Samsung Siapkan Ponsel Gaming dengan Kartu Grafis Buatan Sendiri

"Samsung segera luncurkan ponsel gaming terbarunya."

Smartphone Gaming Samsung Siap Meluncur – Tampaknya, smartphone gaming saat ini menjadi trend yang tengah berkembang pesat. Segmennya semakin menarik, bahkan di akhir-akhir tahun 2018 ini sejak munculnya beberapa ponsel gaming, seperti Razer Phone, Asus ROG Phone, dan Xiaomi Black Shark.

Nah, seolah tak ingin kalah, pabrikan asal Korea Selatan, yaitu Samsung belakangan dikabarkan akan turut serta memproduksi ponsel gaming dari seri Galaxy A. Tak hanya itu, menurut rumor yang beredar, nantinya sang ponsel gaming akan menggunakan prosesor pengolah grafis (Graphics Processing Unit, GPU) buatan Samsung sendiri.

Smartphone Gaming Samsung Siap Meluncur

Bukan tanpa alasan, laporan tersebut mencuat di dunia maya melalui sebuah status dari seorang pengguna Weibo, jejaring sosial China, yakni Ice Universe yang dikenal sebagai “pembocor” andal.

Spekulasi tentang kemunculan smartphone gaming buatan Samsung ini bersesuaian dengan ramalan seorang analis industri, Jon Peddie yang sempat memberikan penjelasan pada beberapa bulan lalu. Jon sendiri mengatakan bahwa GPU Samsung mungkin akan jadi lawan setanding untuk GPU di iPhone yang juga dirancang sendiri oleh Apple.

Sementara itu, untuk proses pengembangan kartu grafis atau GPU Samsung kabarnya dipimpin oleh Dr. Chien Ping Lu, seorang veteran industri desain chip grafis yang pernah bekerja di nama-nama besar seperti Nvidia, MediaTek, dan Intel sebelum akhirnya direkrut Samsung.

Perlu untuk diketahui bahwa GPU merupakan salah satu komponen prosesor di dalam SoC, mendampingi prosesor utama (Central Processing Unit, CPU) dan prosesor lain seperti Neural Processing Unit (NPU) untuk pengolahan kecerdasan buatan.

Di sisi lain, sebagaimana dengan laporan yang dirangkum dari TechRadar pada Rabu (24/10/2018), pabrikan Samsung sendiri memang sebelumnya dikenal sudah memilikiSoC sendiri bernama Exynos. Namun, hanya saja pada bagian GPU Exynos selama ini masih menggunakan prosesor grafis rancangan ARM, yakni seri Mali.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top