Huawei Optimis Mampu Bersaing Meski Tanpa Google

"Layanan Google tak akan hadir lagi pada ponsel Huawei"

Huawei Masih Bertahan Tanpa Kehadiran Google – Secara resmi, tiga smartphone premium buatan Huawei, yakni Mate 30, Mate 30 Pro, dan Mate 30 RS Porsche diluncurkan di Munich, Jerman. Ketiga ponsel ini hadir dengan bekalan fitur canggih yang sangat fungsional hanya saja ada yang sedikit mengganjal.

Mengingat, diketahui bahwa ketiga flagship Huawei tersebut tak akan hadir dengan dukungan layanan Google Play maupun PlayStore. Tentu saja, ini merupakan langkah berani yang ditunjukkan Huawei.

Huawei Masih Bertahan Tanpa Kehadiran Google

“Kami tak bisa menggunakan layanan Google Mobile Services (GMS),” ungkap dengan tegas CEO Huawei Richard Yu saat memperkenalkan duo Mate 30 dan Mate 30 Pro di panggung acara pada Kamis (19/9/2019).

Itu artinya bahwa walaupun untuk sistem operasinya masih mengandalkan Android 10 yang merupakan OS generasi terbaru, namun diketahui bahwa jajaran ponsel Mate 30 tidak dilengkapi dengan aneka aplikasi dan layanan Google, termasuk toko aplikasi Android Play Store, Google Maps, Gmail, dan YouTube.

Padahal, tak bisa dipungkiri jika layanan aplikasi dari Google tersebut merupakan sistem yang tak bisa dipisahkan dari ekosistem ponsel berbasis Android bagi para konsumen, khususnya pengguna yang berada di luar Tiongkok.

Ini merupakan dampak dari list hitam (black list) Presiden Amerika, Donald Trump yang memberikan sanksi kepada Huawei.

Terkait hal tersebut, dalam hal ini Jervis Su yang mana selaku President Consumer Mobile Service Huawei menegaskan pernyataan dari Richard Yu ketika memasuki sesi tanya jawa, setelah acara peluncuran Huawei Mate 30 Series.

Dalam pernyataan tersebut, pihaknya menyebut jika ini merupakan dampak dari buntut perang dagang antara AS dan Cina yang membuat ponsel Huawei saat ini tak bisa lagi menggunakan aplikasi dan layanan Google.

Meski demikian, agaknya Huawei masih optimis dan akan tetap bertahan. Dimana, untuk menanggulangi hal tersebut, Huawei membangun sistem Store sendiri yang sudah terintegrasi dengan puluhan ribu aplikasi. Sehingga, ini bisa menjadi harapan Huawei dalam melangkah bersaing dengan para kompetitornya.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top