Harga Realme C3 dan Spesifikasi

Realme C3 F
Rp 1.000.000,-

Sempat bocor beberapa minggu sebelumnya, akhirnya Realme kembali meluncurkan smartphone terbaru yakni Realme C3. Ponsel ini merupakan perangkat entry level yang resmi diperkenalkan pada awal tahun 2020 ini, tepatnya pada 5 Februari 2020 dan baru akan diluncurkan di pasaran pada 14 Februari 2020 setelahnya.

Perlu untuk diketahui bahwa smartphone pemula garapan pabrikan mantan sub-brand Oppo ini adalah generasi penerus dari Realme C2 yang sempat diperkenalkan pada April 2019 silam. Dimana, pada versi terbarunya ini, Realme telah mengusung beberapa peningkatan spesifikasi maupun fitur dibanding dengan generasi sebelumnya.

Di satu sisi, hadirnya Realme C3 ini kali ini sekaligus merupakan jawaban dari pihak produsen yang akan memenuhi kebutuhan konsumen di segmen pemula. Selain itu, kemunculan smartphone entry level ini juga menjadi momen bagi Realme untuk merangkul para konsumen di segmen pemula selain fokus pada ponsel premium kelas menengah.

Tentu saja, tak heran jika nantinya Realme C3 ini bakal jadi buruan para konsumen di pasar global, tak terkecuali di Indonesia.

  • CPU Realme C3 CPU

    Octa Core (Helio G70)

  • RAM Realme C3 RAM

    2/3/4 GB

  • Ukuran Layar Realme C3 Layar

    6.5 inci

  • Kamera Realme C3 Kamera

    12 MP + 2 MP

  • Memori Realme C3 Memori

    32/64 GB

  • Sistem Operasi Realme C3 Sistem

    OS Android 10.0

Spesifikasi Realme C3

Gambar Realme C3

  • Realme C3 F
  • Realme C3
  • HP Realme C3
  • Spesifikasi Realme C3
  • Spek Realme C3
  • Harga Realme C3
  • Harga Realme C3 Terbaru

Review Realme C3

Mengacu soal spesifikasi dan fitur-fiturnya, Realme C3 adalah satu dari sekian banyak ponsel entry level yang memiliki nilai plus tersendiri. Hal itu terlihat dari informasi mengenai keunggulan smartphone ini di dunia maya.

Dimana, dari sisi tampilan fisiknya sendiri, ponsel terbaru garapan pabrik asal Cina ini mengusung konsep desain terbaru yang terkesan begitu modern dan kekinian. Apalagi, layarnya terbilang canggih dengan ukuran seluas 6.5 inci HD+ yang siap memanjakan para penggunanya.

Di satu sisi, Realme C3 juga diklaim memiliki performa cukup gahar dan tangguh dengan sokongan chipset Helio G70 Octa Core dan RAM 2/3/4 GB untuk menjamin kinerja atau performa ponsel secara lebih agresif dan tentunya responsif.

Lalu, untuk dukungan fotografinya sendiri, Realme C3 ini akan dibekali dengan dual kamera belakang 12 MP + 2 MP dan kamera depan 5 MP yang dipastikan siap memanjakan para penggunanya. Tentu saja, dengan bekalan kameranya ini, akan jadi nilai plus tersendiri.

Nah, untuk mengenal lebih detail dan rinci soal spesifikasi dan harga Realme C3 ini, kita akan membahasnya secara lengkap melalui beberapa sajian segmentasi review di bawah ini!

Desain Realme C3

  • Dimensi : 164.4 x 75 x 9 mm
  • Berat : 195 gram
  • Bahan : Bodi berbahan plastik
  • Warna : Frozen Blue dan Blazing Red

Review mengenai spesifikasi Realme C3 kali ini, akan Begawei awali dengan mengulas soal desain fisik atau pada sisi bodi terluarnya. Yang mana pada sektor ini memang memiliki tampilan desain yang begitu menarik layaknya ponsel modern kelas premium.

Hal itu tentu saja tak bisa dilepaskan dari bentuk bodinya yang terkesan begitu smooth, terutama dari sisi sudutnya. Sehingga, dengan bentuk seperti itu maka membuatnya memiliki pesona tersendiri meski berada di lingkup smartphone entry level.

Tak sampai di situ saja, bahkan Realme C3 ini pun dibentuk dari rangka berbahan plastik yang terbilang sudah cukup pas untuk memaksimalkan fleksibiltas bodi. Dimana, untuk dimensi bodinya dibangun dengan ukuran 164.4 x 75 x 9 mm dan berbobot 195 gram.

Sementara itu, untuk memberikan perlindungan maksimal, bodi pada spesifikasi Realme C3 ini sudah dibekali dengan splash resistant yang begitu handal dalam melindungi bodinya dari percikan api.

Layar Realme C3

  • Tipe Layar : Layar sentuh kapasitif IPS LCD
  • Ukuran : 6.5 inci
  • Resolusi : 720 x 1560 piksel, rasio 20: 9
  • Kerapatan : 270 ppi

Di satu sisi, pada spesifikasi Realme 3 ini pun juga dilengkapi dengan sisi layar visual sebagai penjamin mutu tampilan dari sisi layarnya. So, tak heran jika Realme pun membekali ponsel ini dengan teknologi layar yang cukup mumpuni.

Nah, berkenaan dengan hal tersebut, kali ini Realme dipastikan bakal membawa layar dari panel IPS LCD untuk memberikan kualitas visualisasi secara lebih jernih dan memiliki kesan menarik. Ini tentu menjadi kelebihan tersendiri.

Sementara itu di sisi lain, Realme C3 pun juga akan membawa layar seluas 6.5 inci dengan dukungan resolusi HD+ 720 x 1560 piksel rasio 20:9 yang akan membuat ketajaman visualnya menjadi jauh lebih real dan terkesan begitu smooth.

Sedangkan dalam soal performa visual layarnya sendiri, dalam hal ini pada spesifikasi Realme C3 pun juga dipastikan bakal dilengkapi dengan pelindung layar berupa Corning Gorilla Glass 3 sebagai pencegah terjadinya goresan pada bagian layar dari benda tajam.

Hardware & Software Realme C3

  • Chipset : Mediatek Helio G70 (12 nm)
  • CPU : Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.7 GHz Cortex-A55)
  • GPU : Mali-G52 2EEMC2
  • RAM : 2/3/4 GB
  • Sistem Operasi : OS Android 10.0
  • User Interface : Realme UI 1.0

Mengarah ke segmen lain, kini waktunya Begawei menelaah sisi dapur pacu yang diusung spesifikasi Realme C3. Dimana, pada sektor kali ini, Realme diketahui bakal mengandalkan beberapa komponen dapur pacu yang memiliki kinerja nan handal sebagai penjamin performa dari smartphone entry level ini.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, tak bisa dipungkiri guna menjamin kinerja ponsel yang handal, produsen gadget asal Tiongkok ini akan mengandalkan beberapa komponen yang memiliki sistem kinerja secara progresif dan mumpuni di kelasnya.

Salah satunya seperti chipset Mediatek Helio G70 dengan dukungan CPU Octa Core. Yang mana, dipastikan bakal membuat performa smartphone Realme C3 ini menjadi semakin handal dan memiliki kestabilan kerja sistem tinggi.

Tak hanya itu, Realme C3 juga akan menawarkan 3 varian RAM beserta dua pilihan storage yang bisa dipilih untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan ponsel. Yakni 2 GB/32 GB, 3 GB/32 GB, dan 4 GB/64 GB. Sementara itu, untuk mendukung grafis agar mampu memperlihatkan grafis yang smooth, ponsel ini akan dibekali dengan GPU Mali-G52 2EEMC2.

Nah, sedangkan dalam soal platform performanya sendiri, kali ini spesifikasi Realme C3 bakal mengandalkan OS Android 10 dengan user interface Realme UI 1.0.

Kamera Realme C3

  • Kamera Belakang : 12 MP, f/1.8, 28mm (lebar), 1/2.8", 1.25µm, PDAF
    2 MP, f/2.4, (sensor kedalaman), 1.75µm
  • Kamera Depan : 5 MP, f/2.4, 27mm (lebar), 1/5", 1.12µm
  • Video : [email protected]
  • Flash : LED flash

Selanjutnya, kini saatnya untuk menelaah soal fotografi pada spesifikasi Realme C3. Yang pada smartphone ini memang menjadi salah satu segmen andalan guna bersaing dengan para kompetitornya di segmen kelas pemula.

Berkenaan dengan soal fotografi, diketahui bahwa Realme akan mengusung mekanisme pemotretan yang membawa kamera standar namun memiliki jaminan hasil foto yang berkualitas.

Dimana, dalam soal ini, Realme C3 akan mengandalkan dual kamera belakang dengan sensor 12 MP + 2 MP disertai fitur LED Flash untuk memberikan hasil foto yang lebih atraktif dan tentunya terkesan jernih. So, tak heran jika kamera pada smartphone ini bakal jadi sektor yang cukup diunggulkan.

Tak sampai soal itu saja, bahkan di satu sisi, Realme C3 pun juga akan mengandalkan kamera depan tunggal sebagai pendukung foto selfie dengan ketajaman sensor 5 MP. Jadi, bukan hal yang mengherankan jika nantinya para pengguna akan dimanjakan dengan hasil foto depan yang cukup menggiurkan.

So, sektor fotografi atau kamera yang diusung oleh spesifikasi Realme C3 ini sudah pasti bakal jadi segmen yang diperhitungkan oleh calon konsumen sebelum membeli.

Konektivitas Realme C3

  • Wi-fi : Wi-Fi 802.11 b/g/n
  • Bluetooth : 5.1, A2DP, LE, aptX
  • GPS : Ya, dengan A-GPS, GLONASS, dan BDS
  • USB : microUSB 2.0, USB On-The-Go

Sementara itu di lain segmen, ada fitur konektivitas pada spesifikasi Realme C3 yang patut untuk kita kenali lebih dalam. Mengingat, sektor koneksi di sini berperan penting dalam mendukung aktivitas konsumen sehari-hari.

Salah satu di antaranya yakni koneksi jaringan internet. Dimana, Realme C3 sendiri diketahui sudah mendukung akses jaringan 4G LTE untuk memberikan kecepatan akses internet secara lebih mumpuni ketika pengguna berselancar ria di dunia maya.

Sedangkan di satu sisi, tak lupa bahwa Realme juga turut menyertakan slot dual SIM Card yang dipastikan mampu menjamin kebutuhan komunikasi pengguna melalui dua kartu SIM yang bisa dioperasikan secara bersamaan.

Tak hanya itu saja, bahkan pada smartphone Realme C3 ini pun juga akan dibekali dengan beberapa fitur konektivitas jarak dekat yang cukup handal. Seperti WiFi, hotspot, Bluetooth, micro USB, dan USB OTG.

Lalu, tak lupa juga bahwa spesifikasi Realme C3 ini pun akan dipersenjatai dengan sistem navigasi handal berupa A-GPS, GLONAS, dan BDS sebagai penjamin informasi soal penentuan akses lokasi secara lebih akurat.

Baterai Realme C3

  • Tipe Baterai : Li-Poly (Lithium Polymer)
  • Kapasitas : 5000 mAh

Dalam review spesifikasi Realme C3 kali ini, tak lupa juga bahwa Begawei pun akan mengulas soal baterai yang dibawanya. Sebab, baterai di sini memiliki peran penting dalam menjamin suplai atau transfer daya pada setiap komponen yang diusung smartphone ini.

Berkaitan dengan soal tersebut, Realme sendiri dipastikan bakal mengusung jenis baterai handal dari jenis Li-Po atau Lithium Polymer. Yang mana, jenis baterai ini memiliki kualitas atau kemampuan suplai yang lebih efektif dan efisien.

Sedangkan untuk daya kapasitnyasnya sendiri, baterai pada Realme C3 ini akan dibekali dengan daya sebesar 5000 mAh. Sehingga akan membuat kebutuhan suplai dayanya menjadi lebih terpenuhi dan terjamin.

Di lain sisi, pada baterai dari spesifikasi Realme C3 ini pun juga sudah mengusung fitur penyuplai daya 10W yang akan membuat waktu pengisian dayanya menjadi lebih efisien tanpa perlu memakan banyak waktu.

Kelebihan Realme C3

  • Jaringan internet 4G LTE
  • Slot dual SIM Card
  • Layar 6.5 inci
  • Resolusi 720 x 1560 piksel
  • Panel IPS LCD
  • Pelindung layar Corning Gorilla Glass 3
  • Chispet Mediatek Helio G70
  • Prosesor Octa Core
  • RAM 2/3/4 GB
  • GPU Mali-G52 2EEMC2
  • OS Android 10
  • Storage internal 32//64 GB + Micro SDXC
  • Dual kamera belakang 12 MP + 2 MP dan kamera depan 5 MP
  • Navigator A-GPS, GLONASS, dan BDS
  • Baterai Li-Po 5000 mAh

Kekurangan Realme C3

  • Rangka bodi masih berbahan plastik, belum aluminium
  • Belum dilengkapi pemindai sidik jari
  • Minus fitur WiFi Direc dan dual band

Harga Realme C3

  • Tipe
  • Harga
  • Realme C3
  • Rp 1.300.000,-

Kini, pada segmen paling akhir ini, Begawei akan mengulas tentang harga Realme C3. Yang mana, pada pembahasan di sini, ulasan mengenai harga smartphone Realme terbaru ini akan disandingkan dengan ulasan singkat soal spesifikasi utama dari ponsel ini sebagai pembanding dan bahan pertimbangan.

Pertama, dari segi desain tampilannya sendiri, smartphone terbaru buatan Realme tersebut akan dibekali dengan konsep desain kekinian disertai layar visual 6.5 inci HD+ sebagai penjamin visualisasinya.

Selain itu, pada Realme C3 ini pun juga akan dibekali dengan chipset Helio G70 Octa Core dan RAM 2/3/4 GB disertai dukungan OS Android 10 yang siap menjamin penjamin mutu dari performanya.

Kemudian, tak lupa juga dual kamera belakang 12 MP + 2 MP dan kamera depan 5 MP pun juga turut disematkan untuk memberikan jaminan kualitas fotografi yang lbih ekspresif. Lalu, berapa sih kisaran harga Realme C3 ini?

Menyinggung soal nominal harga, memang tak bisa dipungkiri jika ponsel ini adalah perangkat entry level yang nominal banderolnya tak akan semahal flagship premium. Ini tentu bisa menjadi pilihan bagi para konsumen yang ingin membeli smartphone handal namun memiliki budgate yang pas-pasan.

Pasalnya, menurut informasi terbaru yang Begawei peroleh, harga Realme C3 akan dibanderol senilai 90 EUR. Yang mana, bila dikonversikan ke nilai mata uang rupiah maka akan setara dengan Rp 1.3 jutaan. Bagaimana? Cukup terjangkau bukan?

Namun, sampai detik ini belum ada informasi kapan Realme akan membawanya ke Indonesia. Kemungkinan, tak lama lagi, di pertengahan Februari 2020 ini akan dibawa ke Indonesia.

Demikian ulasan review mengenai spesifikasi dan harga Realme C3. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali.

Umum
  • Jenis Perangkat
  • Smartphone
  • Diumumkan
  • Diumumkan 5 Februari 2020
  • Status
  • Segera diluncurkan pada 14 Februari 2020
Desain
  • Dimensi
  • 164.4 x 75 x 9 mm
  • Berat
  • 195 gram
  • Bahan
  • Bodi berbahan plastik
  • Warna
  • Frozen Blue dan Blazing Red
  • Splash Resistant
Layar
  • Tipe Layar
  • Layar sentuh kapasitif IPS LCD
  • Ukuran
  • 6.5 inci
  • Resolusi
  • 720 x 1560 piksel, rasio 20: 9
  • Warna Layar
  • 16 juta
  • Kerapatan Layar
  • 270 ppi
  • Layar Sentuh
  • Proteksi Layar
  • Corning Gorilla Glass 3
  • 480 nits max brightness
Software
  • Sistem Operasi
  • OS Android 10.0
  • 2G Network
  • Realme UI 1.0
  • Java
Hardware
  • Chipset
  • Mediatek Helio G70 (12 nm)
  • CPU
  • Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.7 GHz Cortex-A55)
  • GPU
  • Mali-G52 2EEMC2
  • RAM
  • 2/3/4 GB
  • Memori Internal
  • 32/64 GB
  • Memori Eksternal
  • MicroSDXC
  • Sensor
  • Accelerometer, proximity, compass
Kamera Belakang
  • Resolusi
  • 12 MP, f/1.8, 28mm (lebar), 1/2.8", 1.25µm, PDAF
    2 MP, f/2.4, (sensor kedalaman), 1.75µm
  • Flash
  • LED flash
  • Fitur Kamera
  • HDR dan panorama
  • Video
  • [email protected]
Kamera Depan
  • Resolusi
  • 5 MP, f/2.4, 27mm (lebar), 1/5", 1.12µm
  • Fitur Kamera
  • HDR dan panorama
  • Video
  • [email protected]
Suara
  • Pengeras Suara
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • Wi-fi
  • Wi-Fi 802.11 b/g/n
  • Wi-fi Hotspot
  • Bluetooth
  • 5.1, A2DP, LE, aptX
  • GPS
  • Ya, dengan A-GPS, GLONASS, dan BDS
  • NFC
  • Tidak ada
  • USB
  • microUSB 2.0, USB On-The-Go
Jaringan
  • Teknologi
  • GSM / HSPA / LTE
  • 2G Network
  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G Network
  • HSDPA 850 / 900 / 2100
  • 4G Network
  • LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
  • Kecepatan
  • HSPA 42.2/11.5 Mbps, LTE-A (2CA) Cat6 300/75 Mbps
  • Jenis Kartu SIM
  • Nano SIM
  • Dual SIM
Baterai
  • Tipe Layar
  • Li-Poly (Lithium Polymer)
  • Dapat Dilepas
  • Kapasitas
  • 5000 mAh
  • Kerapatan Layar
  • 270 ppi
  • Pengisi daya baterai cepat 10W

Gawai Lainnya

Your compare list

Compare
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top