iPhone Kini Dilarang Beroperasi di Turki

Erdogan Larang Rakyatnya Beli iPhone di Turki – Kabar cukup mengagetkan datang dari Turki. Dimana, Presiden Turki, Recep Erdogan menyerukan kepada seluruh rakyatnya untuk memboikot terhadap setiap produk elektronik asal Amerika Serikat (AS). Termasuk di antaranya seperti produk Apple, iPhone. Bukan tak ada sebab, mengingat pernyataan tegas tersebut disampaikan langsung Erdogan dalam sebuah pidato yang diselenggarakan pada Selasa, (14/8/2018) dalam sebuah stasiun televisi.

Perlu diketahui bahwa menurut kabar yang beredar, aksi pemboikotan yang diserukan oleh Presiden Turki ini terhadap iPhone tersebut dilakukan menyusul semakin renggangnya hubungan bilateral Turki dan AS, sejak kasus penahanan seorang pemuka agama asal AS bernama Andrew Brunson.

Erdogan Larang Rakyatnya Beli IPhone Di Turki

Tak sampai di situ, tentu saja dengan merenggangnya hubungan kedua negara semakin meruncing dengan sanksi yang diterapkan Presiden Donald Trump terhadap Turki minggu lalu, setelah negara tersebut menolak mengekstradisi Brunson.

Sebagai informasi saja bahwa Brunson ditahan pemerintah Turki karena dituduh terlibat dalam upaya kudeta Erdogan tahun 2016 lalu.

Di satu sisi, kaitannya dengan bisnis gadget dan elektronik, Erdogan juga mengatakan jika bisnis Turki harus terus berjalan dan memproduksi barang-barang ekspor dalam negeri. Ia menambahkan bahwa perusahaan elektronik asal AS akan mendapatkan sanksinya sendiri.

“Jika mereka punya iPhone, di sisi lain ada Samsung. Dan kita punya merek ponsel lokal sendiri,” jelas Erdogan, dilansir dari CNBC, Rabu (15/8/2018).

Selain itu, Erdogan memberikan opsi lain dengan memperjuangkan produk dalam negeri, yaitu merek ponsel Vestel Venus. Menariknya, merek ponsel lokal Turki tersebut setelah disebut Erdogan, saham perusahaan ponsel tersebut merangkak lima persen.

“Kami akan memproduksi sesuai yang kita butuhkan. Kita harus memberikan barang dengan kualitas lebih baik ketimbang mengimpor dari mereka (AS),” imbuh politisi ulung yang berkuasa sejak 2003 itu.

Bertolak belakang dengan himbauan pemboikotan, jika menilik beberapa tahun sebelumnya, Erdogan diketahui sering tertangkap kamera menggunakan iPhone dan iPad. Ia pernah meminta rakyatnya turun ke jalan melalui layanan video call iPhone, Facetime saat kudeta 2016.

Teknologi Terkait

Daftar Perbandingan

Bandingkan
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top