Google Siapkan Ponsel Layar Lipat, Benarkah?

"Google dirumorkan bakal ikut ramaikan persaingan ponsel layar lipat."

Google Bakal Turut Serta dalam Persaingan Ponsel Layar Lipat – Trend ponsel layar lipat memang menjadi salah satu topik trend yang kian ramai. Tak ayal jika sampai detik ini smartphone layar lipat berhasil menarik perhatian, terutama sejak Samsung dan Huawei mengumumkan produknya. Selain keduanya, ada sejumlah vendor lain yang sedang menyiapkan smartphone serupa. Salah satu yang menarik yaitu Google yang juga akan turut serta hadir dalam persaingan di segmen tersebut.

Di sisi lain, menurut laporan terbaru yang dikutip dari Phone Arena pada Minggu (17/3/2019), Google dilaporkan memiliki paten yang berkaitan dengan layar lipat. Tentu saja, hal ini mengindikasikan bahwa raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu memang tengah menggarap perangkat canggih barunya.

Google Bakal Turut Serta Dalam Persaingan Ponsel Layar Lipat

Sementara itu pada kesempatan lain, pada laman World Intellectual Property Organization (WIPO), dilaporkan keterangan mengenai hal tersebut dengan keterangan paten “Foldabe Display Neutral Axis Management With Thin, High Modulus Layers”.

Dalam laporan itu, dikatakan bahwa paten ini disebut fokus pada berbagai komponen yang digunakan untuk membuat lekukan pada layar, tanpa mengurangi kualitasnya.

Gagasan Google adalah menggunakan bahan-bahan dengan modulus Young yang bervariasi untuk lapisan yang berbeda, tergantung pada posisinya.

Namun, hanya saja salah satu masalah yang cukup membebani dengan layar lipat, yakni ketika dilipat dikhawatirkan ada bekas lipatan. Nah, guna mengatasinya maka diketahui juga bahwa nantinya Google ingin menggunakan bahan-bahan yang mengatasi hal ini dengan elastisitasnya. Secara teoritis, ini berarti ketika layar dibuka, tidak akan ada benjolan atau bekas lipatan di tengahnya.

Meski rumor ini jadi salah satu trending, namun sayangnya sampai detik ini, masih belum ada informasi mengenai waktu kehadiran smartphone layar lipat Google. Namun yang pasti, semakin banyak smartphone tersebut di pasar, maka kian besar kemungkinan harga jualnya akan lebih terjangkau.

Kemudian, di satu sisi, salah satu smartphone layar lipat Google ini dikabarkan akan dijual dengan harga di atas Rp 25 juta. Sedangkan untuk model buatan pabrik lain, seperti Galaxy Fold milik Samsung dibanderol USD 1.980 atau berkisar Rp 28, 2 juta, sedangkan Huawei Mate X 2.299 euro atau sekira Rp 37,2 juta.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top