Jutaan Android Terserang Malware Penambang Mata Uang Digital

Android Kini Terancam Malware Penambang Uang Virtual – Terhitung sudah ada puluhan juta perangkat Android dikabarkan telah terjangkit malware yang dinilai cukup berbahaya. Menurut laporan yang beredar, malware yang menyerang Android ini menyebabkan perangkat tersebut dapat menambang mata uang digital secara diam-diam melalui peramban yang ada di dalamnya.

Android Kini Terancam Malware Penambang Uang Virtual

Hal itu diperkuat oleh laporan yang dikutip dari ZDNet, Rabu (2/14/2018). Dimana, dalam laporan tersebut dikatakan bahwa malware penyerang Android ini mulai tersebar melalui aplikasi dan iklan di situs. Dengan kata lain, malware ini nantinya akan mengarahkan pengguna untuk memasuki situs yang sengaja didesain untuk menambang mata uang digital serupa bitcoin, yaitu monero.

Tak hanya itu saja, mendasarkan juga atas laporan Malwarebytes, kejadian ini pun juga turut menyebabkan lima situs yang digunakan untuk menambang monero mendapatkan kunjungan hingga 800 ribu per hari. Aksi kriminal siber ini pun diketahui sudah terjadi sejak November tahun 2017 lalu.

“Tak ada platform yang bebas cryptomining. Karena perangkat mobile jelas tak sekuat perangkat deskop, ada banyak yang menjadi korban,” tutur analis Malwarebytes, Jérôme Segura. Ia pun menyebut ada beberapa modus yang dapat dilakukan hacker untuk menyerang perangkat mobile.

Trik yang umum digunakan biasanya terjadi saat pengguna sedang menjelajah di situs web seperti biasa dan ada modul iklan yang mengarahkan ke situs penambangan mata uang serupa bitcoin ini. Ada pula modus yang memanfaatkan aplikasi hasil unduhan dari pihak ketiga. Mengingat sudah ada banyak korban dari modus ini, Malwarebytes memperkirakan ada sekitar 60 juta perangkat yang terkena. Meskipun demikian faktanya namun bukan berarti tak ada cara bagi pengguna mobile mengantisipasi serangan malware penambang bitcoin ini.

“Pengguna mobile harus menggunakan mekanisme perlindungan yang sama seperti di PC. Cara yang dapat digunakan antara lain, memasang ad-blocker, web protection, termasuk aplikasi keamanan,” tutur Segura.

Teknologi Terkait

Daftar Perbandingan

Bandingkan
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top