Downvote, Fitur Baru Pada Facebook

Facebook Uji Tombol Downvote – Facebook merupakan media sosial yang paling banyak digunakan saat ini. Mulai digunakan untuk anak-anak hingga orang dewasa. Facebook sendiri memiliki peran yang cukup penting untuk manusia modern saat ini baik untuk menyampaikan informasi, sharing, ataupun saling komunikasi. Bahkan tidak sedikit Facebook menjadi sarana reuni teman ataupun saudara yang sudah lama tidak bertemu.

Tombol Downvote

Facebook selalu menawarkan inovasi yang menarik yang bertujuan untuk memudahkan serta memenuhi kebutuhan dari pengguna itu sendiri. Dan beberapa waktu yang lalu, Facebook kembali menawarkan inovasi terbarunya yakni tombol Downvote.

Tombol Downvote saat ini tengah diuji oleh Facebook. Banyak yang menyangka bahwa tombol Downvote ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan dislike. Karena pada umumnya, tombol yang ada di Facebook hanya menunjukkan ekspresi Like, marah, heart dan sedih.

Ternyata berbagai speskulasi tersebut tidak seperti yang dikatakan, nyatanya tombol Downvote tersebut digunakan untuk melaporkan komentar tidak pantas yang ada di Facebook.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa banyak komentar tidak pantas bersebaran dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi penggunanya. Pada tombol tersebut,pengguna akan menemukan beberapa kondisi yang bisa dilaporkan oleh pengguna terhadap konten yang  tidak pantas.

Adapun beberapa konten tidak pantas yang bisa dilaporkan antara lain adalah kata-kata atau ungkapan yang menyerang/memojokkan, menyesatkan, konten yang tidak sesuai dengan topik atau konten yang menyebarkan berita hoax/palsu.

Sebelumnya, fitur ini sebenarnya sudah terdapat di Facebook namun tidak terlalu mencolok atau tersembunyi sehingga banyak tidak sadar bahwa konten tersebut bisa dilaporkan. Sedangkan dengan adanya fitur Downvote ini maka pengguna bisa melaporkan komentar yang kurang pantas dengan lebih mudah.

Berdasarkan keterangan dari Facebook, tombol Downvote ini baru bisa dilakukan di Fanspage dan sedangkan untuk halaman Grup belum bisa dipastikan ada.

Uji coba tombol Downvote ini dilakukan oleh Facebook pada beberapa pengguna Facebook Android di Amerika Serikat. Berdasarkan survei, sangat disayangkan bahwa tidak semua pengguna Facebook di Amerika Serikat menikmati tombol Downvote tersebut.

Facebook melakukan hal ini bertujuan untuk memunculkan kembali interaksi positif antar pengguna.

Teknologi Terkait

Daftar Perbandingan

Bandingkan
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top