Harga Samsung Galaxy A12 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy A12
Harga Samsung Galaxy A12 dan Spesifikasi -

Samsung memang sangat rajin mengupayakan berbagai strategi dengan merilis ragam perangkat cerdasnya untuk berbagai segmen.

Tentu saja, hal tersebut membuat brand asal Korea Selatan ini memiliki banyak penggemar. Baik dari konsumen pemula hingga pada pengguna kelas atas.

Nah, berkaitan soal produk barunya, di akhir tahun 2020 Samsung telah mempersiapkan berbagai produk smartphone Android garapannya. Salah satunya yakni Samsung Galaxy A12 dari lini Galaxy A Series.

Perlu diketahui bahwa peluncuran perangkat Android buatan Samsung tersebut adalah generasi baru dari Galaxy A11 yang sebelumnya sempat dirilis. Dimana, salah satu yang masih dipertahankan adalah konsep layar penuh dengan gaya Infinity-V.

Tak hanya itu, ponsel terbaru buatan Samsung ini akan dibekali dengan berbagai komponen dan juga fitur unggulan yang tentunya cukup memiliki kemampuan handal dan tentunya fungsional.

Mau tahu lebih lengkapnya? Yuk, simak bersama ulasan mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy A12 pada beberapa segmen di bawah ini.

  • Harga Samsung Galaxy A12 CPU: Octa Core (Helio P35)
  • Harga Samsung Galaxy A12 Terbaru RAM: 3/4/6 GB
  • Spesifikasi Samsung Galaxy A12 Layar: 6.5 inci
  • Spek Samsung Galaxy A12 Kamera: 48 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP
  • Review Samsung Galaxy A12 Memori: 32/64/128 GB

Harga Samsung Galaxy A12

Rumor harga Samsung Galaxy A12 di Indonesia adalah sekitar Rp 3.000.000,-

  • Samsung Galaxy A12 RAM 3GB/ROM 32GB

    • Harga Online: - - -
    • Harga Offline: - - -
    • Harga Bekas: - - -
  • Samsung Galaxy A12 RAM 4 GB/ROM 64GB

    • Harga Online: - - -
    • Harga Offline: - - -
    • Harga Bekas: - - -
  • Samsung Galaxy A12 RAM 6GB/ROM 128GB

    • Harga Online: - - -
    • Harga Offline: - - -
    • Harga Bekas: - - -
Note:
  • - Harga Samsung Galaxy A12 diatas untuk rumor bulan Juni 2021
  • - Harga akurat dapat mengunjungi marketplace/toko terkait

Spesifikasi Samsung Galaxy A12

Ringkasan: Spesifikasi Samsung Galaxy A12 di sektor mesin dibekali CPU Octa Core (Helio P35) dengan kekuatan RAM sebesar 3/4/6 GB. Spek Samsung Galaxy A12 memiliki layar berukuran 6.5 inci serta kamera belakang dengan resolusi 48 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP. Untuk bagian memori, HP Samsung ini mengandalkan memori sebesar 32/64/128 GB.

Gambar Samsung Galaxy A12

  • Samsung Galaxy A12
  • Hp Samsung Galaxy A12
  • Spesifikasi Samsung Galaxy A12
  • Spek Samsung Galaxy A12
  • Harga Samsung Galaxy A12
  • Harga Samsung Galaxy A12 Terbaru

Review Samsung Galaxy A12

Desain Samsung Galaxy A12

Spesifikasi Samsung Galaxy A12

Hal pertama dari pembahasan soal spesifikasi Samsung Galaxy A12 kali ini pastinya akan kita mulai dengan menelaah sisi desain pada bagian fisik dan juga layar visualnya.

Tak bisa dipungkiri bahwa sektor terluar dari smartphone Android milik Samsung ini memiliki konsep yang terbilang ciamik dan menarik.

Secara tampilannya, spek Samsung Galaxy A12 tampaknya dirancang dengan gaya desain ponsel modern yang mengedepankan sudut bodi nan begitu smooth dan elegan.

Dimana, secara dimensional, bodi pada smartphone ini dibangun dengan mengandalkan rangka berbahan plastik berukuran 164 x 75.8 x 8.9 mm dan berbobot 205 gram sehingga memiliki kesan yang lebih fleksibel.

Di samping itu, secara proporsional dari sisi tampilan belakangnya, Samsung Galaxy A12 dibuat dengan pemberian warna yang atraktif dan elegan disertai modul kamera belakang dalam satu persegi. Membuat tampilan belakangnya semakin menawan.

Apalagi, di bagian sisi depan, layar sentuh PLS IPS LCD dengan luas 6.5 inci terlihat sangat ideal disertai dengan poni Infinity-V yang membuatnya tampil memukau.

Di lain sisi, resolusi layarnya pun cukup pas dengan kualitas HD+ dan memiliki rasio 85.8% yang membuatnya mampu menampilkan visualisasi secara lebih profesional dan cukup tajam.

Namun, pada bagian layar dari Samsung Galaxy A12 ini belum dilengkapi dengan pelindung layar sehingga perlu memasangnya secara manual.

Hardware & Software Samsung Galaxy A12

Harga Samsung Galaxy A12

Bergerak ke sektor lain, Begawei akan mengulas sektor dapur pacu pada spesifikasi Samsung Galaxy A12.

Yang mana, di dalam ruang sistem kinerja ini terdapat beberapa komponen yang turut disematkan sebagai penunjang aktivitas performa ponsel.

Salah satu di antaranya yakni soal penggunaan chipset Helio P35 fabrikasi 12Nm FinFET yang sanggup memberikan ruang akses program secara lebih fleksibel.

Di sisi lain, prosesor pada spek Samsung Galaxy A12 ini juga mengusung CPU Octa Core yang semuanya Cortex-A53 dengan kecepatan maksimal 2,3 GHz. Arsitektur ini mirip yang diterapkan Qualcomm pada Snapdragon 630, namun dengan clocked lebih rendah 2,2 GHz.

Tapi, Helio P35 menawarkan kinerja yang lebih baik dan konsumsi baterai lebih irit. Ini dikarenakan chipset tersebut punya fabrikasi 12 nm, sementara Snapdragon 630 dibuat 14 nm. Ini tentu akan menjadi kelebihan tersendiri bagi ponsel Galaxy A12 ini.

Di lain sisi, RAM yang ditawarkan oleh perangkat Android Samsung terbaru ini pun cukup variatif. Mengingat memiliki 3 pilihan, yakni 3/4/6 GB yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Sedangkan, untuk memori internalnya sendiri, Samsung juga menawarkan 3 pilihan dengan kapasitas 32/64/128 GB. Yang mana, bisa diekspansi dengan micro SDXC.

Lalu, dalam soal grafisnya sendiri, smartphone Android ini akan mengandalkan IMG PowerVR GE8320. Ini GPU yang sama di Helio P22, hanya saja kecepatan rendernya meningkat menjadi 680 MHz. Karenanya Helio P35 mendukung layar FHD+ dan aspek rasio 20:9.

Nah, berkenaan dengan soal sistem operasionalnya, kabarnya Samsung Galaxy A12 ini akan disokong oleh OS Android 10 generasi baru.

Kamera Samsung Galaxy A12

Harga Samsung Galaxy A12 Terbaru

Di satu sisi, spesifikasi Samsung Galaxy A12 ini pun juga kabarnya telah dipersenjatai dengan kamera nan handal.

Mengingat kebutuhan kamera memang menjadi salah satu aspek yang diprioritaskan oleh kebanyakan calon konsumen dalam menjamin fotografi.

Dengan alasan itu maka spek Samsung Galaxy A12 ini akan dibekali dengan kamera handal berupa 4 lena utama di sisi bodi belakang.

Masing-masing lensa tersebut memiliki kemampuan resolusi berbeda-beda, yakni 48 MP (wide), 5 MP (ultra-wide), 2 MP (makro), dan 2 MP (sensor kedalaman).

Keempatnya saling terintegrasi dalam satu sistem mekanisme fotografi yang akan saling mendukung dan melengkapi guna menghasilkan potret foto yang lebih berwarna.

Sedangkan di lain sisi, Samsung Galaxy A12 juga turut serta menyertakan satu kamera depan 8 MP yang Begawei nilai sudah cukup ideal untuk mendukung aktivitas foto selfie.

Hanya saja, pada kedua kameranya masih belum dibekali atau disokong oleh fitur gyro-EIS sebagai teknologi stabiliser. Sehingga, untuk perekaman video, kemungkinan gerak visualnya kurang maksimal.

Meski demikian, tak bisa dipungkiri bahwa sektor kamera dari Samsung Galaxy A12 ini terbilang sudah cukup memadai untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen.

Konektivitas Samsung Galaxy A12

Selain itu, sektor konektivitas pada spesifikasi Samsung Galaxy A12pun juga akan Begawei turut bahas.

Karena, sangat berkaitan atau berkenaan dengan bagaimana mekanisme aktivitas para pengguna terhadap ponsel Android Samsung ini.

Terkait soal itu, salah satu sektor konektivitas yang cukup penting adalah soal jaringan internetnya. Yang mana, dalam spek Samsung Galaxy A12 ini akan disokong oleh jaringan 4G LTE.

Jadi, meskipun belum didukung 5G namun Begawei rasa sudah cukup ideal dan mumpuni dalam soal akses internetnya.

Sementara itu di sisi lain, koneksi navigasinya pun turut hadir dengan kombinasi A-GPS, GLONASS, BDS, dan GALILEO dengan akurasi tinggi. Sehingga, tak heran bilamana nantinya pengguna bisa memanfaatkannya untuk menentukan pemetaan lokasi.

Tak hanya itu saja, sektor konektivitas lain yang penting adalah seperti Bluetooth 5.0, koneksi NFC, dan koneksi USB Type C juga turut disertakan pada ponsel cerdas ini.

Lalu, tak lupa bahwa lubang audio 3.5mm pun juga masih disematkan sebagai lubang headset untuk mendukung aktivitas mendengarkan musik kesukaan.

Baterai Samsung Galaxy A12

Hp Samsung Galaxy A12

Sektor lain yang sangat penting keberadaannya dalam spesifikasi Samsung Galaxy A12 ini adalah pada sektor baterai.

Karena, lini baterai di sini memiliki kemampuan yang handal dalam menjamin kebutuhan suplai tenaga untuk menjamin kinerja dari tiap komponen.

Maka dari itu, dalam aspek baterai ini, spek Samsung Galaxy A12 akan disokong oleh tipe baterai handal Li-Po yang memiliki akses suplai mumpuni dan efisien. Ini sangat berpengaruh pada efektivitas penggunaan daya baterai.

Tak hanya soal itu saja, bahkan untuk kapasitas dayanya sendiri, Samsung telah menyematkan daya baterai berkapasitas 5000 mAh yang mana diklaim sanggup memberikan akses jaminan kebutuhan daya dari tiap komponen selama kurang lebih 12 hingga 15 jam lebih.

Sedangkan, untuk soal fungsionalitasnya sendiri, Samsung Galaxy A12 telah dibekali fitur pengisian daya cepat 15W yang akan membuat kecepatan pengisian dayanya menjadi lebih efektif.

Kelebihan Samsung Galaxy A12

Kekurangan Samsung Galaxy A12

  • Belum didukung akses jaringan 5G
  • Rangka bodi masih berbahan plastik
  • Tidak ada koneksi USB OTG
  • Resolusi layar belum Full HD

Harga Samsung Galaxy A12 Terbaru

  • Tipe
  • Harga
  • Harga Samsung Galaxy A12 RAM 3GB/ROM 32GB
  • - - -
  • Harga Samsung Galaxy A12 RAM 4 GB/ROM 64GB
  • - - -
  • Harga Samsung Galaxy A12 RAM 6GB/ROM 128GB
  • - - -

Menginjak pada segmen paling akhir dari bahasan review spesifikasi kali ini, Begawei waktunya menelaah informasi mengenai banderol atau harga Samsung Galaxy A12 terbaru.

Mengenai soal banderol, sudah barang tentu akan menyesuaikan dengan tingkat kecanggihan spek maupun segmentasi pasaranya.

Dimana, dalam soal segmentasi pasar, ponsel Android Samsung ini hadir sebagai perangkat kelas mid-range dengan layar IPS seluas 6.5 inci.

Ponsel ini juga telah disokong oleh chipset Helio P35 Octa Core dan sudah disokong oleh OS Android 10 generasi terbaru.

Di samping itu, 4 kamera belakang dengan sensor tertinggi hingga 48 MP dan satu lensa depan 8 MP pun turut hadir sebagai fitur fotografinya. Lalu, berapa sih kisaran harga Samsung Galaxy A12 tersebut?

Mengenai soal harga Samsung Galaxy A12 sendiri, kabarnya Samsung akan membanderolnya senilai $219 atau jika dirupiahkan maka setara Rp 3.1 jutaan. Cukup terjangkau bukan?

Bila dibandingkan atau disandingkan dengan beberapa kelebihan dan fitur-fitur yang dibawanya, sudah barang tentu nominal angka tersebut sudah cukup sepadan.

Nah, terlepas dari soal harga Samsung Galaxy A12 sendiri, kabarnya Samsung telah meluncurkan perangkat ini di pasar global sejak 24 Desember 2020 lalu.

Bagaimana teman-teman? Apakah tertarik untuk membeli Samsung Galaxy A12 ini ?

Umum
  • Jenis Perangkat
  • Smartphone
  • Diumumkan
  • 24 November 2020
  • Status
  • Diluncurkan 21 Desember 2020
Desain
  • Dimensi
  • 164 x 75.8 x 8.9 mm
  • Berat
  • 205 gram
  • Bahan
  • Rangka berbahan plastik
  • Warna
  • Hitam, putih, biru, dan merah
Layar
  • Tipe Layar
  • Layar sentuh kapasitif PLS IPS
  • Ukuran
  • 6.5 inci
  • Resolusi
  • 720 x 1600 piksel, rasio 20:9
  • Warna Layar
  • 16 juta
  • Kerapatan Layar
  • 264 ppi
  • Layar Sentuh
Software
  • Sistem Operasi
  • OS Android 10.0
  • Java
Hardware
  • Chipset
  • Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • CPU
  • Octa-core (4x2.35 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
  • GPU
  • PowerVR GE8320
  • RAM
  • 3/4/6 GB
  • Memori Internal
  • 32/64/128 GB
  • Memori Eksternal
  • MicroSDXC
  • Sensor
  • Pemindai sidik jari di bodi samping, accelerometer
Kamera Belakang
  • Resolusi
  • 48 MP, f/2.0, 26mm (lebar), AF
    5 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide)
    2 MP, f/2.4, (makro)
    2 MP, f/2.4, (sensor kedalaman)
  • Flash
  • LED flash
  • Fitur Kamera
  • HDR dan panorama
  • Video
  • 1080p@30fps
Kamera Depan
  • Resolusi
  • 8 MP
  • Video
  • 1080p@30fps
Suara
  • Pengeras Suara
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • Wi-fi
  • Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct,
  • Wi-fi Hotspot
  • Bluetooth
  • 5.0, A2DP, LE
  • GPS
  • Ya, dengan A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • NFC
  • Ada (tergantung pasar)
  • USB
  • USB Type-C 2.0
Jaringan
  • Teknologi
  • GSM / HSPA / LTE
  • 2G Network
  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (dual-SIM only)
  • 3G Network
  • HSDPA 850 / 900 / 2100
  • 4G Network
  • 1, 3, 5, 7, 8, 20, 28, 38, 40, 41
  • Kecepatan
  • HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • Jenis Kartu SIM
  • Nano SIM
  • Dual SIM
Baterai
  • Tipe Layar
  • Li-Poly (Lithium Polymer)
  • Dapat Dilepas
  • Kapasitas
  • 5000 mAh
  • Kerapatan Layar
  • 264 ppi
  • Pengisi daya cepat 15W

Gawai Lainnya

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top