Kiprah Windows 10 S Dihentikan oleh Microsoft Meski Belum Setahun

Windows 10 S Dihentikan oleh Microsoft – Di awal tahun 2017 lalu, masih ingat dalam benak kita bahwa raksasa teknologi dunia, Microsoft, memperkenalkan Windows 10 S yang ditujukan untuk menyaingi Chrome OS di kelasnya.

Windows 10 S Dihentikan Oleh Microsoft

Windows 10 S tersebut merupakan versi khusus yang diklaim mampu memiliki kinerja lebih optimal untuk perangkat mobile layar sentuh. Namun, sayangnya sistem operasi tersebut tak bisa dipasangi aplikasi lain di luar Windows Store.

Memiliki kiprah yang belum genap setahun, Microsoft pun akhirnya menghentikan sistem operasi Windows 10 S tersebut sebagai produk stand-alone (SKU). Melansir dari laman KompasTekno, pengulas teknologi bernama Paul Thurrot menanggapi bahwa Windows 10 S tersebut kelak akan diubah menjadi mode khusus di dalam sistem operasi Windows 10 versi lain.

Dalam hal ini, berarti “S Mode” nantinya akan disematkan dalam Windows 10 Home, Education, atau Pro yang mirip dengan Windows 10, termasuk hanya dapat dipasangi aplikasi dari Windows Store saja.

Selain itu, kemungkinan juga terdapat pula sebagian perangkat yang akan berjalan di sistem operasi Windows 10 dalam “S Mode” sebagai standar default. Dalam sebuah berita yang dimuat SlashGear, bahkan diungkapkan bahwa nantinya Microsoft akan memberikan opsi upgrade Windows 10 “S Mode”.

Meskipun terdapat opsi itu, namun ongkos yang akan dikenakan oleh pengguna nantinya berbeda-beda tergantung versi Windows yang digunakan. Akan tetapi, Windows 10 Home dan Education akan segera diupgrade keluar dari S Mode menjadi versi reguler, sehingga pengguna pun tidak dikenakan ongkos.

Namun, bagi pengguna Windows 10 Pro, dikenakan ongkos sebesar 49 dollar AS untuk keluar dari S Mode. Hingga saat ini, kabar terkait penerapan S Mode di versi-versi Windows masih simpang siur. Belum diketahui perangkat apa saja yang nantinya akan menjalankan OS default tersebut.

Microsoft pun hingga kini belum memberikan kepastian mengenai S Mode di versi-versi Windows 10. Kemungkinan besar hal tersebut akan segera diumumkan pada bulan April atau Mei mendatang yang juga akan dibarengi dengan memberikan informasi mengenai perubahan skema harga untuk para rekanannya pula. Kita tunggu saja nanti ya !

 

Top