Menanti Kedatangan Zenfone 5Z ke Indonesia

Terkendala TKDN, Zenfone 5Z Belum Rilis di Indonesia – Meskipun secara resmi sudah diluncurkan sejak pertengahan Mei 2018 lalu, smartphone kelas flagship Asus ZenFone 5Z tampaknya masih belum bisa masuk di pasar Indonesia. Sehingga, waktu rilis yang sempat dijanjikan pada akhir Juni 2018 lalu pun sudah lama lewat. Tentu saja, hal itu membuat banyak publik bertanya-tanya.

Menanggapi hal tersebut, South East Asia Regional Director Asus, Jimmy Lin menjelaskan penyebab ponsel ini terlambat masuk ke Indonesia. Dalam uraiannya, ia menyatakan bahwa untuk saat ini pihaknya mengalami kendala dalam menyiapkan pemasaran ZenFone 5Z, dan hingga kini masih belum bisa menjual ponsel tersebut di Indonesia.

Terkendala TKDN, Zenfone 5Z Belum Rilis Di Indonesia

Di satu sisi, satu hal yang jelas bahwa kali ini dia menjanjikan ZenFone 5Z akan segera menyapa para penggemar gadget Indonesia dalam waktu dekat.

“Ada sedikit masalah, tapi kami akan kejar terus secara lokal. ZenFone 5Z mungkin akan hadir di Indonesia pada awal September,” ujar Lin usai acara peluncuran duo laptop gaming Asus ROG di Jakarta pada Selasa (14/8/2018).

Hanya saja, Lin tidak memberikan penjelasan lebih detail terkait dengan apa yang dialami Asus dalam persiapan merilis ZenFone 5Z di Indonesia.

Namun di sisi lain, Head od Public Relations and E-Marketing Asus Indonesia, Muhammad Firman pun turut menegaskan pernyataan tersebut jika kendala dimaksud terkait dengan pemenuhan syarat tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

Dimana, salah satu ketentuan ponsel 4G yang akan dijual di Indonesia adalah memenuhi TKDN dengan bobot setidaknya 30 persen yang bisa ditempuh lewat jalur hardware, software, atau komitmen investasi.

Selain itu, tak berbeda jauh dengan Lin juga, Firman mengatakan seharusnya ZenFone 5Z akhirnya akan dirilis di Indonesia dalam waktu dekat.

ZenFone 5Z sempat digadang-gadang bakal menjadi smartphone berbasis Snapdragon 845 pertama di Indonesia. Akan tetapi, dikarenakan penundaan jadwal rilis, ZenFone 5Z kini telah disalip oleh ponsel lain yang juga mengusung Snapdragon 845, seperti Find X dari Oppo.

Teknologi Terkait

Daftar Perbandingan

Bandingkan
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top