Benarkah Notifikasi WhatsApp Dapat Diatur Sesuai Prioritas ?

Notifikasi WhatsApp Akan Diatur Sesuai Prioritas ? – Fitur notification channels, telah disematkan dalam sistem operasi Android terbaru, yaitu OS Android 8.0 (Oreo). Notification channels tersebut selain dapat memberikan notifikasi seperti biasanya, juga dapat mengelompokkan notifikasi berdasarkan prioritas memilih bunyi, getaran, dan sebagainya.

Notifikasi WhatsApp Akan Diatur Sesuai Prioritas

Baru-baru ini, terlihat WhatsApp ingin mengadopsi notification channels dengan melakukan pembaruan aplikasi untuk mendukung fitur tersebut pada sistem operasi Android 8.0 Oreo. Beberapa pun pengguna mengetahui hal tersebut setelah mereka menjalankan WhatsApp beta mulai versi 2.18.18.

Diketahui, dalam versi beta tersebut, terlihat WhatsApp menampilkan 10 kanal notifikasi, antara lain grpup notification, message notification, chat history backup, critical app alert, failure notification, media playback, sending media, silent notofications, other notificationa, dan uncategorized.

Kanal-Kanal tersebut dapat diatur oleh pengguna secara individual berdasarkan jenis notifikasi tersebut dan pengguna pun dapat mengelompokkan prioritas pemberitahuan dari notifikasi-notifikasi tersebut.

Salah satunya yaitu pengguna dapat menonaktifkan bunyi atau getaran ketika tidak ingin mendapatkan pemberitahuan dari obrolan grup atau chat backup. Tak hanya itu saja, bahkan pengguna pun juga dapat mematikan atau (disable) notifikasi sehingga tidak muncul di layar.

Dengan memiliki tujuan tersebut, maka notification channels di Android Oreo tersebut pastinya akan memudahkan pengguna untuk menghindari pemberitahuan yang mengganggu, sehingga pengguna hanya dapat melihat notifikasi yang penting dan fokus pada notifikasi yang diinginkan saja.

Mengutip dari laman KompasTekno, notifikasi-notifikasi dalam fitur WhatsApp tersebut hingga kini masih berstatus “beta”, sehingga hanya dapat diakses oleh beberapa orang pengguna yang telah memiliki smartphone dengan sistem operasi Android 8.0 (Oreo) saja.

Meski demikian, namun bisa saja dalam waktu dekat WhatsApp akan segera menghadirkan alert notifikasi sesuai dengan jenis dan prioritasnya dalam pembaruan final nantinya. Tak hanya itu saja, kini WhatsApp juga tengah menyiapkan fitur lainnya yaitu WhatsApp Pay.

Bakal diduetkan dengan WhatsApp bisnis, dalam menyiapkan fitur WhatsApp Pay tersebut, WhatsApp pun dikabarkan telah bekerjasama dengan sejumlah bank di seluruh dunia yang dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi jual beli pada platform tersebut.

Top