual SIM
  • OS Android Lollipop
  • Chip Snapdragon 210
  • CPU Quad-core 1.1 GHz
  • RAM 1 GB
  • Dilengkapi dengan slot external memory
  • Memori internal 8 GB
  • Kamera depan 2 MP
  • Baterai kapasitas 2.000 mAh
Kekurangan Acer Liquid Z320
  • Resolusi layar rendah
  • Belum ada proteksi layar
  • Baterai masih Lithium-Ion
  • Belum menggunakan jaringan 4G LTE

Harga Acer Liquid Z320

Apabila melihat dari spesifikasinya, sebenarnya kita sudah bisa menebak bahwa banderol harga Acer Liquid Z320 ini akan berada pada level harga yang terkangkau. Hal ini karena spesifikasi yang ditanamkan pada smartphone ini merupakan komponen-komponen hardware kelas pemula. Namun, sebelum kita membahas kisaran harga Acer Liquid Z320 lebih jauh, Begawei akan memberikan sedikit kesimpulan dari pembahasan spesifikasi tadi. Secara kualitas, smartphone ini memang tak terlalu istimewa. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan prosesor Quad-core 1.1 GHz pada bagian mesin Acer Liquid Z320 ini. Meski kinerjanya tak bisa responsif seperti smartphone premium, namun kehadiran RAM berkapasitas 1 GB sudah cukup untuk membantu meningkatkan performanya. Selain itu, kisaran harga Acer Liquid Z320 ini pun juga ditolong oleh adanya kapasitas baterai yang cukup besar, yakni 2.000 mAh.

harga acer liquid z320

harga acer liquid z320 terbaru

Hingga detik ini, Acer sendiri memang belum mengumumkan harga Acer Liquid Z320 secara resmi. Namun jika melihat spesifikasi yang dibawanya, ada kemungkinan bahwa Acer Liquid Z320 ini akan dibenderol dengan harga sekitar Rp 1 – 2 jutaan. Range harga itu kami hitung berdasarkan kualitas spesifikasi yang ada di dalam smartphone ini. Untuk smartphone kelas pemula, sebenarnya banderol harga Acer Liquid Z320 yang menurut prediksi akan berada pada level Rp 1 hingga 2 jutaan memang sudah pas dengan spesifikasinya. Apalagi, smartphone ini belum menggunakan teknologi jaringan data 4G LTE. Harga Acer Liquid Z320 ini pun juga sangat kompetitif jika dibandingkan dengan harga produk lain, baik itu yang masih satu vendor Acer ataupun berbeda vendor, seperti Lenovo S580 atau smartphone lansiran Xiaomi.

Harga Acer Liquid Z320
Sekitar Rp 1.000.000,- s/d Rp 2.000.000

Namun sekali lagi, nominal harga Acer Liquid Z320 di atas merupakan harga prediksi awal. Ada kemungkinan harga tersebut masih bisa berubah, meski tak akan terlalu signifikan. Sebagai produk smartphone kelas menengah atas dengan harga yang cukup mahal, mungkin konsumen tak melirik produk baru Acer ini. Hal ini memang karena Acer Liquid Z320 memiliki beberapa catatan minus di sektor-sektor yang sangat penting. Seperti misalnya pada sektor konektivitas dan juga layarnya. Namun, bagi kamu yang merupakan pengguna gadget pemula, banderol harga Acer Liquid Z320 ini tentunya bisa menjadi pilihan yang menarik. Atau, kalau kawan Begawei sedang mencari gadget Android namun dengan dana pas-pasan, maka kisaran harga Acer Liquid Z320 ini juga bisa menjadi opsi yang bagus. Baca juga ulasan Begawei mengenai Acer Liquid Z330 dan Acer Liquid Z530.

Spesifikasi Acer Liquid Z320

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (optional)
  • 3G bands
    HSDPA
  • 4G bands
    -
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, September
  • Status
    Coming soon. Exp. release 2015, September
Desain
  • Dimensi
    136 x 66.5 x 9.6 mm (5.35 x 2.62 x 0.38 in)
  • Berat
    142 g (5.01 oz)
  • SIM
    Optional Dual SIM
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    4.5 inches (~61.7% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    480 x 854 pixels (~218 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210
  • CPU
    Quad-core 1.1 GHz Cortex-A7
  • GPU
    Adreno 304
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Yes
  • Video
    Yes
  • Kamera Depan
    2 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Yes
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    To be confirmed
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Yes
  • Pesan
    SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Browser
    HTML
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion
  • Daya
    2000 mAh

Produk Lainnya dari Acer

  • Ody HiRui NaKi

    skrg harganya kisaran 800-900.000, ane habis beli 900.000

Top