Harga Oppo A73 dan Spesifikasi

Oppo A73
Harga Oppo A73 dan Spesifikasi -

Oppo dikenal sebagai salah brand smartphone yang cukup rajin menelurkan berbagai produk terbaru dengan sasaran dari berbagai segmen pasar.

Hal itu tentu membuat geliat Oppo di dunia smartphone semakin menjadi-jadi. Bahkan, beberapa perangkat buatannya pun kini mulai dihadirkan kembali dengan nama berbeda dan beberapa pembaruan.

Seperti F17 Pro yang berganti nama sebagai Reno 4 Lite atau di pasar lain disebut A93. Dan kini, produsen asal Tiongkok tersebut kembali mempersiapkan versi baru yang merupakan pengembangan dari F17.

Dimana, secara diam-diam, Oppo F17 yang rilis perdana pada September 2020 lalu di India, kini hadir dengan mengusung nama Oppo A73. Ponsel ini pun kabarnya juga sudah muncul dan terdaftar di situs resmi Oppo Tunisia.

Hadirnya Oppo A73 ini pun tak ayal dinilai merupakan rebranding dari F17 Series. Karena, spesifikasinya terbilang hampir serupa.

Hanya saja, mungkin perbedaannya terletak pada varian warnanya yang kini lebih variatif dengan tambahan pilihan warna bertekstur kulit dan juga banyak pola kecil pada bagian belakang bodi.

Selain itu, spesifikasinya pun cukup mumpuni dengan ragam fitur yang disematkan. Lalu, apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari spesifikasi yang diusung oleh Oppo A73 ini?

Jangan khawatir, sebab kali ini Begawei akan menyajikan informasi terkini mengenai spesifikasi dan harga Oppo A73 pada beberapa segmen review di bawah ini.

  • Harga Oppo A73 CPU: Octa Core (Snapdragon 662)
  • Harga Oppo A73 Terbaru RAM: 6 GB
  • Spesifikasi Oppo A73 Layar: 6.44 inci
  • Spek Oppo A73 Kamera: 16 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Review Oppo A73 Memori: 128 GB

Harga Oppo A73

Rumor harga Oppo A73 di Indonesia adalah sekitar Rp 4.000.000,-

  • Oppo A73 RAM 6GB/ROM 128GB

    • Harga Online: - - -
    • Harga Offline: - - -
    • Harga Bekas: - - -
Note:
  • - Harga Oppo A73 diatas untuk rumor bulan Oktober 2020
  • - Harga akurat dapat mengunjungi marketplace/toko terkait

Spesifikasi Oppo A73

Ringkasan: Spesifikasi Oppo A73 di sektor mesin dibekali CPU Octa Core (Snapdragon 662) dengan kekuatan RAM sebesar 6 GB. Spek Oppo A73 memiliki layar berukuran 6.44 inci serta kamera belakang dengan resolusi 16 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP. Untuk bagian memori, HP Samsung ini mengandalkan memori sebesar 128 GB.

Gambar Oppo A73

  • Oppo A73
  • Hp Oppo A73
  • Spesifikasi Oppo A73
  • Spek Oppo A73
  • Harga Oppo A73
  • Harga Oppo A73 Terbaru

Review Oppo A73

Desain Oppo A73

Spesifikasi Oppo A73

Desain dari spesifikasi Oppo A73 adalah bagian pertama yang akan Begawei ulas dalam review kali ini mengingat menjadi salah satu sektor yang cukup memiliki daya tarik dari segi penampilan bodinya.

Mengenai soal tampilan bodi, tak bisa dipungkiri bahwa secara keseluruhan, tampilan bentuk bodi pada smartphone terbaru buatan Oppo ini memang cukup identik dengan F17 Series.

Dimana, pada bodi dari spek Oppo A73 ini dirancang dengan mengusung gaya desain Oppo Series yang kental akan nuansa kekinian dengan kesan fleksibilitas nan begitu menawan dari setiap sisi atau sudut bodinya.

Dimensinya terbilang cukup elegan dan ideal karena dirancang dengan bodi berukuran 159.8 x 72.9 x 7.5 mm dan memiliki berat mencapai 163 gram.

Melihat dimensinya tersebut, tak ayal jika tampilan bodi desain dari Oppo A73 ini bakal tampak begitu ramping atau slim yang memperkuat kesan anggunnya.

Selain itu, pada bagian belakang, ada pengaturan quad-camera yang terpasang dalam modul kamera berbentuk persegi dengan bodi bertekstur. Sehingga, membuat kesan tampilannya semakin sinergis dengan konsep yang dibawanya.

Sementara itu di sisi lain, tampilan pada Oppo A73 ini juga mengusung layar penuh seluas 6.44 inci yang mana memiliki tingkat rasio layar ke bodi cukup tinggi sebesar 86%. Dengan begitu maka tampilan depannya tampak terkesan luas penuh dengan layar untuk menciptakan kesan visualisasi yang jauh terasa atraktif.

Di samping itu, tak lupa bahwa pada sisi layar dari Oppo A73 ini juga sudah dibekali kemampuan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel yang diklaim mampu memberikan tingkat ketajaman visual secara lebih baik.

Bahkan, tak lupa juga panel AMOLED di bagian layarnya diyakini mampu memberikan sebuah penampilan visual yang lebih elegan dengan gerak visual nan sangat lembut.

Kemudian, tingkat kecerahan dari layar pada smartphone Oppo ini sudah cukup tinggi mencapai 500 nits yang akan membuatnya menjadi lebih terang.

Nah, untuk soal pelapis layarnya, pada sisi depan dari Oppo A73 yang berponi water drop ini sudah dilapisi dengan pelindung berupa Corning Gorilla Glass 3 untuk mengurangi dampak goresan yang diakibatkan karena benda tajam.

Hardware & Software Oppo A73

Harga Oppo A73

Lalu, pada bagian lain dari spesifikasi Oppo A73 ini agaknya cukup menarik untuk dibahas, yaitu sektor dapur pacu yang memang menjadi ruang bagi beberapa komponen pada ponsel ini ditampung.

Mengenai soal komponen, kali ini memang Oppo telah menerapkan beberapa komponen spesifikasi yang cukup handal demi memanjakan para pengguna dengan sistem kerja yang saling terkonsolidasai dan terintegrasi dengan baik.

Salah satu komponen pada spek Oppo A73 ini adalah chipset buatan Qualcomm generasi ke 11, yaitu Snapdragon 662.

Perlu untuk Begawei sampaikan bahwa chipset Snapdragon 662 yang disematkan pada ponsel Oppo terbaru ini memiliki kelebihan cukup unggul, khususnya dalam soal kemampuan olah kamera dan sistem AI yang jauh lebih bak dari seri 600 awal.

Tak hanya itu, chip pada Oppo A73 tersebut juga diklaim telah mendapat teknolosi Snapdragon X11 LTE untuk mendukung akses internet dengan kecepatan cukup mumpuni hingga 150 Mbps. Sehingga, akan sangat mampu mendongkrak kecepatan jaringan dalam menjelajah web maupun media sosial.

Selain itu, tak lupa juga bahwa smartphone kelas mid-range buatan pabrik asal Negeri Panda ini pun telah dilengkapi dengan prosesor generasi terkini.

Yang mana, dalam hal ini Oppo A73 akan disokong oleh CPU Octa core (8-inti) Kryo 260 berkecepatan (clock speed) mencapai 2.3 Ghz. Sehingga, sistem kerja dalam membuka suatu aplikasi lebih efektif.

Bahkan, RAM pada ponsel ini cukup tinggi karena dibekali RAM 6 GB yang mana diklaim akan sanggup memberikan dorongan kecepatan multitasking yang lebih progresif. Apalagi, memorinya cukup memadai dengan ruang lega berkapasitas 128 GB.

Tak sampai di situ, bahkan Oppo A73 pun juga telah memiliki sistem olah grafis berkat bekalan GPU Adreno 610.

Dengan demikian, maka grafis yang ditampilkan oleh ponsel ini pun akan tampak begitu smooth dan berkesan sangat cinematic. Ini tentu akan menambah kualitas grafik dalam penampilan gambar HD yang luar biasa.

Sedangkan untuk sistem operasionalnya sendiri, pada Oppo A73 ini akan disokong oleh OS Android 10 dengan user interface ColorOS 7.2 yang dinilai cukup bersahabat.

 

Kamera Oppo A73

Harga Oppo A73 Terbaru

Berkenaan dengan soal fitur pada spesifikasi Oppo A73, agaknya Begawei sendiri juga akan turut menyertakan fitur kamera lain dari ponsel ini sebagai bahan pertimbangan.

Dalam hal ini, perlu dipahami bahwa lini fotografi merupakan bagian penting yang setidaknya mampu menambah nilai lebih dari ponsel cerdas ini.

Dimana, dalam spek Oppo A73 ini akan disokong oleh mekanisme lensa kamera cukup handal dengan 4 lensa dalam modul satu kotak yang mana masing-masing memiliki resolusi lensa 16 MP, 8 MP, 2 MP, 2 MP.

Dengan begitu maka sudah barang tentu bakal membuat hasil bidikan fotografinya menjadi lebih terkesan tajam dan luas mengingat memiliki banyak lensa yang masing-masing memiliki fungsi sendiri.

Di samping itu, ada juga fitur LED flash pada kamera Oppo A73 ini untuk memberikan pancaran cahaya yang diklaim mampu membuat kualitas gambar foto menjadi lebih jelas, terutama dalam kondisi minim cahaya.

Di sisi lain, pada ponsel ini, kamera belakangnya turut serta disokong oleh fitur gyro-EIS yang tak lain merupakan gimbal otomatis untuk menekan atau meminimalisir gerak visual rekaman video. Sehingga, akan tercipta kesan gerak visual video yang lebih smooth dan cinematic.

Apalagi, kamera depannya cukup memuaskan dengan kemampuan lensa 16 MP. Dengan demikian maka pengguna akan mendapatkan hasil foto selfie yang lebih berwarna tajam dan terkesan elegan.

Sementara itu, untuk soal kualitas rekam videonya, kedua lensa baik kamera depan dan belakang berkemampuan rekam video hingga 1080p.

Ini tentu akan menjadi nilai plus tersendiri bagi Oppo A73 dari sisi kameranya.

Konektivitas Oppo A73

Berkenaan dengan soal itu, tak bisa dipungkiri bahwa sektor konektivitas dari spesifikasi Oppo A73 ini juga menjadi bagian penting yang bakal turut serta Begawei bahas.

Karena, di antara sistem konektivitas dari ponsel ini, sebagian besar berkenaan erat dengan aktivitas keseharian para pengguna.

Seperti aktivitas ketika sedang browsing di dunia maya. Maka dari itu, dalam spek Oppo A73 ini telah didukung oleh akses jaringan dengan teknologi 4G LTE.

Dimana, dengan teknologi tersebut maka dipastikan para pengguna bisa menikmati akses jaringan yang cukup memanjakan.

Di sisi lain, tak lupa bahwa pada Oppo A73 ini juga turut disertakan beberapa sistem navigasi handal yang mengkombinasikan antara A-GPS, GLONASS, BDS, dan GALILEO untuk memaksimalkan pemetaan lokasi secara lebih akurat.

Ini tentu saja akan membuat pengguna lebih mudah ketika sedang menggunakan maps tanpa perlu khawatir kehilangan titik lokasi.

Kemudian, untuk soal konektivitas jarak dekat lain, pada Oppo A73 ini telah dilengkapi dengan beberapa fitur lain. Seperti Bluetooth 5.1, USB Type C, dan USB On The Go yang dinilai fungsional.

Lalu, tak lupa bahwa pada sistem koneksi dalam ponsel cerdas ini turut menyertakan beberapa koneksi lain. Sebut saja seperti lubang audio 3.5mm yang sudah barang tentu akan menjadi fitur utama sebagai luabng kabel headset.

So, sudah bisa dipastikan bahwa sistem konektivitas pada Oppo A73 ini terbilang sudah cukup memadai dan mumpuni di kelasnya.

Baterai Oppo A73

Hp Oppo A73

Sementara itu di lain sisi, pada spesifikasi Oppo A73 ini juga sudah dibekali dengan baterai handal yang memang memiliki peran penting.

Karena, keberadaannya dinilai sangat diperlukan sebagai sumber dan juga suplai daya ke beberapa komponen yang disematkan pada ponsel cerdas ini.

Oleh sebab alasan itu maka pada spek Oppo A73 ini akan disokong oleh baterai handal berupa Li-Po yang dinilai memiliki efektivitas suplai daya maksimal dengan tingkat efisiensi tinggi.

Sedangkan di sisi lain, untuk soal daya kapasitasnya sendiri, smartphone terbaru garapan Oppo ini pun turut mengusung daya yang memiliki kapasitas 4015 mAh. Sehingga, dengan bekalan daya tersebut maka dipastikan sanggup memberikan sokongan memadai untuk membuat baterai bertahan dalam waktu 12 jam lebih.

Tak sampai di situ, bahkan Oppo A73 pun turut menyertakan sistem fitur pengisian cepat 30W yang diklaim mampu mengisi daya 100% dalam waktu 53 menit.

Bersamaan dengan itu, fitur VOOC versi 4.0 pun turut menyertakan sistem baterai pada ponsel ini guna memancing performa baterai yang lebih berkualitas.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut maka tak heran bilamana dalam hal ini sektor baterai dari Oppo A73 tersebut bakal sanggup menambah nilai tersendiri di mata para calon konsumen sebagai bahan pertimbangan.

Kelebihan Oppo A73

  • Akses jaringan sudah 4G LTE
  • Slot kartu SIM ganda yang lebih fleksibel
  • Pemindai sidik jari di bagian layar (optic)
  • Panel layar usung tipe AMOLED yang lebih berkualitas
  • Resolusi Full HD+
  • Dilapisi pelindung layar Corning Gorilla Glass 3
  • Tingkat kecerahan layar caai 500 nits
  • Chipset andalkan Snapdragon 662 yang memiliki kontrol daya efisien
  • RAM berkapasitas besar hingga 6 GB
  • Kartu grafis andalkan GPU Adreno 610
  • OS Android 10
  • 4 kamera belakang beresolusi hingga 16 MP dan satu kamera depan beresolusi 16 MP
  • Sistem USB usung Type C dan USB OTG
  • Navigator lengkap dengan sistem A-GPS, GLONASS, BDS, dan GALILEO
  • Baterai 4015 mAh didukung pengisian cepat 30W dan VOOC 4.0

Kekurangan Oppo A73

  • Akses jaringan belum 5G
  • Tidak dilengkapi koneksi NFC

Harga Oppo A73 Terbaru

  • Tipe
  • Harga
  • Harga Oppo A73 RAM 6GB/ROM 128GB
  • - - -

Setelah memahami beberapa informasi mengenai spesifikasinya, kini Begawei akan mengulas terkait soal harga Oppo A73 terbaru di pasaran.

Hadir sebagai ponsel kelas mid-range, ada beberapa keunggulan yang dibawa oleh ponsel ini. Di antaranya dari segi tampilannya yang elegan dan slim dengan layar AMOLED 6.44 inci sebagai penjamin visualisasinya.

Di satu sisi, tak lupa pula bahwa dalam ponsel buatan Oppo ini pun turut disertakan sistem chip Snapdragon 662 Octa Core dengan sokongan RAM 6 GB serta OS Android 10.

Lalu, tak lupa 4 kamera belakang bersensor utama 16 MP pun juga dihadirkan bersama fitur gyro-EIS sebagai fitur gimbal untuk memaksimalkan hasil rekam video yang lebih sempurna. Ini tentu sedikit banyak akan berpengaruh pada penentuan nominal harga Oppo A73.

Nah, berkaitan dengan soal banderol, harga Oppo A73 sendiri untuk sementara ini masih belum diketahui secara pasti berapa nominalnya.

Akan tetapi, berdasarkan atas informasi yang ada, harga Oppo A73 sendiri diprediksi bakal punya banderol di angka Rp 4 jutaan hingga Rp 5 jutaan.

Tentu saja, perkiraan harga ponsel Oppo tersebut disesuaikan dengan sasaran segmen pasar dan juga spesifikasi maupun fitur yang dibawanya.

Sedangkan, menurut Begawei sendiri, harga Oppo A73 tersebut Begaweri rasa sudah cukup sepadan dan ideal untuk sekelas ponsel kelas mid-range.

Nah, demikian ulasan lengkap mengenai beberapa keunggulan atas spesifikasi maupun fitur yang dibawa oleh Oppo A73. Semoga bisa membawa manfaat untuk teman-teman semua.

Umum
  • Jenis Perangkat
  • Smartphone
  • Diumumkan
  • 5 Oktober 2020
  • Status
  • Diluncurkan sekitar Oktober 2020
Desain
  • Dimensi
  • 159.8 x 72.9 x 7.5 mm
  • Berat
  • 163 gram
  • Warna
  • Navy Blue, Classic Silver
Layar
  • Tipe Layar
  • Layar sentuh kapasitif AMOLED
  • Ukuran
  • 6.44 inci
  • Resolusi
  • 1080 x 2400 piksel, rasio 20:9
  • Warna Layar
  • 16 juta
  • Kerapatan Layar
  • 409 ppi
  • Layar Sentuh
  • Proteksi Layar
  • Corning Gorilla Glass 3
  • Tingkat kecerahan layar capai 500 nits
Software
  • Sistem Operasi
  • OS Android 10.0
  • 2G Network
  • ColorOS 7.2
  • Java
Hardware
  • Chipset
  • Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
  • CPU
  • Octa-core (4x2.3 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU
  • Adreno 610
  • RAM
  • 6 GB
  • Memori Internal
  • 128 GB
  • Memori Eksternal
  • MicroSDXC
  • Sensor
  • Sidik jari (di bawah tampilan, optik), akselerometer, giro, jarak, kompas
Kamera Belakang
  • Resolusi
  • 16 MP, f / 2.2, (lebar), 1 / 3.06 ", PDAF
    8 MP, f / 2.2, 119˚ (ultrawide), 1 / 4.0 ", 1.12µm
    2 MP, f / 2.4, (kedalaman)
    2 MP, f / 2.4, (kedalaman)
  • Flash
  • LED flash
  • Fitur Kamera
  • HDR dan panorama
  • Video
  • 1080p@30fps, gyro-EIS
Kamera Depan
  • Resolusi
  • 16 MP, f/2.0, 26mm (lebar), 1/3.1", 1.0µm
  • Fitur Kamera
  • HDR
  • Video
  • 1080p@30fps
Suara
  • Pengeras Suara
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • Wi-fi
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
  • Wi-fi Hotspot
  • Bluetooth
  • 5.1, A2DP, LE, aptX
  • GPS
  • Ya, dengan A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • USB
  • USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
Jaringan
  • Teknologi
  • GSM / HSPA / LTE
  • 2G Network
  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G Network
  • HSDPA 850 / 900 / 2100
  • 4G Network
  • 1, 3, 5, 7, 8, 20, 28, 38, 40, 41
  • Kecepatan
  • HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A
  • Jenis Kartu SIM
  • Nano SIM
  • Dual SIM
Baterai
  • Tipe Layar
  • Li-Poly (Lithium Polymer)
  • Dapat Dilepas
  • Kapasitas
  • 4015 mAh
  • Kerapatan Layar
  • 409 ppi
  • Pengisian cepat 30W, 50% dalam 30 menit, 100% dalam 53 meniT
    VOOC 4.0

Gawai Lainnya

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top