Ponsel Android Dinilai Lebih Aman Ketimbang iPhone

"iPhone lebih rentang diretas ketimbang Android."

Smartphone Android Sulit Diretas Ketimbang iPhone – Smartphone modern dengan basis platform Android, nyatanya diklaim justru memiliki kekebalan sistem keamanan yang sangat canggih. Dimana, ponsel berbasis Android ini diyakini lebih aman ketimbang iPhone dengan iOS-nya.

Terkait dengan penilaian tersebut, Rex Kiser yang mana seorang detektif asal AS sendiri menyebut bahwa untuk saat ini, smartphone dengan platform Android diketahui memiliki kemampuan daya tahan cukup tinggi dan terbilang sangat aman. Ia menyebut bahwa kemampuan OS Android dari versi ke versi memiliki tingkat keamanan yang selalu meningkat.

Smartphone Android Sulit Diretas Ketimbang IPhone

Bukan sekedar detektif abal-abal. Sebagai informasi, Rex Kiser sendiri merupakan ahli forensik digital yang bekerja di Kepolisian Fort Wort. Rex tak jarang mendapat tugas untuk memeriksa ponsel-ponsel milik pelaku kriminal sebagai upaya dalam mendukung proses penyidikan. Dari situ, Rex menyimpulkan bahwa beberapa kriminal yang menggunakan ponsel Android, ia merasa kesulitan untuk meretas karena keamana yang tinggi dibandingkan dengan iPhone dengan iOS andalannya.

“Setahun lalu, kami tidak bisa meretas iPhone tetapi bisa membobol semua perangkat Android. Sekarang, ada banyak perangkat Android yang tidak bisa kami bobol,” ujar Rex.

Di sisi lain, Rex juga sempat memberikan keterangan bahwa saa ini memang pihak penegak hukum di AS sudah menggunakan teknologi canggih bekerjasama dengan perusahaan Cellebrite guna meretas perangkat cerdas berupa smartphone yang telah terenkripsi.

Dari penelitan tersebut, iPhone yang awalnya sangat sulit dibobol, kini sangat mudah diretas. Namun sebaliknya, teknologi dari perusahaan Cellebrite tersebut tak sanggup meretas sepenuhnya pada perangkat ponsel yang memiliki basis ANdroid.

Meskipun demikian adanya, hal tersebut tak berarti bahwa smartphone Android aman sepenuhanya. Menurut Rex, sistem operasi Android tetap memiliki celah keamanan dimana ia tetap bisa mengakses beberapa data penting walaupun membutuhan waktu yang tak sebentar.

Terlepas dari hal tersebut, Android dan iOS memang dua platform yang dikenal memiliki basis keamanan tinggi. Hanya saja, memang patut diakui jika Android lebih unggul mengingat selalu memberikan pembaruan sistem pada setiap ponsel yang menggunakan basis ini dibandingkan dengan iPhone yang mengusung platform iOS.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top