Lakukan Pelanggaran, Infinix Zero 5 3G Ditarik dari Peredaran

Infinix Bakal Tarik Zero 5 dari Pasar – Belum lama timbulkan satu kontroversi selama beberapa waktu, izin penjualan smartphone Infinix Zero 5 3G akhirnya dicabut oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada Kamis (5/4/2018). Izin pencabutan peredaran oleh pemerintah tersebut tak lepas dari bentuk pelanggaran yang dilakukan.

Infinix Bakal Tarik Zero 5 Dari Pasar

Nah, terkait dengan pelanggaran tersebut, menurut Kominfo sendiri dengan kebijakan dicabutnya sertifikasi tersebut maka secara langsung PT Bejana Nusa Agung selaku distributor smartphone Infinix di Indonesia harus menarik Infinix Zero 5 3G yang telah didistribusikan. Jika sudah maka pabrikan harus segera melaporkan hasilnya kepada Menteri Komunikasi dan Informatika.

Di samping itu, Infinix pun menanggapi pencabutan izin tersebut dengan menyatakan bahwa PT Bejana Nusa Agung akan menaati dan menindaklanjuti keputusan dari Kemenkominfo. Tentu saja, hal tersebut semata-mata karena menghormati keputusan pemerintah pusat.

“Infinix berkomitmen untuk selalu menghormati dan menaati segala peraturan pemerintah setempat, termasuk persyaratan dari Tingkat Komponen Dalam Negeri ( TKDN),” sebut Infinix dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Jumat (6/4/2018).

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Infinix Zero 5 3G terindikasi mencurangi regulasi TKDN dengan dipasarkan sebagai ponsel 3G, meski sebenarnya memiliki kemampuan 4G. Padahal, ponsel 4G mesti menaati ketentuan TKDN minimal sebesar 30 persen untuk bisa dipasarkan di Indonesia.

Sementara itu di sisi lain, perlu diketahui juga bahwa untuk peraturan TKDN tidak berlaku untuk ponsel 3G yang bisa diimpor langsung tanpa harus memiliki kandungan lokal. Nah, dari hal tersebut maka di titik inilah letak pelanggaran Infinix dengan ponsel Zero 5 yang dijual sebagai ponsel “3G”, sementara sebenarnya merupakan ponsel 4G dan harus memenuhi persyaratan TKDN.

“Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka sertifikat perangkat pesawat telepon seluler merek Infinix Tipe X603 (Zero 5 3G) nomor 52139/SDPPI/2017 atas nama PT Bejana Nusa Agung dibekukan dan dinyatakan tidak berlaku,” tulis Kemenkominfo lewat pernyataan resminya.

Top