Harga Samsung Galaxy Z Fold 2 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy Z Fold 2
Harga Samsung Galaxy Z Fold 2 dan Spesifikasi -

Tak hanya lini ponsel pemula dan menengah saja, Samsung pun juga sampai detik ini masih terus melakukan pengembangan terhadap perangkat flagship barunya. Hal tersebut tentu sebagai upaya Samsung dalam mempertahankan pangsa pasarnya di berbagai lini gadget di pasar global.

Salah satu flagship layar lipat terbaru Samsung yang siap menyasar di segmen premium, yakni Samsung Galaxy Z Fold 2 yang mana resmi diumumkan pada 5 Agustus 2020 dalam sebuah ajang bernama Galaxy Unpacked.

Perangkat layar lipat premium buatan Samsung ini merupakan generasi baru dari Galaxy Fold Series generasi pertama yang sempat dirilis pada tahun 2019 lalu yang memang menawarkan ragam fitur canggih kelas menengah atas di segmen smartphone mewah.

Sehingga, tak heran bila perangkat cerdas tersebut akan jadi salah satu produk Samsung yang diminati banyak kalangan, khususnya para konglomerat.

Tak hanya itu saja, peluncuran smartphone lipat Samsung Galaxy Z Fold 2 ini pun juga bersamaan dengan dirilisnya dua perangkat lain, yakni Galaxy Note 20 dan Galaxy Tab S7.

Secara konsep umum, Samsung Galaxy Z Fold 2 ini tampak memiliki desain yang jauh lebih terkesan elegan dengan bentuk bodi yang begitu ideal dan kokoh mengingat bahan rangka yang digunakan sudah mengusung material aluminium.

Selain itu, sudah barang tentu akan banyak sekali kelebihan yang dimiliki smartphone ini. Nah, dalam review kali ini, Begawei akan mengungkap dan menguraikan secara rinci soal spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Z Fold 2 sebagai sumber referensi untuk teman-teman semua.

  • Harga Samsung Galaxy Z Fold 2 CPU: Octa Core (Snapdragon 865+)
  • Harga Samsung Galaxy Z Fold 2 Terbaru RAM: 12 GB
  • Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 2 Layar: 7.6 inci
  • Spek Samsung Galaxy Z Fold 2 Kamera: 12 MP + 12 MP + 12 MP
  • Review Samsung Galaxy Z Fold 2 Memori: 256 GB

Harga Samsung Galaxy Z Fold 2

Note:
  • - Harga Samsung Galaxy Z Fold 2 diatas untuk bulan Oktober 2020
  • - Harga akurat dapat mengunjungi marketplace/toko terkait

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 2

Ringkasan: Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 2 di sektor mesin dibekali CPU Octa Core (Snapdragon 865+) dengan kekuatan RAM sebesar 12 GB. Spek Samsung Galaxy Z Fold 2 memiliki layar berukuran 7.6 inci serta kamera belakang dengan resolusi 12 MP + 12 MP + 12 MP. Untuk bagian memori, HP Samsung ini mengandalkan memori sebesar 256 GB.

Gambar Samsung Galaxy Z Fold 2

  • Samsung Galaxy Z Fold 2
  • Hp Samsung Galaxy Z Fold 2
  • Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 2
  • Spek Samsung Galaxy Z Fold 2
  • Harga Samsung Galaxy Z Fold 2
  • Harga Samsung Galaxy Z Fold 2 Terbaru

Review Samsung Galaxy Z Fold 2

Desain Samsung Galaxy Z Fold 2

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 2

Berbicara soal spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 2, tentu dalam ulasan awal ini Begawei akan memulainya dengan menelisik kemewahan dan kecanggihan pada bagian bodi eksterior maupun layar visualnya.

Secara detail spesifikasi, memang bodi yang dibawa oleh flagship premium terbaru penerus Galaxy Fold ini mengusung konsep yang sangat mewah dengan sistem layar lipat yang sangat fleksibel dan dinamis.

Untuk tampilan dari Samsung Galaxy Z Fold 2 secara keseluruhan, baik dari segi depan maupun belakangnya, tampak begitu mewah dengan pilihan dua warna yang sangat elegan dan anti-mainstream, yakni warna Mystic Bronze dan Mystic Black.

Dari segi bodi desain, Samsung Galaxy Z Fold 2 ini tampil lebih elegan dengan bentuk bodi yang sangat modern berbahan alumnium pada rangkanya untuk memperkokoh bodi eksteriornya.

Hal itu tentu tak lepas dari dimensi bodinya berukuran 159.2 x 128.2 x 6.9 mm dalam kondisi terbuka (unfolded). Sedangkan, saat kondisi tertutup cover bodinya maka dimensinya berubah menjadi sedikit lebih tebal, yakni 159.2 x 68 x 16.8 mm.

Sementara itu di sisi lain, tak bisa dipungkiri bahwa layar yang diusung oleh spek Samsung Galaxy Z Fold 2 ini juga begitu mewah yang dipastikan memiliki kemampuan visual nan begitu canggih.

Dimana, kali ini Samsung telah menerapkan ukuran layar utama secara terbuka (foldable) dengan ukuran 7.6 inci berpanel Dynamic AMOLED 2x yang siap menjamin sistem visual yang sangat jernih.

Apalagi, pada bagian layar utama dari Samsung Galaxy Z Fold 2 tersebut sudah dilengkapi kemampuan resolusi 1768 x 2208 piksel dengan dukungan HDR10+ dan refresh rate tinggi capai 120 Hz per detik untuk menjamin tampilan gambar HD berkualitas tinggi.

Ini tentu akan membuat penampilan visual yang diperlihatkan oleh layar pada smartphone lipat ini semakin lebih halus meski tingkat grafisnya tinggi. So, sangat cocok sekali digunakan untuk menonton video maupun bermain game.

Tak hanya itu, dalam kondisi tertutup/dilipat, perangkat premium ini juga memiliki layar yang ditampilkan dengan tingkat ketajaman tinggi. Hal itu tentu berkat panel Super AMOLED pada cover layarnya yang berukuran 6.23 inci.

Jadi, bisa dikatakan bahwa secara keseluruhan, sektor desain fisik dan layar yang diusung oleh Samsung Galaxy Z Fold 2 ini adalah bagian utama yang menjadi ciri khasnya sebagai perangkat premium dengan konsep layar lipat.

Hardware & Software Samsung Galaxy Z Fold 2

Harga Samsung Galaxy Z Fold 2

Berlanjut soal hardware dan software, dalam spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 2 ini pun juga turut menawarkan berbagai komponen yang sangat handal dan gahar dalam menyokong performa dapur pacu.

Hal tersebut tak bisa dilepaskan dari peran komponen utama dalam sistem hardware-nya berupa chipset generasi terbaru Snapdragon 865 Plus garapan Qualcomm.

Snapdragon 865 Plus pada Galaxy Z Fold 2 ini merupakan chip yang baru dirilis pada Juli 2020 lalu tersebut sudah terintegrasi dengan koneksi 5G berkecepatan hingga 7.5 Gbps.

Selain itu, kelebihan chipset pada spek Samsung Galaxy Z Fold 2 tersebut juga memiliki kecepatan gerak sistem yang meningkat 10% dibanding Snapdragon 865.

Pasalnya, otak dari sistem SoC kali ini sudah mengusung CPU Octa Core 8 inti mikroarsitektur dari Cortex-A77 dengan daya kerja clock-speed standar mencapai 3,1 GHz. Maka dari itu, tak heran jika chipset ini menjadi platform mobile pertama yang berhasil mencetak clock di atas 3,0 GHz.

Apalagi, RAM yang diusung oleh Samsung Galaxy Z Fold 2 ini sudah didukung dengan RA 12 GB yang dipastikan mampu menjadi memori sementara untuk menjalankan sistem multitasking secara lebih cepat dan terkonsolidasi dengan baik.

Bahkan, memori internal 256 GB tipe UFS 3.1 pun juga sudah turut serta dihadirkan guna menjamin kebutuhan ruang simpan secara lebih memadai.

Tak cukup sampai di situ, sistem hardware pada Samsung Galaxy Z Fold 2 ini pun kabarnya sudah terintegrasi pula dengan GPU Adreno 650.

Dimana, memiliki kemampuan desktop forward rendering yang lebih mumpuni dengan gameplay 5G hingga 144 fps dan mampu mengolah grafik HDR 10-bit gaming (HDR10+) sehingga akan menjamin detail sinematik yang lebih halus dan ataraktif.

Di sisi lain, untuk platform yang digunakan oleh flagship Samsung Galaxy Z Fold 2 kali ini sudah mengusung Android 10 dengan sistem tampilan antarmuka One UI 2.1 untuk memaksimalkan fleksibilitas penggunaan perangkat ini agar lebih bersahabat.

Kamera Samsung Galaxy Z Fold 2

Harga Samsung Galaxy Z Fold 2 Terbaru

Sementara itu di sisi lain, kecanggihan pada spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 2 pun juga bisa dilirik dari sektor kameranya.

Dimana, Samsung sendiri bakal menerapkan mekanisme kamera handal dengan bekalan atau dukungan fitur fotografi yang fungsional dan fleksibel.

Pertama, untuk menunjang aktivitas pemotretan, pada spek Samsung Galaxy Z Fold 2 ini akan dibekali triple kamera belakang beresolusi 12 MP (wide) Dual Pixel PDAF, 12 MP (telefoto) optical zoom, dan 12 MP sebagai lensa ultrawide.

Keberadaan tiga kamera pada Galaxy Z Fold 2 tersebut juga akan turut menghadirkan fitur HDR dan panorama serta lampu kilat LED.

Dengan demikian maka hasil pemotretan fotografi pada smartphone ini pun akan menjadi jauh lebih berkelas, tajam, dan tentunya memiliki fokus obyek foto yang lebih terpusat.

Apalagi, sektor kamera belakang yang diandalkan oleh Samsung Galaxy Z Fold 2 tersebut kabarnya juga memiliki kemampuan video rekam hingga 4k HDR10 sehingga akan membuat hasil rekaman videonya menjadi semakin atraktif dan tampak smooth.

Di lain sisi, Samsung pun menerapkan kamera depan dengan resolusi 10 MP. Dimana, posisi kamera ini sangat fleksibel dan bisa digunakan, baik saat posisi terbuka (unfoldable) maupun saat tertutup dengan cover bodi.

Selain itu, kemampuan kamera depan dari Samsung Galaxy Z Fold 2 ini juga diklaim memiliki daya rekam hingga 4k disertai teknologi gyro-EIS sebagai stabilizer guna memaksimalkan hasil foto yang lebih rapi dan terfokus.

Teknologi gyro-EIS pada kamera yang diusung flagship premium Samsung Galaxy Z Fold 2 tersebut juga disematkan pada kamera belakang untuk memotret gambar bergerak agar tetap fokus dan meminimalisasi guncangan pada saat melakukan perekaman video.

Konektivitas Samsung Galaxy Z Fold 2

Bergerak ke sektor lain, kini Begawei akan bahas mengenai spesifikasi Samsung Galay Z Fold 2 dari sisi konektivitas.

Sektor konektivitas pada perangkat flagship ini Galaxy Z Series ini memang menjadi hal yang sangat dipertimbangkan. Wajar karena berkaitan erat dengan aktivitas pengguna.

Seperti soal koneksi internet. Yang mana, pada Samsung Galaxy Z Fold 2 sendiri, sudah mendukung akses 5G dengan tingkat frekuensi mmWave, sub-6, TDD, FDD, dan Dynamic Spectrum Sharing (DSS). Kecepatannya diklaim hingga 7.5 Gbps.

Di sisi lain, spek Samsung Galaxy Z Fold 2 sendiri juga akan dibekali dengan beberapa sistem navigator handal berupa A-GPS, GLONASS, BDS, dan GALILEO untuk memaksimalkan penentuan akses lokasi yang lebih akurat.

Kemudian, tak lupa pula bahwa perangkat ini sudah dilengkapi fitur Bluetooth v5.2 sebagai versi terbaru dari Qualcomm. Selain itu, dilengkapi pula dengan Qualcomm aptX Adaptive Audio guna mencapai jangkauan audio 96kHz serta dukungan Dual Bluetooth Antenna.

Ada juga konektivitas lain, seperti WiFi Direct, dual-band, hotspot, dan USB Type C yang akan mempermudah konektivitas jarak dekat antar perangkat.

Sayangnya, pada Samsung Galaxy Z Fold 2 ini telah menghilangkan lubang audio jack 3.5mm yang biasanya digunakan sebagai colokan kabel headset. Sehingga, untuk mendegarkan musik, diperlukan headset Bluetooth.

Baterai Samsung Galaxy Z Fold 2

Hp Samsung Galaxy Z Fold 2

Lalu, dalam keunggulan yang diusung oleh spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 2 sendiri juga bisa kita lihat pada baterai yang dibawanya.

Sebab, Samsung telah membenamkan kualitas baterai pada perangkat flagship terbarunya ini dengan kemampuan daya dan kekuatan suplai mumpuni.

Hal tersebut tentu tak bisa dilepaskan dari jenis baterai pada spek Samsung Galaxy Z Fold 2 sendiri yang menggunakan tipe Li-Po (Lithium Polymer).

Dimana, tipe baterai ini berkemampuan dalam mengontrol suplai daya sekaligus menyesuaikan kebutuhan daya dari tiap-tiap komponen.

Selain daripada itu, Samsung Galaxy Z Fold 2 pun juga mengusung baterai berkapasitas 4500 mAh. Meski dibilang masih standar untuk ukuran perangkat lipat namun baterai pada smartphone ini terbilang sudah cukup memadai.

Karena, sudah didukung beberapa fitur, seperti pengisian daya baterai 25W dan 11W dengan Reverse wireless charging 9W yang memungkinkan kondisi daya pada baterai Reverse wireless charging 9W ini lebih efisien dan tahan cukup lama.

Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 2

  • Jaringan 5G SA/NSA/Sub6/mmWave
  • Rangka bodi berbahan aluminium
  • Pemindai sidik jari di bagian samping bodi
  • Dilengkapi cover bodi penutup berbahan kaca
  • Sudah mendapat sertifikasi Samsung Pay (Visa yang bersertifikat MasterCard)
  • Layar utama 7.6 inci
  • Panel layar lipat usung tipe Dynamic AMOLED 2x
  • Layar cover 6.23 inci
  • Panel layar cover usung tipe Super AMOLED
  • Memiliki kemampuan refresh rate 120 Hz per detik
  • Chipset canggih generasi terbaru Snapdragon 865 Plus
  • RAM 12 GB
  • Triple kamera belakang beresolusi 12 MP semua
  • Dual kamera depan 10 MP semua
  • Kamera depan dan belakang berkemampuan rekam video hingga 4K
  • Baterai disokong pengisi daya cepat 25W dan sistem pengisian wireless 11W

Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold 2

  • Tidak ada pelindung layar
  • Minus slot kartu SD
  • Tidak ada lubang audio jack 3.5mm
  • Belum dilengkapi USB On The Go
Umum
  • Jenis Perangkat
  • Smartphone
  • Diumumkan
  • 5 Agustus 2020
  • Status
  • Dirislis sekitar September 2020
Desain
  • Dimensi
  • Tidak dilipat: 159,2 x 128,2 x 6,9 mm Terlipat: 159,2 x 68 x 16,8 mm
  • Berat
  • 279 gram
  • Bahan
  • Rangka bodi berbahan aluminium
  • Warna
  • Mystic Bronze, Mystic Black
  • Bodi bagian depan berbahan kaca (terlipat)
    Bodi bagian depan berbahan plastik (tidak dilipat)
    Samsung Pay (Visa, bersertifikat MasterCard)
Layar
  • Tipe Layar
  • Layar sentuh kapasitif Dynamic AMOLED 2X yang dapat dilipat
  • Ukuran
  • 7.6 inci
  • Resolusi
  • 1768 x 2208 piksel
  • Warna Layar
  • 16 juta
  • Kerapatan Layar
  • 372 ppi
  • Layar Sentuh
  • HDR10 +
    Kecepatan refresh 120Hz
    Cover layar 6.23 inci, Super AMOLED, 816 x 2260 piksel (25: 9)
Software
  • Sistem Operasi
  • OS Android 10.0
  • 2G Network
  • One UI 2.1
  • Java
Hardware
  • Chipset
  • Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+ (7nm+)
  • CPU
  • Octa-core (1x3.09 GHz Kryo 585 & 3x2.42 GHz Kryo 585 & 4x1.8 GHz Kryo 585)
  • GPU
  • Adreno 650
  • RAM
  • 12 GB
  • Memori Internal
  • 256 GB
  • Memori Eksternal
  • Tidak ada
  • Sensor
  • Sidik jari (dipasang di samping), akselerometer, gyro, jarak, kompas, barometer ANT + Bixby perintah bahasa alami dan dikte Samsung DeX (dukungan pengalaman desktop)
Kamera Belakang
  • Resolusi
  • 12 MP, f / 1.8, 26mm (lebar), 1 / 1.76 ", 1.8µm, Piksel Ganda PDAF, OIS
    12 MP, f / 2.4, 52mm (telefoto), 1 / 3.6 ", 1.0µm, AF, OIS, 2x optical zoom
    12 MP, f / 2.2, (ultrawide), 1 / 3.1 ", 1.0µm
  • Flash
  • LED flash
  • Fitur Kamera
  • HDR dan panorama
  • Video
  • 4K@60fps, 1080p@60/240fps (gyro-EIS), 720p@960fps (gyro-EIS), HDR10
Kamera Depan
  • Resolusi
  • 10 MP, f / 2.2, 26mm (lebar), 1/3 ", 1.22µm
    Cover kamera 10 MP, f / 2.2, 26mm (lebar), 1/3 ", 1.22µm
  • Fitur Kamera
  • HDR
  • Video
  • 4K@30fps, 1080p@30fps, gyro-EIS
Suara
  • Pengeras Suara
  • 3.5mm Jack
  • Speaker stereo
    Audio 32-bit/384kHz
    Tuned by AKG
Konektivitas
  • Wi-fi
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct
  • Wi-fi Hotspot
  • Bluetooth
  • 5.1, A2DP, LE, aptX HD
  • GPS
  • Ya, dengan A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • NFC
  • Ada
  • USB
  • 3.1, konektor reversibel Type-C 1.0
Jaringan
  • Teknologi
  • GSM / HSPA / LTE / 5G
  • 2G Network
  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G Network
  • HSDPA 850 / 900 / 1700(AWS) / 1900 / 2100
  • 4G Network
  • LTE
  • Kecepatan
  • HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (7CA) Cat20 2000/200 Mbps, 5G - SA/NSA/Sub6/mmWave
  • Jenis Kartu SIM
  • Nano SIM
  • Dual SIM
Baterai
  • Tipe Layar
  • Li-Poly (Lithium Polymer)
  • Dapat Dilepas
  • Kapasitas
  • 4500 mAh
  • Kerapatan Layar
  • 372 ppi
  • Pengisian cepat 25W
    Pengisian nirkabel cepat 11W
    Reverse wireless charging 9W

Gawai Lainnya

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top