Tanpa PlayStore, Huawei PD Luncurkan Mate 30

"Huawei bakal luncurkan Mate 30 tanpa aplikasi PlayStore."

Huawei Mate 30 Dipastikan Tak Dilengkapi PlayStore – Dengan rasa optimisme tinggi, Huawei akhirnya secara resmi meluncurkan seri flagship terbarunya, yaitu Huawei Mate 30 di Jerman pada Kamis 19 September 2019. Smartphone buatan Cina tersebut bakal hadir dengan ragam keunggulan.

Hanya saja, kali ini smartphone baru buatan Huawei ini tak akan didukung penuh oleh Android. Pasalnya, menurut kabar terbaru yang dikutip dari Cnet pada 20 September 2019, dikatakan bahwa Huawei Mate 30 ini hadir dengan mengandalkan basis pada Android Open Source yang membuatnya tetap bisa menjalankan sistem sebagaimana perangkat Android namun tak dilengkapi dengan beberapa layanan lain.

Huawei Mate 30 Dipastikan Tak Dilengkapi PlayStore

Yang mana, dalam hal ini perlu untuk diketahui bahwa smartphone tersebut tidak akan hadir dengan berbagai layanan atau aplikasi Google. Termasuk di antaranya seperti Maps, Chrome, dan yang paling penting Play Store.

Tentu, hilangnya aplikasi milik Google tersebut tak lepas dari list hitam perdagangan Amerika Serikat. Tentu saja, hal ini membuat Huawei tak bisa mengembangkan berbagai bisnis dengan mengusung berbagai layanan milik perusahaan AS, termasuk dalam hal ini yang penting yaitu Google.

Kabar soal absenya layanan dan aplikasi Google ini pun disampaikan oleh CEO Divisi Produk Konsumen Huawei, yakni Richard Yu pada saat bersamaan dengan perilisan Huaweu Mate 30.

“Kami tidak bisa menggunakan inti Google Mobile Service (GMS), tapi bisa menggunakan Huawei Mobile Services (HMS). Hal ini karena larangan AS, yang membuat ponsel-ponsel tersebut tidak dapat menggunakan GMS. Sehingga membuat kami menggunakan HMS yang menjalankan App Gallery Huawei pada seri ponsel Mate 30,” jelas Yu.

Oleh karena itu maka secara tak langsung hal ini membuat Huawei harus bergantung pada layanannya sendiri, yakni HMS. Layanan HMS sendiri adalah layanan dari pihak Huawei sebagaimana PlaySotre dengn 45 ribu aplikasi yang sudah terintegrasi dengan layanan ini. Di sisi lain, dari berbagai laporan yang masuk, dipastikan bahwa nantinya akan ada ribuan aplikasi lagi yang akan tersedia di App Gallery Huawei. Jadi, hal ini akan menjadi harapan bagi Huawei.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top