HTC Siap Garap Ponsel Berteknologi 5G

"HTC dikabarkan bakal rilis smartphone dengan dukungan jaringan 5G"

Ponsel Berteknologi 5G Tengah Digarap HTC – Guna menjamin kebutuhan aktivitas pengguna di dunia maya, HTC kabarnya bakal menambah lini smartphone yang bakal mendapat dukungan konektivitas 5G. Pabrikan asal Negeri Tirai Bambu yang satu ini kabarnya kini tengah menyiapkan  flagship dengan chipset kelas atas generasi berikutnya dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 855.

Selain itu, berdasar rumor yang telah meruak, dilaporkan bahwa HTC sedang melakukan sampling terhadap Snapdragon 855. Chip tersebut diklaim menggunakan proses fabrikasi 7 nm sehingga dipastikan mampu memberikan performa yang lebih kecang dan lebih irit daya dibandingkan Snapdragon 845 sebelumnya.

Ponsel Berteknologi 5G Tengah Digarap HTC

Di sisi lain, menurut laporan dari TecSpot pada Kamis (13/9/2018), dikatakan bahwa kehandalan dari jaringan 5G yang disematkan pada calon flagship mendatang dari HTC tersebut diperoleh lewat tambahan chip modem X50 yang juga besutan Qualcomm.

Chip yang hanya bisa terkoneksi ke jaringan 5G ini dipadukan dengan modem X24 yang terintegrasi di chip Snapdragon 855 agar bisa tersambung ke teknologi seluler generasi sebelumnya (4G, 3G, dan 2G).

Perlu untuk diketahui bahwa model chipset Snapdragon 855 sendiri sebenarnya belum resmi diumumkan oleh Qualcomm. Chip ini kabarnya baru akan meluncur pada Desember mendatang. Sementara itu di lain sisi, jaringan 5G juga saat ini masih dalam proses pengembangan yang dilakukan oleh para pelaku telekomunikasi di seluruh dunia.

Baru segelintir negara yang menyatakan siap roll-out 5G pada 2019 mendatang, seperti Amerika Serikat yang operator selulernya bakal mulai menggelar 5G menjelang akhir 2018.

Dari kabar tersebut, tentu bisa disimpulkan bahwa HTC sendiri agaknya masih belum menyerah di industri ponsel meskipun tengah babak belur dihantam kesulitan finansial.

Juni lalu, misalnya, pabrikan asal Taiwan itu melaporkan penurunan penjualan sebesar 68 persen hingga hanya mencatat penjualan sebesar 72 juta dollar AS.

Penurunan tersebut adalah yang terbesar sepanjang dua tahun terakhir. Sekitar waktu yang sama, HTC pun merumahkan karyawan sebanyak 1.500 orang dari fasilitas-fasilitas manufakturnya. Tahun ini volume produksi ponsel HTC diperkirakan kurang dari 2 juta unit.

Teknologi Terkait

Daftar Perbandingan

Bandingkan
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top