Jaringan 5G Siap Dukung Akses Internet pada Smartphone Masa Depan

"Akses jaringan internet 5G siap rilis 2019 namun akan menjadi trend di tahun 2021"

Akses 5G Siap Melenggang di 2019 – Menjelang diluncurkannya jaringan internet 5G, beberapa vendor smartphone pun menyatakan siap merilis perangkat yang support jaringan tersebut pada 2019 mendatang. Namun, menurut prediksi, dipastikan ekosistem perangkat 5G diramalkan baru akan mulai terbentuk pada tahun 2021.

Gambaran perkiraan ini muncul atas dasar hasil penelitian yang melihat pasar ponsel secara global. Bahkan, jika melihat laporan yang dipublikasikan Digitimes, disebutkan bahwa ponsel 5G yang dirilis pada 2019 diprediksi tidak akan mencapai angka satu juta unit.

Akses 5G Siap Melenggang Di 2019

Bukan tanpa alasan mengingat teknologi 5G masih membutuhkan beberapa persiapan. Beberapa di antaranya seperti kesiapan vendor baik dari sisi perangkat maupun penyedia jaringan.

Tak sampai di situ saja, bahkan untuk soal persiapan panjang pun harus dilalui oleh operator seluler demi dapat menggelar jaringan internet super-cepat ini. Seluruh persiapan tersebut diduga kuat oleh peneliti dapat diselesaikan setidaknya dalam kurun waktu tiga tahun.

Selain itu, menurut laporan dari Toms Guide pada Minggu (26/8/2018), para peneliti berharap pada tahun 2021 para vendor smartphone mulai menggelontorkan ponsel 5G secara massal dalam jumlah yang besar.

Lalu, berlanjut pada tahun 2022, di mana seluruh pengapalan smartphone yang support 5G bakal segera mendominasi dengan menyumbang sebanyak 97 persen dari total pengiriman perangkat 5G keseluruhan.

Sementara itu di satu sisi, untuk menggelar jaringan 5G, memang dibutuhkan persiapan yang sangat matang. Bahkan, tak ketinggalan juga beberapa operator di Indonesia pun sejatinya sudah menyatakan kesiapan untuk beralih ke jaringan 5G.

Sejauh ini, konsorsium internasional yang mengatur standar seluler (3GPP) telah menandatangani spesifikasi mandiri (standalone) untuk jaringan internet generasi kelima (5G). Dengan standardisasi standalone ini, jaringan 5G bisa digelar di tempat-tempat yang belum memiliki infrastruktur memadai.

Walaupun pada tahun 2019 diprediksi bukan menjadi tahun kelahiran perangkat 5G secara massal namun setidaknya tetap sangat menarik untuk melihat persaingan para vendor smartphone di tahun-tahun  yang akan datang.

Bukan tak ada sebab mengingat para vendor ini tentu tak mau kehilangan untuk mendapat predikat sebagai yang pertama dalam merilis perangkat berkemampuan jaringan 5G yang sudah barang tentu diklaim lebih canggih dari 4G.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top