Harga Vivo X60 5G dan Spesifikasi

Vivo X60 5g
Harga Vivo X60 5G dan Spesifikasi -

Menjadi brand yang selalu menghadirkan smartphone yang ramah biaya, Vivo tampaknya mulai ambil anacng-ancang untuk menyambut awal tahun 2020 ini.

Sebagai salah satu produsen yang juga saudara kandung dari Oppo, pabrikan hp Android asal Tiongkok tersebut mulai menunjukkan hasil pengembangan teknologinya terhadap tiap produk garapannya.

Dimana, pabrikan tersebut dikabarkan telah sukses merilis ponsel generasi terbaru dari X50 Series, yakni Vivo X60 5G.

Yang mana, kemunculan hp Vivo ini bersamaan dengan varian “Pro” yang tentu memiliki fitur maupun spek lebih tinggi.

Hanya saja, dalam artikel kali ini, Begawei ingin mengulas lebih lengkap dan fokus pada keunggulan spesifikasi sekaligus informasi harga hp Vivo X60 5G ini di pasaran.

Yang mana, ada beberapa segmen menarik yang dimiliki smartphone premium buatan Vivo ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan review spesifikasi dan harga Vivo X60 5G yang akan Begawei rangkum dalam ulasan di bawah ini.

  • Harga Vivo X60 5G CPU: Octa Core (Exynos 1080)
  • Harga Vivo X60 5G Terbaru RAM: 8 GB
  • Spesifikasi Vivo X60 5G Layar: 6.56 inci
  • Spek Vivo X60 5G Kamera: 48MP + 13MP + 13MP
  • Review Vivo X60 5G Memori: 128/256 GB

Harga Vivo X60 5G

Rumor harga Vivo X60 5G di Indonesia adalah sekitar Rp 7.000.000,-

  • Vivo X60 5G RAM 8GB/ROM 128GB

    • Harga Online: - - -
    • Harga Offline: - - -
    • Harga Bekas: - - -
  • Vivo X60 5G RAM 8GB/ROM 256GB

    • Harga Online: - - -
    • Harga Offline: - - -
    • Harga Bekas: - - -
Note:
  • - Harga Vivo X60 5G diatas untuk rumor bulan Januari 2021
  • - Harga akurat dapat mengunjungi marketplace/toko terkait

Spesifikasi Vivo X60 5G

Ringkasan: Spesifikasi Vivo X60 5G di sektor mesin dibekali CPU Octa Core (Exynos 1080) dengan kekuatan RAM sebesar 8 GB. Spek Vivo X60 5G memiliki layar berukuran 6.56 inci serta kamera belakang dengan resolusi 48MP + 13MP + 13MP. Untuk bagian memori, HP Samsung ini mengandalkan memori sebesar 128/256 GB.

Gambar Vivo X60 5G

  • Vivo X60 5g
  • Hp Vivo X60 5g
  • Spesifikasi Vivo X60 5g
  • Spek Vivo X60 5g
  • Harga Vivo X60 5g
  • Harga Vivo X60 5g Terbaru

Review Vivo X60 5G

Desain Vivo X60 5G

Spesifikasi Vivo X60 5g

Menyentuh soal spesifikasi Vivo X60 5G, tak bisa dipungkiri bahwa bagian fisik atau sektor desain dan visual layar dari ponsel ini menjadi sektor yang menarik untuk dibahas.

Apalagi, bagian bodi dari smartphone buatan Vivo ini yang memang memiliki gaya konsep modern dan berkesan sangat premium sehingga memiliki daya tarik nan kuat, khususnya di segmen kelas menengah.

Tentu saja, kesan tersebut tak lepas dari bahan material yang digunakan pada spek Vivo X60 5G ini.

Dimana, Vivo telah menggunakan bahan aluminium frame sebagai rangka pembentuk bodinya. Yang mana, dari segi dimensional, bodi pada perangkat ini dirancang dengan ukuran 159.6 x 75 x 7.4 mm.

Ukuran tingkat ketebalan ponsel ini memang terbilang lebih tipis dibanding versi “pro” yang sedikit lebih tebal yakni 7.59 mm.

Sementara itu di sisi lain, pada bagian lain, yakni di sektor belakang pun tampak cukup kentara bagaimana perangkat cerdas Vivo X60 5G ini dirancang dengan sentuhan modern dan futuristik.

Hal itu diproyeksikan dengan warna Aurora, White, dan Gray dengan tampilan yang unik menghias setiap sisi pada bagian belakangnya.

Belum lagi dengan modul kamera utama yang diposisikan secara vertikal pada bagian sisi kiri atas dengan satu lensa utamanya di bagian paling atas sehingga memberikan penampilan yang tampak memukai dan memiliki sisi elegan nan kuat.

Nah, berkenaan dengan soal lain, pada bagian dari Vivo X60 5G ini juga memiliki konsep layar penuh yang mana mengusung full display seluas 6.56 inci dengan poni bergaya punch hole nan anggun sebagai media kamera depannya.

Di lain sisi, pada bagian layar dari ponsel Vivo ini juga memiliki rasio aspek 19.8:9 dan sekaligus sudah mendapat sertifikasi HDR10+ yang umumnya akan memberikan pengalaman visual yang lebih menjanjikan.

Apalagi, layar Vivo X60 5G ini memiliki perlindungan LTM Sunscreen sebagai hasil kerjasamanya dengan Samsung guna menjaga pandangan pengguna agar tetap bisa melihat layar dengan nyaman meski berada dalam kondisi terik cahaya.

Sayangnya, pada sisi layarnya belum ada pelapis sebagai pelindungnya sehingga disarankan untuk memasang screen guard secara manual.

Hardware & Software Vivo X60 5G

Harga Vivo X60 5g

Selanjutnya, pokok bahasan mengenai review spesifikasi Vivo X60 5G kali ini akan mengacu pada sistem dapur pacu yang terdiri dari ragam komponen.

Dimana, hal itu tak lepas dari beberapa bekalan komponen yang saling terintegrasi dalam satu sistem rangkaian yang diselaraskan sehingga membentuk suatu mekanisme kinerja yang sinergi.

Salah satu yang utama adalah chipset pada spek Vivo X60 5G sebagai otaknya. Yakni penggunaan chip Exyno 1080 fabrikasi 5Nm.

Keunggulan chipset Exynos 1080 pada ponsel Vivo generasi terbaru ini terletak pada penggunaan teknologi EUV FinFET dan menjadi SoC 5nm pertama dari Samsung.

Yang mana, efeknya diklaim sanggup menjamin sekaligus memberikan performa lebih mumpuni dibanding generasi sebelumnya. Bahkan, performa yang ditawarkan diklaim mendekati chipset flagship.

Selain daripada itu, perangkat Vivo ini juga turut mengandalkan prosesor (CPU) octa-core yang diyakini memiliki kehandalan dalam mendongkrak kinerja single-core dengan besaran sekitar 50 % lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Sementara kinerja multi-core Exynos 1080juga diketahui dua kali lebih agresif dibanding pendahulunya.

Dari segi prosesornya, Vivo X60 5G ini memang telah membawa 8 inti CPU Octa Core yang terdiri dari empat inti berarsitektur Cortex-A78 (1 x 2,8 GHz + 3 x 2,6 GHz) serta 4 inti lainnya dengan arsitektur Cortex-A55 (4 x 2,0 GHz).

Sedangkan, untuk kinerja multitaskingnya akan dijamin oleh RAM 8 GB yang tersedia bersama dua varian memori internal 128/256GB yang terbilang sudah cukup memadai sebagai ruang penyimpanan file.

Tak sampai di situ saja, di dalam sistem ini, terdapat juga komponen handal sebagai pengolah grafis (GPU) Mali-G78 MP 10, NPU yang mampu memproses 5,7 TOPS, dukungan RAM LPDDR5/LPDDR4x, serta storage UFS 3.1.

Sehingga, akan mampu menjamin tingkat performa grafis gambar Full HD yang lebih tajam, jernih, dan memiliki gerak visual nan begitu smooth.

Lalu, tak lupa bahwa untuk sistem operasinya sendiri, Vivo X60 5G ini telah menggunakan OS Android 11 dengan UI OiriginOS yang dinilai sangat lengkap akan fitur dan menu yang fungsional.

Kamera Vivo X60 5G

Harga Vivo X60 5g Terbaru

Berkenaan dengan fitur, tentu saja sektor fotografi pada kamera spesifikasi Vivo C60 5G ini menjadi bagian penting yang tak bisa kita hilangkan begitu saja.

Mengenai soal ini, diketahui bahwa Vivo sendiri telah menjalin kerjasama dengan pabrikan kamera asal Jerman, Zeiss. Logo Zeiss terpatri di modul kamera belakang dari varian X60 milik Vivo ini.

Di sisi lain, secara resolusinya sendiri, spek Vivo X60 5G tersebut telah mengandalkan triple kamera belakang yang saling terintegrasi dengan konsolidasi yang mumpuni.

Dimana, masing-masing memiliki kekuatan sensor sendiri. Yang mana, untuk kamera utamanya sendiri memiliki kemampuan resolusi 48 MP (f/1.79) dan sudah didukung oleh sensor Sony IMX598 custom sensor dan 4-axis OIS.

Sementara itu, untuk kamera kedua dari ponsel Vivo X60 ini memiliki fungsi sebagai lensa telefoto dengan resolusi 13 MP (f/2.45) serta memiliki kemampuan 2x optical zoom. Sedangkan, untuk lensa terakhir dibekali kamera 8 MP ultra wide (f/2.2) yang mendukung foto makro.

Ketiga lensa tersebut saling mendukung satu sama lain dalam satu bidikan foto yang sangat terfokus dengan rapi agar mampu memberikan hasil potret yang lebih terfokus dan tentunya memiliki tingkat ketajaman tinggi.

Bahkan, dalam kaitannya dengan soal fotografi ini, smartphone Vivo X60 memiliki beberapa fitur kamera, seperti portrait, mode malam, panorama, monokrom, dan fitur yang mampu memperbaiki warna gambar menggunakan AI.

Lalu di lain sisi, untuk mendukung foto selfie atau swafoto, tersedia kamera depan beresolusi 32 MP (f/2.4) yang turut mampu menjamin kebutuhan potret yang sangat fungsional.

Di satu sisi, pada kamera utamanya, lensa pada smartphone Vivo terbaru ini berkemampuan dalam merekam video hingga 4K serta dilengkapi fitur gimbal gyro-EIS yang sangat akurat dalam menjaga kestabilan gambar maupun gerak viusal.

So, sudah jelas dan pasti bahwa sektor kamera daripada Vivo X60 5G ini memiliki segudang fitur canggih yang tentu saja sangat layak sebagai bahan pertimbangan utama bagi calon konsumen.

Konektivitas Vivo X60 5G

Menyisir ke segmen lain, tak bisa dipungkiri pula bahwa sektor konektivitas dari spesifikasi Vivo X60 5G ini telah dilengkapi berbagai fitur koneksi yang fungsional.

Beberapa di antaranya yang cukup menarik adalah soal fitur konektivitas yang ada pada smartphone ini.

Di antaranya seperti koneksi internetnya yang sudah mendapat dukungan modem 5G terintegrasi dengan standar jaringan sub-6 GHz (5,1 Gbps downlink/1,28 Gbps uplink) dan mmWave (3,67 Gbps downlink/3,67 Gbps uplink).

Selain itu, pada sistem konektivitas dalam smartphone ini juga mendukung jaringan 4G LTE Cat.18 dengan kecepatan downlink 1,2 Gbps dan uplink 200 Mbps. Sehingga, akan memberikan jaminan kecepatan internet pada spek Vivo X60 5G ini secara lebih stabil.

Tak lupa bahwa di dalam ponsel ini turut dilengkapi sistem navigasi handal berupa dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, dan GALILEO yang siap menjamin informasi akurat mengenai peta lokasi.

Kemudian, Vivo X60 5G ini juga telah disokong oleh beberapa fitur konektivitas lain yang sangat fungsional dan unggul.

Sebut saja seperti koneksi Bluetooth, koneksi NFC, USB Type C, dan USB On The Go dengan berbagai kegunaan yang sangat bermanfaat.

Sedangkan untuk soal lain, disayangkan sekali bahwa ponsel ini tidak menyediakan slot atau lubang audio 3.5mm sebagai lubang headset.

Sehingga, untuk mendengarkan musik, tentu pengguna harus menggunakan headset Bluetooth.

Meski demikian, sudah barang tentu bahwa sektor konektivitas pada Vivo X60 5G ini menjadi bagian yang cukup mendukung dan menarik diperhitungkan.

 

Baterai Vivo X60 5G

Hp Vivo X60 5g

Baterai menjadi semen yang memiliki kelebihan utama dalam menjamin daya pada spesifikasi Vivo X60 5G.

Memang, karena baterai menjadi sumber daya bagi komponen yang disematkan pada ponsel ini.

Maka dari itu, untuk menjamin hal tersebut maka spek Vivo X60 5G ini akan disokong oleh baterai dari jenis Li-Po yang memiliki kemampuan handal dalam menjamin suplai daya secara merata di setiap komponen.

Sedangkan di sisi lain, untuk soal kapasitas dayanya sendiri, Vivo telah mengusung baterai dengan daya 4300 mAh yang akan membuatnya begitu ideal untuk bertahan dalam waktu 12 jam sehari dengan penggunaan normal.

Tak sampai di situ aja, performa baterai dari Vivo ini juga turut didukung oleh pengisi daya cepat 33W sebagai teknologi yang siap menjamin kebutuhan suplai daya secara lebih fungsional.

Jadi, sudah jelas bahwa sektor baterai pada Vivo X60 5G di sini sangat berperan penting dalam menjamin performa suplai daya.

Kelebihan Vivo X60 5G

  • Jaringan internt sudah 5G
  • Rangka bodi berbahan aluminium
  • Pemindai sidik jari di layar optik
  • Panel AMOLED 120Hz
  • Layar 6.56 inci
  • Chipset Exynos 1080 fabrikasi 5Nm
  • Prosesor Octa Core dengan kecepatan maksimal 2.8 Ghz
  • RAM 8 GB
  • Memori internal 128/256GB yang memadai
  • Triple kamera belakang dengan sensor Zeiss optics
  • Kamera utama berkemampuan merekam video hingga 4K
  • Dilengkapi koneksi NFC
  • Baterai Li-Po berkapasitas 4300 mAh dan dilengkapi pengisi daya cepat 33W

Kekurangan Vivo X60 5G

  • Tidak ada pelindung layar bawaan
  • Belum ada slot kartu SD sebagai memori tambahan
  • Minus fitur radio AM/FM
  • Tidak ada lubang audio 3.5mm

Harga Vivo X60 5G Terbaru

  • Tipe
  • Harga
  • Harga Vivo X60 5G RAM 8GB/ROM 128GB
  • - - -
  • Harga Vivo X60 5G RAM 8GB/ROM 256GB
  • - - -

Bergerak ke segmen lain, kini kita akan bahas soal harga Vivo X60 5G terbaru yang memang menjadi informasi nan dinantikan.

Sebelumnya, perlu diketahui kembali bahwa smartphone ini menjadi salah satu perangkat kelas premium generasi terbaru dari lini X60 Series yang berteknologi akses jaringan 5G.

Dimana, memiliki konsep modern dengan layar AMOLED 120Hz seluas 6.56 inci dan didukung fitur HDR10+.

Di samping itu, performanya sangat gahar nan mumpuni berkat bekalan chipset Exyno 1080 5 Nm yang berkolaborasi bersama prosesor Octa Core dan RAM 8 GB.

Sedangkan, triple kamera utamanya juga menjadi pelengkap dengan dukungan lensa Zeiss Optics dan kemampuan daya rekam hingga 4K. Sehingga, akan membuatnya semakin menarik namun juga sekaligus berpengaruh pada penentuan nominal harga Vivo X60 5G.

Nah, berkenaan dengan hal tersebut, bahwa untuk soal banderol ataupun harga Vivo X60 5G sendiri, dikabarkan bahwa banderolnya mencapai 440 EUR.

Jika kita konversikan ke nilai rupiah maka harga smartphone Vivo terbaru itu akan setara Rp 7.9 jutaan.

Tentu saja, sebuah kisaran harga Vivo X60 5G yang sangat ideal dan pas sebagai ponsel kelas menengah dengan ragam performa dan kecanggihannya.

Sementara itu di sisi lain, informasi di atas merupakan harga ponsel Vivo terbaru di Tiongkok. Sedangkan, belum ada informasi terupdate berapa banderol untuk perangkat ini ketika di jual di pasar global termasuk Indonesia.

Untuk itu, kita tunggu saja kabar terbaru sekaligus informasi soal harga Vivo X60 5G yang akan siap diumumkan pada 8 Januari 2021.

Umum
  • Jenis Perangkat
  • Smartphone
  • Diumumkan
  • 29 Desember 2020
  • Status
  • Segera diluncurkan 8 Januari 2021
Desain
  • Dimensi
  • 159.6 x 75 x 7.4 mm
  • Berat
  • 175.6 gram
  • Bahan
  • Rangka bodi berbahan aluminium
  • Warna
  • Gray, Aurora, dan White
  • Bodi kaca depan dan belakang berlapis kaca
Layar
  • Tipe Layar
  • AMOLED, 120Hz, HDR10+
  • Ukuran
  • 6.56 inci
  • Resolusi
  • 1080 x 2376 piksel
  • Warna Layar
  • 16 juta
  • Kerapatan Layar
  • 398 ppi
  • Layar Sentuh
Software
  • Sistem Operasi
  • OS Android 11
  • 2G Network
  • OriginOS
  • Java
Hardware
  • Chipset
  • Exynos 1080 (5 nm)
  • CPU
  • Octa-core (1x2.8 GHz & 3x2.6 GHz & 4x2.0 GHz)
  • RAM
  • 8 GB
  • Memori Internal
  • 128/256 GB
  • Memori Eksternal
  • Tidak ada
  • Sensor
  • Pemindai sidik jari di layar optik, accelerometer, gyro, proximity, kompas, dan warna spektrum
Kamera Belakang
  • Resolusi
  • 48 MP, f/1.8, 26mm (lebar), 1/2.0", 0.8µm, PDAF, OIS
    13 MP, f/2.5, 50mm (portrait), 1/2.8", 0.8µm, PDAF, 2x optical zoom
    13 MP, f/2.2, 120˚, 16mm (ultra-lebar)
  • Flash
  • LED flash
  • Fitur Kamera
  • Zeiss Optics, HDR, dan panorama
  • Video
  • 4K@30fps, 1080p@30fps, gyro-EIS
Kamera Depan
  • Resolusi
  • 32 MP, f/2.5, 26mm (lebar), 1/2.8", 0.8µm
  • Fitur Kamera
  • HDR
  • Video
  • 1080p@30fps
Suara
  • Pengeras Suara
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • Wi-fi
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct
  • Wi-fi Hotspot
  • Bluetooth
  • 5.1, A2DP, LE, aptX HD
  • GPS
  • Dual-band A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • NFC
  • Ada
  • USB
  • USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
Jaringan
  • Teknologi
  • GSM / CDMA / HSPA / LTE / 5G
  • 2G Network
  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 CDMA 800 & TD-SCDMA
  • 3G Network
  • HSDPA 850 / 900 / 1700(AWS) / 1900 / 2100
  • 4G Network
  • 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 17, 18, 19, 26, 34, 38, 39, 40, 41
  • Kecepatan
  • HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A, 5G
  • Jenis Kartu SIM
  • Nano SIM
  • Dual SIM
Baterai
  • Tipe Layar
  • Li-Poly (Lithium Polymer)
  • Dapat Dilepas
  • Kapasitas
  • 4300 mAh
  • Kerapatan Layar
  • 398 ppi
  • Pengisi daya cepat 33W

Gawai Lainnya

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top