iOS 13 Dinilai Masih Rentan Dibobol Hacker

"Ternyata sistem iOS 13 dinilai masih rentan disusupi"

Sistem Operasi iOS 13 Masih Terdapat Celah Keamanan – Sistem operasi milik Apple, yakni iOS 13 memang menjadi platform yang bakal segera dirilis pada akhir September 2019. Menjelang jadwal rilisnya tersebut, agaknya beberapa peneliti security dari sistem operasional milik Apple tersebut justru sempat membeberkan bahwa sistem operasi anyar itu masih memiliki celah keamanan tersembunyi.

Bukan tanpa sebab, kabar ini dikemukakan oleh Jose Rodriguez yang menyebut bahwa celah tersebut sangat memungkinkan hacker untuk bisa mengakses kontak pemilik iPhone walaupun kondisi perangkat masih dalam posisi terkunci.

Sistem Operasi IOS 13 Masih Terdapat Celah Keamanan

Di satu sisi menurut sumber yang dikutip dari The Verge pada 15 September 2019, disebutkan bahwa celah keamanan yang ditemukan pada iOS 13 ini sebenarnya juga sudah ditemukan pula pada iOS 12.1. Meski iOS 13 dinilai lebih aman namun dari beberapa sumber penelitian, dikatakan bahwa sistem operasi terbaru ini masih tetap bisa dibobol, khususnya soal celah informasi kontak pengguna.

Jika menelisik proses pembobolannya, Jose mengatakan bahwa metode yang digunakan untuk bisa masuk ke dalam akses kontak secara diam-diam tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan panggilan FaceTime dan asisten virtual Siri.

Itu artinya bahwa meski perangkat masih dalam keadaan terkunci maka si hacker masih bisa meminta akses kepada Siri untuk melakukan panggilan FaceTime. Jika sudah terhubung maka nantinya si hacker tersebut bisa mengubah panggilan menjadi video dengan memilih ‘tambah kontak’.

Meski terbilang cukup berbahaya namun Jose dalam kesempatan lain juga menyatakan jika celah ini akan segera di atas pada peluncuran iOS 13.1 yang mendasarkan atas versi beta.

Sebagai tambahan informasi bahwa sistem operasi iOS 13 sendiri dipsatikan bakal segera menyambangi para pengguna iPhone versi terbaru pada 19 September 2019.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top