Berantas Ponsel BM, Menkominfo Batasi Akses Jaringan

"Frekuensi sinyal smartphone BM akan dibatasi melalui registrasi data IMEI."

Menkominfo Mulai Tindak Tegas Penyebaran Ponsel BM – Belum lama ini, Johnny G. Plate selaku Meteri Komunikasi dan Informatika memberikan sebuah pernyataan tegas ke publik bahwa tak lama lagi, ponsel yang dibeli via Black Market (BM) tak akan bisa digunakan secara maksimal.

Bukan tanpa alasan, mengingat penyebaran smartphone BM memang memberikan dampak negatif bagi pajak negara. Dimana, nantinya pihak Menkominfo akan memberikan regulasi terkait dengan pembatasan IMEI yang membuat frekuensi dari tiap-tiap ponsel BM bakal disita.

Menkominfo Mulai Tindak Tegas Penyebaran Ponsel BM

Dengan kata lain bahwa Johnny akan membatasi akses jaringan melalui operator selular yang difokuskan pada ponsel-ponsel yang dibeli melalui jalur yang tak resmi atau dengan kata lain Black Market (BM).

Mengenai langkah tegas yang diambil pemerintah melalui Menkominfo ini, Johnny menyebut bahwa hal tersebut memang kewenangan pemerintah untuk membantu penerimaan negara lewat pajak. Sehingga, kontrol ponsel yang masuk ke Indonesia pun bisa lebih transparan.

“Ini sekaligus untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa perangkat telepon yang disalurkan melalui saluran yang resmi yang sudah membayar pajaknya dengan benar,” kata Johnny ditemui di kantor Kementerian Kominfo pada Selasa (30/10/2019).

“Ya sekalipun murah ya nanti kalau perangkatnya disita atau dimatikan yang rugi pembelinya. Gak bisa komplain kepada negara itu, kenapa belinya di pembeli yang salah,” kata Johnny.

Di lain sisi, Johnny sendiri juga menyebu jika dengan diberlakukannya regulasi mengenai pemblokiran nomor IMEI tersebut memang dimaksudkan guna menekan jumlah ponsel yang diselundupkan melalui pasar gelap. Dengan begitu maka peran negara dalam mengontrol pasar ekspor-impor menjadi jauh lebih fleksibel.

“Karena yang selundupan ini tidak terdata juga di impor kita, yang mengakibatkan negara terkait neraca perdagangan menjadi bingung,” kata pria berdarah NTT ini.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top