Harga Vivo Y12s dan Spesifikasi

Vivo Y12s
Harga Vivo Y12s dan Spesifikasi -

HP Android entry level agaknya memang menjadi perangkat yang banyak digemari oleh konsumen, termasuk di kalangan para pengguna gadget Indonesia.

Harganya yang terjangkau dan fitur-fiturnya yang cukup fungsional membuat ponsel berbasis Android untuk pemula ini kian laris di pasaran.

Kondisi tersebut tentu memicu banyak produsen gadget untuk terus mengembangkan perangkat garapannya, khususnya di level pemula. Dimana, kini sudah banyak sekali smartphone kelas entry yang bermunculan dengan dukungan teknologi yang tak kalah saing.

Salah satu yang rajin menelurkan ponsel pemula adalah Vivo. Bahkan, beberapa produknya mulai banyak diminati oleh kalangan masyarakat global, tak terkecuali di Tanah Air.

Menginjak akhir tahun 2020, produsen asal Cina tersebut juga dikabarkan bakal merilis satu smartphone pemula yang membawa nama Vivo Y12s.

Dimana, perangkat ini akan menjadi salah satu varian dari Y12 Series untuk menyasar segmen kelas entry dengan bekalan kelebihan dan fitur yang cukup mumpuni.

Kehadirannya baru diumumkan di Hongkok pada 16 November 2020. Hanya saja, belum ada informasi terbaru kapan ponsel ini masuk ke pasaran global.

Meski begitu, informasi soal spesifikasi dan harga Vivo Y12s ini sudah tersebar di berbagai media. Mau tahu lebih lengkapnya? Yapz, Begawei akan menguraikan review produk ini dalam beberapa segmen berikut.

  • Harga Vivo Y12s CPU: Octa Core (Helio P35)
  • Harga Vivo Y12s Terbaru RAM: 3/4 GB
  • Spesifikasi Vivo Y12s Layar: 6.51 inci
  • Spek Vivo Y12s Kamera: 13 MP + 2 MP
  • Review Vivo Y12s Memori: 32 GB

Harga Vivo Y12s

Rumor harga Vivo Y12s di Indonesia adalah sekitar Rp 2.000.000,-

  • Vivo Y12s RAM 3GB/ROM 32GB

    • Harga Online: - - -
    • Harga Offline: - - -
    • Harga Bekas: - - -
  • Vivo Y12s RAM 4GB/ROM 32GB

    • Harga Online: - - -
    • Harga Offline: - - -
    • Harga Bekas: - - -
Note:
  • - Harga Vivo Y12s diatas untuk rumor bulan Desember 2020
  • - Harga akurat dapat mengunjungi marketplace/toko terkait

Spesifikasi Vivo Y12s

Ringkasan: Spesifikasi Vivo Y12s di sektor mesin dibekali CPU Octa Core (Helio P35) dengan kekuatan RAM sebesar 3/4 GB. Spek Vivo Y12s memiliki layar berukuran 6.51 inci serta kamera belakang dengan resolusi 13 MP + 2 MP. Untuk bagian memori, HP Samsung ini mengandalkan memori sebesar 32 GB.

Gambar Vivo Y12s

  • Vivo Y12s
  • Hp Vivo Y12s
  • Spesifikasi Vivo Y12s
  • Spek Vivo Y12s
  • Harga Vivo Y12s
  • Harga Vivo Y12s Terbaru

Review Vivo Y12s

Desain Vivo Y12s

Spesifikasi Vivo Y12s

Pertama-tama, mengulas soal spesifikasi Vivo Y12s kali ini, Begawei akan menguraikan review terkait tampilan bodi dan layar yang diusung ponsel ini.

Bila mengacu atas gambar yang menampilkan gadget ini, terlihat cukup kentara bagaimana Vivo merancang ponsel cerdas tersebut dengan membawa konsep yang sangat lekat akan smartphone modern.

Pasalnya, secara dimensional, bodi pada spek Vivo Y12s ini dibuat dengan rangka berbahan aluminium dan memiliki struktur berukuran 164.4 x 76.3 x 8.4 mm serta memiliki bobot mencapai 191 gram.

Sehingga, membuat penampilannya semakin terlihat ideal dan pas dalam genggaman tangan.

Sementara itu, di sisi belakangnya, Vivo Y12s tampak dilapisi pewarnaan mengkilap dengan pilihan Gracier Blue dan Phantom Black.

Sentuhan warna tersebut membuat tampilan bodinya semakin terkesan mewah dan menawan. Apalagi, dengan modul kamera dua lensa kamera belakang disusun secara vertikal dan rapi yang membuatnya tampak pas.

Kemudian, pada bagian depannya, Vivo Y12s dirancang dengan modul layar penuh seluas 6.51 inci dan sudah menggunakan panel IPS LCD.

Dengan begitu maka penampilan depannya juga mampu memberikan pengaruh pada visualisasinya yang memiliki kesan futuristik.

Bahkan, ada juga satu poni di bagian atas pada bagian layarnya yang mana sebagai media atau wadah kamera depannya. Posisi penempatannya sangat anggun sekali sehingga memberikan jaminan akan foto selfie yang lebih mudah dan presisi.

Tak lupa bahwa pada layar pada Vivo Y12s ini memiliki kemampuan resolusi setajam 720 x 1600 piksel guna memberikan penampilan gambar HD yang cukup mampu memberikan kualitas visual secara lebih jernih.

Hanya saja, belum ada pelindung layar pada bagian layarnya sehingga disarankan untuk memasang screen guard secara manual pada bagian layarnya guna melindunginya dari goresan benda tajam.

Hardware & Software Vivo Y12s

Harga Vivo Y12s

Selain tampilan, hardware dan software pada spesifikasi Vivo Y12s ini pun juga turut menunjang nilai plus, terutama di segmen kinerja dan performanya.

Dimana, hal itu tak lepas dari susunan komponen sistem operasi yang saling terintergasi satu sama lain sehingga menghasilkan kinerja yang begitu terkonsolidasi dengan baik.

Pertama, komponen yang diusung oleh spek Vivo Y12s ini adalah chipsetnya. Vivo telah mengandalkan chip dari Mediatek, yakni Helio P35.

Keunggulan dari chip ini terletak pada teknis kinerjanya yang lebih terintegrasi dan konsumsi baterai lebih irit. Ini dikarenakan chipset tersebut punya pabrikasi 12 nm.

Bahkan, chip ini diklaim setara dengan Snapdragon 625 yang umumnya digunakan oleh ponsel kelas menengah. Sehingga, dipastikan performa sistem yang ditawarkan ponsel Vivo Y12s tersebut bakal sanggup memberikan akses yang lebih gahar.

Lalu, sistem prosesornya sendiri juga memiliki kemampuan handal dengan sistem Octa Core berkecepatan maksimal hingga 2.35 GHz Cortex A-53 dan memiliki kemampuan mode hemat daya 1.8 GHz Cortex-A53.

Didukung juga RAM 3/4 GB yang dinilai sudah cukup mampu memberikan efek kecepatan multitasking pada setiap program yang dijalankan.

Bersamaan dengan itu, Vivo Y12s menawarkan satu varian memori internal 32 GB yang dirasa sudah cuku ideal untuk menampung file. Bahkan, bisa diekspansi via micro SDXC untuk membuat ruang simpannya menjadi lebih luas.

Di sisi lain, Vivo pun juga membenamkan GPU PowerVR GE8320 yang memiliki kemampuan olah grafik secara spontan. Artinya, kecepatan dalam merender grafis pada ponsel ini akan sangat mendukung tampilan gambar HD secara lebih jernih.

Untuk sistem operasinya, Vivo Y12s menggunakan OS Android 10 disertai user interface Funtouch 11 untuk menghasilkan tampilan menu yang user firendly.

Kamera Vivo Y12s

Harga Vivo Y12s Terbaru

Lanjut ke pembahasan berikutnya, Begawei juga akan turut mengulas sisi kamera yang diandalkan oleh spesifikasi Vivo Y12s.

Memang, secara teknis untuk soal fotografinya, smartphone Android buatan Vivo ini kabarnya tidak membawa kamera secanggih perangkat kelas menengah lain.

Namun, hal itu tak menjadikan sisi fotografinya diremehkan begitu saja. Mengingat, spek Vivo Y12s ini menawarkan dual kamera utama 13 MP + 2 MP yang masing-masing memiliki fungsi terintegrasi untuk menjamin kualitas foto secara jernih dan cukup realistis di kelasnya.

Di sisi lain, LED flash juga menjadi fitur pendukung pada ponsel ini guna memberikan pencahayaan cukup terang saat membidik foto di ruang minim cahaya.

Hanya saja, pada soal olah foto, kamera yang dibawa oleh Vivo Y12s ini tidak dilengkapi dengan sistem HDR. Sehingga, untuk hasil foto yang dihasilkan masih cenderung standar meskipun tingkat kejernihannya cukup terbilang menarik.

Sedangkan di lain sisi, Vivo juga melengkapi smartphone garapannya tersebut dengans atu kamera depan 8 MP untuk memberikan akses foto selfie dengan hasil yang tak mengecewakan.

Bahkan, baik kamera utama maupun kamera depannya, dua-duanya memiliki kemampuan perekaman video 1080p yang cukup berkualitas.

Sayangnya, tidak ada fitur gimbal gyro-EIS yang biasanya dibenamkan pada beberapa ponsel keluaran terbaru sebagai stabiliser otomatis pada kamera. Sehingga, untuk mendapatkan gerak visual yang smooth, disarankan menggunakan stabiliser eksternal.

Konektivitas Vivo Y12s

Tak hanya soal kameranya saja bahkan lini konektivitas pada spesifikasi Vivo Y12s ini pun juga menjadi bagian penting yang perlu untuk teman-teman pertimbangkan.

Secara teknis, tak bis dipungkiri bahwa lini konektivitas di sini memiliki segudang fitur yang sangat fungsional untuk mendukung aktivitas keseharian pengguna.

Misalnya aktivitas di dunia maya. Maka, pada spek Vivo Y12s ini akan mendukungnya dengan akses jaringan 4G LTE untuk memberikan kecepatan akses internet yang cukup mumpuni di era saat ini.

Meski belum sampai pada teknologi 5G namun menurut Begawei teknologi 4G yang ditawarkan ponsel ini sudah cuku ideal dan sesuai dengan segmentasinya.

Di sisi lain, Vivo Y12s juga telah menawarkan akses sistem navigasi brupa A-GPS, GLONASS, BDS, dan GALILEO untuk memberikan akses peta lokasi secara lebih akurat.

Dengan demikian, pengguna tak perlu khawatir tersesat saat menggunakan maps mengingat sudah didukung oleh keempat teknologi navigator yang saling terintegrasi dengan akurasi tinggi.

Kemudian, tak lupa beberapa akses koneksi lain juga turut disematkan. Antara lain seperti Bluetooth 5.0, micro USB, dan USB On The Go.

Akan tetapi, pada ponsel Vivo Y12s ini tidak disediakan koneksi NFC.

Walaupun demikian, pada perangkat Android milik Vivo ini masih menyediakan lubang audio 3.5mm yang sangat fungsional, khususnya sebagai lubang kabel headset.

Baterai Vivo Y12s

Hp Vivo Y12s

Di sektor lain, baterai dari spesifikasi Vivo Y12s juga menjadi bagian penting dalam smartphone ini.

Mengingat, sektor baterai di sini memiliki peranan atau fungsi vital guna menjamin akses suplai tenaga yang lebih terkoordinasi.

Salah satu kehandalan dari sisi baterai pada spek Vivo Y12s ini adalah penggunaan tipe baterainya. Karena, kini Vivo menggunakan tipe Li-Po (Polymer) yang dinilai memiliki kemampuan dalam menyalurkan daya ke setiap komponen secara periodik dan efisien.

Sementara itu di sisi lain, untuk kapasitas dayanya sendiri, baterai pada smartphone Vivo ini memiliki kapasitas sebesar 5000 mAh yang dinilai sudah cukup untuk memberikan jaminan daya tahan ponsel, paling tidak selama 12 jam sehari.

Bahkan, tidak lupa fitur pengisian cepat 10W dan fitur Reverse Charging 5W pun juga turut dihadirkan pada Vivo Y12s tersebut sebagai nilai plus yang bisa kawan-kawan pertimbangkan.

Kelebihan Vivo Y12s

  • Akses jaringan 4G LTE
  • Lapisan dean dilapisi bahan kaca
  • Layar depan dilengkapi poni unik sebagai wadah kamera depan
  • Chipset Helio P35 yang sangat efektif dalam mengontrol konsumsi daya secara efisien
  • GPU PowerVR GE8320 yang siap menjamin render grafis secara lebih efektif
  • Dual kamera utama 13 MP + 2 MP yang fungsional
  • Dilengkapi Micro USB dan USB On The Go yang sangat fungsional
  • Sistem navigasi lengkap A-GPS, GLONASS, BDS, dan GALILEO yang memiliki akurasi tinggi
  • Baterai 5000 mAh dengan dukungan fitur pengisian cepat 5W dan reverse charging 5W

Kekurangan Vivo Y12s

  • Jaringan belum 5G
  • Tidak ada koneksi NFC
  • Memori internal masih sangat minim

Harga Vivo Y12s Terbaru

  • Tipe
  • Harga
  • Harga Vivo Y12s RAM 3GB/ROM 32GB
  • - - -
  • Harga Vivo Y12s RAM 4GB/ROM 32GB
  • - - -

Selain memahami spesifikasi maupun fitur-fiturnya, kini Begawei akan mengungkap sisi harga Vivo Y12s terbaru.

Akan tetapi, perlu untuk diketahui juga bahwa ponsel ini adalah tipe perangkat kelas pemula yang membawa desain cukup menarik dan memiliki kemampuan visual handal berkat layar 6.51 inci IPS LCD yang berkemampuan HD+.

Di sisi lain, smartphone ini juga turut menyajikan performa handal dan efektif dengan efisiensi tinggi berkat dukungan hip Helio P35 Octa Core dan RAM 3/4 GB yang diklaim sanggup memberikan kinerja secara terintegrasi.

Lalu, dual kamera utama 13 MP + 2 MP dan satu kamera depan 8 MP pun turut dihadirkan sebagai fitur kamera yang sanggup memberikan jaminan foto secara cukup menjanjikan. Lantas, berapa sih kisaran harga Vivo Y12s ini?

Berhubungan dengan soal harga Vivo Y12s, kabar terbaru menyebutkan bahwa kisaran banderolnya mencapai angka 120 EUR.

Dimana, bila dikonversikan ke nilai rupiah maka setara dengan Rp 2 jutaan. Ini tentu nominal yang cukup terjangkau untuk sekelas ponsel pemula.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa harga Vivo Y12s di atas merupakan harga jual di Hongkong. Maka, ada kemungkinan bahwa banderol ponsel cerdas ini akan mengalami perubahan ketika masuk ke pasar Indonesia.

Bagaimana kawan? Setelah mengenal keunggulan Vivo Y12s, apakah teman-teman berminat untuk membelinya?

Umum
  • Jenis Perangkat
  • Smartphone
  • Diumumkan
  • 16 November 2020
  • Status
  • Diluncurkan sekitar 16 November 2020
Desain
  • Dimensi
  • 164.4 x 76.3 x 8.4 mm
  • Berat
  • 191 gram
  • Bahan
  • Rangka berbahan plastik
  • Warna
  • Glacier Blue, Phantom Black
Layar
  • Tipe Layar
  • Layar sentuh kapasitif IPS LCD
  • Ukuran
  • 6.51 inci
  • Resolusi
  • 720 x 1600 piksel, rasio 20:9
  • Warna Layar
  • 16 juta
  • Kerapatan Layar
  • 270 ppi
  • Layar Sentuh
Software
  • Sistem Operasi
  • OS Android 10.0
  • 2G Network
  • Funtouch 11
  • Java
Hardware
  • Chipset
  • Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • CPU
  • Octa-core (4x2.35 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
  • GPU
  • PowerVR GE8320
  • RAM
  • 3/4 GB
  • Memori Internal
  • 32 GB
  • Memori Eksternal
  • MicroSDXC
  • Sensor
  • Sidik jari (dipasang di samping), akselerometer, jarak, kompas
Kamera Belakang
  • Resolusi
  • 13 MP, f/2.2, (lebar), PDAF
    2 MP, f/2.4, (kedalaman)
  • Flash
  • LED flash
  • Fitur Kamera
  • Panorama
  • Video
  • 1080p@30fps
Kamera Depan
  • Resolusi
  • 8 MP, f/1.8, (lebar)
  • Video
  • 1080p@30fps
Suara
  • Pengeras Suara
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • Wi-fi
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
  • Wi-fi Hotspot
  • Bluetooth
  • 5.0, A2DP, LE
  • GPS
  • Ya, dengan A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • NFC
  • Tidak ada
  • USB
  • microUSB 2.0, USB On-The-Go
Jaringan
  • Teknologi
  • GSM / HSPA / LTE
  • 2G Network
  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G Network
  • HSDPA 850 / 900 / 2100
  • 4G Network
  • 1, 3, 5, 7, 8, 38, 40, 41
  • Kecepatan
  • HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A
  • Jenis Kartu SIM
  • Nano SIM
  • Dual SIM
Baterai
  • Tipe Layar
  • Li-Poly (Lithium Polymer)
  • Dapat Dilepas
  • Kapasitas
  • 5000 mAh
  • Kerapatan Layar
  • 270 ppi
  • Mengisi daya 10W
    Membalikkan pengisian 5W

Gawai Lainnya

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top