Harga Vivo Y20 dan Spesifikasi

Vivo Y20
Harga Vivo Y20 dan Spesifikasi -

Hadapi persaingan yang ketat, Vivo sebaga produsen ponsel ternama dengan segala teknologi dan pengembangan yang dilakukannya masih terus melakukan gebrakan baru. Salah satunya dengan merilis ponsel cerdas terbaru di beberapa segmen.

Vivo sendiri yang tak lain merupakan saudara dari produsen Oppo memang dikenal selalu menelurkan smartphone yang menyasar pada berbagai segmen, mulai dari kelas pemua, mid-range, menengah, hingga level flagship. Semuanya sama-sama dibangun dengan spesifikasi dan fitur handal sesuai segmentasinya.

Nah, mengenai produk terbaru, pada akhir Agustus 2020 dikabarkan bahwa pabrikan smartphone asal Tiongkok tersebut telah melakukan debut perdana untuk perilisan ponsel terbaru garapannya, yaitu Vivo Y20 dan Y20i di India.

Namun, beberapa waktu lalu pada akhir bulan Agustus 2020, Vivo Y20 kabarnya sudah mendapat sertifikasi dari otoritas Indonesia. Sehingga, tak lama lagi ponsel ini bakal segera rilis di pasar Indonesia.

Di satu sisi,  dalam soal spesifikasinya sendiri, baik Vivo Y20 maupun Y20i memiliki sejumlah komponen dan fitur yang identik atau banyak kesamaan. Hanya saja, letak perbedaannya ada pada bekalan RAM, kecepatan pengisian daya baterai, dan pilihan warna.

Tetapi, meski kedua ponsel itu dirilis bersama, namun dalam topik ini Begawei akan membahas satu varian saja, yaitu Vivo Y20.

Untuk lebih lengkap dan detail, berikut ini Begawei sajikan informasi mengenai spesifikasi dan harga Vivo Y20 yang bisa Anda jadikan informasi untuk dipertimbangkan.

  • Harga Vivo Y20 CPU: Octa Core (Snapdragon 460)
  • Harga Vivo Y20 Terbaru RAM: 4 GB
  • Spesifikasi Vivo Y20 Layar: 6.51 inci
  • Spek Vivo Y20 Kamera: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Review Vivo Y20 Memori: 64 GB

Harga Vivo Y20

Rumor harga Vivo Y20 di Indonesia adalah sekitar Rp 2.000.000,-

  • Vivo Y20 RAM 4GB/ROM 64GB

    • Harga Online: - - -
    • Harga Offline: - - -
    • Harga Bekas: - - -
Note:
  • - Harga Vivo Y20 diatas untuk rumor bulan September 2020
  • - Harga akurat dapat mengunjungi marketplace/toko terkait

Spesifikasi Vivo Y20

Ringkasan: Spesifikasi Vivo Y20 di sektor mesin dibekali CPU Octa Core (Snapdragon 460) dengan kekuatan RAM sebesar 4 GB. Spek Vivo Y20 memiliki layar berukuran 6.51 inci serta kamera belakang dengan resolusi 13 MP + 2 MP + 2 MP. Untuk bagian memori, HP Samsung ini mengandalkan memori sebesar 64 GB.

Gambar Vivo Y20

  • Vivo Y20
  • Hp Vivo Y20
  • Spesifikasi Vivo Y20
  • Spek Vivo Y20
  • Harga Vivo Y20
  • Harga Vivo Y20 Terbaru

Review Vivo Y20

Desain Vivo Y20

Spesifikasi Vivo Y20

Di babak pertama pada ulasan pembahasan mengenai spesifikasi Vivo Y20 kali ini, Begawei sendiri akan memulai review pada sisi bodi fisiknya.

Dimana, secara keseluruhan, bentuk bodi dari smartphone buatan Vivo ini memang tampak begitu anggun dan berkesan modern.

Hal itu tak lepas dari konsepnya sendiri yang mana Vivo Y20 dirancang dengan gaya desain futuristik yang sangat khas seperti perangkat flagship premium.

Sementara itu, dimensinya pun cukup ideal dan terbilang ringan karena terbuat dari bahan plastik. Dimana, untuk ukuran bodi pada spek Vivo Y20 ini memiliki rancangan bodi 164.4 x 76.3 x 8.4 mm dan berbobot 192.3 gram.

Dari segi tampilan bodi pun juga terlihat begitu modern dan sangat apik. Mulai dari belakang, terlihat sentuhan warna unik dan elegan dengan pilihan warna Obsidian Black dan Dawn White pun turut menghiasi ponsel ini.

Bersamaan dengan itu, bodi belakang pada Vivo Y20 ini pun juga tampak disematkan modul kamera belakang dengan penempatan di sisi kiri atas secara vertikal sehingga memberikan kesan yang lebih kekinian.

Nah, beralih pada bagian depan, tak bisa dipungkiri bahwa Vivo telah menerapkan mekanisme layar sentuh kapasitif tipe IPS LCD yang mana sudah dilengkapi poni bergaya water-drop sebagai wadah kamera depan dengan penempatan begitu anggun.

Di sisi lain, ukuran layarnya pun cukup luas dengan lebar 6.51 inci dan memiliki tingkat rasio layar ke bodi sebesar 81.6%. Sehingga, cukup membuat penampilan sisi depannya terlihat dipenuhi layar yang akan berpengaruh pada kenyamanan pengguna ketika menggunakan ponsel ini.

Sementara itu, untuk resolusi pada Vivo Y20 ini diklaim memiliki tingkat ketajaman HD+ 720 x 1600 piksel berkerapatan 270 ppi. Sehingga, akan membuat performanya visualnya pun menjadi semakin jernih dan tajam.

Hanya saja, tidak ada pelindung layar bawaan pada ponsel Vivo Y20 ini sehingga disarankan untuk memasang pelindung screen guard secara manual.

Hardware & Software Vivo Y20

Harga Vivo Y20

Beranjak pada segmen lain, ulasan mengenai spesifikasi Vivo Y20 akan menyentuh bagian dapur pacu yang terdiri dari berbagai komponen hardware dan software.

Dimana, dalam soal hardware, Vivo telah menerapkan beberapa komponen cukup handal untuk menunjang kinerja sistem ponsel agar mampu beroperasi secara seimbang dan sesuai segmentasi pasarnya.

Salah satunya yakni penggunaan chipset Snapdragon 460 garapan Qualcomm. Penggunaan chip pada Vivo Y20 ini agaknya memang dirasa sudah sangat cocok untuk menunjang kinerja sistem

Yang mana, hal itu tak lepas dari kelebihannya yang memiliki kinerja sistem 2x lebih cepat ketimbang Snadragon 450.

Chip pada spek Vivo Y20 ini diketahui dibangun dengan fabrikasi 11 Nm dengan dukungan prosesor handal yang memiliki 8 inti core berupa Kryo 240 core berkecepatan hingga 1.8 GHz.

Sehingga, dengan kombinasi tersebut maka smartphone garapan Vivo ini diklaim bakal mampu memberikan peningkatan kinerja sebesar 70% jauh lebih gahar dan cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Di samping soal itu, pada sisi ruang pacu dari Vivo Y20 ini juga turut didukung RAM 4 GB yang siap menjamin kecepatan sistem multitasking secara lebih responsif.

Bersamaan dengan itu, memori internal 64 GB yang bisa diperluas dengan micro SDXC pun turut dihadirkan untuk menjamin kebutuhan ruang penyimpanannya.

Nah, tak lupa pula bahwa Vivo Y20 pun juga sudah dibekali dengan kartu grafis GPU Adreno 610 yang didukung Vulkan 1. untuk memaksimalkan olah grafis secara lebih sempurna dan jauh lebih realistis dalam menampilkan visualisasi gambarnya.

Nah, yang terakhir bahwa tak lupa pula bahwa pada Vivo Y20 ini turut disokong oleh sistem operasi OS Android 10 dengan user interface 10.5 yang dinilai cukup pas dan bersahabat dalam menunjang sistem antarmuka.

Kamera Vivo Y20

Harga Vivo Y20 Terbaru

Di samping itu, dalam sistem kamera sendiri, pada spesifikasi Vivo Y20 ini pun juga sudah dibekali dengan mekanisme kamera handal untuk menunjang aktivitas fotografi.

Mengenai soal fotografi, memang Vivo menjadi salah satu produsen yang mengedepankan sisi kamera sebagai teknologi andalannya. So, tak heran jika smartphone Y20 ini akan mendapat sistem kamera canggih nan handal.

Dimana, pada kamera dari spek Vivo Y20 tersebut bakal disokong oleh triple kamera belakang dengan kemampuan resolusi 13 MP (wide), 2 MP (lensa makro), dan 2 MP (sensor kedalaman).

Ketiga lensa kamera tersebut akan didukung pula dengan fitur LED Flash dan HDR sebagai penunjang kualitas pemotretan yang lebih atraktif dan tak mengecewakan.

Di samping itu, untuk soal rekam videonya sendiri, kamera pada Vivo Y20 ini juga terbilang handal. Karena, meski belum mencapai kualitas 4K namun kamera utama pada ponsel ini mampu membidik rekam video 1080p.

Sementara itu di lain sisi, tak ketinggalan pula bahwa kamera depan dari smartphone Vivo Y20 ini juga terbilang standar dengan resolusi 8 MP yang cukup mumpuni untuk memberikan kualitas foto selfie yang cukup tajam dan jernih.

Hanya saja, pada sektor kamera pada ponsel buatan Vivo ini masih belum dilengkapi dengan sistem stabiliser gimbal gyro-EIS sebagaimana ponsel premium.

So, tak heran jika hal ini bisa menjadi salah satu kekurangan dari Vivo Y20. Meski demikian, secara keseluruhan, sistem kamera yang dibawa ponsel ini cukup mumpuni sesuai kebutuhan.

Konektivitas Vivo Y20

Salah satu segmen yang bakal turut menjadi pertimbangan dari spesifikasi Vivo Y20 ini adalah mengenai konektivitasnya.

Pasalnya, konektivitas di sini sangat berperan dalam menunjang segala aktivitas pengguna. Seperti soal aktivitas pengguna di dunia maya.

Maka, untuk menunjang hal tersebut, pada spek Vivo Y20 ini sudah mendukung jaringan 4G. Walaupun belum 5G namun akses internet yang diberikan bakal cukup mumpuni dan mampu menjamin kebutuhan saat berselancar di duna maya.

Tak hanya itu, sistem navigasinya pun cukup kompleks dengan menggunakan sistem A-GPS, GLONASS, dan BDS yang terbilang sudah sangat handal dan akurat dalam menjamin performa penentuan akses atau titik lokasi.

Di lain sisi, pada Vivo Y20 ini juga sudah disokong oleh sistem konektivitas untuk menunjang kemudahan dalam mentransfer data antar perangkat. Antara lain yaitu Bluetooth 5.0, micro USB, dan USB On The Go.

Sedangkan, dalam soal lain, tak ketinggalan lubang audio jack 3.5mm masih turut disertakan sebagai lubang kabel headset.

Jadi, dalam hal ini sistem konektivitas yang diusung oleh Vivo Y20 terbilang sudah cukup lengkap dan fungsional.

Baterai Vivo Y20

Hp Vivo Y20

Melangkah pada bagian lain, kini waktunya kita menelaah sektor baterai yang diusung oleh spesifikasi Vivo Y20. Karena, sektor baterai di sini berperan penting dalam menjaga kebutuhan daya dari tiap komponen.

Maka dari itu, Vivo telah menerapkan mekanisme baterai yang cukup handal untuk menjamin kebutuhan daya. Salah satunya dengan penggunaan tipe baterai terkini.

Yakni penggunaan baterai model Li-Po yang dinilai lebih efisien dan efektif dalam menjamin suplai daya ke tiap komponen dalam ponsel yang diusung spek Vivo Y20 tersebut.

Nah, selain daripada itu, tak lupa juga bahwa dalam baterai dari Vivo Y20 ini menyimpan daya kapasitas sebesar 5000 mAh yang mana terbilang sudah sangat ideal dan pas untuk menjaga asupan power selama 12 jam lebih.

Bahkan, guna mempercepat pengisian daya maka pada smartphone pemula buatan Vivo ini sudah dilengkapi sistem pengisian daya cepat 18W.

Sehingga, hal tersebut bisa menjadi kelebihan tersendiri bagi Vivo Y20 dalam bersaing di level pemula, khususnya dari sektor baterainya.

Kelebihan Vivo Y20

  • Jaringan 4G LTE-A
  • Pemindai sidik jari di sisi samping bodi
  • Pilihan warna modern dan elegan
  • Desain bodi sangat modern
  • Layar luas dengan ukuran 6.51 inci
  • Dilengkapi poni water-drop pada bagian layar untuk kamera depan
  • Triple kamera dengan resolusi 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Dibekali fitur navigasi A-GPS, GLONASS, dan BDS
  • Baterai sudah dilengkapi fitur pengisian daya cepat 18W

Kekurangan Vivo Y20

  • Akses internet belum 5G
  • Rangka bodi masih berbahan plastik, belum aluminium
  • Belum dilengkapi sistem gimbal gyro-EIS pada kamera

Harga Vivo Y20 Terbaru

  • Tipe
  • Harga
  • Harga Vivo Y20 RAM 4GB/ROM 64GB
  • - - -

Selanjutnya, untuk melengkapi review smartphone kali ini, Begawei akan mengulas sisi harga Vivo Y20 terbaru. Dimana, topik mengenai harga di sini tentu bakal menjadi segmen yang dipertimbangkan konsumen.

Sebelumnya perlu diketahui kembali, smartphone Vivo terbaru yang satu ini adalah model perangkat kelas pemula yang membawa desain modern dan layar visual handal dengan luas 6.51 inci IPS LCD.

Tak hanya itu, performa dapur pacunya cukup handal berkat bekalan chipset Snapdragon 460 Octa Core dan RAM 4 GB yang siap menjamin kecepatan kinerja sistem secara lebih agresif.

Bahkan, tak lupa juga triple kamera belakang 13 MP + 2 MP + 2 MP dan satu kamera depan 8 MP pun turut hadir untuk menunjang fotografi. Nah, dari segala kelebihannya tersebut, kira-kira berapa ya kisaran harga Vivo Y20 ini?

Berdasarkan informasi yang beredar, Begawei mendapatkan kabar bahwa harga Vivo Y20 ini punya banderol senilai 150 EUR. Atau, jika dirupiahkan setara Rp 2.6 jutaan. Sangat terjangkau bukan?

Sudah jelas, nominal harga Vivo Y20 yang Begawei sebutkan di atas agaknya sudah sesuai dengan segmentasinya sebagai ponsel entry level atau pemula. Sehingga, bisa dijadikan alternatif bagi para calon pembeli, khususnya di level pemula.

Nah, bagaimana kawan? Sudah tertarik untuk membeli ponsel ini? Semoga saja, review lengkap mengenai spesifikasi, fitur, dan harga dari Vivo Y20 tersebut bisa jadi informasi yang memberikan manfaat untuk kawan-kawan semua.

Umum
  • Jenis Perangkat
  • Smartphone
  • Diumumkan
  • 26 Agustus 2020
  • Status
  • Dirilis 28 Agustus 2020
Desain
  • Dimensi
  • 164.4 x 76.3 x 8.4 mm
  • Berat
  • 192.3 gram
  • Bahan
  • Rangka bodi berbahan plastik
  • Warna
  • Obsidian Black, Dawn White
Layar
  • Tipe Layar
  • Layar sentuh kapasitif IPS LCD
  • Ukuran
  • 6.51 inci
  • Resolusi
  • 720 x 1600 piksel, rasio 20:9
  • Warna Layar
  • 16 juta
  • Kerapatan Layar
  • 270 ppi
  • Layar Sentuh
Software
  • Sistem Operasi
  • OS Android 10.0
  • 2G Network
  • Funtouch 10.5
  • Java
Hardware
  • Chipset
  • Qualcomm SM4250 Snapdragon 460 (11 nm)
  • CPU
  • Octa-core (4x1.8 GHz Kryo 240 & 4x1.6 GHz Kryo 240)
  • GPU
  • Adreno 610
  • RAM
  • 4 GB
  • Memori Internal
  • 64 GB
  • Memori Eksternal
  • MicroSDXC
  • Sensor
  • Sidik jari (dipasang di samping), akselerometer, jarak
Kamera Belakang
  • Resolusi
  • 13 MP, f / 1.8, (lebar), PDAF
    2 MP, f / 2.4, (makro)
    2 MP, f / 2.4, (kedalaman)
  • Flash
  • LED flash
  • Fitur Kamera
  • HDR
  • Video
  • 1080p@30fps
Kamera Depan
  • Resolusi
  • 8 MP (wide)
  • Video
  • 1080p@30fps
Suara
  • Pengeras Suara
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • Wi-fi
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct,
  • Wi-fi Hotspot
  • Bluetooth
  • 5.0, A2DP, LE
  • GPS
  • Ya, dengan A-GPS, GLONASS, dan BDS
  • NFC
  • Tidak ada
  • USB
  • microUSB 2.0, USB On-The-Go
Jaringan
  • Teknologi
  • GSM / HSPA / LTE
  • 2G Network
  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G Network
  • HSDPA 850 / 900 / 2100
  • 4G Network
  • 1, 3, 5, 7, 8, 38, 40, 41
  • Kecepatan
  • HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A
  • Jenis Kartu SIM
  • Nano SIM
  • Dual SIM
Baterai
  • Tipe Layar
  • Li-Poly (Lithium Polymer)
  • Dapat Dilepas
  • Kapasitas
  • 5000 mAh
  • Kerapatan Layar
  • 270 ppi
  • Dibekali dengan sistem pengisian cepat 18W

Gawai Lainnya

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top