Pixel dan Nexus Bakal Usung Patch Keamanan Android

Google Rilis Patch Keamanan Android untuk Pixel dan Nexus –┬áBelum lama ini, raksasa teknologi asal Amerika Serikat yang bernama Google akhirnya resmi merilis patch keamanan Android edisi April 2018. Patch tersebut diterapkan pada dua perangkat buatannya, yaitu Pixel dan Nexus. Fungsi dari patch keamanan ini untuk mengatasi lebih dari 60 kerentanan atau bug keamanan.

Google Rilis Patch Keamanan Android Untuk Pixel Dan Nexus

Selain itu, jika mendasarkan atas kabar berita yang dikutip dari Softpedia pada Jumat (6/4/2018), patch keamanan Android level April 2018 dalam proses peluncuran untuk Google Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Nexus 5X, Nexus 6P dan Pixel C. Google memang sengaja merilis patch ini untuk menangani sebanyak 62 kerentanan keamanan.

Bukan tanpa alasan mengingat kerentanan dan bug ditemukan pada sejumlah komponen, termasuk Android runtime, System, Kernel, Framework, Broadcom, Qualcomm dan Media framework. Tentu saja, Google pun merespon hal tersebut dengan merilis patch keamanan.

“Masalah yang paling parah adalah kerentanan keamanan penting pada Media framework. Lubang keamanan ini bisa membuat penyerang jarak jauh menggunakan file khusus untuk mengeksekusi kode arbitrary dalam konteks istimewa,” demikian keterangan yang tertulis pada Android Security Bulletin-April 2018.

Selain kelemahan pada sektor keamanan yang digambarkan Google di Android Security Bulletin-April 2018, dua perangkat buatannya, yaitu Pixel dan Nexus juga menerima patch untuk berbagai kerentanan lain, termasuk memperbaiki sejumlah masalah fungsi yang sebagian besar untuk meningkatkan performa dan konektivitas. Tak hanya itu saja, patch ini pun juga untuk meningkatkan berbagai fitur lain, seperti pesan, baterai, audio, GPS dan antarmuka.

Patch tersebut juga membuat performa lock screen menjadi lebih baik untuk semura perangkat Google, serta meningkatkan kualitas VoLTE bagi sejumlah operator pada perangkat Nexus 5X, Pixel, Pixel XL, Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Para pengguna seluruh perangkat Google tersebut disarankan untuk segera memperbarui perangkat mereka dengan patch Android yang baru dirilis. Hal ini untuk membuat perangkat aman dari berbagai ancaman.

Top