Apple, Samsung, dan Xiaomi Mulai Kuasai Pasar Gadget

"Tiga produsen smartphone, Apple, Xiaomi, dan Samsung mulai kuasai kekuasaan pasar."

Samsung, Apple dan Xiaomi Jadi Penguasa Pasar Gadget – Kekuatan pasar gadget di segmen global memang mau tak mau diketahui masih dikuasai oleh beberapa produsen saja. Diketahui dalam beberapa kurun waktu ini, Samsung, Apple, dan Xiaomi adalah yang paling mendominasi dengan produk-produk andalannya.

Di sisi lain, sebenarnya ada beberapa produsen smartphone yang juga turut serta memiliki penjualan dominasi tinggi. Antara lain seperti Oppo dan Vivo. Namun, dalam hal ini, agaknya Xiaomi masih berada sedikit di atas kedua vendor asal Negeri Tirai bambu tersebut.

Samsung, Apple Dan Xiaomi Jadi Penguasa Pasar Gadget

Tak bisa dipungkiri memang mengingat Apple sendiri adalah produsen yang terkenal dengan branding yang begitu kuat. Sehingga, tak heran apabila pabrikan ini hadir dengan beberapa produk yang tak sedikit digemari oleh para konsumen, khususnya yang berada di Indonesia.

Tak sampai di situ saja, Samsung pun juga dikenal memiliki sejumlah ponsel yang mana memang dihadirkan di pangsa pasar dengan ragam produk yang jauh lebih merata. Baik di segmen entry level, mid-range, kelas menengah, dan kelas flagship.

Sementara itu, Xiaomi memiliki sejumlah keunggulan tersendiri yang mungkin lebih kepada soal harga yang lebih terjangkau namun memiliki spesifikasi dan fitur yang bisa dikatakan setara dengan beberapa produk lain di kelas menengah. Tentu ini menjadi kelebihan tersendiri bagi pihak Xiaomi.

Jika melihat geliat secara keseluruhan dari ketiga pabrikan tersebut, tentunya prestasi dominasi pasar yang mereka raih tak bisa dilepaskan dari kualitas produk, harga, dan teknologi yang ditawarkan. Hanya saja, segmentasi konsumennya berbeda-beda. Sebut saja seperti Apple yang menyasar para kaum elite berdompet tebal atau Xiaomi dengan harganya yang bersahabat bagi para konsumen kelas pemula maupun mid-range.

Namun, satu hal yang pasti bahwa keberadaan ketiga brand tersebut masih “terancam” dengan beberapa produk buatan pabrik lain. Dengan begitu maka tak heran jikalau pergeseran grafik dominasi pasar smartphone selalu berubah-ubah setiap waktu.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top