Catat! Akses Jaringan Internet Dunia Bakal Down Selama 48 Jam

"Proses maintenance rutin, jaringan internet di dunia bakal alami down selama 48 jam"

Jaringan Internet di Dunia Akan Sedikit Down – Untuk informasi saja, bagi para pengguna internet di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, dikabarkan bahwa kemungkinan bakal merasakan jaringan internet mati total selama 48 jam ke depan. Tentu saja, informasi ini punya alasan kuat.

Di sisi lain, seperti dengan laporan atau berita yang dikutip dari NDTV pada Jumat (12/10/2018), kondisi terkait dengan lumpuhnya jaringan internet di seluruh ini merupakan salah satu dampak yang disebabkan karena domain utama dijadwalkan untuk menjalani pemeliharaan rutin selama 48 jam.

Jaringan Internet Di Dunia Akan Sedikit Down

Tak hanya itu saja, bahwa menurut laporan yang dikutip oleh Russia Today, para pengguna internet di seluruh dunia kemungkinan mengalami kegagalan koneksi jaringan. Bukan tanpa alasan mengingat untuk server domain utama dan infrastruktur jaringan terkaitnya akan mengalami down dalam beberapa waktu ke depan.

Berkenaan dengan hal tersebut, dalam hal ini perusahaan Internet Corporation of Assigned Names and Numbers (ICANN) pun juga bakal melakukan pemeliharaan domain yang dimaksud tersebut selama 48 jam. Dimana, menurut laporan, nantinya akan ada maintenance berupa perubahan dengan mengubah kunci kriptografi yang membantu melindungi buku alamat internet atau Domain Name System (DNS).

Tak hanya itu saja, menurut ICANN sendiri, proses pemeliharaan ini perlu dilakukan dan merupakan positif. Pasalnya, hal tersebut sangat berguna untuk mencegah atau menghindari serangan siber yang belakangan marak terjadi.

Di samping itu, dalam pernyataannya, regulator komunikasi CRA mengatakan bahwa untuk pemeliharaan jaringan internet global ini memang sangat diperlukan guna memastikan keamanan, stabilitas, dan ketangguhan DNS.

“Untuk lebih jelasnya, beberapa pengguna internet mungkin bakal terpengaruh jika operator jaringan atau penyedia layanan internet (ISP) belum siap untuk perubahan ini. Dampak ini bisa dihindari dengan mengaktifkan ekstensi keamanan sistem yang sesuai,” kata regulator komunikasi CRA.

Teknologi Terkait

Daftar Perbandingan

Bandingkan
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top