Ke Depan, Samsung Akan Tinggalkan Fingerprint

Samsung Tak Akan Usung Fitur Fingerprint – Inovasi pada setiap perangkat garapan Smasung memang selalu mengundang daya tarik tersendiri. Bahkan, belum lama ini pun Samsung dikabarkan bakal menghilangkan fitur keamanan fingerprint scanner alias pemindai sidik jari pada perangkatnya. Tentu saja, hal ini menjadi satu langkah berani meski dinilai “ikut-ikutan” Apple.

Samsung Tak Akan Usung Fitur Fingerprint

Sementara itu, menurut laporan yang dikutip dari Softpedia pada Rabu (25/7/2018), spekulasi terkait dengan fitur pemindai sidik jari bakal absen di Galaxy Tab S4. Perangkat ini merupakan tablet premium milik Samsung.

Nah, untuk menggantikan fitur fingerprint tersebut, Samsung kabarnya akan menggantungkan keamanan Galaxy Tab S4 pada iris scanner dan facial recognition. Dengan begitu maka sudah barang tentu hal ini akan mengingatkan pengguna pada iPhone X yang lebih dahulu meninggalkan fingerprint scanner.

Sedangkan di satu sisi, dikabarkan pula bahwa SamMobile dalam laporannya menganalisis jika firmware Galaxy Tab S4 untuk mencari beberapa metode pembuka kunci yang digunakan Samsung pada perangkatnya. Dengan melihat banyak hal, tidak disebutkan adanya sensor sidik jari. Sementara, iris scanner dan pemindai wajah masih tetap ada digunakan, seperti produk smartphone premium Samsung lainnya.

Terlepas dari itu semua, perlu diketahui bahwa sebelumnya, Apple justru lebih dulu menghilangkan pemindai sidik jari milik iPhone X. Keputusan ini pun mendapat berbagai respon dari kustomer maupun para kompetitor. Bahkan, vendor lain mencela keputusan Apple dalam iklannya.

Di sisi lain, jika dilihat sampai saat ini, tampaknya meski ada kabar bahwa fitur tersebut akan dihilangkan namun Samsung sendiri justru sejauh ini kelihatannya belum tertarik untuk menghilangkan fingerprint scanner di perangkatnya.

Perusahaan menyebut masih akan mencari beberapa opsi atau pilihan lain agar nantinya fitur keamanan secanggih fingerprint scanner tetap ada di perangkat. Misalnya saja mengaplikasikan fingerprint di layar.

Selain itu, sebelumnya pun teknologi fingerprint di layar ini sebelumnya diterapkan oleh vendor Tiongkok lainnya. Hanya saja, bagi perusahaan sekelas Apple dan Samsung, penempatan sensor fingerprint di layar dianggap masih belum memenuhi standar di kelas flagship.

Kendati demikian, kabar yang cukup kuat pun menyebut jika nantinya flagship smartphone Samsung selanjutnya, yakni Galaxy S10 diduga akan hadir dengan dukungan fingerprint di layar.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top