Fingerprint Scanner Bakal Jadi Teknologi Standar Smartphone

Teknologi Fingerprint di Layar Jadi Fitur Ponsel Masa Depan – Walaupun belum menjadi trend kekinian di negara barat, salah satu vendor smartphone asal Tiongkok yang bernama Vivo, sempat membuat kejutan di sebuah ajang pameran gadget Consumer Electronics Show 2018 di Las Vegas pada Januari lalu.

Dimana, pada saat itu, Vivo secara resmi meluncurkan perangkat canggih pertama yang ada di dunia yang mengusung teknologi pemindai sidik jari (fingerprint) di bagian depan, tepatnya di bawah layar.

Teknologi Fingerprint Di Layar Jadi Fitur Ponsel Masa Depan

Fitur yang juga disebut teknologi sensor biometrik ‘invisible’ ini secara bertahap pun juga mulai diikuti oleh beberapa vendor. Bahkan, muncul di beberapa perangkat, termasuk Vivo, Huawei, Xiaomi, dan yang terbaru adalah Meizu. Namun, hanya saja hal ini jelas masih bukan apa yang kita sebut sebagai fitur mainstream smartphone.

Di sisi lain, perlu diketahui bahwa sebuah laporan menyebut bahwa perusahaan riset dan konsultan, sekitar 42 juta sensor pemindai sidik jari di bawah layar diharapkan akan dikapalkan secara total di tahun ini.

Lebih dari 100 juta unit untuk diikuti pada 2019 mendatang. Dengan kata lain, itu artinya akan mewakili sebagian besar smartphone Android yang akan dijual di seluruh dunia tahun depan.

Selain itu, penggunaan atau penerapan fitur berteknologi sensor pemindai sidik jari di bawah layar bukan lagi standar untuk smartphone kelas atas, tetapi nantinya juga bakal disematkan pada smartphone terbaru kelas menengah. Hal itu sebagaimana dikutip dari DigiTimes pada Selasa (14/8/2018).

Di samping itu, apabila memang benar kabar terkait dengan pemindai sidik jari optik di layar kelak akan diusung semua smartphone kelas menengah populer, maka sudah barang tentu dipastikan bahwa nantinya pembeda fitur pemindai sidik jari antara smartphone kelas atas dengan kelas menengah haruslah tegas.

Setidaknya, ada langkah atau sebuah upaya untuk mengadopsi pemindai sidik jari dengan teknologi ultrasonik harus ditingkatkan pada 2019 untuk smartphone kelas atas.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top